Eloknya Danau Linow Kebanggaan Orang Minahasa

| | ,

Pesona keindahan danau-danau yang ada di Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi keelokannya. Salah satu danau terbaik yang memiliki pemandangan yang sangat indah adalah Danau Linow.

Danau ini memiliki kandungan kadar belerang yang sangat tinggi. Kadar belerang tinggi tersebut membuat warna di danau selalu berubah-ubah. Itulah yang membuat danau ini terlihat bercahaya.

Danau Linow
Danau linow. Image via: duasudara.com

Di sekitar Danau Linow, Anda bisa melihat banyak sekali burung Belibis yang terbang kesana dan kemari. Danau yang memiliki ukuran 34 Ha ini menjadi salah satu tempat tinggal bagi serangga bersayap dan burung Blibis.

Serangga bersayap yang hidup di Danau Linow dinamai dengan Sayok atau Komo oleh penduduk sekitar. Ribuan serangga tersebut tersebar luas di danau dan uniknya, masyarakat setempat pun mengkonsumsi serangga ini untuk makanan sehari-hari.

Lokasi Danau Linow

Danau Linow berlokasi di Kabupaten Tomohon, Minahasa, Sulawesi Utara. Banyak orang yang menyebut bahwa danau ini menjadi surga yang tersembunyi di Tomohon.

Di kota Tomohon sendiri terdapat dua Gunung yaitu Gunung Lokon dan Gunugn Mahawu. Hal tersebut membuat Kota Tomohon memiliki hawa yang sangat sejuk

dago dream park
dago dream park

Alamnya juga sangat indah. Terdapat pegunungan dan perbukitan dimana pohon –pohon tumbuh hijau dan rindang. Bunga-bunga pun bermekaran sepanjang waktu. Itulah mengapa Kota Tomohon dimana Danau Linow berada mendapatkan julukan sebagai kota Seribu Bunga.

Berkat hadirnya Danau Linow di Kota Tomohon, banyak wisatawan mancanegara dan wisatawan dari berbagai penjuru negeri yang datang ke tempat ini.

trekking
Trekking danau Linow. Image via: duasudara.com

Simak juga: review wisata Danau Sentani

Jalan/ Rute Menuju Danau Linow

Jalan dan rute menuju Danau Linow cukup mudah. Jika Anda datang dari Bandara Sam Ratulangi, Anda bisa menggunakan transportasi umum untuk menuju Kota Tomohon. Danau ini berjarak antara 37 km dari kota Tomohon.

Jika Anda sudah sampai di dekat Danau Linow, Anda kemudian akan menuju lokasi Danau ini dengan berjalan kaki. Jaraknya kurang lebih 1 km saja.

Obyek wisata yang sastu ini memiliki keindahan yang luar biasa. Karakteristik air dari Danau Linow yang unik dan memiliki banyak warna membuat para wisatawan yang datang terkagum-kagum karenanya. Itulah mengapa tempat ini selalu penuh sesak ketika liburan sekolah atau pun liburan nasional tiba.

Anda akan mencium aroma bau telur busuk yang menyengat selama perjalanan menuju Danau Linow. Bau tersebut berasal dari belerang yang tersebar luas di danau tersebut. Belerang tersebut merupakan sisa dari letusan Gunung Mahawu yang terjadi sejak ratusan tahun yang lalu.

Speda bebek
Speda bebek. Image via: panorama-magz

Kata Linow dari Danau Linow berasal dari Bahasa Minahasa. Linow berasal dari kata Lilinowan yang memiliki arti tempat berkumpulnya air. Warna yang berubah-ubah dari hijau, biru, dan kuning kecoklatan akan membuat setiap pengunjung yang datang takjub melihat keelokan tersebut. Unsur belerang yang dikenai dengan pembiasan dan pantulan dari sinar matahari juga mempengaruhi perubahan dari warna danau.

Agar Anda bisa menikmati udara yang bersih di Danau Linow, Anda bisa datang di waktu pagi hari. Pagi hari adalah waktu yang paling tepat dimana udara di danau masih bersih dan keindahan Danau Linow pun telah terpancarkan.


Suasana yang sunyi dan menenangkan akan mudah didapatkan di pagi hari. Cuaca di kawasan danau yang sejuk juga bisa menjadi salah satu alasan Anda untuk berlibur di tempat ini.

Kano
Wahana kano. Image via: tripadvisor

Anda bisa melakukan piknik dengan membawa makanan dan peralatan piknik lainnya di tempat ini. Anda bisa bersantap makanan favorit Anda bersama keluarga sambil menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang hijau.

Jika Anda beruntung, Anda pun bisa menikmati kawanan burung yang beterbangan di Danau Linow yang menambah eloknya suasana.

Simak juga: info seputar wisata Danau Maninjau

Harga Tiket Masuk Danau Linow

Harga tiket masuk dari Danau Linow pun terbilang cukup murah. Anda hanya perlu membayar 25 ribu rupiah untuk memasuki kawasan ini. Setelah Anda membayar tiket, Anda pun akan mendapatkan karcis. Karcis tersebut nantinya bisa ditukar dengan pilihan makanan seperti kopi dan makanan lainnya di cafe yang berada di pinggir danau

Anda bisa menikmati dan memilih makanan yang tersedia di sekitar Danau Linow, Minahasa ini. Anda bisa menikmati pisang goreng yang hangat serta makanan khas dari Minahasa yang dijual dengan harga yang cukup mahal.

Oleh karena itu, disarankan bagi Anda untuk membawa bekal makanan sendiri untuk bisa lebih menghemat kantong.

Panas bumi
Panas bumi alami. Image via: tripadvisor

Jam Buka Danau Linow

Danau Linow memiliki jam buka hampir sama dengan tempat wisata lain. Anda bisa berkunjung ke tempat ini mulai dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 Waktu Indonesia Timur.

Untuk menikmati keindahan danau yang tiada tara, disarankan untuk Anda datang ke tempat ini di pagi hari.

Sejarah Danau Linow

Setiap tempat wisata tentu memiliki sejarahnya masing-masing. Begitu pula dengan Danau Linow yang memiliki sejarah yang cukup unik. Dikatakan bahwa Danau Linow merupakan kawah alam yang dihasilkan dari letusan gunung berapi 500 ribu tahun yang lalu.

Danau yang menyimpan warna unik ini memang selalu berubah-ubah warna.  Perubahan warna terjadi karena adanya kandungan belerang yang terdapat di dalamnya.

senja danau linow
Sore di danau linow. Image via: @danau.linow

Mitos/ Misteri Danau Linow

Danau Linow yang indah ini tentu menyimpan mitos dan misteri yang luar biasa. Mitos ini tersebar secara turun temurun sehingga membuat danau ini menjadi semakin terkenal. Dikatakan bahwa di Danau Linow terdapat harta karun yang belum ditemukan. Ini menjadi salah satu hal yang membuat banyak orang semakin tertarik untuk datang ke tempat ini. Konon, harta karun yang tersimpan di Danau Linow hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja.

Daya Tarik Danau Linow

Daya tarik dari Danau Linow sangat luar biasa.  Berikut beberapa keunikan dari danau yang terletak di Minahasa ini.

Terkenal sebagai tempat untuk prewedding

Sebagai tempat wisata yang indah, Danau Linow ini memang terkenal sebagai tempat prewedding pasangan yang akan melangsungkan pernikahan. Tidak hanya itu, banyak pula orang yang senang dengan fotografi membuat foto-foto menarik dan video yang keren.

prewedding
Prewedding danau linow. Image via: juliatri31.blogspot.com

Terkenal hingga ke mancanegara

Meskipun tempat ini berada jauh dari kota besar di Indonesia, tempat ini nyatanya memiliki daya tarik yang luar biasa bagi wisatawan mancanegara. Banyak wisatawan China dan Korea yang datang ke tempat ini untuk melihat keelokan 3 warna dari Danau Linow.

Burung Belibis

blibis
Belibis di danau. Image via: tempo.co

Hal yang tidak kalah menarik dari Danau Linow adalah adanya burung belibis yang beterbangan kesana kemari. Anda bisa melihat burung belibis jika datang di waktu yang tepat. Tidak hanya itu saja, banyak serangga yang terbang dan dijadikan sebagai makanan khas dari orang Minahasa di Danau Linow. Jika Anda tertarik, Anda bisa ikut mencicipi lezatnya serangga asli dari Danau Linow.

Mengunjungi Danau Linow bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan dalam kehidupan Anda. Anda bisa menikmati sensasi indahnya alam Indonesia yang luas dan hijau. Sempatkanlah diri Anda untuk datang ke Minahasa dan jangan lupa untuk berkunjung ke Danau Linow Tumohon.

Eloknya Danau Linow Kebanggaan Orang Minahasa
4.6 (92%) 5 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Taman Wisata Matahari, Pilihan Wisata Keluarga Di Bogor

Perpaduan Keharmonisan Budaya, Seni dan Hiburan di Taman Sriwedari

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment