Pulau Hoga, Pulau Mungil Nan Cantik di Pusat Keindahan Wakatobi

Pulau Hoga merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pengunjung yang mengunjungi Taman Nasional Wakatobi. Di pulau ini pengunjung akan mendapatkan suasana pulau yang tenang, jauh dari keramaian.

Pulau Hoga merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pengunjung yang mengunjungi Taman Nasional Wakatobi. Di pulau ini pengunjung akan mendapatkan suasana pulau yang tenang, jauh dari keramaian.
Pulau Hoga. Image via: @backpackerjakarta

Pantai tampak indah dengan perpaduan jajaran pohon kelapa dan hamparan pasir putihnya yang menyelimuti pantainya. Pulau ini sangat pas dinikmati untuk bersantai sejenak dari kejenuhan kota. Sambil ditemani lembaian angin laut dan deburan ombak yang tak terlalu besar.

Hampir di seluruh sisi pulau terdapat pantai-pantai dengan pesona yang sangat memikat. Pasir putih yang lembut sedikit menjorok ke lautan sebelum akhirnya bertemu dengan permukaan yang dipenuhi oleh terumbu karang. Jika dilihat dari atas, seluruh isi dalam laut bisa terlihat dari atas.

Kejernihan dari air yang ada di sini menyebabkan visibilitasnya sangat tinggi. Dengan suasana tenang tersebut, tak sedikit para pengunjung yang menghabiskan waktunya untuk sekedar bersantai ria bersama keluarga ataupun teman seperjalanan seusai melakukan aktivitas diving.

Papan anam apulau Hoga, seklaigus penanda ucapan selamat datang
Welcome. Image via: wisataholik.com

Simak juga: Aneka keindahan di Wakatobi

Lokasi Pulau Hoga

Pulau Hoga merupakan salah satu pulau indah yang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Kepulauan Wakatobi, Sulawesi Tenggara atau biasa disebut dengan Taman Nasional Kepulauan Wakatobi.

Memiliki luas sekitar 1.390.000 ha yang merupakan gabungan dari beberapa pulau lainnya, Pulau Hoga terletak di sebelah timur Pulau Kaledupa.

Rute Menuju Pulau Hoga

Akses menuju Pulau Hoga bisa ditempuh dari berbagai pelabuhan atau kota yang ada di Sulawesi Tenggara. Misalnya dari Bandara Matohara yang ada di Pulau Wangi-wangi. Dari Bandara, perjalanan dilanjutkan menuju pelabuhan Kadelupa.

Biasanya di pelabuhan Kadelupa terdapat banyak perahu yang disewakan menuju Pulau. Harganya beragam tergantung kalian menawar dan jumlah yang akan naik ke kapal. Jarak tempuh dari Pelabuhan Kadelupa sekitar 2-3 jam, cukup lama memang mengingat Pulau ini terletak di tengah-tengah lautan.

Pantai pulau Higa nan indah mempesona
Pantai pulau. Image via: @dulanode

Akses lainnya menuju Pulau Hoga bisa ditempuh dari kota Kendari Ibukota Sulawesi Tenggara, bisa juga melalui kota Bau-Bau lalu kita tinggal menyeberang ke Pulau. Dari dermaga Wanci Kabupaten Wakatobi juga bisa ditempuh menggunakan boat cepat dengan biaya sewa sekitar Rp 150.000,00 dengan waktu tempuh sekitar 2 jam.

Jam Buka Pulau Hoga

Pulau Hoga tidak memiliki ketentuan mengenai jam operasional resmi. Apalagi pulau ini adalah pulau berpenghuni yang juga memiliki fasilitas penginapan. Jadi secara praktis, pulau ini terbuka 24 jam sehari, sepanjang pekan.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Pulau Hoga adalah sekitar bulan April hingga Juni atau pada bulan Oktober hingga Desember setiap tahunnya. Apabila pengunjung datang pada saat yang tepat maka dapat melihat atraksi penyu bertelur di pesisir pantainya.

perairan Laut sekitar pulau Hoga sangat bening.
Laut yang bening. Image via: idntimes.com

Simak juga: Danau Paniai Papua

Tiket Pulau Hoga

Tidak ada tiket khusus untuk memasuki pulau ini. Jadi pengunjung cukup menyiapkan dana untuk biaya transportasi dan penginapan saja.

Fasilitas Pulau Hoga

Penginapan di sini adalah milik masyarakat setempat yang dikelola Operation Wallacea. Sangat menarik, karena hal ini berarti pemberdayaan bagi masyarakat sekitar. Penginapan berupa rumah panggung, dengan air tawar dan listrik yang terbatas.

Terdapat banyak jenis penginapan ataupun homestay yang nyaman dan tentunya dapat disesuaikan dengan budget perjalanan. Biaya penginapan di Pulau hoga berkisar mulai dari Rp 150.000,00 per malam.

Hampir semua jenis penginapannya terbuat dari bahan dasar kayu yang semakin menambah suasana rumah khas daerah pantai.

Daya Tarik Pulau Hoga

  1. Pulau yang cantik

Pulau Hoga yang cantik dengan pepohonan dan kelapa mengiasi sepanjang pantai
Pulau yang cantik. Image via: idntimes.com

Selain bersih dan berpasir putih, Pulau Hoga semakin cantik karena ombak di pantainya sangat kecil, begitu mendukung untuk melakukan snorkeling. Bibir pantai yang terhampar luas dipercantik dengan area pantai berpasirnya yang menjorok lima sampai sepuluh meter ke arah laut.

Seperti halnya pulau-pulau di kawasan Wakatobi, Pulau Hoga juga memiliki pesona yang sangat memukau. Hampir di seluruh isi pulau terdapat pantai-pantai dengan pesona yang sangat memikat.

Pasir putih yang lembut sedikit menjorok ke lautan sebelum akhirnya bertemu dengan permukaan yang dipenuhi oleh terumbu karang. Jika dilihat dari atas, seluruh isi dalam laut bisa terlihat dari atas. Kejernihan dari air yang ada di sini menyebabkan visibilitasnya sangat tinggi.

  1. Snorkeling dan Diving

KOral Pulau HOga yang cantik
Koral Pulau Hoga. Image via: xray-mag.com

Simak juga: Pantai Ciputih Banten

Aktivitas menarik yang bisa pengunjung lakukan di sini adalah snokeling dan juga diving. Terumbu karang di kawasan ini cukup banyak dan biota laut seperti ikan kecil-kecil juga kerap muncul saat wisatawan melakukan penyelaman.

Arus laut di kawasan ini sangatlah tenang. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir terbawa arus seperti kawasan penyelaman dan snorkeling lain di Indonesia. Bagi pecinta diving dan bawah laut, terdapat 29 titik penyelaman yang tersebar di perairan Wakatobi ini.

Beberapa titik penyelaman itu diantaranya adalah Pinnacle. Ada juga Karang Kaledupa di Pulau Kaledupa dengan khas table coral (karang berbentuk meja) dengan ukuran 2-3 meter.  Ada juga Karang Mari Mabuk di Pulau Tomia.

Bahkan bagi yang tidak ingin melakukan aktivitas diving ataupun snorkeling, dapat menikmati pemandangan bawah laut di Pulau Hoga tanpa harus menyelam lebih jauh ke dalam. Pulau ini memiliki 750 spesies koral dari sekitar 850 yang ada di dunia.

Diving di Pulau Hoga menikmati keindahan bawah laut alami.
Diving di Pulau Hoga. Image via: cntraveler.com

Selain karang dengan segala bentuk keunikannya, pengunjung juga akan menjumpai berbagai jenis ikan bahkan kuda laut yang berukuran kecil pun ada di pulau ini. Setidaknya terdapat sekitar 83 jenis ikan berwarna-warni yang akan pengunjung jumpai di pulau ini.

  1. Pulau Sekitar dan Masyarakat Bajo

Bila waktu liburan cukup lama, tidak ada salahnya mencoba menjelajah pulau-pulau kecil di sekitar Pulau Hoga.  Yaitu Pulau Kaledupa, Pulau Tomia, Pulau Wangi-Wangi, Pulau Binongko, dan Pulau Kapota.

Selain bermain di laut, pengunjung  juga bisa bertandang ke perkampungan Suku Bajo. Di sana, bisa dilihat deretan rumah-rumah kayu di tengah laut yang seolah mengapung.

Pengunjung pun akan disuguhi kegiatan sehari-hari warga Suku Bajo, seperti kegiatan ibu-ibu rumah tangga di luar rumah, para laki-laki yang menangkap ikan, sampai keceriaan anak-anak kecil berenang di bawah rumah.

Bersantai di pantai sambil menikmati matahari terbenam juga jadi momen yang tak terlupakan saat di Pulau Hoga. Di tepi pantai, berjejer gazebo untuk duduk-duduk menikmati pemandangan sambil minum es kelapa muda.

sunset menawan di pantai pulau hoga
Sunset Pulau Hoga. Image via: @tuani_712

Simak juga: Misteriusnya Coban Baung

Tips Mengunjungi Pulau Hoga

Waktu pas (untuk) ke Pulau Hoga adalah bulan Oktober sampai pertengahan Desember. Pada waktu-waktu tersebut, kondisi alam di Pulau ini sangat bersahabat. Jarang turun hujan, tetapi teduh.

Pesona pulau yang dihuni puluhan kepala keluarga ini semakin sulit disembunyikan saat matahari terbit atau terbenam, bahkan malam hari, di saat bintang-bintang bertaburan di langit Pulau.

rumah tradisional suku Bajo di sekitar pulau Hoga
Rumah Suku Bajo. Image via: malloryontravel.com

Objek Wisata Dekat Pulau Hoga

Di wakatobi tidak hanya terdapat pulau Hoga saja. Terdapat puluhan pulau lain yang tidak kalah cantiknya.

Salah satunya pulau Anano. Pulau ini juga disebut Pulau seribu penyu, karena di sinilah lokasi koloni penyu hijau dan penyu sisik untuk bertelur. Pantainya juga sangat indah dengan pasir putih yang halus dan air pantai yang sangat bening.

Ada juga Pulau Wangi-Wangi. Salah satu yang populer dari pulau ini adalah Gua Kontamale. Goa ini juga sering disebut sebagai Goa Telaga. Kepercayaan lokal mengatakan mandi di sini bisa bikin enteng jodoh. Di langi-langit goa banyak dijumpai stalagtit yang mempesona.

Itulah sedikit hal daya tarik Pulau Hoga, Taman Nasional Wakatobi. Yang tentunya masih sebagian kecil saja dari apa yang bisa ditemukan oleh pengunjung jika kita datang berkunjung ke Taman Nasional Wakatobi.

Nah sekarang, apa kamu sudah siap menjelajahi Wakatobi?

Baca juga:

Leave a Comment