Danau Lau Kawar, Update Terbaru Pasca Erupsi Gunung Sinabung

Danau Lau Kawar adalah wisata  Sumatera Utara selain dari Danau Toba. Lokasi Danau Lau Kawar berada di kaki Gunung Sinabung, sehingga menjadi paduan keindahan alam yang eksotis.

Danau Lau Kawar karena letaknya di Kaki Gunung Sinabung, maka selain menawarkan pesona keindahan danau vulkanik, namun di sisi lain status Gunung Sinabung sebagai gunung yang aktif menjadi sedikit persoalan.

danau lau kawar
danau lau kawar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Erupsi terbaru dari Gunung Sinabung terjadi di awal tahun 2021, tepatnya tanggal 03 Januari 2021. Dan kejadian tersebut sangat berdampak bagi daerah sekitar Gunung Sinabung, termasuk Danau Lau Kawar.

Bahkan kejadian Gunung Sinabung hingga kini memberikan dampak luar biasa khususnya bagi Desa Berastepu, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo.

Di desa Berastepu, seakan menjadi desa mati. Karena terdapat sekitar 200 rumah yang ditinggalkan oleh penghuninya akibat erupsi Gunung SInabung.

Meskipun tidak signifikan, terdapat penurunan kunjungan ke Danau Lau Kawar. Salah-satu faktornya setelah erupsi Gunung Sinabung, dan yang selanjutnya karena situasi pandemi.

danau lau kawar di kaki gunung sinabung
danau lau kawar di kaki gunung sinabung. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Meskipun demikian, pesona Danau Lau Kawar terlalu memikat hati para wisatawan. Sehingga kunjungan ke lokasi Danau Lau Kawar tidak pernah surut, terutama kaula muda.

Lalu apa saja pesona keindahan, serta ragam aktivias dari Danau Lau Kawar tersebut? Yuk kita simak info lengkapnya…

Lokasi Dan Alamat Danau Lau Kawar

Lokasi Danau Lau Kawar berada di Kaki Gunung Sinabung. Adapun alamat Danau Lau Kawar berada di Desa Kuta Gunung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Probvinsi Sumatera Utara.

Rute Menuju Danau Lau Kawar

Akses jalan menuju Danau Lau Kawar bisa dilalui oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga ke tepian danau.

Mayoritas kondisi jalan sudah baik, meskipun di beberapa titik terdapat kerusakkan jalan. Hingga akhirnya para pengunjung tiba di gerbang utama.

Di gerbang utama, para pengunjung haus membayar tiket masuk. Setelah itu, kendaraan para pengunjung akan berjalan di tepian danau.

danau lau kawar dekat dengan area parkir
danau lau kawar dekat dengan area parkir. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat spot setelah gerbang utama yang enak untuk menikmati keindahan Danau Lau Kawar. Di lokasi tersebut, para pengunjung harus membayar biaya parkir lagi.

Terdapat spot lainnya yang lokasinya berada di sedikit ketinggian Danau Lau Kawar. Dan para pengunjung harus melakukan perjalanan lagi meskipun tidak jauh jika menggunakan kendaraan.

Setelah sampai di persimpangan, maka jalan ke sebelah kanan adalah akses jalan menuju Villa Danau Lau Kawar. Untuk sampai di spot yang di atas, pengunjung harus memilih jalur yang di kiri.

Setelah sampai di spot yang ada di atas, maka pengunjung akan diminta kembali untuk membayar tiket. Di lokasi tersebut banyak gazebo gratis yang disediakan untuk para pengunjung.

Sebagai catatan, banyaknya titik pungutan menjadi salah-satu hal yang dikeluhkan oleh para pengunjung. Semoga saja keamanan, dan kenyamanan wisata di Danau Lau Kawar masih bisa tetap terjaga baik.

Harga Tiket Masuk Danau Lau Kawar

Biaya masuk Danau Lau Kawar adalah:

  • Rp. 5.000 per motor di gerbang pertama
  • Rp. 5.000 per motor di titik ke dua, sebagai biaya parkir
  • Rp. 5.000 per orang di spot yang ada di atas.

Jam Buka Danau Lau Kawar

  • Danau Lau Kawar buka selama 24 jam
  • Danau Lau Kawar buka setiap hari

Fasilitas Di Danau Lau Kawar

Fasilitas di lokasi Danau Lau Kawar terbilang sudah lengkap. Seperti :

  • Area parkir
  • Toliet
  • Gazebo

Penginapan Di Danau Lau Kawar

villa di danau lau kawar
villa di danau lau kawar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bagi pengunjung yang ingin menginap di objek wisata Danau Lau Kawar, maka terdapat 2 pilihan. Yaitu :

  • Camping
  • Menginap di Villa di kawasan wisata Danau Lau Kawar

Daya Tarik Dan Ragam Aktivitas Di Danau Lau Kawar

1. Pesona Keindahan Danau

pesona keindahan danau lau kawar
pesona keindahan danau lau kawar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, dengan kondisi air yang tenang, namun dalam. Warnai airnya cendering hijau toska, karena sebagai dipengaruhi oleh karakter danau vulkanik.

Daya tarik Danau Lau Kawar karena dikelilingi oleh bukit, dan gunung-gung, sehingga menjadi latar alam yang eksotis, ditambah udara sekitar yang sejuk.

Di tepian danau, terdapat gazebo sebagai tempat yang nyaman untuk menikmati keindahan Danau Lau Kawar, sambil makan bersama keluarga.

2. Camping Dan Mancing

ragam aktivitas di danau lau kawar
ragam aktivitas di danau lau kawar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Aktivitas wisata di sekitar Danau Lau Kawar yang pertama adalah memancing. Danau tersebut merupakan lokasi yang nyaman untuk melakukan aktivitas tersebut.

Suasana yang tenang, serta view alam sekitar yang indah, membuat suasana semakin nyaman untuk melakukan aktivitas memancing ikan.

Selanjutnya adalah camping. Aktivitas wisata camping di Danau Lau Kawar lebih didominasi oleh kalangan milenial.

Lokasi yang tepat untuk melakukan camping, yaitu di tepian Danau Lau Kawar. Jangan lupa untuk membawa jaket ya…

Sejarah Dan Misteri Di Danau Lau Kawar

misteri dan sejarah danau lau kawar
misteri dan sejarah danau lau kawar. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Sejarah terbentuknya Danau Lau Kawar meskipun berbalut mitologi, namun tetap dipercaya oleh beberapa kalangan masyarakat.

Sejarah terbentuknya Danau Lau Kawar berawal dari Desa Lau Kawar yang tenggelam menjadi danau, diakibatkan oleh doa seorang nenek yang sakit hati, atas sisa makanan yang diberikan kepadanya.

Adapun misteri di Danau Lau Kawar sekaligus sebagai sebuah pantangan, adalah :

  • Para pengunjung dilarang melakukan perbuatan asusila
  • Para pengunjung dilarang membuang sampah sembarangan

Jika melanggar, maka di lokasi danau akan terjadi badai, dan petir. Meskipun hal tersebut adalah misteri, namun ternyata memiliki nilai positif yang patut dijunjung.

Penutup

Demikian review Danau Lau Kawar, semoga kenyamanan dan keamanan di setiap objek wisata yang ada di Indonesia senantiasa tersaji, dan lestari.

Jangan membuang sampah sembarangan ya, karena “Sampahmu, Adalah Dosamu”.


Leave a Comment