Taman Wisata Kopeng, Kesejukan Dataran Tinggi Dekat Kota Lumpia

Taman Wisata Kopeng yang terletak di daerah lereng pegunungan adalah tempat yang cocok dikunjungi untuk anda yang ingin rehat sejenak dari kesibukan dan hiruk-pikuk kota. Kawasan Wisata Kopeng berada di ketinggian 1.450 meter diatas permukaan laut, menyuguhkan pemandangan elok hawa sejuk khas pegunungan.


Wisata Kopeng yang terletak di daerah lereng pegunungan adalah tempat yang cocok dikunjungi untuk anda yang ingin rehat sejenak dari kesibukan dan hiruk-pikuk kota.
Taman Wisata Kopeng, Image via: tulisanviral.info

Lokasi Taman Wisata Kopeng

Secara administratif, kawasan Wisata Kopeng berlokasi di Getasan, Kab Semarang, Prov Jawa Tengah. Namun, letaknya memang lebih dekat ke kota Salatiga dibandingkan ke kota Semarang sehingga banyak orang mengira Wisata Kopeng beralamat di kota Salatiga.

Taman Wisata Kopeng terletak di kaki gunung Merbabu dan termasuk daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 1.450 meter dari atas permukaan laut. Hawa sejuk khas pegunungan bisa dinikmati saat berada di sini.

Rute Menuju Taman Wisata Kopeng

Bila pengunjung mneuju Taman Wisata Kopeng dari arah Semarang, bisa dengan melalui Jalan Lingkar Selatan Salatiga, atau bisa juga melalui Jalan Muncul Raya. Bila melewati rute Jalan Lingkar Selatan Salatiga, lurus saja ke Selatan sampai tiba di Jl Kyai Mbilung.

Taman Wisata Kopeng memiliki keindahan dataran tinggi, apalagi disediakan fasilitas menara pandang yang cukup tinggi
Panorama indah. Image via: wisataoke.com

Simak juga: tempat wisata di Semarang

Ikuti Jl Kyai Mbilung kemudian Jl Wonosari Pakis menuju ke Pasar Getasan. Terus ke selatan sampai melewati Pasar Kopeng. Tidak jauh dari Pasar Kopeng Anda akan menjumpai baliho besar, dan kemudian sampai di Taman Wisata Kopeng.

Sementara bagi pengunjung yang datang dari arah kota Yogyakarta, cara menuju ke kawasan wisata Kopeng adalah dengan melewati Muntilan lalu Sawangan.

Jarak lokasi wisata Kopeng dari kota Yogyakarta sekitar 88 kilometer dengan perkiraan waktu perjalanan 2,5 jam menggunakan kendaraan. Perjalanan akan lebih efektif bila Anda menggunakan kendaraan pribadi karena transportasi umum yang tersedia masih sangat terbatas.

Jam Buka Taman Wisata Kopeng

Objek wisata menarik Taman Wisata Kopeng bsia dikunjungi setipa hari, mulai dari jam 08.00 hingga tutup pada jam 16.30.

Kebersamaan seluruh keluarga di berbagai kegiatan taman wisata kopeng bsia mempererat hubungan antar anggota
Merekatkan Keluarga. Image via: rentalmobilsemarang.info

Tiket Taman Wisata Kopeng

Untuk dapat menikmati keceriaan liburan di lokasi Wisata Kopeng, pengunjung dikenakan tiket sebesar Rp 10 ribu.

Namun bagi pengunjung yang ingin masuk ke wahana lainnya yang ada di kawasan Wisata Kopeng akan dikenakan biaya tambahan.

Fasilitas Taman Wisata Kopeng

Taman Wisata Kopeng menawarkan berbagai wahana, mulai dengan waterpark, playground yang cukup luas, arena camping, serta outbound bagi anak-anak maupun dewasa. Fasilitas menarik lainya adalah, billiar, ATV, serta dilengkapi dengan restoran, family karaoke dan resort.

Apabila anda lebih suka tantangan yang lebih memacu adrenalin, cobalah aneka jenis flying fox  setinggi 12 meter atau yang lebih menantang seperti spider jumper setinggi 20 meter.

Aktivitas Menarik di Taman Wisata Kopeng

Ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung di Taman Wisata Kopeng. Berikut beberapa diantaranya.

  1. Weterpark

Taman Wisata Kopeng ini juga memiliki kolam renang Kopeng  Waterpark
Waterpark. Image via: turtransjawa.id

Simak juga: Taman Herbal Insani

Tidak hanya menyajikan hamparan pemandangan yang luas dan indah,Taman Wisata Kopeng ini juga memiliki kolam renang Kopeng  Waterpark. Kopeng Waterpark ini merupakan fasilitas yang paling populer diantara pengunjung.

Berbagai wahana permainan bernuansa air ada disini, sehingga tidak heran anak-anak ataupun orang tua pasti bakal cocok bermain disini. Sumber air yang digunakan di kolam renang Kopeng Waterpark berasal dari sumber alami, sehingga para pengunjung tidak akan merasa mata pedih ketika berenang dalam waktu lama.

Waterpark Kopeng ini memiliki wahana permainan yang sangat menghibur termasuk perosotan lurus, perosotan spiral, air mancur, dan Giant Water Ball. Kolam ini hanya sedalam sekitar 50 cm sehingga aman bagi anak-anak.

  1. Camping Ground Taman Wisata Kopeng

Camping Bersama keluarga atau kerabat, pengunjung bisa menikmati indah pemandangan pagi, siang, malam desa taman wisata openg.
Camping Ground. Image via: griyasejahtera.com

Aktivitas lain yang juga tidak kalah populer adalah Camping Ground. Menikmati malam di daerah wisata dataran tinggi tentu dapat memperkuat ikatan dengan teman maupun keluarga.  Bersama keluarga atau kerabat, pengunjung bisa menikmati indah pemandangan pagi, siang, malam desa kopeng.

Sensasi berkemah di alam pegunungan juga bisa dilakukan disini. Lokasinya terletak di lapangan luas yang dipenuhi pepohonan. Pengunjung tentu tak perlu repot dengan segala kebutuhan kemah karena pihak pengelola sudah menyediakan semuanya.

Area Camping Ground Taman Wisata Kopeng Semarang ini memiliki suhu yang esktrim ketika malam tiba, yaitu sekitar 10 – 13 derajat celcius. Jadi siap-siap pengunjung menyed iakan baju dan selimut yang tebal saat ingin bermalam atau beraktifitas di sini.

  1. Paint Ball

paint-ball-taman-wisata-kopeng menyajikan ketegangan dan kesempatan membanjiri darahd engan adrenalin secara aman
Paint Ball/. Image via: tamanwisatakopeng.com

Simak juga: Taman Batu Purwakarta

Selain menikmati keindahan alam di Taman Wisata Kopeng Semarang, pengunjung juga bisa menikmati game-game seru seperti Paint Ball.

Game ini bertema peperangan minimal 4 vs 4 atau minimal 2 tim. Di Game satu ini, pengunjung akan di adu ketangkasan dengan tim lain, membelah hutan belantara dengan strategi permainan jitu adalah kunci sukses untuk menumbangkan lawan-lawan kamu.

Namun jika pengunjung lebih memilih bermain single game bisa juga. Pengunjung akan dibekali 5 buah peluru tinta, yang mana ada target-target untuk dibidik. Pada setiap sasaran yang bisa ditembak dengan tepat tersedia hadiah kejutan dari pengelola.

Biaya paint Ball untuk WAR GAME  Rp 75.000 / orang maksimal 10 orang/ minimal 4 0rang. Peserta memperoleh fasilitas : Uniform Tempur / Senjata TIPMAN / 20 Hydra /Protector Equipment/Google

  1. Outbound

Pada outbound, pengunjung akan diajak untuk mengekplorasi alam taman wisata kopeng dengan beberapa tantangan seperti panjat tali, berjalan di jaring, trampolin jaring, spider jumper, hingga flying fox.
Outbound. Image via: tulisanviral.info

Fasilitas dan wahana selanjutnya yang ada di Taman Wisata Kopeng Semarang ini adalah fasilitas Outbound yang cukup menantang. Wahana ini hampir sama dengan Camping Ground, namun di wahana ini terbilang lebih menantang ya.

Pada fasilitas ini, pengunjung akan diajak untuk mengekplorasi alam kopeng dengan beberapa tantangan seperti panjat tali, berjalan di jaring, trampolin jaring, spider jumper, hingga flying fox.

Wahana-wahana di atas Akan memebuat pengunjung bisa  menjerit lepas, melepaskan stres. Terutama pada wahana Flying Fox yang memiliki ketinggian sampai 12 meter dan jarak luncur mencapai 50 meter.

  1. ATV

. Permainan ini mengambil jalur yang seolah benar-benar di alam liar, sehingga membuatnya menjadi lebih menantang
Atv Taman Kopeng. Image via: wisataoke.com

Simak juga: Goa liang Kantin

Bermian mobil ATV menjadi salah satu yang bisa dijajal semua usia. Permainan ini mengambil jalur yang seolah benar-benar di alam liar, sehingga membuatnya menjadi lebih menantang.

  1. Pasar Buah dan Sayur Segar

Bagi ibu-ibu, tempat satu ini pasti sangat menarik untuk didatangi. Terdapat puluhan jenis sayuran dan buahan dijajakan di pasar tradisional tersebut. Buah dan sayur yang dijual dijamin segar karena berasal langsung dari kebun warga setempat. Hargapun dijamin lebih murah karena langsung dari petani.

  1. Menikmati Panorama

menara pandang taman wisata kopeng memaksimalkan daya tangkap pengunjung dalam menikmati keindahan panorama
Menara Pandang. Image via: tulisanviral.info

Setelah pengunjung lelah dengan berbagai aktifitas seharian di Taman Wisata Kopeng, pengunjung bsia melanjutkan dengan aktivitas santai. Yakni mengambil foto-foto cantik.  Pengunjung bisa mencoba duduk santai sambil menikmati indah hamparan pegunungan Merbabu dari Gardu Pandang Kopeng.

Jika berjalan tidak jauh dari lokasi Gardu Pandang Kopeng, pengunjung akan menemukan Bukit Harapan Cuntel. Di sini pengunjung bisa menikmati alam yang begitu ikonik serta hamparan pegunungan yang indah di background nya.

Bukit Harapan Cuntel ini menyediakan tempat bersantai seperti tempat duduk, rumah pohon, atau spot foto menarik.

Bukit Harapan Cuntel juga menyediakan gardu pandang yang menyajikan keindahan pegunungan dan kabupaten Semarang. Di sini pengunjung dapat menikmati panorama jajaran gunung seperti Sumbing, Sindoro, Andong, dan Telomoyo.

Pengelola taman wisata Kopeng menyediakan beebrapa spot foto untuk foto kenangan
Spot  Foto. Image via: @ediwidiantoro26

Simak juga: Goa Liang Tapah

Objek Wisata Dekat Taman Wisata Kopeng

Setelah puas menikmati berbagai keindahan di Taman Wisata Kopeng, bagi pengunjung yang masih memiliki waktu liburan panjang, bisa memilih Taman Bunga celosia. Taman indah tematik ini berjarak hanya 37 km dari taman wisata Kopeng.

Taman bunga celosia memberikan nuansa khas Eropa lengkap dengan landmark negara-negara di dunia. Pengunjung disuguhi berbagai macam patung landmark dunia seperti miniatur Patung Merlion Singapura, Menara Eiffel, Kincir Angin khas negeri Belanda, rumah The Hobbit, dan rumah jamur.

Bagi yang tertarik dengan wisata danau, bisa mencoba ke Rawa Pening. Danau indah ini hanya berjarak 25 km dari taman wisata kopeng. Kawasan ini merupakan sebuah kampung rawa, dimana di tengah-tengah lokasi ini terdapat sawah-sawah yang hijau dan menyejukkan.

Di sisi selatan objek wisata kampung rawa terdapat pemandangan epik gunung merbabu dan juga gunung telomoyo. Pemandangan 2 gunung gagah itu tampak luar biasa sekali saat dilihat dari tepi danau.

Bagaimana penasaran dengan kawasan ini saat ini? Ayo, ajak, sahabat, saudara, keluarga, teman dan pacar, ke kawasan yang populer sebagai wisata di Semarang ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment