Gunung Bongkok, Wisata Pendakian Untuk Semua Kalangan

Pendakian gunung memang selalu menjadi cerita indah tersendiri. Demikian pula dengan Gunung Bongkok ini. Apalagi semenjak dipopulerkan film 5 cm, kegiatan mendaki gunung mewabah menjadi trend di kalangan anak muda.


Gunung Bongkok, gunung kelas pemula yang menawarkan keindahan kelas profesional
Gunung Bongkok. Image via: gunung.id

Pendakian gunung bongkok bukan gunung paforit di kalangan anak Mapala, seperti pendakian gunung-gunung di jawa tengah. Namun bukan berarti mendaki gunung di Purwakarta ini tidak menyenangkan. Justru di sinilah daya tarik pendakian gunung ini.

Sebagai gunung dengan ketinggian hanya 900-an meter, pendakian gunung bongkok lebih mendekati hiking dari pada mendaki. Sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk pengunjung yang tidak punya kemampuan ideal untuk mendaki gunung. Waktu pendakian gunung ini hanya sekitar 1 jam saja.

Gunung bongkok terkenal dengan kepemilikan 2 puncak. Masing-masing puncak memiliki karakter yang berbeda. Namun keduanya sama-sama unik dan mempesona untuk dinikmati keindahan pemandangannya.

Secara keseluruhan Pendakian Gunung bongkok cocok dilakukan sebagai perjalanan wisata. Tanpa perlu menyediakan waktu khusus dan persiapan khusus layaknya pendakian gunung merapi di jawa tengah. Singkatnya, pendakian ini sesuai sebagai kegiatan wisata akhir pekan, atau pengisi hari libur pendek.

pesona gunung bongkok bahkan sudah terasa dari jawak berkilo-kilo meter sebelum mencapai puncak gunung
Gunung dari Kejauhan. Image via: @radenhakh

Simak juga: lokasi wisata di sekitar Purwakarta.

Legenda Gunung Bongkok

Menurut cerita masyarakat lokal, katanya Gunung ini bisa menjadi Bongkok akibat di duduki dalam kurun waktu yang lama oleh Jongkrang Kalapitung. Jongkrang Kalapitung adalah seseorang yang memiliki kesaktian meloncati gunung demi gunung, mulai dari Gunung Cupu, kemudian Gunung Parang dan Gunung Bongkok.

Gunung Bongkok adalah salah satu gunung yang menjadi tempat saat Jongkrang Kalapitung sedang memancing di Sungai sekitar Jatiluhur. Jonggrang Kalapitung memancing sembari dikeliling dan disaksikan oleh seluruh warga kampung di sekitar sungai tersebut. Jonggrang Kalapitung berdiri begitu gagahnya, badannya yang besar memenuhi tempat tersebut. Kakinya yang sebelah menginjak gunung, dan yang satunya lagi menginjak pohon bungur yang sangat besar.

Selama sebulan, dia berdiam di tempat itu sambil memancing. Sampai – sampai gunung yang diinjak tersebut menjadi bongkok serta pohonnya pun hampir mati. Akhirnya gunung teersebut dinamai Gunung Bongkok.

Sampai saat ini di dekat puncak datar, ada jejak tapak kaki besar. Konon itu adalah milik Jongkrang Kalapitung.

puncak batu tumpuk gunung bongkok, dengan lanscape laam meliputi kabupaten purmakarta dan wadik jatiluhur
Puncak Batu tumpuk. Image via: @radenhakh

Lokasi Gunung Bongkok

Gunung Bongkok berlokasi di Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta, Purwakarta, Jawa barat.

Rute Menuju Gunung Bongkok

Akses menuju Gunung Bongkok tidak sulit dilalui. Dari segi lokasi, gunung satu ini terbilang mudah. Akses lokasinya bisa dilalui dengan sepeda motor ataupun mobil. Cukup dengan mendatangi Desa Cikandang, Kecamatan Purwakarta.

Bila dari pusat kota Purwakarta pengunjung bisa langsung ke daerah Plered. Dari arah Plered langsung menuju ke arah Cikandang. Nantinya sudah ada Pos Munclu. Pengunjung bisa menitipkan kendaraan di Pos Munclu.

Setelah kendaraan dititipkan di Pos Munclu. Akses lokasi bisa dilakukan dengan berjalan kaki sampai ke Puncak Gunung. Akses jalan menuju ke gunung sudah terlihat baik. Dengan akses yang bagus ini, pengunjung akan dimudahkan untuk melihat puncak gunung.

Jam Buka Gunung Bongkok

Gunung bongkok juga ada tempat camping. Untuk itu lokasi ini beroperasi 24 jam melayani pengunjung.

Purwakarta dari ketinggian puncak gunng bongkok terlihan menawan dengan dominasi warna hijau. menunjukkan masih asrinya kabupaten ini.
Lanscape Kabupaten Purwakarta. Image via: ngetripkemana.com

Simak juga pesona Air terjun Pelangi.

Tiket Gunung Bongkok

Untuk mendaki Gunung Bongkok, pengujung membayar registrasi Rp 12.000 di pos 1. Kemudian jika ingin menyewa menyewa tenda camping atau Saung di camp 2, pengunjung mesti membayar Rp 10.000.

Fasilitas Gunung Bongkok

Pos Munclu Gunung Bongkok menyediakan tempat parkir motor dan mobil. Fasilitas ini dilengkapi dengan penjaga keamanannya. Harga sewa parkir Motor Rp5.000,00 dan Mobil Rp10.000.

Disini juga ada fasilitas lain seperti  kamar mandi yang bisa dipakai mandi. Airnya jernih dan sejuk. Namun fasilitas ini berbayar senilai Rp 2.000 untuk tiap pemakaian. Juga tersedia fasilitas mushola yang adem dan warung makan.

Warung makan dilokasi ini menyediakan aneka minuman, mie, nasi penyet. Mengenai harga makanan, menggunakan tarif standar, bukan harga pariwisata.

Daya Tarik Gunung Bongkok

  1. Trek Pendakian Kelas Pemula

Jalur pendakian gunung bongkok yang pemandangannya tidak kalahindah dengan setelah tiba di puncak gunung
Jalur Pendakian. Image via: ruangrakyat.com

Dengan ketinggian kurang lebih 975 mdpl, Pendakian Gunung Bongkok dapat ditempuh  kurang lebih 1 jam saja. Sesampai di puncak, pengunjung akan disuguhkan Puncak Batu Tumpuk yang memiliki pemandangan sangat indah. Pengunjung bisa meliat beberapa gunung lain dan Waduk Jatiluhur dari lokasi ini.

Trek dalam pendakian gunung bongkok cukup menanjak, namun teduh karena banyak pohon. Selama pendakian pengunjung tidak perlu takut kepanasan. Tipsnya gunakan baju yang cukup menyerap keringat.

Pada 15 menit pertama, pengunjung akan melewati hutan bambu. Setelah hutan bambu habis, baru selanjutnya pepohonan. Yang cukup menantang adalah terjalnya perjalanan, karena Gunung ini banyak batu-batu besar. Namun demikian tidak perlu mengkhawatirkan hal ini, karena di setiap trek yang terjal ada tali tambang atau alat bantu lain yang disediakan pengelola Gunung.

Ketika kembali ke bawa, membutuhkan waktu yang lebih pendek. Kurang lebih waktunya hanya sekitar 45 menit. Saat perjalanan turun, pengunjung harus lebih berhati-hati terhadap kemungkinan permukaan batu yang licin. Biasakan berpegangan pada akar atau tali sebab di beberapa turunan cukup licin.

  1. Gunung Dengan 2 Puncak

Berpose cantik di puncak tumpuk gunung bongkok memerlukan kewasapdaan mengambil pijakan. karena di pagi hari batu cenderung licin akibat embun.
Di puncak batu tumpuk. Image via: triptrus.com

Baca Juga: indahnya Waduk Jatiluhur.

Gunung Bongkok memiliki 2 puncak dengan karakteristik yang berbeda. Puncak  pertama bernama puncak datar. Puncak datar merupakan area yang cukup luas dan tempat terbaik untuk melihat sunrise. Bagi yang suka akan fotografi dan ingin mengabadikan sunrise terbaik di gunung Bongkok maka tempat inilah yang paling ideal.

Namun di puncak datar cukup berbahaya dibandingkan dengan puncak yang satunya. Hal ini karena mempunyai sisi yang berhadapan langsung dengan jurang. Pengunjung harus berhati-hati ketika berada di sisi yang berhadapan langsung dengan jurang.

Puncak kedua adalah puncak watu tumpang. Puncak Watu tumpang merupakan puncak tertinggi di gunung Bongkok. Hal yang menarik di puncak ini adalah, banyak terdapat bebatuan dengan ukuran yang cukup besar dan menjulang. Area ini cukup luas, namun kita tidak bisa mendirikan tenda di tempat ini karena permukaannya yang berbatu. Ditambah lagi dengan angin kencang yang menerpa sehingga akan sangat berbahaya bagi para pendaki.

Pemandangan di puncak batu tumpang sangat indah. Meskipun hanya memiliki ketinggian 975 mdpl pemandangan yang ditawarkan gunung ini tidak kalah dibandingkan dengan pemandangan gunung-gunung lainnya di Propinsi Jawa Barat.

Dari puncak ini pengunjung dapat melihat pemandangan waduk Jatiluhur dari kejauhan. Juga pemandangan kota Purwakarta, pemandangan gunung Lembu dan gunung Parang, bendungan Cirata, Sungai Citarum serta beberapa desa lainnya.

  1. Camping

mendirikan tenda gunung bongkok untuk menanti moment sunrise yang sempurna
Tenda di gunung bongkok. Image via: guratankaki.com

Para pengunjung Gunung Bongkok biasanya tiba di gunung pada Sabtu sore. Kemudian mereka biasa membuat kemah untuk bermalam di sekitar Pos Munclu. Selanjutnya, pendakian menuju puncak Gunung bisa dilakukan pada pagi hari.

Waktu pagi dipilih, untuk mengejar momen sunrise di puncak gunung, Menyaksikan keindahan alam Jawa Barat dari atas gunung yang satu ini tentu akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Selain berkemah di pos 1 Munclu, Area Perkemahan kedua berada di puncak Gunung,  Puncak Datar namanya. Tempat kemah puncak Datar ini berada tidak jauh dari Puncak Batu Tumpuk, sekitar 50 m. Area kemah ini juga menyuguhkan pemandangan yang tidak kalah cantiknya. Namun saat ini perkemahan di area puncak dilarang, dengan alasan faktor keselamatan.

  1. Menikmati Sunrise

Sunrise Sempurna dinikmati dari puncak Gunung Bongkok
Sunrise Sempurna. Image via: bukuwisata.com

Simak juga: pesona sunrise dari gunung Bromo.

Menikmati Sunrise dari puncak gunung memberikan nikmat yang berbeda dari pada menikmati sunrise dari pantai. Para pendaki selalu bercerita mengenai bagaimana matahari terlihat “melompat” dari garis horison. Sungguh harga yang pantas untuk memebayar kelelahan yang diakibatkan proses pendakian.

Sudah menjadi hal umum jika Gunung Bongkok memiliki pesona sunrise yang eksotis. Gunung ini memiliki dua puncak yaitu Puncak Datar dan Puncak Batu Tumpuk. Kedua puncak ini sama-sama memiliki pesonanya tersendiri.

Di gunung bongkok ini sunrise yang mengagumkan terlihat dari celah perbukitan dan hamparan awan putih.

  1. Lokasi Foto yang Cantik

foto cantik di puncak gunung bongkok dengan latar lancape alam yang menawan
Foto Cantik. Image via: ruangrakyat.com

Sesampai di puncak gunung bongkok, pengunjung dapat menikmati harmoni cantik dari landscape kota Purwakarta yang memukau. Dari puncak ini terlihat Gunung Parang dan Waduk Jatiluhur. Sebuah lokasi yang tepat untuk latar berfoto. Baik selfie atau foto-foto pose di puncak Batu Tumpuk.

Namun untuk berfoto di puncak, pengunjung harus sabar mengantri. Puncak gunung bongkok Batu Tumpuk, hanya bisa menampung 30 orang pendaki saja.

Berhati-hatilah jika mengambil foto ketika di puncak, terlebih jika menaiki batu. Area puncak yang terdiri dari bebatuan bisa menjadi sangat licin. Lagi pula pada bagian tepi terdapat jurang. Sebaiknya selalu berpegangan dan tidak berebut dalam mengambil foto. Perhatikanlah pula area di belakang, agar tidak salah melangkah.

menikmati sunrise dari ketinggian gunung bongkok
Menikmati Sunrise. Image via: wisata-tanahair.com

Tips Mengunjungi Gunung Bongkok

Walau gunung bongkok tergolong tidak tinggi dan kelas pemula, namun bagaimanapun berwisata di sebuah gunung tetap harus penuh kesiapsiagaan. Berikut beberapa tips aman saat wisata mendaki ke gunung ini.

  • Pastikan fisik Anda kuat dan fit. Karena aktivitas pendakian gunung membutuhkan stamina prima.
  • Pastikan perbekalan memadai. Perbekalan juga harus dicermati. Pengunjung harus membawa perbekalan secara lengkap.
  • Siapkan perlengkapan Mendaki
  • Untuk pemula sebaiknya gunakan jasa pendamping. Meskipun terbilang mudah dari sisi treknya. Tetap saja ada beberapa resiko bagi seorang pemula. Maka, diperlukan pendamping untuk mendaki Gunung Bongkok bagi seorang pemula.
  • Siapkan Jaket atau pakaian hangat. Walau tidak tinggi tetap saja bersuhu dingin. Biasanya aktivitas berfoto sunrise dilakukan pagi hari dengan cuaca dingin.
  • Bagi fotografer sebaiknya mencermati udara dingin. Terutama saat mengambil foto Sunrise. Embun pagi bisa memberi pengaruh terhadap performa kamera.
pesona gunung bongkok denagn latar belakang kabupaten purwakarta dan beberapa gunung lain di Jabar
Pesona Gunung Bongkok. Image via: backpackerjakarta.com

Objek Wisata Dekat Gunung Bongkok

Objek wisata gunung bongkok, letaknya berdekatan dengan lokasi wisata alam Sasak Panyawangan. Kedua lokasi ini hanya berjarak 1 km. Sasak panyawangan menyuguhkan wisata alam pegunungan, seperti lintasan jembatan cantik di atas lahan pertanian, dan juga flying fox.

Bagi wisatawan dari luar daerah, dan merencanakan menginap di kota purwakarta, mengunjungi air Mancur Sri Baduga di malam hari adalah pilihan yang tepat. Air mancur indah maskot kota Purwakarta ini berjarak 22 km dari gunung Bongkok. Taman hijau yang dibangun dengan total luas tidak kurang dari 4 ha ini menawarkan beragam aktivitas selain air mancur.

Bagaimana dengan informasi seputar Gunung Bongkok yang telah kami bagikan? Semoga bisa menjadi panduan pada saat berkunjung ke sana. Yang terpenting ialah untuk selalu menjaga kebersihan dan kelestarian dari setiap tempat wisata alam yang dikunjungi . Semangat selalu!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment