Taman Ujung Sukasada, Taman Terindah Di Ujung Karangasem Bali

Taman Ujung Sukasada semakin menambah daftar panjang tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi selain pantai, dan hotel. Taman Ujung Sukasada menjadi sebuah penegasan bahwa semua tema wisata tersaji semuanya di Bali.

Selain itu, Taman Ujung Sukasada merupakan destinasi wisata Bali yang bersejarah, dan kental dengan balutan budaya. Meskipun beberapa kali Taman Ujung Sukasada pernah terdampak dari beberapa gempa yang pernah terjadi di Bali.

banyak bangunan artistik
banyak bangunan artistik. google maps. sumber: D4V3 NN

Simak juga: Wisata Hits di Bali.

Lokasi Taman Ujung Sukasada terletak di Karangasem, Bali, menjadi sebuah tempat yang pas untuk menikmati 3 keindahan alam sekaligus. Di antaranya :

  • Panorama alam pantai Bali,
  • Pegunungan,
  • Dan Taman

Penasaran dengan pesona keindahan yang dimiliki oleh Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Karangasem? Yuk kita simak deskripsi Taman Ujung Karangasem yang sudah kami himpun untuk anda.

Lokasi Dan Alamat Taman Ujung Sukasada, Atau Taman Ujung Karangasem

Lokasi dan alamat Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Karangasem berada di Desa Tumbu, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.

dihiasi bunga yang cantik
dihiasi bunga yang cantik. google maps. sumber: Balai Gili

Rute Menuju Taman Ujung Sukasada

Aksen jalan menuju Taman Ujung Sukasada bisa ditempuh dengan kendaraan jenis motor, maupun mobil, dengan kondisi jalan yang sudah bagus.

Jarak dari Denpasar ke Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Karangasem sekitar 76 kilometer, dengan rata-rata waktu tempuh hanya 1 jam 40 menit.

Harga Tiket Masuk Taman Ujung Sukasada, Atau Taman Ujung Karangasem

Tiket masuk Taman Ujung Sukasada Rp. 15.000 per orang

Jam Buka Taman Ujung Sukasada, Atau Taman Ujung Karangasem

  • Taman Ujung Sukasada buka setiap hari, dari hari Senin hingga hari Minggu.
  • Taman Ujung Sukasada buka dari pukul 07.00 – 19.00.

Fasilitas Di Taman Ujung Sukasada

Fasilitas di Taman Ujung Sukasada sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung, seperti area parkir, dan toilet.

Bagi para pengunjung yang ingin mecari penginapan dekat Taman Ujung Sukasada tidak akan terlalu susah, karena di dekat objek wisata tersebut terdapat penginapan yang menawarkan harga yang bervariatif, tergantung jenis penginapan, dan fasilitasnya.

mengabadikan bale kapal
mengabadikan bale kapal. google maps. sumber: Nirmala Sari

Simak juga: Taman Narmada.

Sejarah Taman Ujung Karangasem, Atau Taman Ujung Sukasada

Taman Ujung Sukasada bukan taman keren biasa, namun menjadi sebuah taman eksotis yang memiliki nilai sejarah yang tinggi, karena berkaitan dengan situs sebuah kerajaan.

Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Sukasada adalah sebuah pengembangan bangunan dari Kolam Dirah yang sudah ada sejak tahun 1901.

Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Karangasem dibangun pada jaman Raja Karangasem yang bernama Anak Agung Angluran Ketut Karangasem, pada tahun 1909.

trekking menuju bale kapal
trekking menuju bale kapal. google maps. sumber; Jiri Jansa

Simak juga: Taman Gua Sunyaragi.

Raja tersebut terkenal sebagai sosok yang memiliki kecintaan terhadap nilai budaya. Adapun arsitek yang membangun Taman Ujung Sukasada melibatkan arsitek orang Belanda, Cina, serta Indonesia.

Pada mulanya luas Taman Ujung Sukasada sekitar 400 ha. Namun di masa Landreform, tanah tersebut dibagikan kepada masyarakat. Dan kini hanya tinggal 10 ha, termasuk di dalamnya bangunan – bangunan yang memiliki nilai sejarah.

Taman Ujung Sukasada pernah dilanda gempa beberapa kali, sehingga mengakibatkan beberapa bangunan rusak. Tepatnya di tahun 1976, dan 1978.

Daya Tarik Taman Ujung Sukasada

1. Taman Yang Elok

taman yang indah
taman yang indah. google maps. sumber: Bernard Baliadvisor

Simak juga: Taman Sriwedari

Taman Ujung Sukasada memiliki daya tarik yang mampu mendatangkan para wisatawan lokal, nasional, hingga wisatawan mancanegara.

Selain karena bernilai sejarah, di tempat wisata tersebut terdapat area taman yang sudah tertata dengan baik, sehingga menyajikan panorama keindahan yang memanjakan mata.

Bunga-bunga yang berwarna – warni, lebih dari satu jenis tanaman, area rerumputan, adalah beberapa bagian yang menghiasi Taman Ujung Sukasada.

2. Danau, Dan Bangunan Artistik

danau di taman ujung sukaseda
danau di taman ujung sukaseda. google maps. sumber: Wira Bagus

Selain taman, di Taman Ujung Sukasada juga terdapat lebih dari satu danau. Dan di tengah – tengah danau tersebut terdapat sebuah bangunan artistik yang bernama Balai Giri, atau Balekambang.

Terdapat tiga buah pintu utama untuk bisa masuk ke Taman Ujung Sukasada. Tetapi bagi para pengunjung hanya bisa masuk melewati gerbang utama yang ada di dekat area parkir saja.

3. Tempat Terbaik Menikmati 3 Wisata Alam Yang Berbeda

Taman Ujung Sukasada, atau Taman Ujung Karangasem merupakan spot terbaik untuk menikmati 3 keindahan alam Bali sekaligus dalam satu tempat.

view pemandangan dari ketinggian
view pemandangan dari ketinggian. google maps. sumber: Martin Jerabek

Simak juga: Taman Lumbini.

Tepatnya di sebuah gerbang yang bernama Bale Kapal. Spot tersebut berada di sebuah ketinggian, sehingga tersaji 3 pemandangan alam sekaligus. Di antaranya :

  • Taman Ujung Sukasada
  • Pantai yang indah
  • Pegunungan

Penutup

Itulah deskripsi tentang Taman Ujung Karangasem, atau disebut juga Taman Ujung Sukasada. Selamat berlibur, dan tetap patuhi protokol kesehatan.

Oh iya, para pengunjung harus update terlebih dahulu jika ingin berkunjung ke sebuah tempat wisata di masa pandemi. Karena bisa jadi tutup mendadak karena kebijakan pencegahan penularan virus covid – 19.


Tinggalkan komentar