Nusa Penida, Patahan Surga yang Menawan Hati

Siapa yang tidak mengenal Nusa Penida. Kawasan esoktis di dekat pulau Bali ini selalu diburu oleh wisatawan baik nusantara maupun mancanegara. Kawasan ini menjadi surga yang tidak bisa terbantahkan keindahannya. semua orang memimpikan pergi dan berkunjung ke tempat ini. Termasuk sobat native pula.

Ada begitu banyak kawasan di pulau nusa penida yang kece-kece dan bisa dijadikan tempat untuk liburan bersama dengan keluarga. Penasaran, mana saja tempat aduhai di Nusa penIda Mari kita lanjutkan penjelajahan ke Pulau Nusa Penida di bawah ini. Tetapi, sebelumnya kita simak terlebih dahulu bagaimana caranya menuju ke Pulau Nusa Penida.

Nusa Penida Broken Beach 1
Image via: www.instagram.com/lou_biggs

Menuju Ke Nusa Penida

Bagi sobat native yang berasal dari luar Bali. Bisa pergi ke Bali terlebih dahulu dengan dua cara. Bisa naik kereta api dan kapal, atau juga bisa naik pesawat terbang. Bisa juga menempuh perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Total perjalanan menuju ke pulau Bali saat ini memang tergolong mahal budget yang harus ada di kisaran 500an untuk kelas bisnis keatas termasuk dengan menggunakan pesawat. Sebenarnya bisa lebih murah dengan kereta kelas ekonomi yang hanya membutuhkan 200 ribuan untuk mencapai Bali

Setelah masuk pulau Bali, sobat native bisa mengarahkan kendaraan menuju ke Pantai Sanur. Dimana, disini ada kapal menuju ke Nusa Penida. Dengan kapal fast boat yang harga dikisaran 75 ribu hingga 150 ribu rupiah untuk sekali jalan.

Simak juga: tempat wisata di Bali yang populer

Tempat Menarik di Nusa Penida

Setelah sampai di Nusa Penida marilah kita menjelajah apa saja keindahan kawasan ini:

1. Broken Beach/ Pasih Uug

Kawasan ini memang sangat esoktis dengan air lautnya yang biru membiru, serta sejukanya angin yang berhembus. Nama Broken Beach di berikan karena, di tempat ini ada sebuah tebing karang yang cukup tinggi yaitu 50 – 200 meter. Dimana di tengahnya terdapat lubang besar ditengahnya.

Baca Juga :  Trans Studio Bandung, Tempat Liburan Keluarga yang Seru Abis

Saat dilihat dari atas, akan terlihat seperti sebuah sumur yang besar nan indah. Karena air yang ada di lubang ini berwarna biru dan sangat jernih. Pantai ini berada di desa bunga mekar. Bagi sobat native yang membutuhkan tempat untuk menenangkan diri dari berbagai macam masalah, kawasan ini adalah tempat paling tepat.

Pemandangan yang aduhai seperti rerumputan hijau. Pantai dengan beberapa tebing karang yang kokoh. Menjadikan kawasan ini tempat favorit bagi mereka yang berkunjung ke Nusa Penida.

Nusa Penida Broken Beach
Image via: www.instagram.com/malthezimakoff

2. Angel’s Billabong

Surga yang kedua adalah Angel’s Billabong. Jaraknya cukup dekat dengan pasih uug hanya berjalan sekitar 300 meter saja. melewati beberapa bebatuan yang cukup terjal dan mampu menguras keringat. Kawasan ini berada di tepi tebing pinggir pantai. Sehingga, membutuhkan tenaga ekstra untuk sampai ke kawasan ini.

Bisa dibilang kawasan ini adalah kolam renang alami yang bisa digunakan untuk berendam dan menikmati tebing-tebing karang. Biasanya setelah sampai di kawasan ini, sobat native pasti tidak sabar untuk berenang. Tetapi, harus turun dulu ke bawah dengan menuruni bebatuan karang.

Turun ke bawah harus berhati-hati lantaran, batu-batunya yang sangat tajam dan bisa membuat hati terluka. Jadi tetap bersabar dan jangan terburu-buru ya sobat native. Waktu yang paling tepat berkunjung ke sini adalah sore hari. Saat matahari sudah mulai lelah dengan hari dan hendak tenggelam.

Nusa Penida Angel Billabong
Image via: www.instagram.com/viajeseumundo

3. Pantai Kelingking

Inilah dia surganya diving dan snorkeling. Dunia bawah laut yang namanya sudah tenar di semua kalangan. Tempat yang bernama Manta point ini memang paling mantap dan menyuguhkan keanekaragaman fauna yang mengesankan.

Baca Juga :  Review Farmhouse Lembang di Bandung, Harga Tiket Masuk, Peta Dan Fasilitas

Pemandangan alam kawasan ini memang esoktis dan mampu membius siapa pun yang datang ke tempat ini. Bahkan semua orang akan dibuat terpukau, tak bisa berkata dan berkedip dalam sekejap. Satu hal yang jadi kewajiban apabila sudah sampai disini adalah camping di area yang sudah di sediakan.

Menikmati malam di pantai kelingking memang berbeda dari yang lainnya. Apalagi dengan deburan ombak yang terasa merdu seperti sebuah melodi yang tidak pernah berhenti mengalunkan irama yang mengesankan. Menariknya lagi, harga tiket masuk kawasan ini gratis.

Nusa Penida Kelingking Beach
Image via: www.instagram.com/triasrstn

4. Toyapakeh

Inilah titik mula sobat native yang berasal dari pelabuhan sanur. Kawasan ini juga berbatasan dengan pulau nusa ceningan yang hanya dipisahkan dengan laut. Objek wisata ini mempunyai pesona pantai yang indah. Selain itu, Toyapakeh memiliki beberapa kapal-kapal yang menarik dan menggoda iman.

Kapal-kapal ini biasanya dijadikan sebagai tempat untuk selfie dan wefie. Selain itu, kawasan toyapakeh terkenal dengan cagar budaya bawah laut. Dimana, ada Candi Budha yang bersemayam disini. Di bawah laut ini, Daya pikat lainnya adalah adanya pertanian rumput laut.

Apabila, sobat native berkunjung di bulan kemarau, akan menemukan ikan mola-mola yang lucu nan imut-imut. Ikan-ikan ini hanya ada di bulan juli hingga November. Disini pula, sobat native akan bertemu dengan ikan yang berukuran lebih dari 2 meter.

Nusa Penida Toyapakeh
Image via: www.instagram.com/edwindar27

5. Goa Giri Putri

Objek wisata selanjutnya adalah Goa Giri Putri yang berada di ketinggian 150 mdpl dan mempunyai panjang 310 meter. Tempat ini memang tidak akan pernah sepi oleh pengunjung. Semua wisatawan termasuk para umat yang datang untuk sembahyang. Kebanyakan dari mereka yang penasaran dengan ritual keagamaan yang ada di sini.

Baca Juga :  Menikmati Keindahan Museum Kereta Kencana Yogyakarta

Ada mitos yang berkembang di kawasan ini yaitu tentang air mengalir dari sumber mata air Pura Goa Giri Putri yang mengandung kekuatan alami. Konon katanya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Nah, kawasan yang disakralkan ini membuat wanita yang sedang datang bulan tidak dipebolehkan masuk. Pengunjung lain pun, harus memakai sarung dan selendan, serta harus menjaga ucapan dan tingkah laku saat berada di kawasan ini.

Nusa Penida Goa Giri Putri
Image via: www.instagram.com/celine_kj

6. Mata Air Seganing

Inilah dia kawasan yang memiliki keindahan serta penduduk yang sangat baik serta ramah-ramah. Mata air ini memang esoktis, karena terjun langsung dari atas menuju ke laut lepas.

Medan yang di tempuh sangat ekstrim. Sobat native akan disuguhkan dengan perjalanan yang menantang. Dengan naik turun anak tangga, bebatuan, tanah, dan tebing yang sangat menguras tenaga.

Tetapi, jangan pantang menyerah dahulu. Karena, di setiap keringat yang bercucuran sobat native akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah. Sayang untuk dilewatkan. Apalagi, harus berhenti di tengah jalan.

Konon katanya, dahulu banyak warga yang mendapatkan air bersih dari mata air ini. Oleh sebab itu, dibuatlah jalan yang memudahkan warga untuk mengambil air. Seiring berjalannya waktu, mata air ini pun berubah menjadi sebuah objek wisata yang mengesankan.

Nusa Penida Mata Air Seganing
Image via: www.instagram.com/dmoyse

Nusa Penida adalah patahan surga yang diberikan Tuhan untuk tempat ini. Patahan ini baiknya dijaga dengan baik, agar semua orang di seluruh dunia bisa menikmatinya. Bagaimana , sudah tentukan pilihan mau kemana di Nusa penida? Ayo datang dan rasakan keseruan di pulau ini. Ingat Nusa Penida tak sabar menanti kedatanganmu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.