Pulau Hoga, Pulau Menawan Yang Mendunia Di Wakatobi

Pulau Hoga, adalah satu dari sekian banyak pesona keindahan Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bahkan keindahan Pulau Hoga menjadi salah – satu pulau wisata bawah laut terindah yang ada di dunia.

Hal tersebut dipertegas dengan animo pengunjung yang datang bukan hanya wisatawan dalam negeri saja, tetapi ramai juga dikunjungi oleh wisatawan mancanegara, yang didominasi dari Amerika, dan Eropa.

pulau hoga wakatobi
pulau hoga wakatobi. google maps. sumber: Pipih Priyatna

Pada awal tahun 2020, sebelum pandemi virus Covid – 19 melanda Indonesia, tercatat kunjungan wisata ke Pulau Hoga sebanyak 28 ribu wisatawan nasional, dan 6000 wisatawan mancanegara.

Jumlah tersebut hanya 2 bulan saja, dari bulan Januari-Februari 2020. Biasanya bulan Maret – September Pulau Hoga menjadi puncak kunjungan wisatawan.

Pada bulan tersebut penginapan-penginapan yang ada di Pulau Hoga dipastikan tidak ada yang kososng. Wisatawan mancanegara datang ke Pulau Hoga selain bertujuan untuk melakukan liburan, tetapi juga untuk tujuan penelitian.

pulau hoga terkenal sampai ke mancanegara
pulau hoga terkenal sampai ke mancanegara. google maps. sumber: TryAllTrips

Letak Pulau Hoga yang berdekatan dengan pulau-pulau cantik lainnya yang terletak di Wakatobi, menjadi alasan tambahan untuk berkunjung ke pulau tersebut.

Daya Tarik Pulau Hoga Wakatobi

daya tarik pulau hoga
daya tarik pulau hoga. google maps. sumber: Pink Big Shark

Letak Pulau Hoga di Taman Nasional Laut Wakatobi, menjadikannya pulau yang terjaga kelestarian ekosistem bawah lautnya.

Dan nilah pesona keindahan Pulau Hoga yang bisa dinikmati oleh para wisatawan :

1. Pulau Yang Cantik Menawan

pasir putih pulau hoga
pasir putih pulau hoga. google maps. sumber: Odi Agam

Sejarah Pulau Hoga layaknya layaknya rangkaian sejarah keindahan dari Wakatobi. Seolah-olah sepanjang mata memandang, adalah pesona keindahan alamnya.

Pasir pantai yang putih, ombak yang tidak terlalu besar, air laut yang menghadirkan gradasi warna biru, hijau tosca, adalah pesona keindahan Pulau Hoga.

Ditambah letak Pulau Hoga dekat dengan pulau eksotis lainnya di Wakatobi, menjadikan kunjungan wisata sekali mendayung dua pulau terlewati.

2. Surga Snorkeling Dan Diving

menyelam di pulau hoga
menyelam di pulau hoga. google maps. sumber: Hasan Edin Adimu

Sebagaimana telah di jelaskan sebelumnya, bahwa Pulau Hoga sangat tekenah keindahan alam bawah lautnya, bahkan salah-satu yang terbaik di dunia.

Hal tersebut tentu saja menjadikannya surga bagi para pecinta snorkeling, dan diving. Apalagi ombaknya yang kecil, semakin menambah keasikan aktivitas tersebut. Tetapi bukan berarti lalai terhadap aspek keamanan.

Pulau Hoga setidaknya terdapat 12 titik awal penyelaman yang biasa digunakan oleh para wisatawan. Seakan menjadi sebuah keharusan bagi para pengunjung yang melakukan aktivitas diving, dan snorkeling untuk mengabadikan momen yang luar biasa di Pulau Hoga.

Bagi yang tidak bisa berenang, para wisatawan bisa juga menambah biaya sewa perahu untuk menjelajah sekitar pulau tersebut.

perahu di pulau hoga
perahu di pulau hoga. google maps. sumber: deasy xmts

Ditambah lagi bagi para wisatawan yang enggan pulang karena belumpuas menikmati keindahan Pulau Hoga, maka jangan khawatir, di kawasan pulau tersebut banyak sekali penginapan yang bisa disewa dengan harga yang sangat terjangkau.

Namun dengan catatan, penginapan di Pulau Hoga di waktu – waktu tertentu bisa jadi sangat sulit didapatkan, karena sudah banyak wisatawan yang lebih dahulu menyewa. Meskipun jumlah penginapan Pulau Hoga sangat banyak.

view di dalam pulau hoga
view di dalam pulau hoga. google maps. sumber: Magda Lesniak

Simak juga: Aneka keindahan di Wakatobi

Lokasi Pulau Hoga

Letak Pulau Hoga  termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara atau biasa disebut dengan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.

Memiliki luas sekitar 1.390.000 ha yang merupakan gabungan dari beberapa pulau lainnya, Pulau Hoga terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa.

Rute Menuju Pulau Hoga

jalan menuju pulau hoga
jalan menuju pulau hoga. google maps. sumber: Zakariya Arif

Jalan menuju Pulau Hoga jika dari Bandara Matahora harus tahu terlebih dahulu jadwal keberangkatan pesawatnya. Karena jadwal penerbangannya sangat terbatas.

Rute selanjutnya yaitu menuju dermaga Kaledupa, dan setelah sampai di lokasi tersebut, lanjutkan dengan menyewa perahu untuk sampai di Pulau Hoga.

Perjalanan dari dermaga ini lumayan cukup jauh, namun pemandangan selama di perjalanan bisa menetralisir kejenuhan selama di perjalanan.

Jam Buka Pulau Hoga

Jam buka Pulau Hoga bagi yang ingin menginap tentu saja terbuka 24 jam. Namun bagi mereka yang tidak menginap, biasanya pulang sebelum hari gelap.

Simak juga: Danau Paniai Papua

Tiket Pulau Hoga

Tidak ada tiket khusus untuk memasuki pulau ini. Jadi pengunjung cukup menyiapkan dana untuk biaya transportasi dan penginapan saja.

Fasilitas Pulau Hoga

salah satu resort pulau hoga
salah satu resort pulau hoga. google maps. sumber: Harna Harna

Penginapan di sini adalah milik masyarakat setempat yang dikelola Operation Wallacea. Sangat menarik, karena hal ini berarti pemberdayaan bagi masyarakat sekitar. Penginapan berupa rumah panggung, dengan air tawar dan listrik yang terbatas.

Terdapat banyak jenis penginapan ataupun homestay yang nyaman dan tentunya dapat disesuaikan dengan budget perjalanan.

Hampir semua jenis penginapannya terbuat dari bahan dasar kayu yang semakin menambah suasana rumah khas daerah pantai.

Tips Mengunjungi Pulau Hoga

Waktu pas (untuk) ke Pulau Hoga adalah bulan Oktober sampai pertengahan Desember. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi alam di Pulau ini sangat bersahabat. Jarang turun hujan, tetapi teduh.

Pesona pulau yang dihuni puluhan kepala keluarga ini semakin sulit disembunyikan saat matahari terbit atau terbenam, bahkan malam hari, di saat bintang-bintang bertaburan di langit Pulau.

Objek Wisata Dekat Pulau Hoga

Di wakatobi tidak hanya terdapat pulau Hoga saja. Terdapat puluhan pulau lain yang tidak kalah cantiknya. Salah satunya pulau Anano.

Pulau ini juga disebut Pulau seribu penyu, karena di sinilah lokasi koloni penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur. Pantainya juga sangat indah dengan pasir putih yang halus dan air pantai yang sangat bening.

Ada juga Pulau Wangi-Wangi. Salah satu yang populer dari pulau ini adalah Gua Kontamale. Goa ini juga sering disebut sebagai Goa Telaga.

Kepercayaan lokal mengatakan mandi di sini bisa bikin enteng jodoh. Di langi-langit goa banyak dijumpai stalagtit yang mempesona.

Itulah sedikit hal daya tarik Pulau Hoga, Taman Nasional Wakatobi. Yang tentunya masih sebagian kecil saja dari apa yang bisa ditemukan oleh pengunjung jika kita datang berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi.

Nah sekarang, apa kamu sudah siap menjelajahi Wakatobi?

Leave a Comment