Yuk! Habiskan Liburanmu Bermain Di Danau Batur

Selain Pantai dan Pura, ternyata Bali juga memiliki danau yang tidak kalah indahnya, loh. Namanya adalah Danau Batur, danau eksotis yang menjadi objek wisata favorit oleh masyarakat lokal maupun wisatawan asing. Tak banyak yang tahu sebenarnya tentang danau ini, tapi kali ini kamu akan tahu lebih banyak tentang Danau Batur.

Danau Batur ini memiliki pemandangan yang indah, karena disekelilingnya terdapat pegunungan yang menciptakan hawa sejuk. Kamu dijamin akan betah bermain di Danau Batur.

Danau Batur akan menjadi pilihan yang pas buat kamu yang ingin merasakan kedamaian tanpa keramaian kota. Selain itu, air danau yang terdapat pada Danau Batur sebagian besar berasal dari air hujan yang tersaring melalui gunung. Ini juga yang menjadikan Danau Batur sebagai taman bumi atau Global Geopark Network. Menakjubkan bukan?

danau batur bali
image dari @kelilingindonesiayuk

Karena keindahan dan kealamiannya inilah juga yang menjadikan Danau Batur sebagai objek wisata dunia di Bali. Kamu akan melihat air danau yang begitu tenang, sangat cocok buat kamu yang ingin mendapatkan ketenangan dan kedamaian. Danau Batur juga berada dekat Gunung Batur, jadi kamu bisa sekalian merasakan kesejukan dari gunung.

Tertarik? Yuk intip beberapa hal penting di Danau Batur.

Baca juga: wisata Taman Nasional Bali Barat

Lokasi Danau Batur

Kamu harus tahu nih lokasi Danau Batur dimana. Danau Batur ini berada di Desa Penelokan Utara, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Lokasinya dari kota Denpasar akan menempuh jarak sekitar 2 jam atau 64 kilometer berkendara.

Kalau kamu berangkat dari Singaraja, kamu akan menempuh sekitar 58 km atau membutuhkan 1,5 jam perjalanan. Lebih cepat, kan? Kamu bisa memilih jalur ini. Kamu akan menemukan jalan yang berkelok-kelok selama perjalanan menuju ke Danau Batur karena lokasinya yang dekat dengan gunung.

wisata danau batur
image dari @thetraveller_queen

Rute yang dapat kamu ambil seperti – jika kamu berangkat dari bandara Ngurah Rai, kamu bisa mengambil jalan By Pass Ngurah Rai menuju Jl. By Pass Ida Bagus Mantra lalu ke Persimpangan jalan Pantai Siyut.

Nah, setelah melewati jalan Pantai Siyut, tetap berkendara menuju Jl. Raya Tulikup menuju Jalan Taman Bali. Setelah itu, berangkat menuju Kota Bali, Jalan Nusantara. Kamu akan segera sampai ke Danau Batur setelah melewati Jl. Windu Sara, tentunya dengan rute sebelumnya.

Atau kamu dapat menggunakan maps untuk berjaga-jaga agar kamu tidak tersesat. Agar lebih praktis, kamu dapat menggunakan jasa travel atau rental mobil. Kamu juga dapat menggunakan jasa sopir yang sudah hapal lokasi wisata di Bali.

Baca juga: tempat wisata di Bali yang populer.

Harga Tiket Masuk ke Danau Batur

Tentunya setiap objek wisata di Bali akan memasang harga tiket sebelum masuk. Sama halnya denga Danau Batur, namun harga yang dipatok cukup terjangkau.

Cukup dengan membayar Rp.15.000 per orang kamu akan menikmati suasana Danau Batur yang tenang.

berlibur ke danau batur
image dari @gustisindunatha

Simak juga: keunikan Pantai Lovina di Bali

Fasilitas Menarik Di Danau Batur

Selain suasana yang sejuk dan menenangkan, kamu juga bisa nih menikmati fasilitas yang tersedia. Danau batur dengan ketinggian sekitar 1.050 mdpl di lereng gunung Batur – Ini menyiapkan berbagai fasilitas yang dapat kamu gunakan sembari menikmati suasana alam.

Nah, ada beberapa fasilitas menarik di Danau Batur yang perlu kamu coba.

Tempat Kuliner

Kamu bisa juga menikmati kuliner khas Bali di Danau Batur, apa lagi jika kamu lupa untuk membawa persediaan makanan.

Kamu dapat mengunjungi Restoran Apung Kintamani di Jalan Raya Kedisan, Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Restoran ini menyediakan berbagai macam menu terutama hidangan laut.

Hotel di Kintamani

Kamu tidak perlu berjalan jauh lagi untuk mencari tempat peristirahatan di sekitar Danau Batur. Karena di sekitar Kintamani juga terdapat beberapa penginapan yang terjangkau.

Seperti The Cave Hotel – yang menampilkan pemandangan gunung dan danau Batur yang indah denga harga Rp. 495.000 per malam. Ada pula Hotel Segara & Restaurant, hotel yang berada di dekat gunung dan danau batur – hotel ini juga memasang harga yang cukup murah sekitar Rp. 175.000 per malam.

Selain itu, kamu juga dapat menemukan Lakeside Cottages, yang merupakan hotel dengan harga sewa mulai dari Rp. 290.000 per malamnya.

Rental Mobil dan Motor

Fasilitas ini akan memudahkan kamu untuk berkeliling di sekitar Danau Batur maupun kawasan Kintamani.

Hanya dengan membayar sewa sebesar Rp. 500.000 per mobil dengan kapasitas 5 hingga 10 orang dan Rp. 50.000 per motor. Kamu dapat berkeliling bersama sanak keluarga sepuasnya.

Paket Wisata Tour

Kamu dapat menggunakan paket wisata ini untuk memudahkan kamu memandu lingkungan di sekitar Danau Batur. Ada beberapa paket wisata seperti menggunakan program Paket Wisata Bali Murah untuk 2 hari 1 malam atau paket tour 3 hari 2 malam.

Ini akan menemanimu selama berkunjung ke Danau Batur di Kintamani.

aktivitas di danau batur bali
image dari @winsetiono

Simak juga: Wisata Pantai Tegal Wangi

Daya Tarik dan Aktivitas Seru

Sesuai dengan judulnya, inilah hal yang penting yang membuat Danau Batur diakui oleh dunia. Hal ini akan membuatmu betah beralam-lama di Danau Batur dan cocok buat kamu yang suka dengan dunia fotographer.

Berikut beberapa hal yang dapat kamu ketahui.

Objek wisata alam yang indah

Mengapa demikian? Ini dikarenakan Danau Batur memberikan pesona keindahan alam yang khas. Kamu akan melihat hamparan pemandangan alam yang hijau, dikelilingi oleh hutan hujan tropis dengan udara yang sejuk.

Cocok untuk menenangkan diri dari rasa lelah beraktivitas sehari-hari.

Danau terbesar di Bali

Nah, ini bisa dibuktikan karena Danau Batur berada di ketinggian sekitar 1.060 diatas permukaan laut dengan luas sekitar 16 km^2.

Selain itu, kedalaman air di danau ini mencapai 60 meter. Jadi kamu perlu hati-hati untuk bermain di danau ini.

Taman Bumi UNESCO

Danau ini sudah menyandang status internasional nih dari UNESCO, membanggakan, kan? Dengan keindahan yang dimiliki danau ini juga kealamiaannya membuat dunia tertarik.

Air di danau ini juga mengandung belerang yang membuat air tersebut dapat berubah warna. Kamu perlu saat yang tepat nih untuk melihat air ini berubah warna.

Selain daya tariknya, kamu bisa nih melakukan beberapa aktivitas seru di danau batur.

Berkeliling danau

perahu di danau batur bali
image dari @keldalund

Perahu merupakan hal yang jarang ditemui di pusat kota, bukan? Kamu bisa menggunakan kesempatan ini dengan berkeliling menggunakan perahu dan mendapatkan pengalaman baru.

Cukup dengan membayar Rp. 500.000 per perahu untuk 10 orang. Terjangkau, kan?

Baca juga: keindahan tersembunyi di Danau Tamblingan

Memancing di tepi danau

Dengan permukaan air yang cantik, kamu bisa juga nih memancing. Danau ini memiliki banyak ikan yang dapat kamu miliki seperti ikan nila, mujair hingga ikan gabus. Ini juga akan cocok buat kamu yang gemar memancing dengan ketenangan.

Dijamin kamu akan betah berlama-lama di Danau Batur. Jika kamu tidak membawa peralatan, kamu dapat menyewa nya dengan harga Rp. 10.000 dan bisa kamu gunakan selama seharian. Murah, kan? Kamu bisa langsung nih ke Danau Batur.

Berendam air panas

kolam air panas danau batur
image dari @kadekarini

Di sekitar danau batur juga terdapat permandian air panas yang dapat kamu nikmati. Seperti mengunjungi Toya Bungkah yang tidak jauh dari danau batur, Batur Natural Hot Spring, atau Toya Devasya Kintamani.

Ini akan membuat liburan kamu kali ini lebih tenang dan relax. Kamu hanya perlu membayar Rp. 15.000 per orang di Toya Bungkah.

Mengunjungi Desa kuno Truyan

Desa truyan ini berada diseberang danau batur, kamu dapat menggunakan perahu untuk bisa sampai ke sana. Truyan ini merupakan kawasan yang diberi nama Bali Aga atau kawasan orang mati yang tidak dikuburkan. Ini cocok buat jiwa petualang kamu nih.

Itulah beberapa hal penting dan seru di Danau Batur. Sudah tertarik? Jangan lupa selalu update informasi lainnya di website resmi objek wisata Danau Batur. Tetap waspada ya dan selamat menikmati hari libur.

80%
Awesome
  • Keindahan
  • Fasilitas
  • Akses
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.