Taman Alam Lumbini, Replika Pagoda Shwedagon Di Tengah Taman Yang Indah

Taman Lumbini merupakan sebuah kawasan religi dengan hiasan taman yang indah, serta lokasinya yang berada di kaki Gunung Sibayak membuatnya memiliki udara yang sejuk dan menyegarkan.

Yang menjadi ciri khas dari Taman Lumbini ialah keberadaan sebuah pagoda yang merupakan replika dari “Pagoda Shwedagon” Myanmar. Dimana pagoda tersebut merupakan pagoda tertinggi kedua yang ada di Myanmar.

Pagoda tersebut berwarna emas sehingga terkesan mewah, dan merupakan pagoda tertinggi yang ada di Indonesia dengan memiliki tinggi sekitar 42 meter.

pagoda emas di karo
pagoda emas di karo. google maps. sumber: Azzam Fadhil

Pagoda merupakan semacam kuil yang memiliki atap bertumpuk-tumpuk, dan biasa digunakan sebagai tempat beribadah umat Buddha.

Meski begitu, Taman Lumbini dapat dikunjungi oleh siapa saja dengan waktu yang sudah ditentukan supaya tidak menganggu waktu peribadatan.

Berikut deskripsi dari Taman Alam Lumbini, Karo, Sumatera Utara:

Taman Alam Lumbini

titi lumbini
titi lumbini. google maps. sumber: raden R

Baca juga: review wisata Air Terjun Sipiso Piso

Taman Alam Lumbini memiliki luas sekitar 3 hektar dengan keindahan alam yang sangat luar biasa indah dengan hiasan banyaknya bunga-bunga.

Taman ini dihiasi pula dengan patung-patung biksu yang tertata sedemikian rupa, maka wajarlah jika tempat ini merupakan perpaduan antara wisata alam dan wisata religi.

Dengan memiliki area yang cukup luas tersebut, kamu dapat berjalan-jalan sambil menikmati alam yang sangat sejuk. Lokasi taman bukan hanya di area atas saja, namun hingga di bagian bawahnya.

Yakni dengan menuruni anak tangga yang sudah tersedia ditemani rindang serta cantiknya bunga-bunga yang ada di sepanjang jalan. Ada pula air terjun buatan yang semakin membuat suasana tambah sejuk.

Selain itu, kamu juga akan menemukan sebuah jembatan gantung yang diberi nama Titi Lumbini. Jembatan tersebut memiliki panjang kurang lebih 20 meter, dan berada di ketinggian sekitar 50 meter.

Di area tersebut terdapat sebuah kios atau toko yang menyewakan pakaian ala-ala korea, dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Yakni berkisar mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 60.000,- saja.

Banyak pengunjung yang menyewanya kemudian berfoto di atas jembatan atau Titi Lumbini. Karena menampilkan alam yang sempurna.

berfoto menggunakan pakaian khas korea
berfoto menggunakan pakaian khas korea. google maps. sumber: Steven Lius

Selain itu, ada pula area fitness, ayunan, perosotan, dan masih banyak lagi fasilitas lain yang dapat kamu manfaatkan sepuasnya.

Untuk kamu yang menyukai bunga di sini tersedia pula kios toko bunga yang menjajakan beraneka macam bunga cantik, kisaran harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 5.000,- hingga Rp. 250.000,- saja.

Penamaan Lumbini konon katanya diambil dari tempat lahirnya Sidharta Gautama, yang merupakan seorang pendiri dari agama Buddha itu sendiri.

Pagoda Emas

Ini dia yang menjadi daya tarik utama dari Taman Alam Lumbini, yakni sebuah pagoda emas yang merupakan tempat suci umat Buddha.

Pagoda emas ini pernah mendapatkan rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia. Selain itu tercatat pula sebagai replika tertinggi kedua di wilayah Asia Tenggara.

Pengunjung yang datang dapat memasuki area pagoda meski bukan beragama Buddha, dengan meminta izin terlebih dahulu sebelumnya.

suasana di dalam pagoda
suasana di dalam pagoda. google maps. sumber: Taman Alam Lumbini Berastagi

Terdapat sekitar 2.930 rupang Buddha, 30 rupang arahat, serta 108 relik suci, dan hampir seluruh benda-benda yang ada dibawa langsung dari Myanmar.

Ada pula sebuah pohon yang cukup besar, pohon tersebut dinamakan pohon permohonan atau wishing tree. Yang berisi berbagai macam doa dan harapan yang ditulis dengan menggunakan kertas.

Hanya saja, untuk dapat menggantungkan permohonan di pohon tersebut kamu harus menunggu ketika perayaan gong xi fat cai tiba.

Tempat ini sering digunakan sebagai tempat pelatihan diri bagi umat Buddha seperti meditasi ataupun aktivitas buddhis lainnya. Serta merupakan pusat peribadatan umat Buddha.

Larangan dan Pantangan

Karena Taman Lumbini merupakan lokasi wisata yang dipadukan dengan wisata religi, makan ada larangan serta pantangan ketika berada di sekitar taman, khususnya ketika berada di dalam pagoda. Yakni:

  • Alas kaki wajib dilepas ketika hendak memasuki pagoda,
  • tidak boleh mengambil foto dengan menggunakan blitz,
  • dilarang untuk membuat kegaduhan,
  • serta menjaga kebersihan,
  • dilarang untuk membawa makanan dari luar,
  • tidak boleh menginjak rerumputan,
  • serta dilarang untuk merokok.
hiasan taman yang cantik
hiasan taman yang cantik. google maps. sumber: Windy Risnamurti

Lokasi & Alamat Taman Lumbini

Taman Lumbini terletak di Jl. Barus Jahe, Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Lokasinya berada di kaki Gunung Sibanyak.

Rute Menuju Taman Lumbini

Untuk menuju Taman Lumbini jika dari arah Medan dengan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan jarak tempuh kira-kira 50 km.

Setelah kamu tiba di Simpang Tongkoh beloklah ke kiri, jalurnya hampir sama dengan rute menuju Air Terjun Sipiso-Piso.

Jalur yang dilalui cukup berkelok-kelok karena memang memasuki area pegunungan. Kemudian kamu akan menemukan petunjuk jalan hingga akhirnya tiba di Taman Lumbini.

Sebelum mendekati area taman, jalan yang dilalui belum begitu bagus. Di sepanjang jalan terdapat perkebunan strawberry yang dapat kamu beli bahkan dengan memetiknya secara langsung.

tempat beriwisata keluarga
tempat beriwisata keluarga. google maps. sumber: Arizona 89

Jam Buka Taman Lumbini

Jam operasional Taman Lumbini dibagi menjadi:

  • Jam buka untuk umum mulai dari pukul 09.00 hingga pukul 17.00
  • Sedangkan untuk sembahyang mulai dari 09.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat
  • Dan dibuka setiap hari Senin hingga Minggu

Tiket Masuk Taman Lumbini

Tiket masuk Taman Lumbini kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja, yakni dengan memasukkannya pada tempat yang sudah tersedia.

Fasilitas Taman Lumbini

Fasilitas yang ada di Taman Lumbini diantaranya:

  •  Area parkir kendaraan
  • Toko-toko souvenir
  • Warung makanan dan minuman
  • Area fitness dan play ground
  • Kios bunga

Tinggalkan komentar