Wisata Kintamani, Bukti Bahwa Keindahan Bali Bukan Hanya Pantai

Lokasi Daerah wisata Kintamani yang letaknya di dataran tinggi menawarkan keindahan alam dengan nuansa cuaca sejuk. Tempat wisata Kintamani yang selain udaranya segar terdapat objek wisata favorit yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Lokasi Daerah wisata Kintamani yang letaknya di dataran tinggi menawarkan keindahan alam dengan nuansa cuaca sejuk.
Wisata Kintamani. Image via: labirutour.com

Kintamani adalah salah satu kecamatan dari Kabupaten Bangli, yang mempunyai berbagai tempat wisata dan spot petualangan. Tempat wisata dan spot petualangan di Kintamani ini cukup terkenal, dilihat dari jenis pengunjung yang datang, tidak hanya berasal dari Indonesia sendiri, namun juga yang berasal dari mancanegara.

Kawasan Kintamani kira-kira 2 jam perjalanan dari Kota Denpasar. Ditempuh dengan jarak 68 kilometer dari denpasar atau kuta. Kintamani memiliki pemandangan kawasan pegunungan yang berada di ketinggian 1.500 m dari permukaan laut.

Objek wisata kintamani didominasi oleh wisata alam. Namun Kintamani juga punya wisata budaya, sejarah, dan bahkan museum Sains tingkat Dunia.

9 Spot Wisata Kintamani

  1. Penelokan Kintamani

Daya tarik tempat wisata kintamani paelokan adalah mempunyai daya tarik view alam gunung Batur dengan danau nya.
Makan Siang di Panelokan. Image via: tripadvisor.com

Simak juga: 38 wisata menarik di Bali

Daya tarik tempat wisata kintamani ini mempunyai daya tarik view alam gunung Batur dengan danau nya. Berada di ketinggian 1500 mdpl pemandangan ini dilihat dari jalan Raya Penelokan sebelah selatan desa Batur Tengah Kecamatan Kintamani.

Dari Penelokan pengunjung bisa menikmati suguhan pemandangan alam berupa Gunung dan Danau Batur. Oleh karena itu tak heran jika sebagian besar wisatawan akan melakukan aktivitas foto dengan latar Gunung dan Danau Batur tersebut.

Salah satu daya tarik yang membuat para petualang dan urban adventurer memilih destinasi dan spot petualangan wisata kintamani ini adalah fasilitasnya yang cukup lengkap. Mulai dari toilet bersih, hingga restoran yang menyajikan makan khas di sana, membuat mereka betah di sini.

  1. Danau Batur

Danau tempat wisata kintamani ini adalah kaldera aktif yang terindah di dunia, dengan luasan mencapai 16,6 kilometer persegi.
Danau Batur. Image via: kintamani.id

Danau Batur ini terletak di Desa Penelokan Utara berjarak 10 km atau 25 menit menurun dari Penelokan atas yang biasa menjadi tempat wisata kintamani bali atau stop point-makan siang. Berada di lereng Gunung Batur danau ini berbentuk bulan sabit jika di lihat dari ketinggian.

Danau ini sebenarnya adalah Kaldera aktif danau batur. Danau ini adalah kaldera aktif yang terindah di dunia, dengan luasan mencapai 16,6 kilometer persegi. Danau Batur Kintamani merupakan danau terbesar yang ada di pulau Bali dan danau kaldera terluas kedua di Indonesia setelah Danau Toba di Sumatera Utara.

Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke wisata kintamani pastinya hanya dapat melihat pemandangan danau dari ketinggian atau dari restoran yang berada di desa penelokan. Namun ada juga wisatawan asing maupun lokal yang ingin berkeliling di tengah danau Batur dengan menyewa perahu, pemotretan foto pre wedding atau mengunjungi desa trunyan.

  1. Gunung Batur

Gunung Batur biasanya sering digunakan sebagai tempat hiking untuk para pendaki, yang ingin merasakan dan melihat keindahan matahari terbitnya di ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut.
Mendaki Gunung Batur. Image via: kumparan.com

Simak juga: 9 pilihan wisata malam ramah keluarga di Malang

Gunung Batur merupakan sebuah gunung berapi aktif di Kecamatan Kintamani. Terletak di barat laut Gunung Agung, gunung ini memiliki kaldera berukuran 13,8 x 10 km. Pematang kaldera tingginya berkisar antara 1267 m – 2152 m (puncak G. Abang).

Konon menurut cerita dalam Lontar Susana Bali, gunung wisata kintamani ini merupakan puncak dari Gunung Mahameru yang dipindahkan Sang Batara Pasupati untuik dijadikan Sthana Betari Danuh (istana Dewi Danau).

Gunung Batur biasanya sering digunakan sebagai tempat hiking untuk para pendaki, yang ingin merasakan dan melihat keindahan matahari terbitnya di ketinggian 1.717 meter dari permukaan laut. Begitu pula dengan hamparan bebatuan hitam bekas letusan di wisata kintamani ini, sangat sangat menarik dijadikan lokasi pemotretan foto pre wedding.

  1. Desa Trunyan

Desa trunyan adalah sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Bali yang biasa disebut dari “Bali Aga” dengan aspek keunikan budayanya.
Desa Trunyan. Image via: @kajane.yangloni

Desa Trunyan adalah salah satu destinasi wisata kintamani yang sangat unik. Desa trunyan adalah sebuah desa yang ditinggali oleh penduduk asli pulau Bali yang biasa disebut dari “Bali Aga” dengan aspek keunikan budayanya.

Arti nama dari Desa Trunyan dibagi menjadi ke dalam dua kata yaitu “Taru” dan “Menyan”. Taru adalah “Pohon” atau Tumbuhan kehidupan sedangkan Menyan merupakan ”wewangian”.  Jadi, arti kata Trunyan adalah wewangian yang harum yang keluar dari pohon menyan.

Keunik dari Desa ini ialah cara penguburan mayatnya yang sama sekali tidak dikubur. Melainkan di baringkan atau diletakkan di bawah pohon besar bernama taru menyan. Di Wisata kintamani Desa trunyan ini ada 3 tempat prosesi penguburan menurut tiga jenis kematian yang berbeda. Kematian secara wajar, tidak wajar dan penguburan bayi dan anak kecil.

  1. Toya Bungkah

Berendam di toya bungkah
Toya Bungkah. Image via: paperkampung.com

Simak juga: Pasir putih Situbondo, Ramaenya macam di Pantai Bali

Objek Wisata Kintamani Bali Toya Bungkah adalah tempat pemandian air hangat/panas. Objek Wisata Toya Bungkah ini telah dikelola oleh Desa Pekraman Batur yang kemudian diberi nama Batur Natural Hot Spring.

Di objek wisata kintamani ini pengunjung bisa menikmati sensasi berendam dan mandi di pancuran air panas yang bersuhu antara 29 s/d 39 derajat celcius. Dari Toya Bungkah kintamani ini, pengunjung dapat melihat pemandangan danau batur  lebih dekat dengan hamparan air danau yang biry tepat di depan mata.

Permandian Toya Bungkah Kintamani terdapat 4 jenis kolam. Kolam air panas diperuntukan untuk anak-anak dengan kedalaman kolam tidak lebih dari 80 cm. Kolam Natural Therapy Hot Spring Water dengan suhu air sekitar 38°– 40° Celcius. Kolam Floating Sunburn diperuntukan bagi yang suka berendam sambil berjemur. Dan yang terakhir Kolam Umum untuk Berenang.

  1. Toya Devasya

Toya Devasya menjadi pemandian air panas terbaik, paling hits dan populer di pulau Bali. Memang di pemandian ini disediakan fasilitas dan sarana yang lebih lengkap dibandingkan tempat lainnya
Toya Devasya. Image via: thebalidestiny.com

Destinasi wisata pemandian air panas ini masih ada di kawasan Toya Bungkah, di tepi danau Batur Kintamani. Air panas alam yang keluar dari perut gunung Batur ditampung di kolam pemandian Toya Devasya kemudian menuju ke danau Batur.

Toya Devasya menjadi pemandian air panas terbaik, paling hits dan populer di pulau Bali. Memang di pemandian ini disediakan fasilitas dan sarana yang lebih lengkap dibandingkan tempat lainnya, seperti wahana rekreasi air waterbom air panas dan yang terbaru adalah rekreasi watersport di danau Batur.

Di Toya Devasya ada 1 buah kolam renang besar dan 7 kolam kecil, juga area bermain untuk anak-anak, berikut dilengkapi dengan beberapa buah pancuran air panas. Wisata kintamani Toya Devasya juga menyediakan resor untuk tempat anda menginap.

Wisata kintamani ini juga menyediakan sarana kemping atau berkemah, sehingga anda bisa menyatu dengan alam Kintamani yang terasa sejuk pada siang hari dan dinginnya malam serta udara yang bersih dan jauh dari polusi.

  1. Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur letaknya tidak tepat di pinggiran danau seperti Pura Ulun Danu di Beratan. Namun dari pura ini pun pengunjung masih bisa melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus
Pura Ulun Danu Batur. Image via: ceritanegeri.com

Simak juga: Pantai Karang Bolong Kebumen

Pura Ulun Danu Batur letaknya tidak tepat di pinggiran danau seperti Pura Ulun Danu di Beratan. Namun dari pura wisata kintamani ini pun pengunjung masih bisa melihat indahnya danau batur dan gunung batur sekaligus. Pura ini ada di sebelah utara dari kintamani penelokan, berlokasi di desa kalanganyar kecamatan kintamani bangli.

Dulunya pura ini terletak di lereng barat daya gunung batur namun setelah bencana gunung batur meletus di tahun 1917 mengakibatkan areal pura itu hancur. Namun masih ada satu buah pelinggih yang tetap berdiri kokoh menjulang hingga sekarang.

Pengunjung dengan ketertarikan apda  dengan objek-objek wisata seni arsitektur bernilai sejarah akan merasa senang berada di wisata kintamani berupa pura tempat suci umat hindu bali ini.

  1. Desa Bayung Gede

Desa Bayung Gede yang berada di Kecamatan Kintamani merupakan sebuah desa wisata Bali Aga, sepertihalnya Desa Trunyan
Desa Bayung Gede. Image via: deviantart.com

Desa Bayung Gede yang berada di Kecamatan Kintamani merupakan sebuah desa wisata Bali Aga, sepertihalnya Desa Trunyan. Desa wisata kintamani ini dipercayai sebagai desa induk dari desa-desa lainnya di Bangli, bahkan warga Desa Penglipuran pun dipercaya berasal dari desa ini.

Tradisi di Desa Bayung Gede juga unik pada saat menguburkan jenazah. Jika jenazah tersebut berjenis kelamin wanita, maka akan dikuburkan dengan posisi terlentang dan menghadap langit, sebaliknya untuk yang laki-laki akan dikuburkan dengan telungkup.

Bagi masyarakat setempat hal ini dipercayai bahwa perempuan dianggap sebagai bumi maka harus menghadap langit, sementara bagi laki-laki adalah sebaliknya.

Tradisi yang paling menarik di Desa wisata kintamani Bayung Gede ini, adalah dalam menguburkan ari-ari yang dibawa lahir oleh bayi. Di sini ada khusus kuburan ari-ari, dimana nantinya ari-ari akan digantung pada pohon dengan menggunakan wadah batok kelapa dan digantung pada sebuah pohon.

  1. Museum Vulkanologi Kintamani

Museum yang diresmikan pada 1 April 2016 ini menampilkan koleksi yang merepresentasikan tiga pilar geopark. Yaitu keanekaragaman hayati (biodiversity), keanekaragaman geologi (geodiversity), dan keanekaragaman wujud budaya (cultural diversity).
Museum Geopark Batur. Image via: sejarahlengkap.com

Simak juga: Jejak Lava beku di Goa Lawa Purbalingga

Museum yang diresmikan pada 1 April 2016 ini menampilkan koleksi yang merepresentasikan tiga pilar geopark. Yaitu keanekaragaman hayati (biodiversity), keanekaragaman geologi (geodiversity), dan keanekaragaman wujud budaya (cultural diversity).

Museum Geopark Batur memiliki 2 lantai. Lantai pertama terdapat lobby utama dengan ruangan yang menyuguhkan keragaman geologi. Di ruang lobby utama, pengunjung dapat menyaksikan diorama Gunung Batur. Diorama yang disajikan berupa miniatur Gunung Batur beserta Danau Batur yang berbentuk segi empat berukuran 2,5 x 2 meter.

Di lantai 2 terdapat ruangan keanekaragaman hayati, keragaman budaya, serta ruangan auditorium. Pada ruang auditorium, Anda dapat menyaksikan berbagai film edukasi mengenai gunung api dan geopark.

Geopark Batur memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh geopark lainnya, yaitu Gunung Batur memiliki dua kaldera. Yang istimewa adalah di dalam kaldera I terbentuk kaldera II. Pada kaldera II juga terdapat sebuah danau yang berbentuk bulan sabit dengan panjang 7,5 kilometer dan lebar 2,5 kilometer dan dikenal sebagai Danau Batur.

Demikian ulasan kami mengenai 9 lokasi wisata Kintamani Bali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk memilih alternative objek wisata yang berada di kintamani bali ini.

Baca juga:

Leave a Comment