10 Tempat Wisata di Banjarmasin Yang Wajib Di Kunjungi

Liburan ke Banjarmasin? simak info berbagai tempat wisata di Banjarmasin berikut ini ya.


Banjarmasin yang merupakan ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini memang dikelilingi banyak aliran sungai. Jangan heran jika kota ini dijuluki  dengan julukan ‘Kota Seribu Sungai’, setidaknya ada 60 sungai yang mengalir di seluruh wilayah Banjarmasin. Mulai dari sungai Martapura, lalu sungai Barito dan sungai Kuin serta puluhan sungai lainnya yang membelah wilayah Banjarmasin menjadi delta atau kepulauan.

empat wisata di Banjarmasin
Tempat wisata di banjarmasin. Image via: zonasultra.com

Karena itulah sungai menjadi pusat segala macam kegiatan bagi warganya yang juga kerap jadi tujuan wisata. Selain sungainya yang punya daya pikat tersendiri, masih banyak destinasi menarik yang sangat sayang jika hanya dilihat sambil lalu.

Daripada penasaran yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Pulau Kembang

Pulau Kembang
Pulau Kembang. Image via: jadiberita.com

Destinasi unik ini sebetulnya merupakan delta yang berada di tengah-tengah perairan sungai Barito. Yang unik dari tempat wisata ini ialah karena seluruh area pulau tersebut dihuni oleh kawanan monyet-monyet ekor panjang dan juga bekantan.

Banyak mitos yang beredar jika monyet-monyet ini membawa hoki, tak heran jika kemudian banyak pengunjung yang datang ingin agar keinginannya terkabul. Selain berinteraksi dengan monyet-monyet yang ada disana, lokasi hutan mangrovenya juga sangat menyejukkan sekaligus instagramable. Cocok banget buat hunting foto kekinian.

Informasi:

  • Nama: Pulau Kembang
  • Alamat: Alalak, Barito Kuala – Kalimantan Selatan

Simak juga: tempat wisata di Sidoarjo

2. Pasar Apung Lokba Intan

Pasar Apung Lokba Intan
Pasar Apung Lokba Intan. Image via: @marcelkarundeng

Pernahkah Anda membayangkan belanja di pasar yang berada di atas perahu? Jika penasaran maka Anda harus mampir ke pasar terapung Lok Baintan dan merasakan sensasi belanja sambil bergoyang di atas perahu. Sama seperti di pasar pada umumnya,  pasar apung ini juga menjual berbagai macam komoditas. Dari sayuran, buah-buahan, hingga kuliner khas Banjar bisa Anda temukan di sini.

Buka mulai dari jam 6 hingga 8 pagi, pasar ini selalu saja menarik untuk disambangi. Tak hanya untuk berbelanja tetapi juga merasakan kearifan lokal dan yang tak boleh ketinggalan tentu hunting foto-foto instagenik dari aktivitas unik tersebut.

Informasi:

  • Nama: Pasar Apung Lokba Intan
  • Alamat: Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Kecamatan Sungai Tabuk, Banjar, Kalimantan Selatan
  • Jam buka: 06.00 – 08.00 WITA

3. Menara Pandang Banjarmasin

Menara Pandang Banjarmasin
Menara Pandang Banjarmasin. Image via: lelungan.net

Tempat wisata di Banjarmasin yang selanjutnya ini akan mengajak Anda melihat keindahan kota Banjarmasin dari sudut yang berbeda. Belokasi tepat di pinggir sungai Martapura, Menara Pandang Banjarmmasin ini berdiri kokoh dengan empat lantai dan dibagian lantai paling atas merupakan ruangan terbuka.

Sehingga akan semakin memudahkan Anda untuk menikmati indahnya kota Banjarmasin dari ketinggian. Termasuk menikmati keindahan sungai Martapura yang begitu ramai dengan perahu yang hilir mudik, hingga megahnya Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Dari menara ini Anda juga bisa hunting foto, lho. Jadi jangan heran jika banyak yang berkunjung dan jadi fotografer dadakan disini.

Informasi:

  • Nama: Menara Pandang Banjarmasin
  • Alamat: Jl. Kapten Tendean, Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan
  • Jam buka: 10.00 – 21.00 WITA (Senin – Jumat), 10.00-22.00 WITA (Sabtu), 08.00-21.00 WITA (Minggu)

Baca juga: daftar tempat wisata di Mojokerto

4. Taman Siring Martapura

Taman Siring Martapura
Taman Siring Martapura. Image via: wisata-tanahair.com

Bersantai di tepi sungai sambil menikmati suasana yang enjoyable menjadi satu hal yang mengasyikan yang  bisa Anda lakukan di tempat wisata Banjarmasin yang satu ini. Berada persis di pinggir sungai Martapura, Taman Siring menjadi spot favorit warga kota Banjarmasin.

Tak hanya sekedar untuk bersantai, di taman ini juga kerap jadi ajang berkumpulnya banyak komunitas anak muda Banjarmasin. Dari komunitas Inlineskate, dance, skateboard, BMX hingga boat modeling. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi hiburan gratis para warga yang berjalan-jalan di Taman Siring Banjarmasin.

Informasi:

  • Nama: Taman Siring Banjarmasin
  • Alamat: Gadang, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

5. Taman Satwa

Taman Satwa
Taman Satwa. Image via: kalsel.prokal.co

Berlokasi di Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, tempat wisata di Banjarmasin ini kerap disebut Taman Satwa Jahri Saleh. Tempat seru di Banjarmasin ini memiliki banyak koleksi satwa yang bisa jadi destinasi liburan akhir pekan seru bersama keluarga. Setiap satwa yang hidup di Taman Satwa ini terbagi dalam beberapa zona satwa berbeda sesuai dengan jenisnya.

Seperti zona aves yang di dalamnya terdiri dari unggas, misalnya saja enggang, merpati, gagak, ayam hias dan banyak lagi jenis unggas yang lain. Lalu ada zona satwa air, zona buaya, zona primate hinga zona rusa yang tak boleh dilewatkan. Selain itu suasana taman yang rindang dengan banyaknya pepohonan membuat udara terasa begitu asri dan sejuk.

Informasi:

  • Nama: Taman Satwa
  • Alamat: Jl. Jahri Saleh, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin – Kalimantan Selatan
  • Jam buka: 08.00 – 18.00 WITA
  • Harga tiket: Rp 3.000,- (anak-anak), Rp 5.000,- (dewasa)

Baca: review tempat wisata di Purbalingga

6. Masjid Raya Sabilal Muhtadin

Masjid Raya Sabilal Muhtadin
Masjid Raya Sabilal Muhtadin. Image via: pesonawisataindonesia.com

Berlokasi di jantung kota Banjarmasin, Masjid Raya Sabilal Muhtadi ini menjadi salah satu ikon yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan ke Banjarmasin. Dibangun tepat di sisi barat sungai Martapura, bangunan masjid ini telah berdiri sejak tahun 1981 dan masih kokoh hingga saat ini.

Namanya yang diambil untuk masjid ini pun memiliki makna yang mendalam sebagai bentuk penghormatan kepada seorang ulama besar yang mengabdikan hidupnya untuk perkembangan agama islam terutama di kerajaan Banjar. Beliau adalah Alm. Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari.

Berdiri di atas tanah seluas 100 hektar, masjid yang begitu megah dengan kubah emasnya ini selain sebagai pusat penyebaran agama islam juga sebagai destinasi wisata religi.

Informasi:

  • Nama: Masjid Raya Sabilal Muhtadin
  • Alamat: Jalan Sudirman, Kelurahan Antasan Besar, Banjarmasin Tengah, Banjarmasin – Kalimantan Tengah

7. Museum Wasaka

Museum Wasaka
Museum Wasaka. Image via: kalsel.prokal.co

Suka dengan wisata sejarah? Banjarmasin juga punya destinasi menarik yang sarat dengan nilai sejarah yang tinggi, lho. Berlokasi di tepi sungai Martapura, Museum Wasaka merupakan pengingat bagaimana besarnya perjuangan rakyat Kalimantan Selatan melawan penjajah. Namanya sendiri memiliki makna yang mendalam yang disingkat dari Waja Sampai Ka Putting yang menjadi motto perjuangan rakyat.

Bangunan museum ini sendiri merupakan bangunan rumah adat Banjar Bumbungan Tinggi yang kemudian dialihfungsikan demi menjaga kelestarian rumah adat tersebut. Di dalam museum sendiri terdapat beberapa koleksi senjata perang baik modern hingga tradisional.

Dari senapan angin yang bagian badannya berbahan dasar kayu hingga baju perang Barajah yang terdapat rajah atau mantra agar kebal dari serangan musuh, serta masih banyak lagi koleksi sejarah yang menarik untuk dikulik lainnya.

Informasi:

  • Nama: Museum Wasaka
  • Alamat: Gang H. Andir, Kampung Kenanga Ulu, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin – Kalimantan Selatan
  • Jam buka: 09.00-12.00 WITA (Selasa – Kamis), 09.00-11.00 WITA (Jumat), 00-12.30 WITA (Sabtu-Minggu)
  • Harga tiket: Rp 3.000,-

Baca juga: daftar tempat wisata di Jember

8. Masjid Sultan Suriyansyah

Masjid Sultan Suriyansyah
Masjid Sultan Suriyansyah. Image via: migoberita.blogspot.com

Tempat wisata di Banjarmasin yang selanjutnya ini ialah masjid tertua yang berdiri di pulau Kalimantan, Masjid Sultan Suriyansyah namanya. Masjid ini diperkirakan dibangun ketika sultan Suriyansyah berkuasa sekitar 1525-1550 M dan beliau merupakan sultan Banjar pertama yang memeluk agama islam.

Bangunan masjid ini memiliki banyak keunikan pada bagian interior bangunannya,salah satunya pada bagian atap yang berbentuk tumpang empat. Tak hanya itu, pada bagian dalam masjid juga terdapat mimbar yang terbuat dari kayu ulin dengan ukiran bermotif tumbuhan yang masih bagus kondisinya meski sudah berabad-abad usianya.

Masjid penuh historis ini berlokasi di tepi sungai Kuin yang membuatnya nampak semakin  unik dan penuh dengan kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan. Tak jauh dari masjid juga terdapat makam Sultan Suriyansyah yang berjarak 500 meter, sehingga bisa jadi destinasi wisata religi yang menarik.

Informasi:

  • Nama: Masjid Sultan Suriyansyah
  • Alamat: Tepi Sungai Kuin, Kuin Utara, Banjar Kota, Banjarmasin – Kalimantan Selatan

9. Pasar Apung Muara Kuin

asar Apung Muara Kuin
Pasar Apung Muara Kuin. Image via: ulinulin.com

Dilalui puluhan aliran sungai membuat Banjarmasin memiliki potensi wisata dan keunikan tersendiri. Jika di atas sungai Martapura ada pasar apung Lok Ba Intan, maka di sungai Barito dan muara sungai Kuin ada pasar apung Muara Kuin yang tak kalah menyuguhkan wisata belanja di atas perahu yang eksotis.

Mulai beroperasi selepas subuh atau sekitar jam 5 pagi hingga 7.30, di pasar ini Anda dapat menemukan beragam sayur-mayur, buah-buahan, jajanan atau kue hingga kuliner khas kota Banjar.

Anda bisa menumpang perahu klotok untuk bisa bertransaksi dengan mereka dan mencoba sensasi berbeda berbelanja di tengah sungai sambil menaiki perahu dan mencicipi kuliner khasnya yakni soto Banjar yang terkenal kenikmatannya.

Informasi:

  • Nama: Pasar Apung Muara Kuin
  • Alamat: Jl. Kuin Utara, Kel. Kuin Selatan, Kec. Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
  • Jam buka: 05.00 – 07.30 WITA

Baca juga: rekomendasi tempat wisata di Bekasi

10. Patung Bekantan

Patung Bekantan
Patung Bekantan. Image via: goodnewsfromindonesia.id

Bekantan menjadi salah satu primata yang hidup di hutan pedalaman selain orang utan dan juga monyet. Tak heran jika primata ini di jadikan maskot oleh kota Banjarmasin, dan dibuatkan patung raksasa setinggi 6,5 meter berbentuk bekantan yang sedang duduk menikmati buah rumbai d tepi sungai Martapura.

Tempat wisata di Banjarmasin ini kini jadi ikon baru destinasi yang harus dikunjungi saat jalan-jalan ke Banjarmasin. Tak hanya patungnya yang unik, di tempat ini Anda juga bisa menghabiskan waktu untuk bersantai atau olah raga ringan seperti berburu foto instagenik atau main basket misalnya.

Informasi:

  • Nama: Patung Bekantan
  • Alamat: Jl. P. Tendean No.12, Sungai Baru, Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan

11. Pantai Angsana

Pantai Angsana Ramai
Image via: www.instagram.com/fazrin_zen

Salah satu pantai yang direkomendasikan di Banjarmasin, Pantai Angsana. Di pantai ini anda bisa menikmati pemandangan, ataupun snorkeling.

Simak reviewnya di artikel Pantai Angsana.

Demikian rekomendasi tempat wisata di Banjarmasin yang seru dan mengasyikan yang sayang sekali jika dilewatkan. Yuk, jalan-jalan ke Banjarmasin dan nikmati eksotisme kota Seribu Sungai yang penuh pesona. Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment