Pantai Suluban, Gerbang Karang Menuju Surganya Surfing

Pantai Suluban merupakan salah satu pilihan dari sekian banyaknya tempat wisata di Bali yang wajib untuk dikunjungi. Pantai yang satu ini terkenal dengan deburan ombaknya yang tinggi, dan menjadi surganya para surfer.

Pantai Suluban memiliki beberapa keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, yakni:

  • Lokasinya yang tersembunyi
  • Adanya dua buah batu karang, yang seakan-akan menjadi gerbang menuju Pantai Suluban
diapit dua batu karang yang besar
diapit dua batu karang yang besar. google maps. sumber: adit17rsd

Turis mancanegara menyebut pantai ini dengan nama Blue Point Beach, hal tersebut berawal dari salah satu turis yang tidak tahu nama dari pantai ini.

Karena lokasinya yang dekat dengan Hotel Blue Point, maka supaya mudah diingat akhirnya mereka menyebut pantai ini dengan nama Blue Point Beach.

Layaknya wisata-wisata di Bali pada umumnya, Pantai Suluban selalu ramai dikunjungi para turis yang hendak menaklukan deburan ombaknya.

Asal Usul Nama Suluban

Pantai ini diberi nama Suluban, yang berasal dari bahasa Bali “Mesulub” yang artinya berjalan melewati sesuatu di atas kepala manusia.

Hal tersebut dimaksudkan karena, ketika tiba di tepian pantainya kamu akan melihat dua tebing karang yang cukup tinggi mengapit jalan menuju laut lepas.

Tebing karang tersebut nampak seperti sebuah lorong, dimana kamu harus melewatinya sebelum akhirnya menikmati Pantai Suluban Uluwatu, Bali, ini dari dekat.

Nah, berjalan di antara tebing itulah yang disebut dengan “Mesulub” yang menjadi dasar dan asal usul penamaan dari pantai ini.

lorong batu karang
lorong batu karang. google maps. sumber: Gillian Goh

Lokasi & Alamat Pantai Suluban

Pantai Suluban beralamat di Desa Pecatu, Uluwatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya tak jauh dari Pantai Padang Padang.

Rute Menuju Pantai Suluban

Perjalanan menuju Pantai Suluban jika kamu tempuh dari arah Denpasar, akan memakan waktu sekitar 60 menit. Rute yang dapat dituju dari arah Bandara ialah dengan mengarahkan kendaraan menuju Kampus Udayana.

Setelah memasuki area kampus, ambil arah menuju GWK , kemudian lanjutkan perjalanan yang akan mengarahkanmu ke Pantai Labuan Sait.

Ketika berada di persimpangan jalan, arahkan kendaraan menuju sebelah kanan. Jika belok ke arah kiri arah menuju Pantai Padang Padang.

Akses jalannya sudah bagus dan beraspal, sehingga mudah dilalui untuk kendaraan roda dua maupun roda empat.

Trekking Menuju Pantai Suluban

jalur menuju pantai suluban
jalur menuju pantai suluban. google maps. sumber: Fendi Irtanto

Ketika berada di area parkir Pantai Suluban, kamu tidak akan melihat keindahan pantai tersebut. Disinilah letak keunikannya.

Keindahan pantainya disembunyikan oleh tebing karang yang dibangun sarana cafe, toko-toko souvenir, gazebo, dan lain sebagainya.

Sehingga untuk menuju bibir pantai kamu harus menuruni anak tangga dengan melewati cafe-cafe dan pertokoan yang berderet di sepanjang jalan.

Jalannya cukup sempit, sehingga terkadang harus bergantian untuk melewatinya. Trekking kamu akan berhenti ketika sudah menemukan dua batu karang yang besar dengan air laut yang masuk sedikit demi sedikit.

Jam Buka Pantai Suluban

Jam operasional dari Pantai Suluban ini dibuka setiap hari, selama 24 jam nonstop.

Tiket Masuk Pantai Suluban

Tiket masuk Pantai Suluban ini gratis, kamu hanya perlu membayar biaya parkir kendaraan sebesar:

  • Motor dengan membayar Rp. 5.000,- per unit
  • Mobil membayar Rp. 15.000,- per unitnya.

Fasilitas Pantai Suluban

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Suluban sudah lengkap ya, karena merupakan salah satu lokasi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Fasilitas umum yang ada diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Restoran atau Cafe
  • Toilet
  • Toko-toko souvenir
  • Penyewaan papan seluncur
  • Penginapan atau Hotel
blue point bay villas & spa
blue point bay villas & spa. google maps. sumber: Blue Point Bay Villas & Spa

Penginapan

Bali telah menjadi surga wisata, dan sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Sehingga kamu ngga akan kesulitan menemukan penginapan.

Begitupun ketika kamu sedang mengunjungi Pantai Suluban, penginapan yang ada diantaranya:

  • Sandat Mas Cottages
  • Dreamsea Bali
  • Uluwatu Surf Villas
  • Blue Point Bay Villas & Spa

Fasilitas yang disediakan tentu tak diragukan lagi, mengenai harga juga worth it lah yakni berkisar diantara Rp. 150.000an hingga Rp. 700.000an per malamnya.

Ragam Wisata di Pantai Suluban

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Suluban, diantaranya:

1. Menikmati Panorama Dari Ketinggian

keindahan pantai suluban dari ketinggian
keindahan pantai suluban dari ketinggian. google maps. sumber: Hans Axelrico

Ragam wisata seru yang pertama dapat kamu lakukan ketika berada di area Pantai Suluban ialah menikmati keindahan pantainya dari ketinggian.

Sudah disebutkan sebelumnya, untuk menuju bibir pantai dari Blue Point Beach ini kamu akan melewati beberapa cafe atau restoran terlebih dahulu.

Cafe atau restoran tersebut menyediakan tempat duduk di bibir tebing sehingga kamu dapat dengan leluasa menikmati keindahan pantai dari ketinggian.

Tampak lautan biru dengan ombak yang cukup deras dan datang silih berganti, terlihat pula para selencar yang mencoba untuk menaklukan gulungan ombaknya. Tempat tersebut sering juga dimanfaatkan untuk menikmati keindahan sunset maupun sunrise.

Lokasi ketinggian selanjutnya ialah dengan menapaki anak tangga dekat dengan bibir pantai, mendakinya hingga tiba di sebuah cafe yang sangat private.

Cafe tersebut hanya boleh dimasuki oleh para pelanggan saja, yang paling menarik ialah dilengkapi dengan kolam renang yang menghadap langsung ke arah laut lepas.

lokasi surfing favorite
lokasi surfing favorite. google maps. sumber: Kevin Zhang

2. Berselancar atau Surfing

Ketika kamu berjalan menuju bibir pantai, kamu akan menyaksikan pengunjung dengan menenteng papan selancar. Karena memang Pantai Suluban merupakan salah satu spot surfing terbaik yang ada di Bali.

Gulungan ombaknya cukup deras, apalagi jika air laut sedang pasang. Sehingga banyak peselancar yang mencoba untuk menaklukan ombak di Pantai Suluban.

3. Hunting Foto-Foto Kece

spot foto kece
spot foto kece. google maps. sumber: Ankit Tiwari

Landscape Pantai Suluban memang sangat unik, dimana kamu tidak akan menyaksikan hamparan pasir yang luas dan samudera yang langsung terlihat.

Yang ada hanyalah bongkahan batu karang yang cukup besar dengan hamparan pasir putih lembut sebagai alasnya. Banyak pengunjung yang mengabadikan keindahan gerbang karang tersebut.


Tinggalkan komentar