Goa Liang Tapah, Legenda Ikan Tapah, Dan Eloknya Telaga Bidadari Di Geopark Meratus

Goa Liang Tapah lokasinya masih satu kabupaten dengan Goa Liang Kantin, yaitu di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

Beda tempat, tentu saja beda panorama, serta sensasi wisata yang ditawarkan. Di Goa Liang Tapah terdapat sebuah telaga, serta pemandian, yang berselimutkan cerita misteri, atau legenda.

Goa Liang Tapah adalah tempat wisata Tabalong yang sangat populer dikunjungi saat akhir pekan. Selain karena terdapat telaga, akses jalan menuju Goa Liang Tapah juga tidaklah sulit.

spot foto favorit pengunjung
spot foto favorit pengunjung. google maps. sumber: Nurahman N-R

Penasaran dengan pesona keindahan Goa Liang Tapah Tabalong? Yuk kita simak reviewnya…..

Misteri, Legenda, Sejarah Goa Liang Tapah

Di beberapa artikel sebelumnya, saya sering membahas bahwa hampir semua tempat wisata yang ada di Indonesia selalu merujuk kepada beberapa hal, seperti:

  • Sejarah
  • Misteri
  • Legenda
  • Nama Lokasi

Begitupun dengan objek wisata Goa Liang Tapah, asal usul Goa Liang Tapah , atau sejarah penamaannya terkait erat dengan legenda, atau misteri yang berkembang hingga saat ini.

Yaitu tentang ikan Tapah Raksasa yang dipercaya masih hidup dari dulu sampai sekarang. Ikan Tapah tersebut terjebak di bawah Telaga Bidadari, yaitu telaga yang ada di dalam Goa Liang Tapah.

Sebagaimana diketahui bahwa Ikan Tapah adalah ikan air tawar, yang memiliki karakter sebagai predator. Beratnya bisa mencapai 70 kg, dengan besar bisa mencapai 2,4 meter.

Dan ikan Tapah yang dipercaya hidup di Goa Liang Tapah ukurannya lebih dari itu. Itulah asal usul penamaan Goa Liang Tapah yang merujuk kepada misteri, atau legenda.

lokasi goa liang tapah
lokasi goa liang tapah. google maps. sumber: Nurahman N-R

Simak juga: Wisata sekitar Banjarmasin

Lokasi & Alamat Goa Liang Tapah

Lokasi Goa Liang Tapah sekitar 3 km dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro, tepatnya berada di desa Gargata, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Goa Liang Tapah

Rute menuju Goa Liang Tapah dapat ditempuh oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, karena jalannya sudah cukup bagus.

Dengan melajukan kendaraan menuju Muara Uya dari Tabalong, hingga tiba di pertigaan Gereja GKI Sion Muara Uya. Ambil ke arah kanan menuju Jl. Tanjung-Kuaro, kemudian belok kiri di perempatan jalan Masjid Al-Mujahidin Jarwo.

Selanjutnya tinggal mencari lokasi Goa Liang Tapah, dan setelah memakirkan kendaraan kamu harus berjalan kaki kira-kira sejauh 200 hingga 300 meter.

Jika menggunakan kendaraan umum dengan menuju Terminal Bus Tabalong kemudian melanjutkannya dengan menaiki angkutan desa.

Jam Buka Goa Liang Tapah

  • Jam operasional Goa Liang Tapah dibuka setiap hari Senin hingga Minggu
  • Mulai dibuka pada pukul 08.00 hingga pukul 17.00 waktu setempat
gazebo tempat istirahat bersama
gazebo tempat istirahat bersama. google maps. sumber: Fachri Azzam

Tiket Goa Liang Tapah

Tiket masuk Goa Liang Tapah yakni:

  • Hari Senin hingga Jumat sebesar Rp. 10.000,- per orang
  • Sabtu, Minggu dan hari libur dengan membayar Rp. 15.000,- per orang

Simak juga: Goa Gong

Fasilitas Goa Liang Tapah

Fasilitas umum yang ada di Goa Liang Tapah diantaranya:

  • Area parkir
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Kamar mandi
  • Tempat duduk
  • Warung-warung makanan dan minuman
bermain air di telaga bidadari
bermain air di telaga bidadari. google maps. sumber: Feri Andriansah

Daya Tarik Goa Liang Tapah

1. Bagian Dari Geopark Meratus

Daya tarik yang pertama dari Goa Liang Tapah adalah lokasinya yang terletak sebagai bagian dari Geopark Meratus. Hal tersebut menjadikannya sebagai goa yang sangat dilindungi keberadaannya, serta dikelilingi oleh pesona alam yang menawan khas pegunungan Meratus.

Geopark Meratus selain terkenal memiliki keindahan alam, ciri khas lainnya adalah sebagai geopark yang memiliki hamparan Ofiolit tertua di Indonesia.

goa liang tapah
goa liang tapah. google maps. sumber: Rahadian

Simak juga: Goa Pindul

2. Telaga Bidadari

Para pengunjung yang ingin masuk ke dalam Goa Liang Tapah biasanya harus ditemani oleh guide, untuk menghindari tersesat di dalam goa, atau kejadian lain yang tidak diinginkan.

Goanya memang tidak selebar Goa Liang Kantin, namun saat langkah kaki semakin ke dalam goa maka mata pengunjung akan terpana dengan keberadaan sebuah telaga, dengan air yang kebiru-biruan.

Kolam tersebut dinamakan dengan Telaga Bidadari. Terdapat sinar matahari yang masuk langsung menyinari kolam tersebut, sehingga kemilau warna biru di tengah gelapnya area dalam Goa Liang Tapah menjadi tampak indah.

telaga bidadari
telaga bidadari. google maps. sumber: Rydha Ahmad

Selain itu, pengunjung juga bisa menjelajah area dalam Goa Liang Tapah yang dipenuhi dengan bebatuan stalaktit, dan stalagmit. Lampu senter adalah alat yang wajib dibawa, serta dipandu oleh pihak pengelola.

3. Kolam Pemandian

Pesona Goa Liang Tapah ternyata tidak sampai di situ saja. Saat trekking menuju Goa Liang Tapah terdapat sebuah papan petunjuk arah yang menunjukan lokasi sebuah kolam pemandian.

Jalur trekking menuju pemandian tersebut sudah tertata secara baik, bahkan terdapat kantin-kantin yang menjajakan makanan dan minuman.

Di sisi yang lain terdapat juga beberapa gazebo. Setelah sampai di lokasi utama, mata pengunjung akan melihat sebuah kolam pemandian yang lokasinya tepat berada di sisi lain mulut Goa Liang Tapah.

kolam pemandian
kolam pemandian. google maps. sumber: Rahadian

Simak juga: Goa Sunyaragi

Para pengunjung bisa melakukan aktivitas berenang di kolam tersebut, jika kamu tidak berani melakukan aktivitas berenang di Telaga Bidadari.

Kedalaman kolam tersebut hanya 1,5 meter saja, dan dikelilingi oleh pepohonan. Sehingga suasananya menjadi teduh, tenang, dan nyaman.


Tinggalkan komentar