Taman Ujung Sukasada, Taman Air Terindah di Pulau Terindah

Taman Ujung sukasada populer sebagai lokasi foto pre wedding. Reputasi itu diperoleh dari keindahan arsitektur bangunan dan keindahan tata letak bangunan serta kolam di dalam taman kuno ini.


taman ujung sukasada di ujung timur pulau dewata
Taman ujung Sukasada. Image via: bali-indonesia.com

Taman ujung mempunyai daya tarik wisata yang sangat instragramable dan populer sebagai tempat foto. Taman ini menyuguhkan keindahan kolam dengan tatanan yang rapi dan arsitektur yang unik. Terdapat anak tangga untuk naik menuju lokasi.

Pada bagian barat atas terdapat pilar tanpa atap untuk melihat pesona keindahan pemandangan yang indah. Jika melihat ke arah tenggara, akan disuguhi pemandangan hamparan laut yang berwarna biru. Jika melihat ke arah timur maka kita akan disuguhi pemandangan alam bukit hijau yang bernama Bukit Bibis.

mengamati Sunrise di pantai timur pulau bali pada bale kapal taman ujung sukasada
Sunrise. Image via: @ujungwaterpalace

Simak juga: Wisata Hits di Bali.

Sejarah Taman Ujung Sukasada

Taman yang dikenal dengan nama Taman Sukasada ini dibangun pad atahun 1909 atas permintaan dari Raja Kerajaan Karangasem, I Gusti Bagus Jelantik yang bergelar Anak Agung Agung Anglurah Ketut Karangasem.

Pembangunan Taman Ujung Karangasem ini dilakukan dengan menggunakan jasa arsitektur Belanda van Den Hentz dan arsitektur dari Cina bernama Loto Ang. Meski begitu, bangunan istana air ini dibuat dengan menggunakan desain arsitektur khas Bali. Pembangunan istana ini, mulanya adalah sebagia perluasan dari Kolam Dirah yang telah dibangun pada tahun 1901.

Pembangunan istana air ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Bayangkan saja, baru pada 17 September 1921, pembangunan Taman Ujung resmi rampung. Selanjutnya, istana yang tercatat sebagai hak kepemilikan pribadi dari keluarga Kerajaan Karangasem ini dibuatkan sebuah prasasti marmer yang bertuliskan dalam dua bahasa, yakni bahasa Bali dan Melayu.

Bale kapal tanpa atap di taman ujung Sukasada mengingatkan pada pilar roma di eropa
Welcome to Rome. Image via: travelingyuk.com

Lokasi Taman Ujung Sukasada

Taman Ujung ini terletak di Banjar Ujung yang masuk dalam wilayah Desa Tumbu di Kecamatan Karangasem, Bali.

Untuk menuju ke tempat wisata yang satu ini jaraknya sekitar 60 Km dari Denpasar.Cara terbaik yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi.karena ketersediaan transportasi umum menuju ke tempat ini cukup minim.

Rute Menuju Taman Ujung Sukasada

Untuk mencapai lokasi wisata Taman Ujung sukasada dari Denpasar memerlukan waktu sekitar satu setengah jam perjalanan. Kualitas jalan ke tempat ini sudah sangat bagus. Sehingga bisa ditempuh menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Jika ingin menggunakan transportasi umum akan mengalami sedikit kesulitan. Seperti umumnya sistem transportasi umum di Bali, kendaraan umum hanya mencapai Jalan Besar saja. Tidak sampai ke lokasi-lokasi yang jauh dari Jalan Utama. Untuk itu alternatif terbaik adalah menggunakan kendaraan pribadi, baik dengan cara menyewa mobil ataupun menyewa sepeda motor.

Dari Denpasar, Perjalanan dimulai dengan melalui Jalan By Pass Profesor Ida Bagus Mantra terus ke arah timur sepanjang 40 km hingga mencapai kota Klungkung. Dari kota Klungkung dilanjutkan dengan Jalan menyusuri pantai melalui Pantai Goa Lawah dan Pantai Padang Bai. Sampai akhirnya tiba di Kota Karangasem.

jembatan gerbang loket taman ujung sukasada
Jembatan gerbang timur. Image via: @tomoakijapan

Simak juga: Taman Narmada.

Dari Kota Karangasem ambil jalan ambil jalan arah selatan. Dari pusat Kota Taman Ujung jaraknya hanya sekitar 2 meter saja

Jam Buka Taman Ujung Sukasada

Objek wisata Taman Ujung dibuka untuk kunjungan umum setiap mhari, mulai jam 6 pagi sampai jam 18 sore.

Tiket Taman Ujung Sukasada

Pengunjung yang ingin menikmati keindahan arsitektur bangunan di istana air Taman Ujung Karangasem tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Tiket masuk yang dikenakan oleh pengelola tempat wisata ini hanya Rp10.000.

Selain itu ada biaya parkir motor Rp 2.000 dan mobil sebesar Rp 5.000.

Fasilitas Taman Ujung Sukasada

Fasilitas yang disediakan untuk menunjang kegiatan wisata di taman ujung sukasada sudah cukup memadai. Pengelola menyediakan tempat parkir dan juga toilet. Di skeitar taman juga tersedia kios penjual makanan, sehingga pengunjung tidak akan kehausan dan kelaparan selama berkunjung ke lokasi ini.

Daya Tarik Taman Ujung Sukasada

  1. Struktur Taman

kolam taman ujung sukasada dilihat dari ketinggian area taman di Sudut Barat Laut
Dari sudut barat laut. Image via: 123rf.com

Taman Sukasada Ujung dibangun di atas lahan 9,5 hektare, diawali dari pembangunan Pura Manikan, lanjut Gapura I di pintu masuk utama bagian barat, Gapura II di bagian selatan berupa candi bentar, Gapura III terletak di bagian timur.

Terdapat juga Bale Kapal di bagian barat paling atas, Bale Bundar merupakan perpaduan arsitektur Bali dan Belanda berbentuk prisma. Bale Lunjuk dengan ciri khas dikelilingi 107 anak tangga, Bale Warak dibangun di areal perbukitan, Terasering, tiga Kanopi, Air mancur, Tugu tiang bendera, Balai Kambang, Bale Gili dan lima kolam.
Hampir semua bangunan dikelilingi kolam. Salah satu kolam paling unik adalah kolam dirah ukuran 65 meter x 26 meter, letaknya paling timur. Kolam ini diyakini memiliki kekuatan magis. Raja Karangasem membangun sarana khusus kolam tersebut untuk mengeksekusi Narapidana.
Misalnya, warga masyarakat Karangasem yang dituduh menganut ilmu hitam, dan sering mengganggu dan menyakiti warga. Setelah melalui persidangan dan divonis bersalah, maka dieksekusi dengan cara diceburkan ke kolam dirah.

Saat eksekusi disaksikan warga dan Raja Karangasem. Jika warga bersangkutan benar-benar bersalah, maka akan lenyap tanpa bekas. Jika tidak bersalah, maka yang bersangkutan bisa terselamatkan kembali.

  1. Kolam

KOlam Seltana taman ujung sukasada yang berisikan bale kambang, konon lokasi persidangan dan rapat kerajaan
Kolam Selatan. Image via: videohive.net

Simak juga: Taman Gua Sunyaragi.

Di taman Ujung Sukasada terdapat 3 kolam besar yang terdapat dalam satu tempat, hanya letak kolam dipisah-pisah. 1 kolam berada di bagian selatan dan 2 kolam berada di bagian utara.

Di tengah kolam bagian selatan, terdapat sebuah bangunan yang berada di tengah kolam, nama dari bangunan ini adalah Bale Bengong. Bangunan dari Bale Bengong tidak menggunakan dinding.

Kolam yang berada di Utara, luasnya lebih besar dari pada kolam yang berada di selatan. Di tengah-tengah kolam di bagian utara, terdapat jembatan yang digunakan untuk melintasi kolam.

Di tengah kolam yang dihubungkan oleh jembatan, terdapat bangunan yang dulunya digunakan sebagai istana peristirahatan raja Karangasem. Karena bangunan peristirahatan raja ini terlihat menggantung, maka masyarakat setempat menyebutnya dengan nama istana gantung.

  1. Istana Peristirahatan

istana peritirahatan raja di taman ujung sukasada terletak di tengah kolam utara
Istana Peristirahatan kolam utara. Image via: candidasabalitour.com

Arsitektur dari istana peristirahatan raja Karangasem memiliki keunikan tersendiri, karena penggabungan dari arsitektur Eropa jaman pertengahan dan arsitektur Bali. Ciri khas dari arsitektur Eropa dapat dilihat dari terdapat kaca warna warni, yang terdapat di dinding bangunan peristirahatan raja, mirip seperti desain dari gereja yang ada di Eropa.

