Pantai Balangan, Pantai Sunyi yang Tak Lagi Tersembunyi

| | ,

Pantai Balangan yang kerap disebut-sebut sebagai pantai tersembunyi di selatan Bali, nama Pantai Balangan memang sesuai namanya. Untuk menuju pantai ini memang tidak seperti menuju pantai Kuta, yang selalu dipenuhi lalu lalang kendaraan dan ramai wisatawan. Jalur ke pantai Balangan relatif lengang dan sepi kendaraan.

Kesan sepi tampak dari jalan yang sempit, jarang berpapasan dengan kendaraan lain. Namun jika berpapasan, perlu berhati-hati karena jalan yang sempit. Sepanjang perjalanan menuju Balangan, pengunjung akan melewati rumah-rumah penduduk atau vila-vila yang mulai menjamur di sepanjang jalan.

Berjalan-jalan sepanjang pantai terasa nikmat, hati tenang, bebas karena tak banyak pengunjung di sana. Di pesisir pantai berjejer rapi tenda-tenda dan bangku untuk berjemur atau berteduh wisatawan dari sengatan matahari. Sementara agak ke tengah, biasanya terutama siang hari selalu diramaikan oleh para peselancar.

Pantai Balangan
Pantai Balangan. Image via: balipedia.id

Simak: daftar destinasi wisata Bali yang populer

Pantai Balangan cocok untuk berfoto atau selfie. Apalagi dengan latar belakang tebing yang berdiri kokoh. Namun perlu hati-hati melewati batu karang karena licin.

Pantai ini kini bukan lagi pantai tersembunyi karena sudah mulai dikenal dan dikunjungi wisatawan. Penginapan dan vila-vila pun sudah mulai berdiri sepanjang jalan menuju pantai di selatan Pulau Bali ini. Walau jalur jalan sepi dan sempit, serta pantai yang relatif masih sepi, Justru hal seperti itulah yang dicari wisatawan.

tebing romantis
Tebing ikat Janji. Image via: warningtime.com

Mungkin sekarang bukan lagi dikenal sebagai pantai tersembunyi. Pasalnya sudah banyak wisatawan datang ke sana. Baik lokal maupun mancanegara.

Lokasi Pantai Balangan Bali

Alamat pantai ini berada di jalan pantai Balangan, masuk dalam wilayah Desa Ungasan, Kelurahan Jimbaran, Kecamatan Kuta Selatan, Bali.

Pantai ini dapat dicapai sekitar 55 menit dari bandara I Gusti Ngurah Rai.

Simak: review wisata Nusa Penida

Transportasi Menuju Pantai Balangan Pecatu

Untuk transportasi umum menuju Balangan beach yang tersedia hanya taxi. Karena itu, sebagian besar wisatawan yang mengunjungi Balangan beach akan memilih menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor atau mobil.

Untuk harga sewa motor di pulau Bali sekitar Rp 75.000 – Rp 100.000 / 24 jam. Jika ingin menggunakan mobil, dapat menyewa mobil saja atau sekaligus dengan supir. Untuk harga rental mobil Avanza tanpa sopir berkisar Rp 225.000 – 250.000 / 24 jam. Jika lengkap dengan sopir sekitar Rp 500.000 per 10 jam.

Bagi pengunjung yang belum pernah ke pantai Balangan Ungasan, sebaiknya jasa sewa mobil yang satu paket dengan sopir. Untuk mencari lokasi dari pantai Balangan, bagi yang pertama kali datang ke sini, akan mengalami kesulitan.

Dengan cara menyewa mobil dengan supir, menghindari kemungkinan tersesat. Selain itu juga untuk efisiensi waktu, agar tidak habis percuma di jalan karena kebingungan mencari lokasi.

di atas tebing
Di atas tebing. Image via: bawaransel.com

Tiket Masuk Pantai Balangan Jimbaran

Untuk dapat memasuki kawasan pantai Balangan, untuk saat ini pengunjung tidak di kenakan biaya tiket masuk. Hanya saja, anda akan di kenakan biaya parkir kendaraan. Roda dua Rp 2.000, dan Mobil Rp 5.000.


Jam Buka Pantai Balangan Beach

Seperti umumnya pantai di Bali lainnya, secara faktual pantai Balangan buka 24 jam. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam di pantai ini sepanjang waktu.

Fasilitas Pantai Balangan Uluwatu

Untuk memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung yang datang ke Pantai Balangan, di pantai ini sudah tersedia beberapa fasilitas.

