Gunung Bongkok, Menuju Sunrise Terbaik Di Purwakarta

Gunung Bongkok menjadi salah-satu tempat terbaik untuk menikmati indahnya sunrise di Purwakarta, Jawa Barat.  Gunung Bongkok juga menjadi tempat pendakian favorit, khususnya bagi para pemula.

gunung bongkok purwakarta
gunung bongkok purwakarta. google maps. sumber: Ochie Jennie

Namun sebelum kita lebih jauh membahas tentang pesona keindahan Gunung Bongkok Purwakarta, saya perlu menginformasikan terlebih dahulu bahwa tempat wisata di Puwakarta saat ini sedang ditutup.

Hal tersebut disebabkan oleh grafik penyebaran virus Corona di Indonesia yang mengalami lonjakan. Oleh karena itu, kebijakan penutupan tempat wisata menjadi opsi pencegahan penularan Covid-19.

Info Gunung Bongkok kami sajikan sebagai referensi awal bagi anda untuk menentukan tempat wisata di Purwakarta, terutama saat liburan, dan saat kebijakan penutupan tempat wisata di Purwakarta dicabut.

Sejarah Gunung Bongkok Purwakarta

sejarah, dan legenda gunung bongkok
sejarah, dan legenda gunung bongkok. google maps. sumber: mamah ical/jihan

Sejarah Gunung Bongkok Purwakarta terkait erat dengan cerita legenda sosok Jongkrang Kalapitung, yang memiliki kesaktian, serta postur tubh yang sangat besar sekali.

Diceritakan bahwa Jongkrang Kalapitung memiliki kemampuan dari satu gunung ke gunung yang lain. Seperti meloncat dari Gunung Parang, ke Gunung Bongkok.

Pada mulanya kondisi Gunung Bongkok Purwakarta tidaklah seperti sekarang. Namun karena besarnya badan Jongkrang Kalapitung, sehingga saat kakinya menginjak gunung tersebut menjadi bongkok.

Saat itulah menjadi sejarah penamaan Gunung Bongkok Purwakarta. Cerita sejarah, legenda, maupun misteri di sebuah objek wisata, merupakan sisi lain pesona keindahannya.

Trekking Menuju Puncak Gunung Bongkok

trekking menuju gunung bongkok
trekking menuju gunung bongkok. google maps. sumber: wahyu triyantoro

Setelah sampai di area parkir Gunung Bongkok, para pengunjung diwajibkan untuk melakukan registrasi, serta menyerahkan satu KTP terlebih dahulu kepada pihak pengelola.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan dengan cara berjalan kaki, atau melakukan pendakian menuju puncak Gunung Bongkok.

Kondisi jalan ke Gunung Bongkok Purwakarta, terutama menuju puncaknya, sangat cocok sebagai jalur pendakian untuk pemula.

Jalan ke Gunung Bongkok Purwakarta merupakan perjalanan yang menyenangkan. Karena suasananya tidak terlalu panas, banyak pohon-pohon yang memberikan nuansa keteduhan.

Trekking menuju puncak Gunung Bongkok akan melewati jalur dengan kondisi tanah dan bebatuan, serta kebun pohon bambu.

Fase pertama menuju area Pos II. Di lokasi tersebut sangat nyaman sekali, karena terdapat beberapa gazebo, serta spot selfie yang memiliki latar alam yang menawan.

Selain itu, seringkali pengunjung menjumpai beberapa monyet yang berkeliaran di area tersebut. Para pengunjung diharapkan tidak mengganggu monyet-monyet tersebut, serta selalu waspada dengan barang bawaannya.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Bongkok, sebuah puncak keindahan untuk menikmati pesona alam Purwakarta.

Sebagai catatan, selama di perjalanan, tidak ada warung, atau pedagang yang menjual makanan dan minuman. Perbekalan bisa anda beli di dekat area parkir.

Para pengunjung tidak perlu khawatir tersesat, karena di objek wisata Gunung Bongkok tedapat fasilitas papan penunjuk arah, jasa penunjuk arah, serta tali untuk memudahkan pendakian.

Daya Tarik Gunung Bongkok

1. Puncak Watu Tumpuk

spot watu tumpuk
spot watu tumpuk. google maps. sumber: Nano Yulyanto

Daya tarik yang pertama dari Gunung Bongkok adalah lokasi Watu Tumpuk, atau Batu Tumpuk. Sebuah spot dimana terdapat bebatuan besar, lokasinya berada di puncak Gunung Bongkok, dengan ketinggian 975 mdpl.

Ketinggian Gunung Bongkok sekitar 975 mdpl. Menjadikannya spot terbaik untuk melihat pesona alam Purwakarta, terutama gunung-gunung lain yang sangat populer di Purwakarta, seperti:

  • Gunung Lembu
  • Gunung Parang

Para pengujung diharapkan untuk berhati-hati saat berada di lokasi Watu Tumpuk. Karena di lokasi tersebut selain berada di ketinggian, dan belum dilengkapi dengan pagar pembatas keamanan.

2. Camping, Dan Berburu Sunrise

sunrise gunung bongkok
sunrise gunung bongkok. google maps. sumber: Dhimas Rafiif

Terdapat lokasi khusus untuk camping di kawasan Gunung Bongkok. Lokasinya berada setelah Pos II, sebelum sampai di spot Watu Tumpuk.

Selain itu, daya tarik Gunung Bongkok Purwakarta adalah spot terbaik untuk berburu sunrise di Purwakarta. Tentu saja sensasi tersebut bisa didapatkan bagi mereka yang melakukan aktivitas camping.

Setiap kota, maupun kabupaten pasti memiliki spot terbaik untuk menikmati sunrise, maupun sunset. Dan biasanya di objek wisata pantai.

Namun berbeda dengan Kabupaten Purwakarta. Karena tidak memiliki pantai, maka spot terbaik untuk menikmati keindahan sunrise, salah-satunya bisa dilakukan di Gunung Bongkok.

Lokasi Dan Alamat Gunung Bongkok

Lokasi Gunung Bongkok terletak tidak jauh dari Pasar Plered. Adapun alamat Gunung Bongkok berada di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Gunung Bongkok

view di sekitar gunung bongkok
view di sekitar gunung bongkok. google maps. sumber: Pamungkas Digdaya

Jalan ke Gunung Bongkok Purwakarta bisa dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga sampai ke lokasi parkiran Gunung Bongkok.

Khususnya bagi mereka yang datang dari luar Purwakarta, bisa memilih opsi keluar dari pintu Tol Ciganea. Setelah itu, ambil jalur ke sebelah kanan, karena ke sebelah kiri adalah rute menuju Taman Air Mancur Sri Baduga.

Harga Tiket Masuk Gunung Bongkok

  • Tiket masuk Gunung Bongkok Purwakarta Rp. 12.000 per orang.
  • Biaya tersebut di luar biaya parkir.

Jam Buka Gunung Bongkok

Di masa-masa normal, Gunung Bongkok memiliki jadwal sebagai berikut:

  • Gunung Bongkok buka setiap hari.
  • Gunung Bongkok buka selama 24 jam.

Fasilitas Di Gunung Bongkok

Fasilitas di Gunung Bongkok Purwakarta adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kantin,
  • Jasa pemandu wisata,
  • Gazebo.

Tinggalkan komentar