Situ Sedong, Surganya Para Mancing Mania

Situ Sedong atau Setu Sedong merupakan sebuah situ atau danau buatan yang berfungsi untuk menampung air hujan serta untuk pengairan pertanian yang ada di sekitarnya.

Situ ini berada di ketinggian sekitar 300 mdpl sehingga udara yang dirasakan cukup sejuk dan menyegarkan, ditambah lagi panorama alam yang tersaji masih alami.

Apalagi jika kamu datang berkunjung di sore hari, suasana akan jauh terasa berbeda dengan warna alam yang mulai berubah.

situ sedong surganya memancing
situ sedong surganya memancing. google maps. sumber: Jejak Wisata

Simak juga: Berbagai tempat wisata di Cirebon.

Kedalaman dari Situ Sedong sendiri mencapai 5 hingga 10 km dan luas yang mencapai 150 hektar, ikan-ikan penghuni situ pun sangat banyak sehingga banyak orang yang berkunjung dengan niat untuk memancing ikan.

Sejarah Situ Sedong

Situ atau danau ini memiliki sejarah yang cukup panjang, tempat ini dulunya bernama Situ Pengasinan yang dibangun pada zaman Kolonial Belanda dan selesai pada tahun 1918.

Tujuan dari pembangunan situ tersebut awalnya digunakan untuk pengairan perkebunan tebu milik Pabrik Gula Sindanglaut.

Situ Pengasinan atau sekarang lebih dikenal dengan nama Situ Sedong mulai diairi sekitar tahun 1921. Lambat laut fungsinya bertambah menjadi sumber pengairan pertanian yang ada di sekitar Situ.

Dan kini Situ Sedong bukan hanya berfungsi untuk pengairan saja, namun dapat dijadikan sebagai lokasi wisata yang tepat untuk menenangkan diri ataupun memancing.

sumber perairan
sumber perairan. google maps. sumber: Endan Hamdani

Lokasi & Alamat Situ Sedong

Situ Sedong memiliki lahan yang sangat luas sehingga lokasinya berada di 3 wilayah yakni Desa Karangwuni, Desa Sedong Lor dan Desa Panongan.

Namun secara administratif Situ Sedong berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sindang Laut, Cirebon, Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Sedong

Rute menuju Situ Sedong dapat ditempuh melalui dua jalan alternatif yakni dari arah pusat kota Cirebon dan dari arah Sindang Laut.

Jika berangkat dari arah Cirebon akan menempuh perjalanan kira-kira sejauh 26 km dengan mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Sedong.

rute menuju situ sedong
rute menuju situ sedong. google maps. sumber: Budi Harto

Simak juga: Kerton Kanoman.

Kamu yang berangkat dari arah Sindang Laut dengan mengarahkan kendaraan menuju Desa Durajaya kemudian masuk ke Kecamatan Sedong.

Jalurnya dapat dilalui kendaraan motor maupun mobil, mendekati area Situ akan menemukan jalan yang cukup menanjak.

Jam Buka Situ Sedong

Jam operasional Situ Sedong dibuka mulai Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop. Waktu terbaik mengunjungi Situ Sedong ialah sore hari, untuk mendapatkan panorama yang cantik.

menikmati panorama alam
menikmati panorama alam. google maps. sumber: Avry Bhalle

Tiket Situ Sedong

Tiket masuk Situ Sedong gratis, karena belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah Daerah setempat.

Fasilitas Situ Sedong

Fasilitas yang ada di sekitar Situ Sedong diantaranya:

  • Area untuk menyimpan kendaraan
  • Warung makanan dan minuman
  • Spot untuk memancing

Ragam Wisata Di Situ Sedong

1. Menikmati Alam Yang Indah

alam yang indah
alam yang indah. google maps. sumber: lestari Indonesia

Simak juga: Pesona Situ Cisanti Bandung.

Hal pertama yang dapat kamu lakukan ketika berada di Situ Sedong ialah menyaksikan panorama alam yang sangat indah.

Keadaan alam yang masih sangat asri menjadi poin penting yang dihadirkan, hamparan pepohonan yang masih hijau serta luasnya situ atau danau buatan yang terbentang di depan mata.

Meskipun sebagian orang menganggap Situ Sedong ini angker namun jika menyaksikan keindahan alam khususnya dikala sore hari serasa terbantahkan.

Banyak pengunjung yang datang di sore hari, untuk mendapatkan view yang mengagumkan. Udara yang semakin sejuk serta alam yang mulai berubah warna, banyak yang mengabadikan keindahannya.

Sungguh menenangkan sekali, tempat wisata yang murah meriah namun memiliki fungsi yang sangat banyak, itulah Situ Sedong Cirebon.

2. Memancing

spot memancing
spot memancing. google maps. sumber: lestari Indonesia

Ragam wisata lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Situ Sedong ialah memancing, pengunjung berdatangan dengan membawa peralatan memancing mereka.

Banyak yang bilang memancing di Situ Sedong Cirebon seperti memancing di kolam ikan, karena sangat mudahnya pancingan mereka menangkap ikan.

Ikan air tawar yang mendiami Situ Sedong sangat melimpah, terdapat spot memancing yang menjadi favorite para mancing mania.

3. Agrowisata Situ Sedong

Fungsi dari Situ Sedong sendiri sekarang telah bertambah menjadi salah satu lokasi wisata, sehingga lahan yang ada di sekitar situ pun dimanfaatkan untuk kegiatan agrowisata.

Terdapat sebuah lahan dengan komoditi buah naga seluas 5 hektar, dimana kamu dapat memetik buahnya langsung dari pohon. Selain itu ada pula kebun durian yang berada di lahan sekitar 2 ha.

Selain itu ada pula Taman Teknologi Pertanian (TPP) yang berfungsi sebagai tempat untuk belajar, lokasi penelitian, serta pengembangan hasil pertanian.

panorama di sore hari
panorama di sore hari. google maps. sumber: M ali susanto

Dan kamu juga dapat membeli merchandise berupa bibit pohon gedong gincu dan pupuk organik yang dapat kamu tanam di rumah.


Tinggalkan komentar