Dari jendela dalam kamar peristirahatan raja, pengunjung dapat melihat kolam dengan bunga Teratai, yang dalam bahasa lokal disebut tunjung. Bunga itu bemekaran berwarna putih dan merah.

Arsitektur dari taman Ujung Soekasada, saat ini tidak seperti aslinya. Hal ini dikarenakan terjadi berbagai peristiwa sejarah, membuat arsitektur dari taman Ujung Sukasada mengalami kerusakan. Seperti pada peristiwa penjajahan Jepang di Bali. Pada masa itu pagar besi dicabuti digunakan untuk senjata berperang oleh masyarakat sekitar.

Kerusakan terparah terjadi pada tahun 1963, pada saat gunung tertinggi di bali, yakni gunung Agung, meletus. Semenjak peristiwa letusan besar itu, taman Ujung Sukasada, tidak mendapat perawatan.

Baru kemudian Pada tahun 2000, puri Karangasem dan pemerintah kabupaten Karangasem melakukan perbaikan tanpa merubah bentuk asli dari taman Ujung Sukasada water palace.

  1. Spot Foto

Spot bale kapal taman ujung sukasada salash satu spot foto favorit di taman ini.
Bale kapal di Gerbang Barat. Image via: @ega.guntur

Simak juga: Taman Lumbini.

Sebagian orang mengenal Taman Ujung sukasada mungkin dari foto-foto yang beredar di internet. Dan dari sekian bnayak foto yang beredar itu, sebagian terbesarnya adalah pose-pose untuk pre-wedding. Taman ujung sukasada memang sangat populer sebagai lokasi pengambilan foto prewedding.

Taman ini memiliki kelebihan berupa keberadaan kolam yang luas. Dipadukan dengan arsitektur bangunan yang bergaya perpaduan Eropa dan Bali. Ditambah pula pemandangan alam sekitar yang sangat dekat dengan pantai. Semua itu membuat banyak fotografer profesional yang merekomendasikan Taman Ujung sukasada sebagai tempat pengambilan foto prewedding bagi pasangan yang akan menikah.

fota pre wedding kerap mengambil lokas ditepi kolam kolam indah taman ujung sukasada
Prewedding. Image via: pande2016

Spot favorit pengambilan foto biasanya dilakukan di reruntuhan pintu gerbang di sisi barat atas istana. Secara resmi pintu gerbang ini sudah tidak lagi berfungsi, namun tiang-tiang bergaya Eropa yang berdiri kokoh dengan atap yang sudah hilang, membuat foto yang dihasilkan bagaikan berfoto di runtuhan kuil di Athena

Spot foto favorit lain adalah di patung lembu putih raksasa. Patung ini terdapat di sisi Utara taman. Spot foto lain ada juga balai adat panjang. Balai terbuka ini panjangnya lebih dari 20 meter serada di sisi utara Taman.

Untuk mencapai balai adat ini harus melewati Jalan Setapak yang di kiri kanan terdapat persawahan. Persawahan ini sebenarnya bagian dari taman juga, namun karena proses rekonstruksi yang belum selesai, sementara dibiarkan tetap menjadi sawah.

Gerbang Istana peristirahatan raja karangasem di tengah kolam utara taman ujung sukasada
Di gerbang istana raja. Image via: blikadek.com

Simak juga: Taman Sriwedari

Objek Wisata Dekat Taman Ujung Sukasada

Objek wisata taman ujung sukasada berada di kabupaten karangasem, kabupaten ujung timur dari pulau bali. Walau selama ini objek wisata bali biasanya dikenal hanya wilayah tengah ke barat saja (gianyar-badung), karangasem sebenarnya juga memeilki banyak obek wisata menarik untuk dikunjungi.

Yang paling terkenal tentu saja adalah pura lempuyang. Dengan jarak sekitar 20 km melalui rute yang menawarkan keindahan. Pura ini eternal dengan gate of heaven nya.

Dalam jarak yang lebih dekat, hanya 10 km terdapat objek taman bersejarah juga. Yang juga sama-sama milik puri karangasem, yaitu taman tirtha gangga. Ada tiga hal utama yang ada di taman Tirta Gangga Karangasem, kebun, kolam air dan patung. Lokasi dari taman Tirta Gangga Karangasem, berada di tengah areal persawahan dan air yang ada di taman ini berasal dari mata air Rejasa.

Demikianlah ulasan kali ini perihal daya tarik wisata dari Taman ujung sukasada karangasem. Semoga apa yang telah disampaikan dapat dijadikan referensi, sehingga berguna untuk perjalanan wisata ke lokasi ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment