Gunung Lembu, View Terbaik Jatiluhur Di Ketinggian 792 Mdpl

Gunung Lembu seakan menegaskan bahwa wisata Purwakarta dipenuhi dengan ragam wisata alam yang sangat recommended untuk dikunjungi.

Sebelum pesatnya perkembangan internet, khususnya media sosial, rata-rata masyarakat luar Purwakarta hanya mengenal objek wisata yang ada di Purwakarta hanya Waduk Jatiluhur saja.

Namun, saat selfie menjadi budaya kekinian, ditopang dengan budaya media sosial yang menjadi keseharian, menjadi gerbang besar yang menegaskan bahwa Purwakarta layak menjadi kiblat wisata yang baru di Jawa Barat.

pergantian hari dari ketinggian
pergantian hari dari ketinggian. google maps. sumber: Yudi Ariyanto

Simak juga: lokasi wisata di sekitar Purwakarta.

Gunung Lembu hanyalah satu dari sekian banyak wisata alam Purwakarta. Masih banyak gunung terkenal lainnya di Purwakarta, seperti:

  • Gunung Parang
  • Gunung Bongkok

Bagi para pengunjung yang ingin datang ke Gunung Lembu Purwakarta harus bersabar dulu, hingga kebijakan PPKM dicabut. Kita harus bersama-sama patuhi prokes yang telah ditetapkan oleh pemerintah ya….

Meskipun begitu, tidak ada salahnya kami sajikan info Gunung Lembu sebagai referensi awal bagi anda yang ingin berangkat ke lokasi tersebut.

Lokasi Dan Alamat Gunung Lembu

Lokasi Gunung Lembu terletak dekat dengan Waduk Jatiluhur. Adapun alamat Gunung Lembu berada di Dukuh Manunggal, Desa Panyindangan, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.

puncak gunung lembu 792 mdpl
puncak gunung lembu 792 mdpl. google maps. sumber: Mikhael Yosia

Simak juga: Gunung Bongkok.

Rute Menuju Gunung Lembu Purwakarta

Jalan menuju Gunung Lembu dari pusat Kabupaten Purwakarta, atau dari Taman Air Mancur Sri Baduga hanya berjarak 25 kilometer saja.

Adapun waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan hingga lokasi parkiran Gunung Lembu, serta bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat.

Dari area parkiran, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara trekking untik bisa sampai di lokasi utama Gunung Lembu.

Harga Tiket Masuk Gunung Lembu

  • Tiket masuk Gunung Lembu Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket parkir Gunung Lembu Rp. 5.000.

Jam Buka Gunung Lembu

  • Gunung Lembu Purwakarta buka selama 24 jam.
  • Gunung Lembu buka setiap hari, dari hari Senin – hari Minggu.

Fasilitas Di Gunung Lembu

Fasilitas wisata di Gunung Lembu Purwakarta adalah sebagai berikut:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Tim pemandu

Di Gunung Lembu tidak ada fasilitas penginapan. Para pengunjung yang ingin menginap, lebih memilih melakukan aktivitas camping.

Trekking Menuju Gunung Lembu

jalur trekking gunung lembu
jalur trekking gunung lembu. google maps. sumber: Myshop Martin

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dari area parkir para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan cara berjalana kaki, atau melakukan pendakian untuk menuju lokasi utama.

Jalur trekkingnya masih berupa lapisan tanah, namun tidak terlalu miring. Sehingga cocok juga bagi para pemula yang ingin melakukan pendakian.

Trekking pertama akan melewati Pos I. Di lokasi tersebut terdapat jembatan bambu yang sangat tinggi, bisa juga digunakan sebagai spot selfie, karena memiliki latar alam yang menawan.

Setelah itu, lanjutkan perjalanan menuju Pos II. Di lokasi tersebut terdapat makam yang dikeramatkan, yang diyakini pernah dijadikan tempat petilasan.

Dari Pos II, tidak lama lagi para pengunjung akan sampai di puncak Gunung Lembu Purwakarta. Sebelum tiba di puncak, para pengunjung bisa melihat pesona kemegahan Waduk Jatiluhur dari ketinggian.

menikmati panorama yang tersaji
menikmati panorama yang tersaji. google maps. sumber: Dolly Subagja

Simak Juga: Gunung Kareumbi.

Misteri Gunung Lembu

Misteri Gunung Lembu terkait erat dengan beberapa makam yang sangat dikeramatkan, yang lokasinya berada di dekat area Pos II Gunung Lembu.

Makam tersebut merupakan makam dari beberapa tokoh yang sangat dihormati, di antaranya:

  • Makam, atau petilasan Eyang Suryakencana,
  • Makam Mbah Jongrang Kalipitung,

Selain itu, terdapat juga mitos pantangan Gunung Lembu, salah-satunya para pengunjung dilarang untuk bersiul, atau bersikap “sompral”.

Terdapat papan himbauan juga, yang menyarankan kepada pengunjung untuk berhati-hati selama di puncak Gunung Lembu. Karena terkadang suka ada monyet yang datang, dan mengambil barang bawaan pengunjung.

awal pendakian
awal pendakian. google maps. sumber: Nisa Meisa Zarawaki

Sejarah Gunung Lembu

Sejarah penamaan Gunung Lembu terkait batu besar yang ada puncak Gunung Lembu, yang bentuknya menyerupai punggung sapi, atau lembu.

Daya Tarik Gunung Lembu

Sebetulnya, bagi mereka yang sering melakukan pendakian, pesona keindahannya sudah tersaji saat melakukan aktivitas trekking menuju lokasi utama objek wisata.

Begitupun dengan Gunung Lembu. Tetapi, yang paling mencolok sebagai pesona keindahan Gunung Lembu adalah sebagai berikut:

1. Puncak Bayangan

view terbaik
view terbaik. google maps. sumber: Doni Riza

Lokasi Puncak Bayangan berada tidak jauh dari puncak Gunung Lembu. Puncak Bayangan merupakan hamparan batu besar yang bentuknya mirip bentuk lembu.

Dari lokasi tersebut terhampar pemandangan yang sangat istimewa, yaitu bukit-bukit, pegunungan, serta kemegahan Waduk Jatiluhur.

Para pengunjung harus sangat berhati-hati saat menuju batu tersebut. Karena di samping kiri, dan kanannya belum dilengkapi dengan pembatas keamanan, serta untuk turun menuju batu tersebut dalam kondisi tertentu bisa licin.

Puncak Bayangan merupakan spot terbaik untuk menikmati pesona kemegahan Waduk Jatiluhur, dari ketinggian 792 mdpl.

2. Camping

kegiatan camping
kegiatan camping. google maps. sumber: nasution hari

Beda waktu, tentu saja beda sensasi yang dirasakan saat berada di Gunung Lembu. Sehingga mayoritas pengunjung yang datang lebih memilih menginap dengan cara camping.

View yang ditawarkan sangat berbeda ketika di siang hari. Saat malam tiba, panorama Waduk Jatiluhur berpadu dengan gemerlap lampu kawasan pemukiman penduduk, sehingga menjadikan hasil jepretan kamera menjadi kian eksotis.


Tinggalkan komentar