Pura Besakih Bali; Nikmati Pesona Magis yang Indah Disini

0

Pura Besakih adalah tempat persembahyangan bagi umat Hindu di Bali. Selain itu, pura ini juga menjadi salah satu tempat wisata di Bali yang banyak dikunjungi wisatawan. Wajar aja sih, suasana khas Bali yang kental didukung dengan arsitektur Pura yang indah banyak mengundang decak kagum para pengunjung.

Di bagian dalam Pura Besakih pun terdapat 18 pura pendamping dengan Pura Penataran Agung sebagai pura terbesarnya, inilah mengapa Pura Besakih banyak dikenal sebagi Pura terbesar di Indonesia.

dago dream park info

dago dream park

pura besakih bali
foto: mazmuzie.blogspot.com

Pura ini juga dikenal sebagai Pura Agung Besakih. Tidak hanya itu, Pura Besakih juga telah dikenal hingga ke mancanegara. Konon Pura ini ternyata dulunya adalah hutan belantara lalu di bangun oleh Rsi Markandeya yang mana merupakan seorang tokoh agama Hindu di India yang telah lama menetap di pulau Jawa.

Ada yang mengatakan jika nama Besakih ternyata berasal dari kata ‘Basuki’ yang diambil dari kata ‘Wasuki’, ini memiliki arti sebagai Keselamatan dalam bahasa sansekerta. Selain itu, Pura Besakih merupakan tempat yang dijadikan sebagai pusat kegiatan dari seluruh Pura di Bali.

Penasaran bukan seperti apa tampak Pura Besakih sekarang? Sebelum berkunjung, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal menarik di Pura Besakih ini dan buat liburanmu semakin berkesan.

Simak juga: berlibur ke Pantai Kuta

Lokasi Pura Besakih

Tentu saja sebelum berkunjung, kamu harus mengetahui rute dan lokasi Pura Besakih agar tidak tersesat. Pura Besakih ini terletak tepat di kaki Gunung tertinggi di Pulau Bali, tepatnya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali. Pura Besakih ini juga berada di ketinggian 3.142 meter di atas permukaan air laut.

Lokasinya juga berjarak sekitar kurang lebih 2 jam atau sekitar 65 km berkendara dari Pantai Kelan dan Pantai Jerman, pantai yang juga berada di kawasan Bandara Internasional Ngurah Rai. Sementara dari kawasan Kuta dan Seminyak akan menempuk jarak sekitar 63 km atau sekitar 1 jam 30 menit.

besakih temple Bali
foto: instagram.com/wardanigustiayukusuma/

Untuk lebih memudahkan kamu bisa menggunakan aplikasi penunjuk arah untuk bisa sampai ke Pura Besakih. Kamu juga bisa menggunakan kendaraan pribadi, transportasi umum ataupun menyewa sebuah kendaraan untuk berkeliling sepuasnya di Bali.

Namun, untuk lebih menekan biaya pengeluaran yang lebih, rekomendasi terbaik adalah kamu dapat menggunakan kendaraan rental yang dapat kamu gunakan seharian penuh.

Baca juga: review Bali Bird Park

Peta

Untuk memudahkan, silahkan lihat peta menuju lokasi dibawah ini ya. Peta di ambil dari google map.

Fasilitas Wisata Di Sekitar Pura Besakih

Saat berkunjung ke Pura Besakih, kamu juga akan disguhi berbagai fasilitas yang akan membuatmu semakin menikmati liburan di Bali. Seperti hotel yang mematok harga murah untuk kamu nikmati dengan pemandangan Bali yang indah.

Beberapa rekomendasi hotel di sekitar Pura Besakih.

  • Warung Bu Made – penginapan ini merupakan penginapan dengan harga termurah yaitu seharga Rp. 165.000 dengan jarak tempuh 6 km dari Pura Besakih.
  • Puri Karang Besakih – Hotel ini memasang harga sebesar Rp. 300.000 untuk satu malam. Hotel ini terletak dekat dengan Pura Besakih di Karangasem Bali.
  • Artha Agung Resort & Restaurant – Hotel ini memasang harga sewa sebesar Rp. 400.000 untuk satu malam. Jarak tempuh ke Pura Besakih berkisar 7 km.
  • Puri Agung Inn – Hotel ini berjarak sekitar 7 km untuk sampai ke Pura Agung Besakih. Hotel ini memasang harga sewa sebesar Rp. 210.000 per malam. Cukup murah, bukan?
pura agung besakih
foto: instagram.com/depedyse/

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka

Layaknya objek wisata lainnya di Bali, Pura Besakih juga measang tariff sebelum masuk ke dalamnya. Harga tiket yang dipatok adalah Rp. 15.000 per orang. Hanya dengan 15 ribu kamu sudah bisa mengelilingi Pura Besakih sepuasnya.

Namun harga ini bisa saja berubah sewaktu-waktu, periksalah harga dengan waktu yang sama sebelum menuju ke Pura Besakih, ya.

Jika kamu membawa kendaraan pribadi, Pura Besakih juga menyediakan tempat parkir yang cukup luas. Untuk Kendaraan beroda dua akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 2.000 untuk satu motor dan untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000 per mobil.

Selain itu, kamu juga harus tau loh jam operasional Pura Besakih agar kamu tidak datang pada waktu yang salah. Pura Besakih dibuka mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 17.00 wita.

Namun, bagi kamu yang ingin melakukan ritual sembahyang untuk beragama Hindu, Pura Besakih ini buka 24 jam.

Simak juga: Pantai di Bali yang bisa anda kunjungi

Hal Menarik di Pura Besakih

Setiap objek wisata tentunya memiliki daya tarik tersendiri yang membuat wisatawan berdatangan untuk berkunjung, tidak terkecuali bagi wisawatan mancarnegara. Sama halnya dengan Pura Besakih, selain menjadi tempat peribadatan bagi umat Hindu, juga memiliki daya tarik yang mampu menarik pengunjung di Bali maupun dari luar Bali.

Nah, berikut beberapa daya tarik yang dapat kamu temukan di Pura Besakih.

1. Pura Terbesar di Indonesia

pura agung besakih bali
foto: instagram.com/leti_pacho/

Sebelumnya kita sudah bahas mengenai pura ini yang dikenal sebagai pura terbesar di Indonesia. Selain itu, di Pura Besakih terdapat banyak anak tangga dengan pintu gerbang yang sangat besar yang dijadikan sebagai pintu masuk utama ke dalam Pura Besakih.

Di bagian dalam Pura ini, secara keseluruhan terdapat hampir 202 bangunan besar dan kecil di 18 kompleks pura tersebut. Dan juga kamu akan berjalan dari area parkir untuk masuk ke bagian dalam Pura, ini membutuhkan kondisi yang fit karena akan menempuh jarak sekitar 300 m atau bisa saja membutuhkan waktu sekitar 1 jam atau lebih.

2. Bukit Peninggalan Zaman Megalitikum

Yang membuat Pura Besakih semakin menarik ialah terdapat peninggalan zaman dulu yang sudah berusia ratusan tahun dari zaman megalitikum. Hal ini dapat kamu lihat dengan arsitektur bangunannya dan benda-benda bersejarah lainnya seperti, menhir, tahta batu dan struktur teras primaid. Ini juga cocok buat kamu yang ingin hunting foto, karena merupakan spot yang cocok dan instagramable.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan beberapa hal penting sebelum berkunjung ke Pura Besakih. Seperti membawa kamera untuk mengkap setiap momen berharga milkmu selama berkunjung ke Pura Besakih, tidak dapat masuk bagi kamu wanita yang sedang dalam masa datang bulan karena Pura Besakih merupakan tempat suci bagi umat Bergama Hindu. Ini sama saja seperti mengunjungi tempat peribadatan agama lain yang juga tidak memperbolehkan wanita yang sedang datang bulan untuk masuk.

Pura Besakih juga mewajibkan setiap pengunjung untuk memakai sarung khas Bali. Karena sarung Bali merupakan benda suci yang digunakan untuk dapat masuk ke tempat suci seperti Pura Besakih ini. Jika kamu tidak memilikinya, kamu dapat menyewa di tempat penyewaan sarung Bali yang berada di sekitar Pura.

Baca juga: menikmati suasana di Desa Penglipuran

Video

Biar ga penasaran, silahkan lihat juga video dibawah ini ya.

Inilah hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang Pura Besakih, tempat peribadatan umat Bergama Hindu yang juga dijadikan sebagai objek wisata menarik di Bali.

Jangan lupa untuk membawa kamera, dan Selamat menikmati liburan yang menyenangkan.

80%
Awesome
  • Lokasi
  • Keindahan tempat
  • Fasilitas
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.