Taman Nasional Wakatobi, Dari Pulau Hago, Hingga Pesona Bawah Laut

|

Taman Nasional Wakatobi merupakan wisata Wakatobi yang sudah terkenal keindahannya hingga ke mancanegara. Taman Nasional Wakatobi menjadi Taman Nasional yang beda dari biasanya.

Jika anda sering membaca tentang wisata Taman Nasional, tentu saja lebih didominasi dengan pesona keindahan yang terjaga kelestaraiaanya di sebuah daratan.

Nah, yang membedakan Taman Nasional Wakatobi dengan Taman Nasional lainnya yang ada di Indonesia adalah lokasinya yang berada di dasar lautan.

ekosistem bawah laut yang beragam
ekosistem bawah laut yang beragam. google maps. sumber: Traveller Indonesia

Simak juga: keindahan Geopark Ciletuh

Saat kondisi bawah laut yang ada di Indonesia terancam dengan kerusakan ekosistemnya, maka Taman Nasional Wakatobi masih terjaga dengan baik hingga saat ini.

Selain itu, pesona keindahan Taman Nasional Wakatobi memang idealnya bisa dinikmati oleh mereka yang bisa snorkeling, ataupun diving. Tetapi, karena air lautnya sangat jernih, maka secara kasat matapun bisa terlihat dari atas.

Sebelum anda berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi, pastikan terlebih dahulu bahwa taman tersebut sudah beroperasi lagi secara normal. Karena, di saat kebijakkan PPKM banyak tempat wisata di Indonesia yang tutup sementara.

Dan inilah info Taman Nasional Wakatobi yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai referensi awal untuk menentukan tempat wisata di Wakatobi di akhir pekan, atau saat libur nasional tiba.

Lokasi Dan Alamat Taman Nasional Wakatobi

Lokasi Taman Nasional Wakatobi terletak di antara 4 pulau yang cantik, serta berbatasan dengan Laut Belanda di sebelah Utara, dan Timur. Adapun alamat Taman Nasional Wakatobi berada di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

wisata bahari di taman nasional wakatobi
wisata bahari di taman nasional wakatobi. google maps. sumber: anjar rudi

Baca juga: wisata Taman Nasional Bunaken yang keren abis

Rute Menuju Taman Nasional Wakatobi

Akses jalan menuju Taman Nasional Wakatobi jika dari Makassar bisa dilalui oleh jenis transportasi air berupa kapal laut, dan transportasi udara, berupa pesawat terbang.

Hanya saja, jika anda berangkat menggunakan kapal laut akan memakan waktu yang lama dari Makassar. Oleh karena itu, sangat direkomendasikan menggunakan pesawat terbang.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Wakatobi

Tiket masuk Taman Nasional Wakatobi Rp. 160.000

Jam Buka Taman Nasional Wakatobi

  • Jam operasional Taman Nasional Wakatobi buka selama 24 jam.
  • Taman Nasional Wakatobi buka setiap hari.
resort dengan fasilitas yang memadai
resort dengan fasilitas yang memadai. google maps. sumber: Randolfo Santos

Simak juga: review Taman Nasional Baluran

Fasilitas Di Taman Nasional Wakatobi

Fasilitas di Taman Nasional Wakatobi sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Apalagi, Taman Nasional Wakatobi sering dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara, tentu saja menuntut pembenahan fasilitas yang bagus.

Fasilitas yang sangat terkenal di objek wisata Taman Nasional Wakatobi adalah fasilitas penginapan, atau resortnya, serta penyewaan perahu untuk menjelajah kawasan tersebut.

Daya Tarik Taman Nasional Wakatobi

1. 4 Pulau Cantik Di Wakatobi

Wakatobi merupakan gabungan nama dari 4 pulau besar nan cantik yang mengelilingi Taman Nasional Wakatobi. Adapun nama pulau tersebut adalah sebagai berikut:

  • Pulau Wangi Wangi,
  • Pulau Kaledupa,
  • Pulau Tomia,
  • Pulau Binongko.
pantai lakota tomia
pantai lakota tomia. google maps. sumber: Pocis Dor

Simak juga: Pulau Hoga, Keindahan Yang Mendunia

Bahkan, di Taman Nasional Wakatobi terdapat sebuah pulau kecil yang sudah mendunia keindahannya, nama objek wisatanya adalah Pulau Hoga.

Sebelum situasi pandemi menjalar ke seluruh dunia, kunjungan wisata ke Pulau Hoga sangat banyak sekali, baik dari luar, maupun dalam negeri.

Bahkan, jika anda berencana menginap di pulau tersebut, harus memesan jauh-jauh hari, apalagi saat puncak liburan biasanya menjelang bulan September.

2. Taman Bawah Laut Terbaik

keindahan taman nasional wakatobi
keindahan taman nasional wakatobi. google maps. sumber: Randolfo Santos

Baca juga: review Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Wakatobi memiliki luas sekitar 13.900 kilometer persegi, dan resmi berstatus sebagai Taman Nasional dari tahun 2002.

Taman bawah laut Taman Nasional Wakatobi menjadi daya tarik utamanya, sekaligus menjadi menjadi tempat yang nyaman, dan aman, bagi ratusan spesies yang ada di bawah laut.

Ya begitulah, sejatinya status Taman Nasional diberikan kepada Taman Nasional Wakatobi untuk melindungi ekosistem yang ada di kawasan tersebut.

3. Spot Terbaik Untuk snorkeling, Dan Diving

diving seru
diving seru. google maps. sumber: Randolfo Santos

Simak: review Taman Nasional Bali Barat

Salah-satu aktivitas wisata di Taman Nasional Wakatobi yang paling populer adalah aktivitas snorkeling, maupun diving. Adapun lokasi populer untuk melakukan hal tersebut biasanya di Wangi-Wangi, dan Tomia.

Selain itu, bagi pengunjung yang tidak bisa diving, atau snorkeling, bisa memilih melakukan aktivitas wisata menjelajah keindahan laut Taman Nasional Wakatobi, dengan menyewa jasa perahu yang sudah disediakan khusus.

Bahkan, di beberapa tempat, jika beruntung para pengunjung bisa menyaksikan lumba-lumba sebagai salah-satu hewan yang hidup di Taman Nasional Wakatobi.

4. Objek Wisata Lain Yang Keren

Selain itu, Taman Nasional Wakatobi memiliki daya tarik berupa tempat wisata populer yang tersebar di 4 pulau yang ada di Wakatobi. Di antaranya:

  • Puncak Kahyangan,
  • Kolam Enteng Jodoh,
  • Goa Kontamale, dan
  • Danau Sombano.
goa air kontamale
goa air kontamale. google maps. sumber: Alfa Abiandra

Simak: daya tarik Taman Nasional Teluk Cenderawasih

Tempat wisata tersebut sudah kami sajikan di artikel-artikel sebelumnya. So, selamat berlibur, tetap lakukan protokol kesehatan dengan baik ya…