Situ Sedong, Spot Wisata Yang Bikin Enggan Beranjak

Situ Sedong Cirebon merupakan danau buatan yang Cirebon. Situ cantik di ketinggian 300 mdpl ini, selain ditujukan untuk menampung air hujan dan pengairan pertanian, juga merupakan tempat bersantai, memancing, dan menikmati panorama. Keindahan maksimal situ diperoleh pada sore hari.


situ sedong, sebuah telaga buatan yang didesain untuk pengairanlahan pertanian di cirebon
Situ Sedong. Image via: polresciko.com

Situ Sedong memiliki daya tarik tersendiri yang berbeda dengan objek wisata lain. Situ ini menawarkan panorama keindahan alam yang begitu alami dengan hamparan sawah petani yang berwarna hijau. Pepohonan rindang yang mengelilingi situ akan mampu memanjakan mata bagi siapa saja yang datang berkunjung.

Di tempat wisata alam ini ada semacam dermaga yang bisa digunakan untuk menikmati pemandangan situ. Fasilitas itu juga bagus untuk spot memancing ikan. Kedalaman air di Situs Sedong bisa mencapai 5-10 meter dengan luas area sekitar 62 ha.

Menjelang sore, banyak fotografer yang menanti sunset di sekitar danau ini. Sebenarnya tempat wisata ini tidak terlalu luas. Pengunjung jangan membayangkan Situ Sedong memiliki akomodasi lengkap seperti halnya yang ada di situ Gintung.

Pose untuk mengambilan foto di ditu sedong dengan latar gunung ciremai
Silau ahh. Image via: @rikisusanto95

Simak juga: Berbagai tempat wisata di Cirebon.

Sejarah Situ Sedong

Situ Pengasinan atau yang sekarang lebih terkenal dengan situ Sedong, memiliki sejarah yang cukup panjang. Situ dibangun pada zaman Kolonial Belanda yang selesai pada tahun 1918. Mulai di airi pada tahun 1921. Saat pembangunan digunakan sebagai pengairan bagi perkebunan tebu pabrik Gula Sindanglaut.

Seiring perubahan jaman Situ Pengasinan beralih fungsi dari sumber pengairan perkebunan tebu menjadi sumber pengairan pertanian para petani di sekitarnya. Kini situ sedong mengalami penambahan fungsi lagi, selain sebagai sumber pengairan pertanian, yakni Pariwisata.

Situ ini mempunyai potensi yang cukup menjanjikan yaitu sebagai obyek wisata. Situ yang berada di ketinggian + 300 m di atas permukaan laut ini mempunyai Sunset  yang sangat indah.

Lokasi Situ Sedong

Situ Sedong atau bendungan Sedong di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat.

Karena luasnya situ, Situ Pengasinan  masuk dalam 3 wilayah desa yaitu Desa Karangwuni, Desa Sedonglor dan Desa Panongan.

Lokasi ini sekitar 26 km dari arah pusat Ibu kota Cirebon .

Fasilitas perahu bebek situ sedong bsia dinikmati bersama dengan teman perjalanan
Bersama keluarga. Image via: cireboninternet.com

Rute Menuju Situ Sedong

Pengunjung Situ dapat berkunjung ke Situ Sedong dengan memilih salah satu dari 2 alternatif rute yang ada. Mengenai sarana transportasi, pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum berupa bis yang akan dilanjutkan dengan menggunakan ojek.

Untuk yang memilih Rute Cirebon, langsung belok kanan menuju Kecamatan Sedong.

Untuk yang memilih Rute Sindang Laut. sebaliknya yakni harus belok kiri memasuki Desa Durajaya yang kemudian akan memasuki kawasan Sedong.

Jalan yang dilewati sepanjang rute cukup menguras tenaga, karena ada beberapa tanjakan yang harus dilewati setiap pengunjung. Tapi tak usah khawatir, perjalanan tidak akan terasa melelahkan, karena ditemani dengan keindahan persawahan yang menghijau serta sederet pohon mangga.

