Eksotisme Danau Beratan, Karena Bali Ga Cuma Pantai

0

Apakah kamu pernah mendengar tentang Danau Beratan? Ataukah kamu memiliki keinginan untuk mengunjungi Danau Beratan di Bali? Tentu Saja Kamu dapat berkunjung ke salah satu tempat wisata di Bali ini. Namun tahukah kamu Danau Beratan seperti apa? Sebelum mengunjungi tempat wisata yang menenangkan ini, kamu tentunya perlu mengetahui segala hal tentang Danau Beratan.

Danau beratan merupakan salah satu objek wisata yang terkenal karena keunikannya. Kamu dapat melihat pura yang berada di tengah danau tersebut, bukan kah itu menarik? Pura tersebut diberi nama Pura Ulun Danau Beratan.

dago dream park

dago dream park info

Nah, sebelum ini yuk simak seperti apa itu Danau Beratan.

Image via: instagram.com/annasol13

Asal Usul Danau Beratan

Danau beratan ini tentu saja memiliki sejarah yang menarik untuk kamu tak hanya sekedar mengetahui tapi juga dapat kamu pelajari. Danau beratan ini diambil dari dua kata, yaitu ‘Bedug’ dan ‘Kul’. Dimana ‘bedug’ berarti alat tradisional untuk memanggil umat islam beribadah, dan kata ‘Kul’ berarti alat komunikasi tradisional di Bali. Jadi, sudah pasti dengan kearifan lokal di Bali yang membentuk nama Danau ini.

Untuk pura ulun danau beratan, diketahui telah berada sejak zaman megalitikum atau sekitar 500 sebelum masehi. Dan pura ini didirikan oleh pendiri kerajaan Mengwi bernama I Gusti Agung Putu. Selain itu Danau Beratan ini juga dijadikan sebagai tempat untuk satwa langka seperti Rusa dan Kijang. Pasti akan seru dapat melihat satwa ini secara langsung, bahkan bermain bersama.

Simak juga: pesona wisata Pantai Seminyak

Image via: instagram.com/lukmanyusuf

Lokasi dan Rute Danau Beratan

Sudah tidak sabar? Tenang dulu, sebelum itu kamu harus tahu dimana Danau Beratan itu berada. Danau beratan ini berada di Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Jika kamu berangkat dari bandara Ngurah Rai akan menempuh jarak sekitar 1 jam 14 menit atau sama dengan 62,6 kilometer.

Sedangkan, jika kamu datang dari arah Singaraja, kamu akan menempuh jarak sekitar 40 kilometer. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi, umum atau bahkan menyewa mobil atau motor selama seharian.

Tips buat kamu yang berangkat dari bandara Ngurah Rai, kamu dapat mengambil jalur melalui Jl. Airport Ngurah Rai menuju Jl. By Pass Ngurah Rai lalu ke Jl. Sunset Road menuju Jl. Griya Anyar. Selepas itu, saat menemukan Jl. Taman Pancing, kamu perlu mengambil jalur ini lalu menuju Jl. Imam Bonjol hingga ke Jl. Cokroaminoto. Dengan tujuan akhir pada Jl. Baturiti Bedugul. Disitu kamu sudah berada lebih dekat dengan Danau Beratan. Untuk dapat melihat lalu lintas dan menghindari kemacetan, kamu dapat menggunakan aplikasi maps untuk menuntun perjalanan kamu kali ini.

Harga Tiket Masuk

Tentunya, Danau Beratan ini juga sama seperti dengan objek wisata yang lain di Bali. Kamu dapat berkunjung ke Danau Beratan dengan membayar tiket masuk sesuai kategori tertentu.

Bagi kamu yang berkewarganegaraan Indonesia atau WNI, pada kategori dewasa akan dikenakan biaya sebesar Rp. 10.000 per orang dan kategori anak-anak sebesar Rp. 7.500 per orang.

Sedangkan untuk Warga negara asing pada kategori dewasa akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000 per orang dan untuk kategori anak-anak sebesar Rp. 15.000 per orang.

Tidak sampai situ, di Danau Beratan ini pun tersedia tempat parkir untuk kamu yang membawa kendaraan. Dan tentu saja akan dikenakan biaya sebesar Rp. 2.000 untuk kendaraan bermotor, Rp. 5.000 untuk kendaraan bermobil dan Bus sebesar Rp. 10.000.

Kamu juga sebaiknya mengunjungi Danau Beratan di saat yang tepat, Danau Beratan ini beroperasi mulai pukul 08.00 – 18.00 wita setiap harinya. Namun, akan sangat ramai pada hari libur nasional.

Baca juga: menikmati ridge walk di Bukit Campuhan

Fasilitas dan Aktifitas Seru

Dengan harga tiket yang cukup terjangkau nih, kamu dapat menggunakan berbagai fasilitas di Danau Beratan. Fasilitas di dalam Danau Beratan ini seperti area parkir yang cukup luas, toilet gratis, taman bermain untuk anak-anak, café dan restaurant, hingga bermain dan melakukan aktivitas seru.

Image via: instagram.com/virginiageneva
Image via: instagram.com/erwin36
Image via: www.instagram.com/travel_loversbh

Berbagai aktivtas seru seperti, berfoto di Beratan dengan background yang indah menampilkan suasana alam secara langsung tanpa penghalang apapun. Serta kamu dapat naik speed boat sambil melihat dengan dekat air danau benatan yang jernih. Untuk speed boat, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 100.00 per putaran dengan kapasitas 4 orang dan Rp. 185.000 per putaran untuk kapasitas 8 orang. Cukup terjangkau, bukan?

Namun, sebaiknya kamu terus mengupdate informasi tentang harga di website resmi objek wisata Danau Beratan karena bisa saja seiring berganti tahun pun dapat mengubah harga yang ditetapkan.

Simak juga: Jangan lewatkan wisata Nusa Lembongan !

Daya Tarik Danau Beratan

Jangan pulang dulu, karena kamu tentu saja tidak ingin liburanmu di Danau Beratan ini sia-sia kan? Kamu bisa mencoba menikmati daya tarik yang akan membuatmu betah berkunjung di Danau Beratan ini. Dengan lokasinya yang berada di ketinggian 1.240 meter diatas permukaan laut, dengan suhu sekitar 18 celcius pada malam hari, yang membuatmu dapat menikmati keindahan malam di Danau Beratan ini.

Nah selain itu juga, kamu dapat melihat rusa dan kijang secara langsung di sekitar Danau Berantan loh. Bukankah sangat jarang dapat melihat hewan langka yang dilindungi ini?

Tidak sampai situ, ada beberapa rekomendasi tempat wisata juga nih yang berada disekitar Danau Berantan. Kamu dapat menemukan Danau Tamblingan dan Danau Buyan, Air Terjun Panas Angseri, Kebun Raya Eka Karya Bedugul Bali, kebun strawberry hingga objek wisata jatiluwih bali.

Image via: instagram.com/mahendrabakle

Selain itu kamu juga dapat menemukan berbagai penginapan dengan harga yang cukup terjangkau disekitar Danau Beratan. Dengan ini akan memudahkan kamu untuk menuju ke danau beratan bahkan ke wisata disekitarnya. Berikut ini penginapan rekomendasi untuk kamu.

  • Pacung Indah Hotel – penginapan yang berada di desa Pacung, Baturiti, Bedugul, Bali.
  • Warung Rekreasi Bedugul Hotel – penginapan di Jl. Raya Candi Kuning, bedugul, tabanan, Bali.
  • Dajan Buyan Homestay – penginapan yang berada di Jl. Kedasong, Pancasari, Sukasada, Bali.

Ketiga penginapan diatas merupakan penginapan dengan harga dibawah 200 ribu per malam. Untuk mengetahui promo atau discount, silahkan mengecek website resmi penginapan yang bersangkutan.

Baca: Liburan keluarga ke Waterboom Bali

Nah, itulah hal menarik yang dapat kamu temukan di Danau Beratan Bali. Bagaimana? Segeralah cek penerbangan dalam waktu terdekat atau memeriksa website resmi Danau Beratan – objek wisata yang bernilai seni hingga bernilai sejarah yang dapat kamu jadikan sebagai pengalaman menarik. Untuk lebih menikmati, jangan lupa membawa kamera favorit kamu ya.

Selain itu, untuk mengunjungi Danau Beratan dalam keadaan yang tidak terlalu ramai, cobalah mengambil cuti disaat hari kerja.

Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat menikmati hari libur kamu.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Akses Lokasi
  • Tiket masuk
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.