Pesona Taman Nasional Bali Barat Yang Memukau

0

Tak habis-habisnya Bali, memiliki begitu banyak objek wisata yang memanjakan mata. Mulai dari pantai, hutan, pura, hingga kebun binatang. Salah Satunya Taman Nasional Bali Barat atau disingkat TNBB. Taman nasional bali barat ini merupakan satu dari sejumlah kawasan pelestarian alam di Bali mulai dari hutan lebat, air laut, pantai, pegunungan hingga satwa lucu yang dapat pengunjung nikmati.

Selain itu, kamu dapat bermain bersama satwa dan menikmati bunga-bunga yang cantik. Taman nasional bali barat ini merupakan perpaduan yang menarik antara ekosistem darat dan laut, ini juga yang menjadikan taman nasional bali barat ini begitu sering dikunjungi baik dari wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Kalau kamu tertarik, yuk intip hal menarik yang dimiliki Taman Nasional Bali Barat ini.

dago dream park info

dago dream park

Image via: www.instagram.com/amazinctionary

Lokasi dan Rute Jalan Menuju TNBB

Sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus mengetahui terlebih dahulu tempat dimana Taman Nasional Bali Barat berada. Dengan luas sekitar 77.000 hektar, Taman Nasional Bali Barat ini berada di ujung barat pulau Bali, sekitar 2 kilometer dari pelabuhan di Bali Gilimanuk. Yang menarik adalah wilayah Taman Nasional Bali Barat ini berada di 2 kawasan, yaitu kabupaten Buleleng dan kabupaten Jembrana, Bali.

Jika kamu berangkat dari kota Denpasar, maka kamu akan menempuh sekitar 3 jam atau sama dengan 60 kilometer untuk sampai ke Taman Nasional Bali Barat. Untuk rute yang dapat kamu ambil, kamu bisa memilih dari beberapa rute. Seperti berangkat dari jalur utara lalu melalui Jl. Raya Gilimanuk menuju Singaraja sepanjang pantai utara pulau batik. Atau kamu bisa mengambil Jalur selatan menuju jalan raya Gilimanuk lalu ke Denpasar.

Selain itu, jika kamu berangkat dari Jalan Raya Gilimanuk kamu bisa melalui Jalan Raya cekik menuju Seririt lalu ke Singaraja dengan jarak sekitar 85 kilometer. Atau mengambil Jalan dari Surabaya ke Banyuwangi lalu menuju ke Ketapang.

Kamu yang barasal dari pulau Jawa juga dapat langsung menuju ke Taman Nasional Bali Barat dengan menyeberangi selat Bali ke Gilimanuk menggunakan kapal feri dengan 30 menit waktu perjalanan. Kamu tidak perlu khawatir, karena kapal penyeberangan feri ini dapat beroperasi selama 24 jam. Setelah itu kamu dapat melanjutkan perjalanan ke Jalan Cekik dengan menggunakan bus.

Jalur lain seperti menggunakan jalur udara, menuju pelabuhan Ngurah Rai di Denpasar melalui jalur selatan menuju jalan Cekik dengan 3 jam perjalanan.

Simak juga: review tempat berlibur di Bali

Harga Tiket Masuk ke Taman Nasional Bali Barat

Untuk dapat memasuki Taman Nasional Bali Barat ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.500 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp. 20.000 per orang untuk wisatawan asing. Cukup murah, kan?

Untuk mendapatkan informasi lebih, kamu dapat menghubungi langsung melalui:

Telepon (0365) 61060 / 61173
Email : [email protected]

Dan juga taman nasional ini dibuka setiap hari senin hingga minum, mulai dari pukul 08.00 hingga jam 18.00 wita. Jadi kamu dapat datang setiap hari, terutama untuk menghabiskan hari libur.

Image via: www.instagram.com/elfrass

Simak juga: wisata Pantai Lovina

Fasilitas yang disiapkan TNBB

Jangan pulang dulu, walau sedikit menempuh jarak yang jauh, kamu akan disuguhi beberapa fasilitas yang dapat kamu gunakan. Dengan harga tiket yang terjangkau, apa saja bisa kamu gunakan. Berikut beberapa fasilitas yang telah disediakan oleh Taman Nasional Bali Barat.

  • Pusat informasi,
  • pondok,
  • rumah makan,
  • perahu motor,
  • menara pengamatan,
  • wisata cinta alam,
  • penangkaran jalak bali,
  • tempat untuk berkemah,
  • peralatan menyelam, dan sebagainya yang dapat kamu nikmati selama berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan paket wisata untuk memudahkan liburan kamu selama di Taman Nasional Bali Barat. Seperti dibawah ini.

1. Paket wisata trekking di Taman Nasional Bali Barat

Paket ini akan membawamu berkeliling selama 3 sampai 4 jam, sambil melihat burung jalak Bali, kijang, Lutung, monyet ekor panjang, dan ayam hutan. Ini akan cocok buat kamu yang sangat ingin melihat dan bermain bersama satwa di Taman Nasional Bali Barat.

Image via: www.instagram.com/plataranresorts
Image via: www.instagram.com/gomool77

2. Paket wisata menyelam di Pulau Menjangan Taman Nasional Bali Barat

Jika kamu memilih paket ini, kamu akan diajak menyelam di teluk menjangan dan kamu dapat melihat secara langsung terumbu karang dan biota laut lainnya.

Baca juga: Keindahan Pantai Tegal Wangi

Daya Tarik TNBB

Selain fasilitas dan paket wisata, kamu perlu tahu juga nih daya tarik apa sih yang membuat sampai kamu ingin sekali berkunjung ke Taman Nasional Bali Barat ini? Berikut beberapa daya tarik yang dimiliki Taman Nasional Bali Barat.

Merupakan kawasan wisata alam yang indah

Mengapa demikian? Ternyata TNBB ini berada diatas sekitar 210-1.144 diatas permukaan laut. Tak hanya itu, Taman Nasional Bali Barat ini juga di bagian dalamnya terdapat beberapa nama gunung terkenal seperti gunung prapat, gunung panginuman, hingga gunung malaye.

Selain itu juga terdapat, 4 pulau kecil seperti pulau menjangan, pulau gadung, pulau burung dan pulau kalong. Ini akan sangat cocok buat kamu yang ingin menyelam. Di TNBB ini seperti yang dijelaskan sebelumnya terbagi atas dua ekosistem yaitu ekosistem darat dan laut. Nah, ekosistem darat itu seperti hutang mangrove, hutan pantai, hutan musim, hutan hujan dataran rendah, evergreen, savanna hingga river rain forest.

Untuk ekosistem laut nya terdapat coral reef, padang lamun, pantai berpasir, perairan laut dangkal dan dalam. Tidak heran bila Taman Nasional ini begitu diakui bukan hanya di nusantara melainkan juga di mancanegara.

Image via: www.instagram.com/ebba.onceaday
Image via: www.instagram.com/forest.warrior

Habitat burung jalak bali dan satwa lainnya

Taman Nasional ini juga menjadi tempat bagi satwa terutama bagi burung jalak bali. Karena memang taman ini dibangun dengan tujuan melestarikan burung jalak bali. Hal ini dikarenakan burung jalak telah masuk dalam kategori hewan yang hampir punah. Untuk melihat mereka, mereka biasanya berkumpul di semenanjung prapat agung.

Tak hanya burung jalak bali, terdapat beberapa spesies seperti jalak putih, jalak suren, ibis putih kepala hitam, cerek jawa, wili-wili besar, dan bangau tong tong. Kamu dapat menemukan berbagai jenis lainnya selama berkunjung di Taman Nasional Bali Barat ini.

Ternyata, tak hanya burung yang terdapat ditaman ini, kamu juga dapat menemukan satwa lain seperti, kijang, landak, trenggiling, kancil, ikan duyung, ikan hiu, penyu sisik, penyu hijau hingga biawak dan masih banyak lagi. Bagaimana, menarik, bukan?

Simak: Surga tersembunyi di Bali; Danau Tamblingan

Kawasan Wisata di dalam TNBB

Ternyata, tidak hanya itu loh. Di dalam taman nasional bali barat ini juga memiliki kawasan wisata. Penasaran? Yuk simak selengkapnya.

  • Pura Pulaki
  • Sumber air panas
  • Terumbu karang
  • Candi taman sari dan pura
  • Pusat penangkaran jalak bali
  • Wisata landscape dan pulau
  • Dan masih banyak lagi.
Image via: www.instagram.com/capetown_guide
Image via: www.instagram.com/turisbanyuwangi
Image via: www.instagram.com/taste.the.paradise

Baca juga: keindahan Danau Beratan

Nah, tunggu apa lagi segera kunjungi Taman Nasional Bali Barat ini dan menemukan jalak bali yang hampir tidak dapat kamu temui. Selain menarik, kamu juga akan mendapatkan edukasi penting loh.

Jangan lupa bawa kamera favorit kamu dan selamat menikmati liburan.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses Lokasi
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.