Danau Habema, Danau Sejuta Pesona di Atas Awan

Objek wisata kali ini yang akan kita bahas terletak di Provinsi Papua. Tepatnya berada dalam kawasan Taman Nasional Lorentz.

Taman Nasional Lorenz patut dibanggakan, karena selain sebagai Taman Nasional terbesar yang ada di Asia Tenggra, namun juga sebagai Taman Nasional terlengkap yang ada di Asia Pasifik, khususnya dalam hal keanekaragaan hayati.

Tidak hanya berhenti sampai di siitu saja, ternyata Taman Nasional Lorentz memiliki spot wisata yang sangat luar biasa indah, namanya Danau Habema.

Danau Habema Papua
Danau Habema Papua. Sumber : id.wikipedia.org

Lokasi Danau Habema

Lokasi Danau Habema terletak di kawasan Taman Nasional Lorentz. Adapun alamat Danau Habema berada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Rute Menuju Danau Habema

Berjarak sekitar 48 kilometer dari kota Wamena, perjalanan menuju danau Habema bukanlah perkara mudah. Jalan yang terjal, serta kontur tanah yang berbukit-bukit membuat siapapun yang ingin mencapai danau butuh kendaraan dengan penggerak 4 roda.

Mungkin bila jalanan rata, dengan menggunakan mobil,  48 kilometer akan dicapai dengan waktu yang relatif singkat, sekitar 1,5 sampai 2 jam saja. Namun, karena kondisi alam yang cukup ekstrim, maka menuju Habema dengan menggunakan mobil dapat memakan waktu hingga 3 jam.

Begitu lamanya waktu yang ditempuh tidak akan terasa, karena pengunjung dapat menikmati setiap pemandangan yang dilewati selama perjalanan.

Hamparan bukit dengan pohon-pohon tinggi dan udara yang sejuk akan memanjakan mata di sepanjang jalan menuju danau habema
Rute ke Habema. Image via: playworld.id

Hamparan bukit dengan pohon-pohon tinggi dan udara yang sejuk akan memanjakan mata di sepanjang jalan. Apalagi, bila kita berangkat dini hari dan mendapat kesempatan menikmati matahari terbit di antara pegunungan yang berangkai indah. Pemandangan yang langka dan terasa begitu berkesan.

Jam Buka Danau Habema

Danau Habema tidak memiliki jam operasional resmi. Jadi secara praktis pengunjung dapat datang dan menikmati keindahan lokasi ini 24 jam sehari sepanjang pekan.

Tiket Danau Habema

Pengunjung yang datang untuk mengagumi keindahan Danau Habema tidak dipungut biaya tiket masuk. Gratis. Jadi cukup menyiapkan dana transportasi dan guide saja.

Fasilitas Danau Habema

Di lokasi utama danau Habema belum ditemukan fasilitas yang sengaja dibangun bagi pengunjung. Namun, justru dengan demikian pengunjung bisa sepenuhnya menikmati keheningan alam pegunungan jauh dari hiruk pikuk kota.

Daya Tarik Danau Habema

Terdapat beberapa daya tarik utama dari Danau Habema, sehingga danau tersebut mampu mengundang animo dari para wisatawan. Yaitu :

1. Salah – Satu Danau Tertinggi Di Indonesia

Danau Habema merupakan salah – satu danau tertinggi yang ada di Indonesia, serta memiliki luas 224,35 heKtar, dan memiliki keliling sekitar 9,79 kilometer.

Maka dengan dengan predikat tersebut, Danau Habema sering diidentikan sebagai Danau Di Atas Awan. Selain itu, Danau Habema merupakan danau yang sangat dikeramatkan oleh suku Dani, serta menjadi salah-satu sumber utama bagi kesuburan tanah Papua, khususnya kawasan sekitar danau.

Danau Di Atas Awan
Danau Di Atas Awan. Sumber : trip.raiyani.net

2. Puncak Trikora Atau Puncak Wilhelmina

Daya tarik selanjutnya dari Danau Habema terletak pada view yang disajikan di lokasi utama danau. Panorama alam berupa danau eksotis, dengan latar Puncak Trikora.

Puncak Trikora merupakan salah – satu gunung tertinggi yang ada di Indonesia. Adapun nama lain dari Gunung Trikora adalah Gunung atau Puncak Wilhelmina.

Danau Habema, terletak di lereng Gunung Trikora. Dengan demikian, para pengunjung yang tiba di lokasi utama, akan menyaksikan kolaborasi keindahan danau dengan latar sebuah gunung yang sangat eksotis.

Puncak Trikora Dan Danau Habema
Puncak Trikora Dan Danau Habema. Sumber : www.indonesiakaya.com

Hal tersebut tentu saja menghadirkan rasa kekaguman atas panorama yang disajikan. Salah – satu danau tertinggi, yang berpadu dengan salah – satu gunung tertinggi yang ada di Indonesiaan.

3. View Alam Sekitar Danau Habema

Lokasi Danau Habema menjadi bagian dari Taman Nasinal Lorentz menghadirkan sebuah sajian pemandangan alam dengan berjuta keindahan sejauh mata memandang.

Pesona Alam Sekitar Danau Habema
Pesona Alam Sekitar Danau Habema. Sumber : beritagar.id

Hal yang perlu diingat bahwa cuaca di sekitar Danau Habema sangatlah dingin. Bahkan saat malam tiba, suhu udara sekitar bisa mencapai 0⁰ celcius.

Berdasarkan hal tersebut, sangat jarang sekali para wisatawan yang berenang di Danau Habema. Karena mengantisipasi hipotermia, dampak dari suhu yang sangat dingin.

Pesona Danau Habema, dengan keindahan alam sekitar memikat hati seorang sutradara film terkenal di Indonesia. Sehinga lokasi Danau Habema dijadikan sebagai sebuah latar film yang inspiratif, dan mampu memukau orang yang melihatnya.

4. Wisata Alam Yang Berbalut Budaya Lokal

Kawasan Danau Habema, atau Taman Nasional Lorentz menjadikan sebuah kawasatan wisata alam yang berbalut dengan budaya suku lokal.

Kawasan tersebut dikenal juga sebagai Rumah 7 Suku. Hal tersebut merujuk kepada suku-suku lokal yang tinggal di kawasan tersebut. Setidaknya terdapat 7 suku lokal yang hidup di kawasan Taman Nasional Lorentz.

Budaya suku lokal termasuk sebagai salah – satu budaya tertua yang ada di Indonesia. Diperkiraan budaya, atau adat istiadat lokal tersebut sudah ada sejak 30.000 tahun yang lalu.

Budaya Dan Adat - Istiadat Yang Lestari
Budaya Dan Adat – Istiadat Yang Lestari. Sumber : m.medcom.id

Nama Lain Danau Habema

Mayoritas objek wisata yang ada di Indonesia, pada faktany memiliki nama lain. Seperti halnya dengan Danau Habema. Adapun nama lain Danau Habema adalah Yuginopa.

Sejarah Penamaan Danau Habema

Seperti yang sering saya bahas di artikel – artikel yang lain, bahwa penamaan sebuah objek wisata yang ada di Indonesia bisa merujuk kepada beberapa hal.

Seperti : nama tempat, legenda, misteri, pesona keindahan, serta nilai sejarahnya. Nah, untuk penamaan Danau Habema merujuk kepada sejarah yang pernah ada di danau tersebut.

Tepatnya di jaman penjajahan Belanda, terdapat seorang perwira Belanda yang berpangkat letnan. Namanya Letnan Habema.

Letnan Habema, adalah salah – satu pengawal tim ekspedisi yang akan berangkat ke Puncak Trikora, atau Puncak Wilhelmina, pada tahun 1909.

Penutup

demikian info lengkap tentang Danau Habema, Danau Di Atas Awan di tanah Papua. semoga kelestarian alam, serta ragam budaya yang ada mampu terawat dari generasi ke generasi.

Bagi yang ingin berkunjung ke objek wisata manapun, selalu patuhi protokol keamanan, protokol kesehatan, hormati adat – istiadat, ketakinana, dan nilai luhur masyarakat setempat.

dan yang terakhir, jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment