Goa Liang Kantin, Misteri, Dan Pesona Goa Purba Di Gunung Kumpai

Goa Liang Kantin menjadi sebuah penegasan tentang khazanah tempat wisata yang ada di Indonesia sangatlah beragam, meskipun dalam satu tema besar yang sama, yaitu wisata alam.

Destinasi wisata alam berupa goa memang tidak sepopuler tempat wisata alam lainnya seperti pantai. Namun bagi mereka yang pernah berkunjung ke sebuah goa, tentu ada sensasi yang tak bisa dilupakan.

Lokasi Goa Liang Kantin terletak di Gunug Kumpai, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, merupakan sebuah goa purba yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu.

goa liang kantin
goa liang kantin. google maps. sumber: W A E 

Simak juga: Wisata sekitar Banjarmasin

Kini, kehadiran Goa Liang Kantin bukan hanya sebagai bukti dari sebuah proses alam saja, namun mampu menjadi sebuah destinasi wisata yang eksotis, dan berselimut misteri, juga legenda.

Lalu apa saja yang menjadi daya tarik Goa Liang Kantin? Inilah review tentang goa tersebut yang sudah kami himpun untuk anda, sebagai bahan referensi awal menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

Sejarah, Misteri, Dan Legenda Goa Liang Kantin

Di balik nilai eksotisnya Goa Liang Kantin, Kalimantan Selatan, ternyata menyimpan misteri, atau legenda yang masih hangat dibicarakan sampai saat ini.

Cerita misteri, atau legenda tentang Goa Liang Kantin terkait erat dengan masyarakat Dayak Kaharingan pada jaman dulu. Masyarakat sekitar Goa Liang Kantin menuturkan, dan meyakini bahwa pada saat itu beberapa masyarakat Dayak Kaharingan hilang tanpa jejak, dan misteirus.

Seiring dengan hilangnya mereka, ternyata di dalam goa tiba-tiba terdapat batu-batu yang menyerupai bentuk manusia yang sedang melakukan aktivitas layaknya di kantin.

Hal tersebut juga yang menjadi cikal bakal sejarah penamaan Goa Liang Kantin, yang berarti sebuah goa, atau lubang, dimana di dalamnya terdapat bebatuan yang menyerupai aktivitas di kantin.

keadaan goa yang cukup luas
keadaan goa yang cukup luas. google maps. sumber: W A E 

Simak juga: Goa Gong

Daya Tarik Goa Liang Kantin

1. Goa Purba Yang Eksotis

berisikan stalaktit dan stalagmit
berisikan stalaktit dan stalagmit. google maps. sumber: Nino Pamindo

Simak juga: Goa Pindul

Daya tarik yang pertama dari Goa Liang Kantin adalah sebuah goa purba yang memiliki ruang dalam yang sangat lebar. Sebagaimana diketahui, bahwa rata-rata sebuah goa itu sempit, dan pengap.

Namun berbeda dengan Goa Liang Kantin, ruang dalamnya lebar, sehingga mampu menjadi sebuah destinasi wisata alam yang edukatif bagi semua kalangan, meskipun di sisi lain terdapat juga lubang-lubang yang menyempit.

Selain itu, panorama stalagmit, dan stalaktit menjadi sebuah penegasan bahwa umur Goa Liang Kantin sudah berusia ratusan tahun, sehingga masuk ke dalam kategori goa purba.

Belum berhenti sampai di situ saja daya tarik Goa Liang Kantin. Keberadaanya di Gunung Kumpai menjadikannya goa yang dikelilingi panorama alam yang indah, baik selama trekking, maupun pada saat di lokasi utama.

Jadi, janga lupakan kamera anda untuk mengabadikan moment keseruan wisata menuju Goa Liang Kantin, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan.

2. Batu Yang Menyerupai Aktivitas Kantin

Daya tarik selanjutnya dari Goa Liang Kantin adalah keberadaan bebatuan yang mirip manusia yang sedang melakukan aktivitas di kantin.

Ada bentuk batu yang menyerupai manusia yang sedang berdiri, dan jongkok. Hal tersebut tentu saja memberikan decak kagum bagi mereka yang pernah datang, dan melihat bentuk batu di sana.

Apalagi bebatuan tersebut berselimutkan misteri, sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Goa Liang Kantin.

terdapat bebatuan yang unik
terdapat bebatuan yang unik. google maps. sumber: Nino Pamindo

Simak juga: Goa Liang Tapah

Lokasi dan Alamat Goa Liang Kantin

Alamat Goa Liang Kantin terletak di Kampung Gendawang, Desa Salikung, Kecamatan Muara Uya, Tabalong, Kalimantan Selatan.

Rute menuju Goa Liang Kantin

Rute menuju Goa Liang Kantin jika berangkat dari Tabalong, akan menempuh perjalanan sejauh kira-kira 52 km. Jalurnya dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan jenis motor maupun mobil.

Dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jl. Mawar kemudian ke Jl. Pangeran Antasari, setelah itu terus lurus hingga tiba di Jl. Cendrawasih.

Ketika bertemu di persimpangan jalan belok kanan menuju Jl. Belimbing Raya, lalu belok kiri ke Jl. Ir. PH. Moch. Noor. Kemudian kamu akan menemukan pertigaan jalan, beloklah ke arah kiri menuju Jl. Bakarman Jaro.

Tak lama kemudian kamu akan tiba di lokasi Goa Liang Kantin, Tabalong, Kalimantan Selatan.

gerbang masuk menuju goa liang kantin
gerbang masuk menuju goa liang kantin. google maps. sumber: W A E

Jam Buka Goa Liang Kantin

Jam operasional Goa Liang Kantin yakni sebagai berikut:

  • Setiap hari Rabu tutup
  • Untuk hari Jumat dibuka selama 24 jam
  • Sedangkan selain hari itu buka mulai pukul 08 pagi hingga pukul 05 sore waktu setempat

Tiket Goa Liang Kantin

Tiket masuk menuju Goa Liang Kantin sendiri belum ditetapkan secara resmi, pengunjung hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar biaya parkir kendaraan saja.

pintu masuk goa liang kantin
pintu masuk goa liang kantin. google maps. sumber: Ms Uzah

Fasilitas Di Goa Liang Kantin

Secara umum fasilitas yang ada di Goa Liang Kantin belum lengkap layaknya tempat wisata populer pada umumnya. Disini hanya tersedia:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi
  • Tempat penyewaan ban untuk kamu yang ingin bermain air di dalam goa
dikelilingi alam yang indah
dikelilingi alam yang indah. google maps. sumber: Joko for one two Yoko Samma Jaro

Penutup

Goa Liang Kantin dapat menjadi pilihan alternatif lain untuk kamu yang ingin berwisata di Kalimantan Selatan.  Selamat berwisata.


Tinggalkan komentar