Nelayan situ sedong bsia mencari ikan untuk mata pencaharian di ditu ini
Nelayan situ sedong. Image via: @matz_potret

Simak juga: Kerton Kanoman.

Jam Buka Situ Sedong

Karena belum ada badan pengelola yang jelas mengenai fungsi wisata dari situ ini, maka pengunjung bebas saja memasuki area situ selama 24 jam penuh.

Namun demikian berkunjung pada malam hari tidak disarankan. Karena resiko kecelakaan efek dari kondisi kurang penerangan.

Tiket Situ Sedong

Saat ini Situ ini belum dikelola oleh organisasi tertentu secara pro, sehingga pengunjung yang datang tidak dipungut biaya untuk masuk ke lokasi waduk. Pengunjung juga bisa bebas memarkirkan kendaraan pada sisi waduk

Fasilitas Situ Sedong

Obyek Wisata Situ di Sedong Cirebon ini, walau belum dikelola secara pro, namun masyarakat sudah berperan aktif menyediakan beberapa fasilitas penunjang. Beberapa diantara fasilitas yang tersedia adalah: Area Parkir kendaraan, Mushola, Toilet, Penginapan, Warung makan, dan Spot Pancing Gratis.

Daya Tarik Situ Sedong

  1. Pemandangan yang Indah

Sunset situ sedong sungguh eksotis, dengan matahari yang tenggelam ke balik gunung ciremai
Sunset. Image via: liburancirebon.com

Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari. Sangat di sayangkan jika mengunjungi kota Cirebon tapi tanpa mengunjungi wisata  alam yang mempunyai keindahan  yang tiada duanya ini. Tempat yang bagus untuk melihat keseluruhan Situ Sedong adalah dengan memutar ke sebelah kiri dari jalan masuk.

Situ Sedong ini menyuguhkan pemandangan indah dengan latar belakang Gunung Ciremai di bagian selatan. Tak hanya itu, keindahan juga didukung oleh lokasi yang berada di ketinggian kurang lebih 300 m di atas permukaan laut.

Dengan ketinggian sekian cukup untuk dapat menyaksikan indah dan eksotis langit saat matahari tenggelam dari tepi situ. Hal ini menyebabkan Situ Sedong ini termasuk lokasi terbaik menikmati indah sunset di Cirebon.

  1. Beragam pilihan aktifitas

Mancing menjadi salah satu rekreasi faforit di di situ sedong
Mancing. Image via: http://www.liburancirebon.com/2016/04/serunya-menikmati-sore-di-setu-sedong.html

Selain menikmati indah matahari tenggelam, situ sedong ini juga menyediakan tempat di tepian waduk untuk pengunjung yang punya hobi memancing. Menurut penuturan pengunjung dan juga warga sekitar, ternyata setu ini menyimpan ikan air tawar yang berlimpah. Dari pengalaman pemancing, lumayan untuk sekedar menghibur dengan sensasi menyentak pancingan.

Selain memancing, pengunjung tentu saja bisa puas berselfie ria di hampir tiap sudut waduk untuk mengabadikan kenangan indah. Pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan yang tidak biasa yakni aktifitas petani. Pemandangan sekelompok petani yang giat dalam mengolah sawah serta menyaksikan penggembala yang memandikan kerbau mereka.

Setelah puas berfoto foto, pengunjung bisa berjalan-jalan mengitari jernih nya air waduk. Untuk kegiatan itu, di lokasi ini ada fasilitas persewaan permainan bebek. Manaiki bebek air bersama teman perjalanan tentu sangat menyenangkan.

sang gembala situ sedong sedang memandikan kerbaunya sehabismemebajak sawah.
Sang gembala. Image via: @genpicirebon

Simak juga: Pesona Situ Cisanti Bandung.

  1. Agro wisata

Keberadaan situ Sedong menjadi awal munculnya potensi wisata.Ssalah satunya dengan cara memanfaatkan lahan pertanian di sekitar situ. Ada 5 hektar lahan yang disiapkan untuk komoditi buah naga. Pengunjung yang datang bisa langsung memetik sendiri. Ada juga 2 hektar lahan sedang dikembangkan untuk penanaman pohon durian

Agrowisata Situ Sedong selain bisa menikmati kesenangan memetik buah naga juga menjual merchandise khusus. Jika tempat lain merchandise nya berupa topi, baju, atau gantungan kunci agrowisata ini tampil beda. Di sini merchandise nya berupa paket yang berisi bibit pohon Gedong gincu dan pupuk organik. Pengunjung yang membeli merchandise dapat menanam bibt pohon itu di tempat masing-masing.

Dengan merchandise seperti ini, ada 2 hasil yang diperoleh pengunjung. Pertama pelestarian lingkungan pastinya. Kedua kenangan yang tidak pernah padam dan ada terus seumur hidup pengunjung itu. Bahkan melebihi usia, sampai anak cucu juga. Sesuai usia pohon yang mereka tanam.

Pada lokasi agro wisata ini juga ada Taman Teknologi Pertanian (TTP) yang sengaja dibangun sebagai tempat belajar, penelitian, pemberian edukasi, serta pengembangan hasil pertanian.

menggunakan situ dan gunung ciremai sebagai latar foto, memang sungguh indahcantik
Cantik, berlatar gunung ciremai. Image via: @ria.idy

Tips Mengunjungi Situ Sedong

Beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat mengunjungi Situ Sedong antara lain.

  • Pentingnya menjaga keselamatan saat berkunjung ke Situ Sedong.

Pengunjung harus memperhatikan keselamatan baik secara pribadi, maupun orang lain. Misalnya keluarga atau teman yang juga datang berkunjung ke area Situ Sedong. Jadikan keselamatan diri sebagai hal paling utama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak anda inginkan.

  • Dampingi anak kecil.

Pengunjung jangan pernah meninggalkan anak kecil anda sendirian di area waduk. Hal itu bisa menimbulkan kejadian yang tidak diinginkan. Terutama karena tepi waduk tidak berpagar.

  • Tetap menjaga kebersihan di area Situ Sedong

Agar tidak mengganggu pemandangan dan juga supaya tidak mengurangi keindahan alam Situ Sedong, Pengunjung diharapkan membuang sampah pada tempatnya. Terutama bila pengunjung membawa bekal untuk disantap di area waduk. Pastikan pembungkus bekal tidak mengotori area waduk

Anak anak lokal biasa menggunakan dermaga situ ebagai tempat bermain, melompat ke dalam air situ sedong.
Nyebur. Image via: @ri.dan.ial

Objek Wisata Dekat Situ Sedong

Untuk pengunjung yang terlanjur jatuh cinta pada keindahan situ, Cirebon juga punya situ lain. Yakni setu Patok yang berjarak 14 km ke arah utara. Dengan latar belakang Gunung Ciremai, Situ Patok menjadi terkenal dengan pemandangan yang mempesona. Pemandangan menjadi makin cantik jika dinikmati dari atas bukit. Untuk mencapai bukit, pengunjung bisa menyewa boat menyeberangi danau.

Jika ingin bermain air dengan suasana berbeda, yakni suasana pantai namun tidak renang di laut, bisa memilih berkunjung ke Cirebon Waterland. Terletak 24 Km dari situ sendong, waterland seluas 3 hektar ini memiliki 3 kolam utama dan fasilitas playground. Terdapat juga , restoran dengan sajian menu yang lezat serta cottage dengan pemandangan menawan semakin menambah daya tarik destinasi ini.

Dari reviu kami ini mengenai situ sedong, tentu anda sudah bisa menerka-nerka bagaimana keseruan yang dirasakan jika berwisata ke sana. Jadi kalau ada jadwal kunjungan ke Cirebon, pastikan lokasi ini masuk dalam daftar lokasi berburu foto cantik anda.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment