Desa Wisata Cikalahang, Suguhan Alam Yang Luar Biasa Di Cirebon

|

Desa Wisata Cikalahang dapat menjadi rujukan tempat wisata menyegarkan di Kota Cirebon, setelah kemarin kita sudah jalan-jalan ke Kawasan Wisata Batik Trusmi.

Sekarang kita lanjutkan petualangan kita di Cirebon dengan mengunjungi sebuah desa wisata yang sejuk serta memiliki pemandangan yang luar biasa indah.

pemandangan yang indah
pemandangan yang indah. google maps. sumber: Irvan Fajar

simak juga: cirebon waterland

Desa Wisata Cikalahang, adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Dukupantang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat yang terdiri dari lima blok yaitu Blok I, II, III, IV, dan V.

Desa Cikalahang ini terdiri dari 2000 KK dan berbatasan dengan Kuningan Jawa Barat. Desa ini juga merupakan akses buat bisa masuk ke Kawasan Wisata Telaga Remis yang ada di Kuningan.

Bagi para pemburu kuliner, di sepanjang jalan menuju tempat wisata banyak dijumpai rumah makan terutama ikan bakar dengan cita rasa yang tinggi dengan harga yang kompetitif .

Mengenal lebih dekat Desa Wisata Cikalahang

Cikalahang awalnya hanya nama desa yang tidak jauh dengan Telaga Remis. Namun hari ini, desa ini terkenal sebagai salah satu destinasi wisata yang berada di daerah Cirebon yang menyediakan berbagai pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk.

Desa Wisata Cikalahang banyak dikunjungi oleh wisatawan hampir setiap hari, baik di hari kerja ataupun hari libur. Karena memiliki pemandangan alam yang wajib kalian kunjungi.

pohon unik yang menarik
pohon unik yang menarik. google maps. sumber: Mekar tanaman Alam

simak juga: keraton kanoman cirebon

Sayang banget nih kalo kalian lagi ada di Cirebon, tidak merasakan destinasi wisata yang satu ini. Sebab mempunyai keindahan yang tiada duanya.

Desa Wisata Cikalahang cocok banget buat kalian yang mau berlibur ngabisin Quality time bareng orang terkasih atau healing sendirian.

Lokasi Desa Wisata Cikalahang

Buat kalian yang bingung dimana lokasinya, nih aku kasih tau, lokasinya ada di Desa Cikalahang, Kec. Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Kalo masih ragu dimana tenpatnya, buka aja smartphone kamu terus buka google maps tulis aja Desa Wisata Cikalahang. Di google maps udah ditandai juga kok.

selalu ramai dikunjungi
selalu ramai dikunjungi. google maps. sumber: Iwan Setiawan

simak juga: situ sedong

Rute Menuju Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang ini terletak sekitar 6 Km dari ibu kota Cirebon dan 1 Km dari jalan alternatif Cirebon-Cicalengka, 5 Km dari Pasar Minggu Palimanan, dan jaraknya juga gak terlalu jauh sama Telaga Remis. Akses jalannya pun dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jam buka Desa Wisata Cikalahang

Buat jam buka, Desa Wisata Cikalahang ini buka 24 jam, harga tiket masuknya gratis ya….

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Fasilitas Desa Wisata Cikalahang

  • Rumah Makan,
  • Area Outbond,
  • Kolam Renang Hegar,
  • Area parkir kendaraan,
  • Destinasi wisata yang indah,

Daya Tarik Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang memiliki suasana yang sejuk dengan panorama yang asri, dan yang paling banyak diburu oleh para pengunjung ialah mencoba ikan bakarnya yang enak dan enak banget.

hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: House Of Janah

simak juga: wanawisata ciwaringin

Selain itu, Desa Wisata Cikalahang memiliki beberapa daya tarik lainnya, seperti:

1. Spot Memancing di Situ Pejaten

Ketika berada di Desa Wisata Cikalahang, anda dapat memancing di Situ Pejaten, dimana kamu dapat coba memancing ikan mas, nila, bawal, mujaer, dan masih banyak lagi.

Dengan biaya yang harus kamu keluarkan sekitar Rp. 15.000 kamu dapat memancing di Situ Pejaten sepuasnya. Selain menjadi spot memancing, Situ atau Danau Pejaten juga sering digunakan untuk kegiatan outbound.

2. Berenang di Kolam Renang Hegar

Berenang merupakan kegiatan yang seru dan paling diminati oleh siapa saja, di Desa Wisata Cikalahang terdapat spot untuk berenang yakni Kolam Renang Hegar.

kolam renang hegar
kolam renang hegar. google maps. sumber: Akmal Khusen

simak juga: belawa cirebon

Dimana air kolamnya berasal dari mata air, sehingga ketika berenang di Kolam Renang Hegar anda akan merasakan kesegaran bahkan untuk sebagian orang terasa dingin.

Untuk dapat berenang di Kolam Renang Hegar, anda harus membayar sebesar Rp. 15.000,- baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

3. Telaga Remis

Telaga Remis lokasinya tak begitu jauh dari Desa Wisata Cikalahang, dan dapat menjadi spot wisata alam lainnya yang dapat dikunjungi.

Penutup

Desa Wisata Cikalahang, tempat wisata alam di Cirebon yang wajib dikunjungi, biarkan raga dan jiwamu relaks sebentar menikmati alam yang tersaji.