Danau Paniai, Danau Terindah di Dunia yang Ada di Tanah Papua

Keindahan alam danau Paniai memang sangat luar biasa. Warna danau agak kebiruan dengan pasir dan tebing-tebing di sekitar tepian. Kondisi alamnya sangat asri. Sepanjang mata memandang, hanya akan melihat hamparan perbukitan berwarna hijau.

Keindahan alam danau Paniai memang sangat luar biasa. Warna danau agak kebiruan dengan pasir dan tebing-tebing di sekitar tepian. Kondisi alamnya sangat asri.
Danau Paniai. Image via: @eropafamily

Danau Paniai berada diketinggian 1.700 meter di atas permukaan laut. Karena letaknya yang begitu tinggi, udara di sekitar Danau terasa sangat sejuk. Danau dikelilingi oleh tebing yang tinggi, menambah daya tarik objek wisata ini.

Selain keindahan alam, keragaman budaya penduduk di sana juga membuat orang tertarik datang ke sana. Ada beberapa suku yang tinggal di sekitar danau yakni Suku Mee dan Suku Moni.

Danau Paniai menyimpan berbagai jenis ikan air tawar. Dengan luas danau sekitar 14.500 hektar akan mudah menemukan belut, ikan nila, mujair, mas dan sembilan hitam. Jika beruntung juga bisa menemukan udang endemik Papua yakni udang selingkuh.

Satu hal yang menarik, tanggal 30 November 2007 di India terdapat konferensi Danau Se-Dunia dengan dihadiri 158 negara. Keputusan konferensi itu mengatakan kalau Danau ini adalah danau paling indah di dunia.

Masyarakat paniai beraktifitas di tepi danau paniai
Masyarakat Paniai. Image via: pesona.travel

Simak juga: tempat tempat indah di Papua

Lokasi Danau Paniai

Danau Paniai adalah sebuah danau yang terletak di Kabupaten Paniai, Papua. Atau secara administratif terletak di distrik Paniai Timur.

Rute Menuju Danau Paniai

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Danau Paniai, dapat memulai perjalanan dari Kota Enarotali, Ibu Kota Kabupaten Paniai. Dari Kota Enarotali, tersedia dua jalur menuju kawasan Danau.

Pertama, menggunakan jalur darat dengan menyewa bus melintasi medan jalan yang terjal dan berkelok-kelok.

Kedua, mengambil jalur udara dengan menumpang pesawat AMA dan AMAF. Pesawat jenis Cessna yang bisa mendarat di wilayah dataran tinggi dengan karakteristik landasan dari tanah.

Jam Buka Danau Paniai

Danau Paniai terbuka untuk dikunjungi dalam 24 jam dalam sehari. Jadi pengunjung bisa leluasa merencanakan jadwal kunjungan ke danau terindah di dunia ini.

Danau Paniai diselimuti nuansa alam yang hijau nan segar
Danau yang hijau nan segar. Image via: @inta_butcin

Tiket Danau Paniai

Untuk memasuki dan menikmati keindahan danau, tidak ada pungutan tiket masuk. Kalaupun ada biaya yang dikeluarkan, itu adlah jika menyewa perahu untuk berkegiatan di danau paniai ini.

Fasilitas Danau Paniai

Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di objek wisata Danau Paniai ini. Seperti pos jaga untuk melindung wisatawan dari hal-hal yang bersifat tidak baik. Ada juga pemandu wisata yang akan mengantarkan sekaligus menjelaskan tentang asal-usul atau letak area di danau ini.

Fasilitas lainnya seperti persewaan perahu, persewaan peralatan memancing, dan warung-warung tempat penjual makanan dan minuman.

Bagi pengubnjung yang ingin bermalam dapat menginap di beberapa penginapan yang disediakan atau di rumah-rumah penduduk setempat. Jika ingin menginap di hotel, disarankan ke kota dan akan menjumpai beberapa hotel.

Daya Tarik Danau Paniai

  1. Karakteristik Danau

Di dalam danau paniai bertebaran pulau pulau kecil mempercantik suasana danau
Pulau-pulau paniai. Image via: dictio.id

Simak juga: Pantai Ciputih Banten

Karakteristik danau berkaitan dengan asal terjadinya. Danau Tektonik, vulkanik, kawah dan kaldera pada umumnya berada pada elevasi tinggi di sekitar gunung atau pegunungan dan memiliki dasar yang dalam dan sifat yang realatif stabil.

Berdasarkan proses pembentukannya, Danau Paniai merupakan danau tektonik dan berada pada ketinggian 1700 mdpl.

Kedalaman Danau yang diukur pada bulan Oktober 2016 ditemukan bahwa titik terdalam pada Danau terletak pada daerah Obano dengan kedalaman 47,6 m.

Berdasarkan hasil survey pengukuran dengan tekhnik bathimetri didapatkan kedalaman rata-rata Danau adalah 30,3 m dengan bagian litoral terletak disekitaran inlet Kali Aga, Ibumu Maeda, dan sekitaran pasar dan dermaga kapal kota enarotali.

  1. Lingkungan Danau

senja di danau paniai tidak aklah indah dengan sunset di pantai
Senja di Paniai. Image via: okezone.com

Dibagian timur danau paniai terdapat gunung bobaigo yang menjorok kedalam danau. Terdapat pula pulau mayageiya yang membentang di tengah danau ini, serta tanjung kaigo dibagian selatan Danau. Danau juga dikelilingi oleh deretan pegunungan yang membentuk sebuah cekungan raksasa.

Danau paniai mendapat suplai air dari beberapa sungai besar diantaranya, sungai weya, sungai ekadide, sungai agadide, sungai koto dan beberapa kali-kali kecil yang bermuara langsung ke danau ini.

Danau hanya memiliki satu tempat pembuangan di sungai yawei yang bermuara di kokonao, daerah mimika. Danau paniai juga mempunyai fungsi ekonomi yang sangat penting sebagai penyangga kehidupan bagi masyarakat paniai yang bermukim pada wilayah tepian danau.

Danau ini terhubung dengan danau Tage. Walau kedua danauterpisah olh gunung, namun keduanya terhubung dengan kanal alam selebar 8-10 meter. Air dikanal mengalir dari danau Tage menuju danau Paniai. Pengunjung bis amemasuki kanal itu dengan menyewa perahu motor.

Salah satu fungsi terpenting danau ini adalah perikanan, baik budidaya maupun perikanan tangkap yang dilakukan secara tradisional.

Terdapat puluhan sisi sisi indah danau paniai yang layak dan sempurna dijadikan tempat berfoto
Sudut indah Paniai. Image via: @evaalifta

Simak juga: Coban Baung nan misterius

  1. Kisah Pengungkapan danau Paniai

Walau danau ini tentu sudah ada sejak masa ratusan ribu tahun lalu, namun keberadannya tersembunyi dari peradaban modern. Hal ini karena letakknnya yang relatif terlencil di dataran tinggi 1.700 meter dan di tengah-tengah pulau terluas di Dunia.

Dulu Danau Paniai beserta Danau Tigi dan Danau Tage diberi nama Wisselmeren. Nama tersebut diberikan setelah seorang pilot asal Belanda Frits Julius Wissel tahun 1939 melintasi ketiga danau tersebut.

Karena keindahannya, Wissel menyempatkan diri untuk turun dan menikmati keindahan alam di sana. Di masa kolonial Belanda nama Wissel Meeren lebih populer dibandingkan Danau Paniai. Wissel Meeren sendiri artinya danau-danau Wissel.

  1. Kegiatan Wisata di Danau Paniai

indahnya danau paniai juga bisa diniikmati dari ketinggian bukit di sekeliling danau
Indahnya Danau Paniai. Image via: travelingyuk.com

Ketika pagi sampai siang hari, pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk dengan birunya air danau. Selain itu, deretan pegunungan dan aktivitas warga setempat mampu memanjakan mata.

Tapi, kalau ingin menikmati suasana berbeda, bisa datang saat sore hari untuk mendapatkan momen matahari terbenam. Sangat Cocok buat pengunjung yang hobi fotografi.

Selain menikmati pemandangan di danau, para wisatawan juga bisa menikmati kegiatan lain seperti memancing ikan dan binatang laut air tawar, atau menikmati pemandangan di danau dengan menyewa perahu.

  1. Jenis Ikan

Nelayan udang di danau Paniai menggantungkan aktifitas ekonominya pada keberadaan danau ini.
Nelayan udang Paniai. Image via: @tomy_suba

Simak juga: Si Mungil Pulau Osi

Jenis-jenis ikan dan udang yang tertangkap di Danau Paniai berdasarkan informasi dari para nelayan dan Dinas Perikanan Kabupaten Paniai selama tahun 2016 ada terdapat jenis udang lobster endemik dari marga Cherax. Keluarga Udang.

Udang marga Cherax di Danau ini oleh penduduk setempat disebut “udi”. Untuk jenis ikan yang tertangkap di danau ini adalah ikan gabus/ikan gastor, lele, ikan nila, mujair, ikan mas dan ikan belut.

Sedangkan ikan pelangi (rainbow/melanotaenia ayamaruensis) merupakan biota Danau yang sering dicari oleh para nelayan, karena bernilai ekonomi tinggi. Ikan itu banyak diminta oleh para penghobi ikan hias.

Bila beruntung, di Danau Paniai wisatawan dapat melihat udang endemik Papua yang kini sudah mulai langka, yaitu udang selingkuh (cherax albertisii). Dinamakan demikian karena udang tersebut memiliki capit/jepit besar seperti halnya kepiting.

Namun dari hasil penelitian tahun 2016 jenis ikan/udang yang dominan tertangkap oleh nelayan hanya ada 3 jenis yaitu ikan nila/serapia, ikan mas/ikane dan udang cherax/udi.

Memancing di danau paniai.  bisa menjadi pilihana ktivitas yang menyenangkan
Memancing di paniai. Image via: @ayyrustam

Objek Wisata Dekat Danau Paniai

Objek wisata kabupaten paniai, bukan hanya danau paniai saja. Sangat dekat dengan danau ini terdapat danau Tage. Bahkan kedua danau ini terhubung oleh tunel alam. Gugusan bukit-bukit hijau dan tebing tinggi di sekitar Danau Tage membuat mata terpana.

Pengunjung akan dibuat takjub melihat pesona alam danau ini, Jika dilihat dari ketinggian di salah satu bukitnya, hamparan air di Danau Tage nampak kebiruan. Layaknya perairan laut.

Wilayah kabupaten Paniai juga ada yang masukd alam area Taman nasional Lorentz. Taman nasional ini memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dan ditunjang keanekaragaman budaya yang mengagumkan.

Diperkirakan kebudayaan tersebut berumur 30.000 tahun dan merupakan tempat kediaman Suku Nduga, Dani Barat, Suku Amungme, Suku Sempan dan Suku Asmat. Kemungkinan masih ada lagi masyarakat yang hidup terpencil di hutan belantara ini yang belum mengadakan hubungan dengan manusia modern.

Demikian bisa kami sedikit ceritakan dari tak terhingga keindahan yang bisa kita temui jika mengunjungi danau Paniai. Semoga bsia menjadi pemicu bagi anda untuk merencanakan kunjungan ke danau terindah di dunia ini.

Semangat Berlibur!!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment