Goa Liang Tapah, Sarang Cantik Ikan Predator Raksasa

Goa Liang Tapah memiliki daya tarik tersendiri, yaitu berupa gua berukuran cukup luas dengan ukiran alami di atas langit-langitnya. Ukiran itu bernama stalakmit dan stalaktit, ia terlihat sangat indah karena membentuk beragam macam bentuk unik.


Goa Liang Tapah, goa yang berukuran cukup besar di gunung batu gamping
Goa Liang Tapah. Image via: @tlamanda

Asal Muasal Nama Goa Tapah

Pemberian nama Goa tapah kepada gua ini Bukan Tanpa Alasan. Seperti diketahui  ikan tapah, adalah ikan air tawar predator yang bisa mencapai panjang 2,4 meter dengan berat hingga 70 kg. Dengan ukuran itu, Ikan tapah tergolong  salah satu ikan air tawar terbesar.

Masyarakat desa di sekitar Goa liang tapah mempercayai bahwa di dalam goa liang tapah terdapat ikan tapah raksasa. Bahkan konon itu sangat besar. Saking besarnya hingga memenuhi gua, sehingga tidak bisa berbalik badan untuk keluar.

Mereka percaya jika sampai sekarang, ikan tapah itu masih terjebak dan hidup di dalam gua. Ikan misterius ini hanya muncul pada saat-saat tertentu. Khususnya di malam hari. Ketika muncul di malam hari, ikan tapah gaib ini muncul dengan mata yang memancarkan cahaya sangat terang.

Kemunculan ikan misterius ini bisa berbahaya karena dapat memangsa orang yang kebetulan berada di dekat ikan itu. Untuk itu masyarakat sekitar banyak memperingatkan jangan masuk ke dalam Goa liang tapah seorang diri.

di goa liang tapah kadang diadakan pagelaran kebudayaan untuk meningkatkan daya tarik lokasi wisata ini
Dayak di Goa Dayak. Image via: @sikudaliarr

Simak juga: Wisata sekitar Banjarmasin

Lokasi Goa Liang Tapah

Goa Liang Tapah berada di Desa Garagata Kecamatan Jaro, kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan.

Lokasi Goa indah ini berada kurang lebih 3 kilometer dari jalan utama Trans Kalimantan Tanjung-Koaro.

Rute Menuju Goa Liang Tapah

Kondisi fasilitas jalan juga Goa liang tapah sudah cukup bagus. Rute ini bisa ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi berupa mobil atau sepeda motor. Jika menggunakan transportasi umum maka pengunjung bisa turun di terminal bus Tabalong untuk kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkutan desa yang ada.

Bagi pengguna kendaraan pribadi yang berangkat dari kota Tabalong, bisa mengambil Jalan yang menuju ke Muara Uya. Dari terminal Muara Uya dilanjutkan hingga sampai di pertigaan Gereja GKI Sion Muara Uya. Pada pertigaan Ini ambil jalur ke kanan Jalan Tanjung-Kuaro. Terus Ikuti jalan ini sejauh sekitar 7,8 km hingga sampai di perempatan dekat masjid al-mujahidin Jarwo.

Gerbang menuju goa liang tapah dingaun secara sederhana oleh warga sekitar untuk menyambut para pengunjung
Selamat datang. Image via: @msofficial.game

Di perempatan Ini ambil jalur ke kiri. Dari titik keluar perempatan jarak Lokasi goa Liang Tapah i sekitar 3 kilometer lagi. Dari titik pemberhentian kendaraan pengunjung harus jalan kaki sekitar 200 hingga 300 meter

Sebelum sampai ke lokasi, pengunjung disuguhkan dengan pemandangan super indah, mulai dari sawah hingga perbukitan yang menjulang tinggi.

Jam Buka Goa Liang Tapah

Bagi pengunjung yang datang ke Goa Liang Tapah, bisa datang pada jam 08.00 sampai tutup jam 17.00 sore.

Tiket Goa Liang Tapah

Untuk bisa menikmati keindahan yang disajikan di dalam gua liang tapah, pengunjung tidak perlu merogoh kocek dalam, pasalnya hanya dengan Rp 10.000,- saja pengunjung sudah bisa membeli tiket masuknya. Namun ketika akhir pekan atau musim libur biasanya tiket akan dinaikkan menjadi Rp 15.000.

Spot foto di depan goa liang tapah yang menjadi salah satu icon lokasi wisata ini
Spot foto. Image via: @jarwobustomi

Simak juga: Goa Gong

Fasilitas Goa Liang Tapah

Sebagai lokasi wisata yang dikelola secara Swadaya oleh masyarakat fasilitas di goa liang tapah masih seadanya. Namun paling tidak fasilitas itu sudah memenuhi kebutuhan dasar pengunjung.

Beberapa fasilitas yang ada meliputi: toilet, Jalan Setapak yang dikeraskan dengan semen, kursi-kursi Taman sebagai tempat peristirahatan berbentuk jamur, gazebo, serta beberapa kios pedagang yang menjual makanan dan minuman ringan.

Juga tersedia kolam kecil di depan goa, yang menampung aliran air tanah dari dalam goa. Kolam ini bisa dipakai untuk mandi-mandi dan beredam.

Daya Tarik Goa Liang Tapah

  1. Stalaktit dan stalakmit

stalatit goa liang tapah berbentuk melebar seperti kipas
Stalaktit Lianng Tapah. Image via: kbk.news

Kalau pengunjung masuk ke dalam Goa Tapah, akana da menemukan bentuk-bentuk unik pada  bebatuan yang ada di dalamnya. Ada yang berbentuk runcing,  yang letaknya di atas langit-langit dan di lantai gua.Pemandangan inilah yang dicari para pencinta Goa dis leuruh dunia.

Batuan yang menonjol dari atas disebut Stalaktit, yaitu sejenis mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur. Sedangkan yang runcing menonjol dari dasar gua disebut Stalakmit, yaitu batuan yang terbentuk di lantai gua, hasil dari tetesan air di langit-langit gua di atasnya. Stalaktit dan stalakmit ini masuk dalam jenis batu tetes (dripstone).

Stalaktit dan stalakmit adalah bentuk khas daerah Karst yang terbentuk dari proses pelarutan air di daerah kapur secara terus-menerus. Air yang larut tersebut akan masuk ke lubang-lubang (doline) yang turun ke gua dan akan menetes ke dasar gua.

Goa liang Tapa emmeilki alirans ungai bawah tanah yang cukup besar
Selfie di perut bumi. Image via: @rea_khico

Simak juga: Goa Pindul

Tetesan-tetesan tersebut akan berubah menjadi batuan berbentuk runcing. Stalaktit membentuk batuan runcing ke bawah, sedangkan stalakmit membentuk batuan runcing ke atas. Dalam setahun, stalaktit dan stalakmit akan bertumbuh rata-rata sebanyak 0,13 mm. Saat mengalami pertumbuhan cepat, stalaktit bisa tumbuh 3 mm  per tahun.

Walau bentuknya tidak sesepektakuler objek sejenis di gua-gua yangn ada di pegunungan kapur wilayah Pacitan, atau unik dengan suara gong seperti di Goa Gong, Stalaktit dan stalakmit di goa liang Tapah cukup cantik.

Mereka berbentuk kipas yang menggantung di dinding gua. Dalam beberapa hal mengingatkan pada bentuk jamur kayu yang tumbuh menempel I batang kayu. Apalagi warna mereka mirip, yaitu putih ke abu-abuan.

  1. Sungai bawah tanah

Alirans ungai bawah tanah di goa liang Tapah cukup besar sehingga bsia dibuakan untuk berenang dan bermain air lainnya
Nikmati sungai. Image via: bataritours.com

Selain keindahan Stalaktit dan stalakmit, goa liang tapah juga unik dengan adanya sungai air bawah tanah yang mengalir dari dalam Goa. Pengunjung yang cukup nekat, bisa berenang pada beberapa bagian sungai itu.

Sungai bawah tanah adalah sungai yang mengalir sebagian atau seluruhnya di bawah tanah, dengan kata lain permukaan air dan tepi sungai tidak terekspos cahaya matahari. Sungai bawah tanah tidak sama dengan air tanah di mana air mengalir namun tidak seperti sungai melainkan melalui retakan kecil bebatuan dan pori-pori tanah.

Sungai bawah tanah, termasuk di goa ling Tapah ini dihuni oleh berbagai jenis makhluk hidup seperti ikan  dan organisme yang telah beradaptasi dengan kegelapan. Mungkin dengan keberadaan kehidupan ikan inilah yang melahirkan legenda jika di dalam goa terdapat ikan Tapah raksasa pemangsa manusia.

  1. Kolam renang

Kolam di depan goa liang tapah dibnagun untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin bermain air
Kolam depan goa. Image via: sopo.site

Simak juga: Goa sarang Sabang

Berenang pada air sungai bawah tanah tentu sesuatu yang diharapkan oleh semua orang, namun tidak semua orang punya keberanian untuk masuk ke dalam gua dan berenang di dalamnya. Menyadari kebutuhan ini pengelola memfasilitasi para pengunjung agar bisa ikut merasakan sensasi dingin air sungai bawah tanah ini tanpa harus masuk ke dalam gua.

Untuk itu pengelola menyediakan sebuah kolam renang yang cukup besar di depan mulut gua. Kolam ini menampung aliran air dari sungai dari dalam gua, sebelum akhirnya dilepaskan ke dalam Sungai alami yang memang sudah ada sejak semula.

Untuk berenang di kolam gua ini pengunjung tidak dipungut biaya selain dari tiket masuk yang sudah dibayarkan di loket. Di samping kolam dilengkapi dengan tempat-tempat duduk yang berupa pasangan meja dan kursi yang terbuat dari beton serta beratapkan arsitektur khas Kalimantan.

Kedalama kolam dibuat tidak terlalu dalam, sekitar 1.5 meter. Hal ini untuk menjamin semua orang bisa menikmatinya, termasuk yang kurang ahli berenang. Namun karena di loam tidak ada kolam khusus anak, anak-anak harus dalam pengawasan penuh orang tua ketika bermain di kolam ini.

ruang did alam goa liang tapah cukup luas untuk dinikimati dengan lega
Luas. Image via: @vivie_ra29

Simak juga: Goa Sunyaragi

Objek Wisata Dekat Goa Liang Tapah

Setelah puas menjelajah goa dan bermain air di Goa lianng tapah, pengunjung bisa melanjutkan ke lokasi wisata lain di daerah Lano. Yang terdekat ada Goa liang kantin dalam jarak 4.7 km. Goa ini yang terletak desa Garagata ini memiliki hal yang menarik di dalam goa. Pengunjung dapat melihat Stalaktit dan Stalakmit yang mengagumkan dan juga sangat indah.

Sedikit lebih jauh, namun masih di kabupaten yang sama, dalam jarak 18 km ada danau Sampalang. Danau Sampalang yang terletak di desa Puri, memiliki keindahan pemandangan hamparan air yang luas dan perbukitan karet yang mengelilingi danau.

Hanya sekian yang bisa kami ceritakan soal Goa Liang Tapah. Bukan berarti keindahan dan keseruan di tempat hanya sebatas itu. Namun tangan dan mulut kami lah yang terbatas untuk menceritakan beragam keindahan di lokasi ini. Untuk bisa melihat dengan utuh serta menikmati, silakan jadwalkan kunjungan ke lokasi wisata Kalimantan selatan ini. Selamat berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment