Danau Paniai, Danau Terindah Di Dunia Di Tanah Papua

Danau Paniai semakin melengkapi keindahan alam yang tersaji di tanah Papua. Terlepas dari semua problematika yang ada, namun saya yakin bahwa semua sepakat bahwa tanah papua memiliki berjuta keindahan alam yang luar biasa.

danau paniai papua
danau paniai papua. google maps. sumber: Alva EDISON

Bukan hanya sekedar diksi hiperbola atas keindahan Danau Paniai, namun hal tersebut telah menjadi fakta yang telah diakui oleh sekitar 157 negara di dunia.

Danau Paniai terletak di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua sangat dirasakan sekali manfaatnya bagi masyarakat sekirar pada khususnya.

Jika status Kabupaten Paniai masuk ke dalam salah-satu daerah tertinggal yang ada di Indonesia, yang ditetapkan oleh pemerintah, namun soal urusan pesona keindahan danaunya menjadi salah-satu yang terdepan di Indonesia.

danau paniai, danau elok yang diakui dunia
danau paniai, danau elok yang diakui dunia. google maps. sumber : Alva EDISON

Sejarah, Asal-Usul Danau Paniai

Pada tahun 1938, seorang pilot berkebangsaan Belanda sedang terbang di atas langit Papua. Sejenak matanya terusik oleh sebuah pemandangan yang luar biasa.

Dia melihat 3 buah danau yang sangat menawan, sehingga tak kuasa menahan hasrat untuk mendaratkan pesawatnya mendekati area danau yang indah  tersebut.

sejarah danau paniai yang menawan
sejarah danau paniai yang menawan. google maps. sumber: Fransiskus Yogi

Nama pilot tersebut adalah Fritz Julius Wissel, sehingga nama tersebut menjadi nama kawasan 3 danau tadi. Sudah menjadi hal lumrah, jika penemu awal selalu dikaitkan dengan sebuah penamaan tempat, benda, atau hal lainnya.

Kawasan 3 danau tersebut, pada mulanya bernama Danau Wisselmeren (Nama Belakang Pilot/penemu). Dan seiring berjalannya waktu, 3 danau tersebut memiliki nama tersendiri. Yaitu :

  • Danau Paniai
  • Danau Tigi
  • Danau Tage

Daya Tarik Danau Paniai

Apa sebetulnya yang menjadi alasan sekitar 157 negara sepakat bahwa Danau Paniai merupakan danau yang memiliki pesona yang mengagumkan? Dan inilah jawabannya :

1. Danau Elok Yang Luas

danau paniai, danau yang luas
danau paniai, danau yang luas. google maps. sumber: Melki Pekei

Danau Paniai adalah danau tektonik yang terletak di atas ketinggian 1700 mdpl. Sumber airnya berasal dari beberapa sungai besar. Yaitu :

  • Sungai Weya
  • Sungai Ekadide
  • Sungai Agadide
  • Sungai Koto

Jika supali airnya dari beberapa sungai, berbanding terbalik dengan arus air dari Danau Paniai hanya menuju satu sungai saja, yaitu Sungai Yawei yang terletak di Kokonao.

Danau Paniai memiliki luas sekitar 14.500 ha, serta dikelilingi oleh gunung-gunung besar, sehingga membentuk sebuah cekungan raksasa yang menawan.

Adapun kedalaman Danau Paniai rata-rata sekitar 30 meter. Adapun titik terdalam dari Danau Paniai bisa mencapai 47 meter.

Selain itu, Danau Paniai memiliki tepian berupa pasir dan bebabtuan. Banyak sekali titik yang bagus untuk berburu foto yang instgrammable, dengan latar danau dan gunung-gunung.

2. Danau Dengan Manfaat Ekonomis Bagi Masyarakat

manfaat danau paniai
manfaat danau paniai. google maps. sumber: Akbar Tri Kurniawan

Danau Paniai memiliki manfaat ekonomis terutama bagi penduduk yang tinggal di sekitar tepian danau. Danau Paniai bukan hanya dimanfaatkan untuk area wisata saja, namun juga dimanfaatkan untuk menangkap ikan, dan udang.

Hanya saja terdapat 2 masalah yang sering menghambat kegiatan masyarakat sekitar. Yaitu :

  • Tanaman Eceng Gondok yang menyebabkan ikan susah sekali didapatkan.
  • Banjir di situasi tertentu. Karena debit airnya dipengaruhi oleh aliran sungai-sungai yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Simak juga: tempat tempat indah di Papua

Lokasi Danau Paniai

Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur.

Rute Menuju Danau Paniai

jalan menuju danau paniai jalur udara
jalan menuju danau paniai jalur udara. google maps. sumber: Alva EDISON

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Paniai, dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau.

Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok.

Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF. Pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Jam Buka Danau Paniai

Danau Paniai terbuka untuk dikunjungi dalam 24 jam dalam sehari. Jadi pengunjung bisa leluasa merencanakan jadwal kunjungan ke danau terindah di dunia ini.

Tiket Danau Paniai

Untuk memasuki dan menikmati keindahan danau, tidak ada pungutan tiket masuk. Kalaupun ada biaya yang dikeluarkan, itu adalah jika menyewa perahu untuk berkegiatan di danau paniai ini.

Fasilitas Danau Paniai

Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di objek wisata Danau Paniai ini. Seperti pos jaga untuk melindung wisatawan dari hal-hal yang bersifat tidak baik.

Ada juga pemandu wisata yang akan mengantarkan sekaligus menjelaskan tentang asal-usul atau letak area di danau ini.

Fasilitas lainnya seperti persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung tempat penjual makanan dan minuman.

Bagi pengunjung yang ingin bermalam dapat menginap di beberapa penginapan yang disediakan atau di rumah-rumah penduduk setempat. Jika ingin menginap di hotel, disarankan ke kota dan akan menjumpai beberapa hotel.

Objek Wisata Dekat Danau Paniai

Objek wisata kabupaten paniai, bukan hanya danau paniai saja. Sangat dekat dengan danau ini terdapat danau Tage. Bahkan kedua danau ini terhubung oleh tunel alam. Gugusan bukit-bukit hijau dan tebing tinggi di sekitar Danau Tage membuat mata terpana.

Pengunjung akan dibuat takjub melihat pesona alam danau ini, Jika dilihat dari ketinggian di salah satu bukitnya, hamparan air di Danau Tage nampak kebiruan. Layaknya perairan laut.

Wilayah kabupaten Paniai juga ada yang masukd alam area Taman nasional Lorentz. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang keanekaragaman budaya yang mengagumkan.

Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat. Kemungkinan masih ada lagi masyarakat yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern.

Demikian bisa kami sedikit ceritakan dari tak terhingga keindahan yang bisa kita temui jika mengunjungi danau Paniai. Semoga bsia menjadi pemicu bagi anda untuk merencanakan kunjungan ke danau terindah di dunia ini.

Semangat Berlibur!!

Leave a Comment