Taman Bunga Celosia, Liburan Tema Luar Negeri di Semarang

Bandungan, mungkin buat orang Semarang nggak asing dengan kota ini. Untuk orang luar daerah mungkin belum terlalu familiar dengan nama kecamatan Bandungan.  Bandungan sebuah kecamatan baru di kabupaten Semarang, yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Ambarawa dan Kecamatan Karang Jambu.


Yang paling terkenal di Bandungan itu Pasar Bandungan, Tahu Serasi dan bunga-bunga yang segar. Toko toko bunga di Purwokerto dan Semarang bunganya biasanya di suplay dari Bandungan. Di lokasi yang sudah terkenal dengan perkebunan bunga inilah, hadir lokasi wisata baru berbasis alam dan berkonsentrasi pada keindahan bunga. Lokasi wisata itu populer dengan nama Taman Bunga Celosia.

Beragam koleksi bunga ini juga telah tersedia, seperti Hebras, Lavender, Vii Besar, Melati, Diantus, Mawar, dan sebagainya.

taman bunga celosial
Taman bunga celosia. Image via: @reny_arifianto

Taman bunga celosia memberikan nuansa khas Eropa lengkap dengan landmark negara-negara di dunia. Para pencinta wisata alam tak hanya disuguhi dengan pemandangan natural yang indah, tapi juga wisata buatan seperti berbagai macam patung landmark dunia seperti miniatur Patung Merlion Singapura, Menara Eiffel, Kincir Angin khas negeri Belanda, rumah The Hobbit, rumah jamur, dan berbagai aksesori penghias yang menarik mata.

pohon harapan korea
Menggantungkan harapan. Image via: @taman_bunga.celosia

Baca juga: info tempat wisata di Semarang

Walau sering disebut hanya dengan Taman Bunga Celosia, lokasi ini sebenarnya terdiri dari 3 taman hiburan yang saling terkoneksi. 3 taman wisata itu adalah Taman Bunga Celosia, Celosia Happy and Fun, dan Museum Selfie.

Taman Bunga Celosia, lokasi nya di kanan jalan dari jalan utama. Taman Bunga Celosia ada baling-baling raksasa jadi kelihatan dari jalan. Celosia Happy and Fun terletak di kiri jalan di seberang Taman Bunga Celosia. Di sana ada balon udara, dan banyak permainan anak-anak. Ada naik sepeda di seutas tali, stonehenge, dll. Lokasi ke dua ini lebih besar ini daripada Taman Bunga Celosia. Yang ketiga Museum Selfie. Museum Selfie masuknya dari dekat parkiran mobil, sementara Celosia Happy and Fun masuknya dari seberang Taman Bunga Celosia.

Lokasi Taman Bunga Celosia

Lokasi taman bunga Celosia Bandungan terletak di Jalan Gedong Songo, Banyukuning, kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

cantik
Di Dermaga putih ku menantimu. Image via: @deff_fitto

Rute Menuju Taman Bunga Celosia

Dari kota Semarang ke wisata taman bunga Celosia memerlukan waktu 1 setengah jam dan jarak 35 kilometer. Bukan hal yang sulit menemukan lokasi objek wisata di Semarang ini, pasalnya rute menuju taman bunga Celosia sejalan rute menuju ke wisata candi Gedong Songo.

Bila anda dari kota Semarang, silahkan menuju ke SPBU Gedong Songo. Sesampai di SPBU arahkan menuju ke wisata candi. Dari lokasi candi tersebut anda membutuhkan 100 meter agar sampai lokasi wisata yang tepat berada di kanan jalan. Sebelum masuk kawasan wisata sudah terlihat beberapa kincir angin menjulang gagah.

Tiket Masuk Taman Bunga Celosia

Harga tiket masuk menuju Taman Bunga Celosia ini sangat terjangkau. Hanya 10 ribu rupiah untuk setiap pengunjung dewasa. Sedangkan pengunjung anak anak dikenakan biaya tiket 5 ribu rupiah.

stonhange
Miniatur Stonehenge. Image via: @kalinamuna

Baca: review wisata Kota Lama Semarang

Jam Buka Taman Bunga Celosia

Jam buka layanan umum adalah mulai pukul 08.00 hingga 17.00 setiap harinya

Fasilitas Taman Bunga Celosia

Fasilitas pendukung wisata di Taman Bunga Celosia sudah sangat memadai. Berbagai fasilitas disediakan oleh pengelola demi kenyamanan pengunjung dalam menikmati berbagai wahana di taman ini.

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini berupa: Mushola, Kamar Mandi, Tempat Parkir, Spot Foto, Warung, dan masih banyak lagi.

Miniatur Landmark Negara di Taman Bunga Celosia

Taman bunga ini selain dihiasi dengan ribuan tanaman bunga aneka warna, juga dimeriahkan dengan kehadiran arsitektur berupa miniatur icon terkenal beberapa negara Eropa.

kincir modern
Miniatur Kincir modern. Image via: dakatour.com

Bangunan terdepan di dalam area yang terlihat dari jalan raya dan paling mencolok mudah dikenali karena tinggi nya, adalah deretan tiang kincir angin pembangkit listrik. Keberadaan jejeran kincir angin modern ini, mengesankan pengunjung benar-benar sedang liburan di tengah area perkebunan di negara-negara Eropa.

Meski hanya replika, tapi kincir baling-baling yang terletak di atas tiang itu sungguhan berfungsi, berputar saat tertiup angin.

Berseberangan dengan lokasi deretan tiang baling-baling, spot unik berikutnya patung si Merlion, ikonik negara tetangga Singapura. yang berupa ikan berkepala singa. Pancuran air dari mulut si Merlion ditampung di sebuah kolam bulat yang berada di bagian depan. Pada sisi Lingkaran kolam ditanami bermacam tanaman hias.

Simak: info seputar Lawang Sewu

kincir belanda silaturahmid negan menara eifel.
Kincir Belanda silaturahmi dengan menara eifel Italia. Image via: travelingyuk.com

Berdekatan dengan spot ikonik negara Singapore ini, spot berikutnya taman dinding. Taman dinding ini sekaligus menjadi papan nama lokasi wisata dan spot hujan payung yang dihiasi bola berwarna-warni. Puluhan payung dan bola bermacam aneka warna digantung dan diikat dengan benang senar transparan. Payung payung itu sesekali bergoyang tertiup angin. Gerakan ini seperti terlihat sedang menari-nari. Spot ini sangat cocok dipakai latar berfoto, karena warna bola dan payung terlihat sangat kontras di layar kamera.

Tak jauh dari situ, terdapat spot kincir angin tradisional icon negara bunga tulip, Belanda. Bangunan spot kincir angin Belanda ini terlihat sangat menarik dilihat dan jadi latar belakang berfoto. Terutama jika diambil dari halaman depan yang dilengkapi taman bunga di sebelah kanan kiri.

Kincir angin tradisional ini letaknya berseberangan dengan spot rumah jamur. Spot rumah jamur dibuat layaknya dalam cerita dongeng anak-anak, dilengkapi dengan gambar pintu seakan bisa dibuka.

rumah-hobbit
Hobit lagi enggak di rumah. Image via: explorewisata.com

Di samping halaman spot rumah jamur terdapat gundukan tanah seperti bukit mini, tanpa tanaman bunga sama sekali, hanya berupa hamparan rumput hijau menutupi gundukan. Gundukan tanah ini adalah Rumah Hobit. Atap spot rumah hobbit yang berada di area bawah spot rumah jamur.

Spot rumah khas kaum hobbit yang berlubang-lubang di tanah itu bangunannya unik. Replika rumah hobit dilengkapi dengan 2 tokoh kurcaci model film snow white berada di bagian depan

Miniatur ikonik berikutnya dari negara yang terkenal akan hal bernuansa romantis, Perancis. Replika mini menara Eiffel ini dibuat dari kerangka besi dan bisa dinaiki sampai tingkat ke 2.

Taman bunga celosia juga dilengkapi dengan sudut Korea. Di sudut ini terdapat berbagai deretan bangunan dengan gaya dan warna yang mengingatkan pada suasa dalam serial drama Korea. Ditambah pula dengan ada nya poster artis artis film Korea dalam peran mereka di beberapa serial drama Korea. Bahkan sudut ini dilengkapi dengan Pohon harapan, tempat menggantung harapan, seperti yang umum ditemukan dalam kebudayaan Korea.

korea
Saranghaeyo, dang-shin-upsshi motsal-ah-yo. Image via: @aisyah.pmbd

Baca juga: review seputar Rawa Pening

Tips Berlibur di Taman Bunga Celosia

Untuk menikmati waktu liburan yang maksimal di lokasi ini, ada baiknya pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Waktu terbaik untuk berkunjung di Taman Bunga Celosia adalah saat pagi menjelang siang.
  • Datang di hari biasa, karena saat weekend dan hari libur biasanya ramai oleh pengunjung.
  • Jangan membuang sampah sembarangan dan selalu taati aturan.
  • Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor.

Objek Wisata Dekat Taman Bunga Celosia

Pengunjung juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di kawasan candi gedong Songo antara lain, Wisata Setiya Aji Flower Farm, di Jalan Kendalisodo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 4,5 kilometer dan waktu tempuh 11 menit dari lokasi wisata.

Alternatif lain, dari lokasi wisata ini pengunjung bisa juga menyambangi Wisata Candi Gedong Songo, alamat wisata di Jl. Ke Candi Gedong Songo, Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 2,2 kilometer dan waktu tempuh 7 menit dari lokasi wisata ini.

Selamat berwisata dan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment