Wisata Kintamani, Pesona Keindahan Di Sekitar Kaldera Bali

Wisata Kintamani adalah diksi yang menunjuk kepada kawasan wisata yang terletak di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Wisata Kintamani terkenal sebagai sisi pesona keindahan Bali selain pantai. Dan hebatnya, setiap objek wisata yang ada di Bali, tidak menghilangkan aspek tradisi, atau budaya para leluhur.

Di akhir tahun 2020, tercatat kunjungan ke Kintamani mencapai angka 1.200 kunjungan per harinya, yang didominasi oleh wisatawan lokal.

Wisata Kintamani Bali
Wisata Kintamani Bali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hal tersebut menunjukan fakta bahwa Kintamani memiliki daya tarik sendiri, meskipun bukan pesona pantai yang ditawarkan.

Jarak dari Denpasar juga tidak terlalu jauh. Kintamani dengan Denpasar hanya berjarak 57 kilometer, dengan total waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan.

Dan inilah beberapa tempat yang wajib anda kunjungi saat berada di Kintamani, Bangli, Bali :

9 Spot Wisata Kintamani

1. Penelokan Kintamani

Penelokan Kintamani adalah nama sebuah desa yang memiliki panorama alam yang sangat indah, udara yang sejuk, serta spot favorit bagi para wisatawan yang datang ke Kintamani.

Di Desa Penelokan, merupakan lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Danau Batur, serta Gunung Batur. Bahkan café, atau restoran yang ada di sana, sengaja membuat spot khusus yang menghadap ke Gunung, dan Danau Batur.

Penelokan Kintamani Bali
Penelokan Kintamani Bali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Penelokan Kintamani merupakan kawasan yang recommended  untuk dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga, apalagi saat liburan tiba.

2. Danau Batur

Wisata Kintamani yang sangat terkenal salah – satunya adalah Danau Batur. Sebuah Danau yang memiliki luas sekitar 16 kilometer persegi, dan memiliki status sebagai Taman Bumi.

Air danau tersebut bentuknya mirip bulan sabit. Karena Danau Batur sangat Luas, maka banyak sekali spot di Kintamani yang cocok untuk menikmati keindahan danau tersebut.

Danau Batur selain memiliki pesona keindahan yang memanjakan mata pengunjung, di sisi lain juga digadang-gadang sebagai salah – satu danau terbesar yang ada di Bali.

Danau Batur Kintamani Bali
Danau Batur Kintamani Bali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Adapun ragam wisata yang ada di Danau Batur Kintamani adalah sebagai berikut:

  • Camping Area
  • Pemandian air panas

Harga tiket masuk Danau Batur adalah sebagai berikut:

  • Rp. 15.000 per orang
  • Rp. 500.000 sewa perahu

Lokasi dan alamat Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

3. Gunung Batur

Gunung Batur adalah gunung kebanggaan masyarakat Kintamani, dan masyarakat Bangli. Karena gunung tersebut menjadi salah-satu gunung yang memiliki kaldera yang luas di dunia.

Lokasi Gunung Batur sangat berdekatan dengan Danau Batur. Sehingga dua objek wisata ini tidak bisa dipisahkan dari paket wisata Kintamani.

Pendakian Gunung Batur Kintamani
Pendakian Gunung Batur Kintamani. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Gunung Batur sangat terkenal sebagai gunung yang sangat indah untuk melakukan pendakian. Namun, disarankan para pengunjung untuk dibimbing oleh tim pemandu jika ingin melakukan pendakian.

Lokasi dan alamat Gunung Batur berada di Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

4. Desa Trunyan

Wisata Kintamani selanjutnya adalah Desa Trunyan. Sebuah desa yang dianggap sebagai desa tertua yang ada di provinsi Bali.

Di Desa Trunyan, tradisi para leluhur yang turun temurun masih terjaga kelestariaannya. Lokasinya tidak jauh dari Danau Batur, dan akses menuju Desa Trunyan harus menggunakan perahu.

Akses Menuju Pemakaman Desa Trunyan
Akses Menuju Pemakaman Desa Trunyan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Daya tarik dari Desa Trunyan adalah tradisi pemakaman yang bernama Mepasah. Tradisi tersebut berbeda dengan masyarakat Bali secara umum.

Jika pemakaman masyarakat Bali secara umum harus dibakar melalui upacara Ngaben, tetapi tidak dengan masyarakat Desa Trunyan.

Manusia yang telah meninggal tidak dikubur, atau dibakar. Tetapi akan diletakan terbaring, dekat sebuah pohon besar yang mengeluarkan wangi khusus.

Pemakaman Desa Trunyan
Pemakaman Desa Trunyan. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Mayat yang dibaringkan di area tersebut hanya untuk warga desa yang meninggal secara normal, dan sudah berkeluarga. Begitu juga jumlah makam di area tersebut harus tetap 11 makam.

Lokasi makam Desa Trunyan, atau Desa Terunyan berada di Desa Terunyan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provini Bali.

Harga tiket masuk Desa Trunyan gratis. Hanya saja pengunjung harus mengeluarkan ongkos naik perahu untuk sampai di area pemakaman.

5.Toya Bungkah

Selanjutnya rekomendasi wisata Kintamani yang wajib dikunjungi adalah Toya Bungkah. Sebuah objek wisata dengan sajian utamanya adalah pemandian air panas.

Sumber mata airnya berasal dari pegunungan, dan akuifer. Akuifer adalah lapisan bawah tanah yang memiliki kandungan air. Dan di dalamnya tedapat bebatuan yang mampu melepaskan debit air yang cukup besar.

Pemandian Populer Kintamani
Pemandian Populer Kintamani. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolam di Toya Bungkah dibagi-bagi sesuai dengan kegunaannya, serta usia pengunjung. Seperti :

  • Kolam untuk berenang
  • Kolam untuk terapi
  • Kolam renang untuk anak

Fasilitas di Toya Bungkah udah sangat lengkap, disertai dengan bangunan yang sudah tertata, sehingga mampu menjadi spot selfie yang instagramable.

Lokasi dan alamat Toya Bungkah berada di Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Harga tiket masuk Toya Bungkah:

  • Rp. 190.000 untuk wisatawan asing
  • Rp. 70.000 untuk usia dewasa (Wisatawan Lokal/nasional)
  • Rp. 35.000 untuk usia anak-anak
  • Toya Bungkah buka selama 24 jam

6. Toya Devasya

Wisata Kintamani yang masih menawarkan pemandian air panas, dan sudah sangat populer sebagai kolam air panas alami di Bali bernama Toya Devasya.

Toya Devasya
Toya Devasya. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hampir sama dengan Toya Bungkah. Toya Devasya juga sudah tertata baik, sehingga memberikan kenyaman bagi para pengunjung yang datang.

Kenyamanan saat di kolam Toya Devasya semakin lengkap, karena lokasinya dekat dengan Danau Batur. Sehingga saat anda berendam, atau bermain air, peona elok Danau Batur dapat terlihat jelas.

Toya Devasya memiliki 1 Kolam bear, serta 7 kolam lainnya dengan sensai wiata yang berbeda-beda. Termasuk peruntukannya untuk anak kecil.

Lokasi dan alamat wisata Toya Devasya berada di Desa Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Pesona Toya Devasya
Pesona Toya Devasya. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Adapun harga tiket masuk Toya devasya adalah:

  • Rp. 100.000 per orang dewasa
  • Rp. 60.000 per orang anak-anak
  • Toya Devasya buka dari pukul 07.00 – 21.00
  • Toya Devasya memiliki fasilitas yang nyaman dan lengkap

7. Pura Ulun Danu Batur

Wisata Kintamani selanjutnya yang menawarkan keindahan wisata alam, wisata sejarah, dan wisata religi di dalam satu kawasan adalah Pura Ulun Danu Batur.

Wisata sejarah Pura Ulun Danu Batur dikarenakan bangunan tersebut didirikan sejak abad ke 17. Adapun wisata religi, selain tempatnya digunakan untuk beribadah, namun dipercaya juga sebagai tempat yang mampu menjaga harmoni pulau-pulau yang ada.

Pura Ulun Danu Batur
Pura Ulun Danu Batur. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pura Ulun Danu Batur memiliki view yang sangat elok, karena terdapat kolam, serta taman yang tertata indah. Selain itu, para pengunjung bisa menaiki speedboat untuk mengitari danau.

Fasilitas di Pura Ulun Danu Batur Kintamani sudah sangat lengkap, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung yang datang.

Harga tiket masuk Pura Ulun Danu Batur Kintamani :

  • Rp. 20.000 per orang (Dewasa)
  • Rp. 15.000 per orang (Anak-Anak)

Lokasi Pura Ulun Danu Batur terletak di Jalan Kintamani. Adapun alamat Pura Ulun Danu Batur berada di Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

8. Desa Bayung Gede

Desa yang ada di Bali, dan khususnya yang ada di Kecamatan Kintamani merupakan desa-desa yang mempunyai potensi wisata yang sangat besar.

Setiap desa memiliki potensi yang berbeda- beda, namun memiliki kesamaan yaitu tetap merawat tradisi, atau kearifan lokal, dan aritektur sebagai warisan dari para leluhur.

Desa Bayung Gede Bali
Desa Bayung Gede Bali. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seperti halnya di Desa Bayung Gede. Sebuah desa yang mempunyai tradisi yang unik, dan masih tetap lestari meskipun di tengah pesatnya modernisasi.

Desa Bayung Gede menjadi pilihan wisata Kintamani yang menyajikan konten wisata budaya di tengah alam terbuka, dengan panorama alam yang indah.

Lokasi dan alamat Desa Bayung Gede berada di Desa Bayung Gede, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

9. Museum Vulkanologi Kintamani

Wisata Kintamani dengan sajian wisata alam sudah, wiata religi sudah, wisata budaya, dan sejarah juga sudah. Dan inilah rekomendasi wisata Kintamani yang terakhir, denga sajian wiata yang bernilai edukatif.

Nama objek wisatanya  Museum Vulkanologi Kintamani. Sebuah museum yang lahir atas kehadiran kawasan kaldeara Gunung Batur, dan Danau Batur.

Museum Vulkanologi Kintamani
Museum Vulkanologi Kintamani. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Museum Vulkanologi Kintamani menyajikan edukasi tentang geopark nasional, maupun geopark internasional.

Lokasi dan alamat Museum Vulkanologi Kintamani berada di Jalan Raya Penelokan, Desa Batur Selatan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali.

Museum Vulkanologi Kintamani buka dari pukul 08.00 – pukul 16.00, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu tetap buka.

Harga tiket masuk Museum Vulkanologi Kintamani:

  • Rp. 20.000 per orang (Dewasa)
  • Rp. 15.000 per orang (anak-anak)

Tinggalkan komentar