Di sekitar area pantai banyak tersedia kursi – kursi panjang yang biasa digunakan untuk berjemur. Untuk harga sewa kursi-kursi tersebut dapat dinikmati dengan biaya Rp 50.000 untuk penggunaan seharian. Kursi ini juga dilengkapi dengan fasilitas payung – payung tenda dengan kursi, yang bisa digunakan sebagai tempat bersantai.

Untuk harga payung tenda harganya sama dengan kursi, yakni Rp.50.000 untuk bisa menggunakannya sepanjang hari.

kursi dan payung pantai
Kursi dan payung pantai. Image via: balitribune.co.id

Baca juga: info seputar Garuda Wisnu Kencana

Untuk keperluan makan dan minum, di sekitar area pantai tersedia café-cafe yang dikelola warga lokal. Menu kuliner yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari makanan khas lokal, nusantara hingga western food.

Untuk minuman yang menjadi favorit wisatawan yang berwisata ke sini adalah es kelapa muda, yang bisa melepaskan sekaligus menyegarkan tubuh setelah berpanas-panas di pantai.

Daya Tarik Wisata Pantai Balangan Uluwatu

Seperti hal nya semua objek wisata, kedatangan pengunjung pastilah karena tertarik dengan hal istimewa yang disuguhkan oleh lokasi itu. Dalam hal pantai Balangan Uluwatu ada beberapa hal istimewa yang bisa menjadi alasan ketertarikan untuk datang ke pantai ini.

Berikut kami coba paparkan sedikit dari antaranya.

Pantai di Bali yang Berpasir Putih

pasir putih
Pasir putih nan landai. Image via: @missverholashina

Mayoritas pengunjung yang liburan ke pulau Bali, hampir dipastikan mengunjungi objek wisata pantai dengan pasir putih adalah salah satu aktivitas favoritnya. Ada banyak lokasi pantai pasir putih di Bali yang sangat terkenal seperti Pantai Pandawa, Pantai Nusa Dua, kemudian ada Pantai Tegal Wangi Jimbaran, Crystal Bay Beach dan Pantai Kelan.

Satu lagi pantai di pulau bali yang berpasir putih indah yang wajib anda kunjungi adalah Pantai Balangan Uluwatu. Pantai ini tercatat sebagai salah satu dari 5 Pantai Terbaik di Jimbaran seperti Pantai Padang – Padang, Pantai Suluban, Pantai Dreamland dan Pantai Bingin.

Hamparan pesisir pantai pasir putih kawasan Pantai Balangan ini sepanjang setengah kilo meter, tampak putih bersih dilihat. Karena alasan itulah, tempat wisata pantai di bali ini menjadi favorit wisatawan terutama turis asing sebagai tempat berjemur mandi sinar matahari.

Tidak hanya itu saja, lokasi pantai yang di apit oleh batu karang tinggi, menjadikan tempat yang eksotis. Lokasi yang cukup tersembunyi dan jauh dari keramaian, menjadikan pantai ini sangat nyaman untuk ditinggali.

Simak juga: liburan keluarga di Waterbom Bali

Tempat Melihat Sunset di Uluwatu Bali

sunset
Sunset dari tebing Balangan. Image via: @poplavskiy_vova

Untuk pengunjung ya g sangat menikmati keindahan alam dalam bentuk moment matahari tenggelam, pantai Balangan merupakan lokasi yang tidak bikin menyesal untuk dikunjungi. Banyak wisatawan yang datang mulai sore hari, baik bersama keluarga, teman dan juga berdua dengan pasangan untuk menikmati sunset di pantai Balangan.

Tidak hanya itu saja, dari bibir pantai kawasan Bandar udara Ngurah Rai bisa terlihat, terutama hilir mudik terbang landas pesawat.

Bonus lain di waktu pagi hari, dari sini pengunjung bisa melihat aktifitas bongkar muat ikan dari perahu-perahu nelayan di Pantai Kedonganan.

Simak: review seputar Nusa Lembongan

Surfing di Pantai Balangan Bali

surfing
Surfing at Balangan. Image via: beritagar.id

Selain Blue Point Beach, Pantai Balangan Uluwatu ini juga merupakan satu dari sekian tempat berselancar di pulau bali yang bagus. Bahkan pada saat bulan – bulan tertentu dimana ombak laut di sini tengah besar, banyak peselancar kelas dunia yang sengaja datang ke pantai ini.

Satu hal yang harus diketahui, pantai ini dikenal sebagai salah satu lokasi tempat penyelenggaraan kompetisi selancar tingkat Dunia. Hal tersebut beralasan karena Pantai Balangan ini memiliki karakteristik ombak yang tinggi, arus kuat, serta gelombang yang panjang dan besar.

Para pencinta surfing bisa seharian berada di atas papan selancar untuk menaklukkan ombak dengan papan selancar, sejak pagi hingga sore hari. Bagi pengunjung yang baru belajar surfing atau pemula, disarankan jangan dulu menjajal tantangan pantai ini, berbahaya.

Masih banyak lokasi pantai di bali lainnya yang masih aman dan bersahabat untuk dijadikan tempat berlatih atau sekedar menikmati bagaimana sensasi seru berselancar.

Tempat Foto Pre-wedding

pre-weding
Mentari senja saksi kita. Image via: @yodisyodis

Bagi pasangan yang sedang merencanakan menikah, dan sedang mencari tempat untuk melakukan foto pre-wedding, tidak ada rugi jika mencoba datang ke Pantai Balangan Bali.

Pantai Balangan selama ini dikenal juga karena keindahan dan keeksotisan pemandangan alam nya, sehingga menjadi salah satu tempat foto pre-wedding di Bali terpopuler.

Aktivitas Wisata Menarik di Pantai Balangan Pecatu

Beberapa fasilitas penunjang obyek wisata sudah banyak dibangun di sekitar area pantai. Pengunjung dapat menyewa kursi panjang milik penginapan di lokasi setempat. Dengan kursi panjang, pengunjung dapat beristirahat dengan tenang, sambil berjemur menikmati matahari di siang hari.

Rasa haus dan lapar akan terobati dengan singgah di sebuah café yang dikelola oleh masyarakat lokal. Menu yang ditawarkan sangat bervariasi. Ada es kelapa muda yang menjadi pilihan favorit wisatawan untuk melepas dahaga.

dibatasi tebing
Pantai berbatas Tebing. Image via: travelingyuk.com

Baca: review wisata Pura Lempuyang

Bagi yang sedang berlibur dengan anak-anak, dapat melakukan aktivitas berenang, bermain pasir, sambil menikmati pemandangan pantai, terutama pemandangan sunset. Namun anak-anak saat berenang di tepi pantai, harus dalam pengawasan penuh orang dewasa. Hal ini karena ombak yang kadang tinggi dan mendadak.

Untuk kegiatan foto-foto Pantai Balangan adalah salah satu pilihan favorit. Banyak calon pasangan pengantin yang ingin foto pre-wedding di Pantai ini. Setiap hari ada saja fotografer yang mengambil gambar di sini. Pasir putih yang bersih dan landai dengan tebing karang menjulang, sangat mendukung untuk lokasi pemotretan pre-wedding.

sunset dari pantai
Sunset dari Pasir Pantai. Image via: tanpakendali.com

Objek Wisata Dekat Pantai Balangan Beach

Pantai Balangan lokasi nya juga berdekatan dengan pantai-pantai lain yang juga memiliki pasir putih. Ada Pantai Bingin yang sebenarnya jarak lurus nya hanya 2 km, namun jarak perjalanan sekitar 15 km. Hal ini karena di antara kedua pantai itu terhalang oleh tebing batu kapur.

Ada juga Pantai Suluban Uluwatu yang jarak nya sekitar 16 km. Serta pantai Padang-Padang yang jarak nya hanya 13 km

Namun jika ingin liburan ke pantai sambil mencoba aktivitas wisata air seperti jet ski, parasailing atau ocean walker. Maka pantai Tanjung Benoa Bali yang cocok untuk anda kunjungi. Pantai tanjung benoa jarak nya hanya 20 km, sekitar 45 menit perjalanan.

Demikian ulasan singkat tentang Pantai Balangan Bali yang dapat kami sampaikan. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Balangan, sendiri atau bersama dengan keluarga dan rekan, segera lakukan niat itu. Dijamin anda tidak akan rugi mengisi waktu liburan dengan berwisata ke Pantai Balangan.

Selamat berlibur!

Pantai Balangan, Pantai Sunyi yang Tak Lagi Tersembunyi
4.6 (92%) 5 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Candi Prambanan, Kisah Mahar yang Tidak Terselesaikan

Review Pantai Senggigi, Pantai Terindah di Pulau Lombok

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment