Air Terjun Sikulikap, Keindahan Alam Berastagi

Sudah terlalu lama kita berdiam diri di rumah, sudah berbulan-bulan kita menghabiskan waktu hanya di rumah saja. Bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah, dan berolahraga di rumah.

Saat ini hal tersebut memang harus dilakukan, melihat keadaan pandemi seakan masih jauh dari kata selesai. Ikuti anjuran yang disarankan oleh Pemerintah, dan ikuti protokol kesehatan jika ingin keluar rumah.

Setelah semua ini berakhir, tentulah kita membutuhkan refreshing untuk sedikit meringankan kepenatan dalam diri. Dengan menikmati keindahan alam sepertinya bisa untuk menghilangkannya.

Jika begitu tidak ada salahnya kalau kita mengunjungi Air Terjun Sikulikap yang terletak di Berastagi, Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara. Air terjun ini terletak di tengah Hutan Hujan Tropis dan memiliki ketinggian sekitar 30 meter.

Air Terjun Sikulikap
Air Terjun Sikulikap. Sumber: www.tempatwisata.pro

Kita akan diajak untuk menapaki jalan setapak yang seakan membelah hutan, ditemani riuhnya suara serangga dan juga menikmati udaranya yang sejuk. Simak yuk apa saja pesona yang ingin dihadirkan oleh Air Terjun Sikulikap, check this out!

Ragam wisata di Air Terjun Sikulikap

Pesona keindahan yang akan kamu dapatkan saat berkunjung ke Air Terjun Sikulikap, ialah :

1. Spot Foto

Banyak sekali spot foto yang menarik yang dapat kamu temui di Air Terjun Sikulikap. Saat kamu mulai memasuki gerbang pintu masuk Air Terjun, kamu akan menemukan beberapa gazebo yang tak salah jika kamu gunakan untuk befoto.

Selain itu ada juga warung makanan yang terletak di atas ketinggian, sehingga menampilkan pemandangan yang luar biasa. Sepanjang jalan kamu akan menemukan spot-spot foto yang menarik dengan background keindahan pemandangan alam.

Salah Satu Spot Foto Menuju Air Terjun Sikulikap
Salah Satu Spot Foto Menuju Air Terjun Sikulikap. Sumber: indonesiatraveler.id

Jangan lupa juga untuk berfoto dengan latar belakang Air Terjun Sikulikap, sudah disediakan area untuk kamu berfoto tepat di depan Air Terjun. Pasti hasilnya sangat luar biasa.

2. Camping Area

Air Terjun Sikulikap menyediakan area untuk kamu bercamping bersama kawan-kawan, menikmati keindahan malam di Hutan Hujan Tropis. Kamu akan merasakan hawa yang sangat sejuk, karena memang berada di dataran tinggi.

Kamu dapat mendirikan tenda di tempat yang sudah disediakan, lokasinya tidak terlalu jauh dari Air Terjun Sikulikap, kamu masih bisa mendengar suara deburan aliran airnya.

Bermalam dengan suasana berbeda, diiringi suara hewan serangga ditambah deburan air terjun, diselimuti dinginnya udara seakan menambah pengalaman yang berbeda untuk kamu menikmati keindahan alam.

3. Air Terjun Sikulikap

Air Terjun Sikulikap mempunyai tinggi sekitar 30 meter, dengan aliran airnya yang bersumber dari Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Barisan yang merupakan salah satu kawasan Hutan Lindung.

Air Terjun Sikulikap tepat berada di tengah Hutan Hujan Tropis. Maka tak heran jika masih dikelilingi oleh deretan pepohonan yang menjulang tinggi, dan mempunyai hawa yang sejuk.

Keindahan Air Terjun Sikulikap
Keindahan Air Terjun Sikulikap. Sumber: hariansib.com

Air Terjun Sikulikap memiliki aliran debit air yang cukup deras, jadi kamu tidak disarankan untuk berenang langsung dibawah curahan air terjun. Disamping itu Air Terjun Sikulikap tidak mempunyai kolam yang cukup lebar.

Karena memiliki debit air yang cukup deras kamu masih bisa merasakan cipratan airnya meskipun kamu berada di samping air terjun. Tepat di depan Air Terjun tersedia sebuah tempat untuk kamu yang ingin mengambil foto dengan berlatar belakang Air Terjun Sikulikap.

Spot Foto Paling Dicari
Spot Foto Paling Dicari. Sumber: jejakpiknik.com

Selama kamu berada di kawasan Air Terjun Sikulikap kamu akan menikmati harumnya aroma pohon pinus karena lokasinya tepat berada di bawah Penatapan Doulu.

4. Panjat Tebing

Olahraga ekstrim banyak sekali macamnya, salah satunya ialah Panjat Tebing. Panjat Tebing atau dalam istilah asing disebut Rock Climbing merupakan salah satu dari sekian banyak olahraga alam bebas dan merupakan salah satu bagian dari mendaki gunung yang tak bisa dilakukan dengan cara berjalan kaki melainkan harus menggunakan peralatan dan teknik-teknik tertentu untuk bisa melewatinya.

Di area Air Terjun Sikulikap tepatnya di samping aliran air terjunnya, terdapat dinding batu cadas dengan sudut kemiringan tegak yaitu 90 derajat. Ini merupakan tantangan Panjat Tebing yang cukup berat.

Lokasi ini merupakan pilihan favorit untuk melakukan olahraga Panjat Tebing, banyak beberapa komunitas atau federasi yang menaungi para atlet Panjat tebing untuk melakukan latihan di sini.

Mengibarkan Bendera dalam memperingati Hut RI ke 75th
Mengibarkan Bendera dalam memperingati Hut RI ke 75th. Sumber: sumut.inews.id

Jika kamu ingin mencoba salah satu olahraga ekstrim ini, kamu harus dilengkapi dengan kemanan yang sesuai dengan aturan yang berlaku dalam olahraga Panjat Tebing.

Fasilitas di Air Terjun Sikulikap

Fasilitas yang ada di Air Terjun Sikulikap sudah memadai, dimulai tersedianya lahan parkir, warung-warung makanan, gazebo tempat kita bersantai, dan toilet umum.

Area Parkir dan Pintu Masuk Menuju Air Terjun Sikulikap
Area Parkir dan Pintu Masuk Menuju Air Terjun Sikulikap. Sumber: www.metrokampung.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Sikulikap

Lokasi dan Alamat Air Terjun Sikulikap terletak di Jl. Jamin Ginting KM. 5,4 Desa Doulu, Tanah Brastagi, Martelu, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara Kode Pos 20357.

Jam Operasional Air Terjun Sikulikap

Jam operasional Air Terjun Sikulikap dibuka selama 24 jam nonstop dimulai dari hari Senin sampai hari Minggu. Jadi kamu bisa datang kapan aja.

Rute Menuju Air Terjun Sikulikap

Akses menuju Air Terjun Sikulikap mudah sekali, dari Kota Medan memakan waktu sekitar 2-3 jam perjalanan dengan jarak tempuh kurang lebih 70 kilometer. Ada beberapa rute yang dapat kamu ikuti untuk menuju Air Terjun Sikulikap :

  • Jika kamu berasal dari luar Pulau Sumatera dan menggunakan jalur udara : Bandara Kuala Namu-Jl.Tol Medan_Kuala Namu-Jl. Tol Belmera-Patumbak-Jl. Sisingamangaraja-Jl. Lintas Sumatera-Jl. Jamin Ginting-Air Terjun Sikulikap
  • Jika kamu menggunakan jalur laut : Pelabuhan Belawan-Jl. R. Pelabuhan-Jl. Tol Belmera-Patumbak-Jl. Sisingamangaraja-Jl. Lintas Sumatera-Jl. Jamin Ginting-Air Terjun Sikulikap
  • Jika kamu menggunakan jalur Darat : Pusat Kota-Jl. Guru Patimpus-Jl. Gatoto Subroto-Jl. Iskandar Muda-Jl. Jamin Ginting-Air Terjun Sikulikap

Tiket Masuk Air Terjun Sikulikap

Tiket masuk untuk menikmati keindahan Air Terjun Sikulikap ini kamu hanya membayar Rp. 10.000,- untuk kendaraan roda dua, dan Rp. 30.000,- untuk kendaraan roda empat. Harga tersebut sudah termasuk tiket parkir dan tiket masuk.

Penginapan Terdekat Air Terjun Sikalikap

Penginapan terdekat dari Air Terjun Sikalikap jaraknya berada lebih dari 3 kilometer, dengan kisaran harga dibawah Rp. 200.000,-.

Tips Wisata

Ada beberapa tips nih untuk kamu yang akan mengunjungi Air Terjun Sikulikap :

  • Gunakan alas kaki yang nyaman, karena kamu akan berjalan kaki menuju Air Terjun Sikulikap.
  • Untuk kamu yang membawa anak-anak harap jaga baik-baik.
  • Bawalah minum yang cukup untuk bekal diperjalanan.
  • Selalu jaga keindahan Air Terjun Sikulikap dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Penutup

Air terjun memang selalu menghadirkan keindahan alam yang luar biasa. Setiap orang rela berjalan jauh untuk dapat menikmati keindahan sebuah air terjun. Karena memang akses jalan setiap menuju air terjun selalu tidaklah mudah.

Air Terjun Sikalikap membuat kita semakin bersyukur akan keindahan alam pemberian Tuhan. Alam selalu membuat kita berdecak kagum akan keindahan dan kejaibannya. Dan alam selalu dapat membuat hati kita tenang.

Jagalah selalu keindahan alam Air Terjun Sikalikap, supaya kita dapat terus menikmatinya sampai kapanpun. Siapkan foto terbaikmu saat mengunjungi Air Terjun Sikulikap, ya!

Baca juga:

Leave a Comment