Pantai Sungai Cuka, Lokasi Wisata Lengkap Untuk Keluarga

Pantai Sungai Cuka atau disebut juga dengan nama Pantai Batu Buaya merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang ada di Kalimantan Selatan.

Ternyata Kalimantan bukan hanya memiliki kawasan hutan atau perbukitannya saja ya, namun daerah pantainya pun layak menjadi tujuan wisata.

Pantai ini berada di Desa Sungai Cuka, Kabupaten Tanah Bumbu. Karena terdapat patung buaya tak jauh dari lokasi pantai maka sering disebut juga Pantai Batu Buaya.

Yang paling unik dari Pantai Sungai Cuka ini ialah kehadiran terumbu karang yang akan muncul ke permukaan jika air laut mulai surut.

pantai sungai cuka
pantai sungai cuka. google maps. sumber: salmiah suncuk

Simak juga: Pantai Asmara.

Berikut kami sajikan ulasan lengkap mengenai Pantai Sungai Cuka atau Pantai Batu Buaya, supaya menambah referensi destinasi wisata kamu ketika berada di Kalimantan Selatan.

Sejarah Nama Pantai Sungai Cuka

Penyematan nama Sungai Cuka berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat, bahwa dulunya pantai yang satu ini bernama Pantai Sungai Suka.

Hal itu diberikan oleh para pedagang yang datang ke kawasan tersebut yang berasal dari masyarakat Tabunio, Takisung. Mereka sangat menyukai kondisi alam di sekitar pantai.

Maka lahirlah nama Pantai Sungai Suka, karena di sekitar pantai terdapat pohon asam yang rasanya masam seperti cuka, entah siapa yang memulai atau dari kapan akhirnya pantai ini disebut menjadi Pantai Sungai Cuka.

Simak Juga: Wisata Banjarmasin

Daya Tarik Pantai Sungai Cuka

1. Menikmati Pantai Yang Tenang

menikmati ketenangan di pantai sungai cuka
menikmati ketenangan di pantai sungai cuka. google maps. sumber: waldy boy

Simak Juga: Pantai Tebing lombok.

Pantai Sungai Cuka bisa dibilang pantai yang cukup tenang dan terlalu ramai, kamu dapat menikmati pantai dengan lebih leluasa.

Selain itu Pantai Sungai Cuka memiliki hamparan pasir yang landai, sehingga anak-anak dapat bermain pasir pantainya yang lembut.

Terdapat pula sebuah dermaga yang berbentuk seperti perahu, biasa digunakan pengunjung sebagai spot foto untuk mendapatkan view pantai lebih dekat.

2. Beristirahat Dengan Suasana Bali

gapura bali
gapura bali. google maps. sumber: pathul mawasili

Simak juga: Pantai Gunung Payung Bali.

Ada sebuah gapura yang sangat kental dengan motif Bali, yang berada tepat di depan Pantai Sungai Cuka. Didalamnya tersedia beberapa buah gazebo serta tempat duduk yang mengarah ke Pantai.

Serta ada pula hammock untuk bersantai dan menikmati semilir angin. Tak berhenti sampai disitu saja, ternyata masih ada sebuah gazebo yang lebih besar, biasanya digunakan untuk menyelenggarakan acara.

Disini anak-anak dapat berenang di kolam berenang buatan, dan sudah dilengkapi dengan seluncuran sederhana. Yang menjadi ciri khasnya ialah sebuah patung buaya yang bertubuh manusia, kemudian dikelilingi bebeberapa ekor buaya di bawahnya.

3. Bermain Wahana Seru

keseruan di pantai sungai cuka
keseruan di pantai sungai cuka. google maps. sumber: rida Sianturi

Di Pantai Sungai Cuka terdapat beberapa wahana seru yang dapat kamu lakukan, diantaranya:

  • Menyaksikan terumbu karang yang muncul ke permukaan
  • Bermain Banana Boat
  • Berenang di Kolam renang buatan

4. Camping

Selain keseruan-keseruan di atas masih ada satu lagi keseruan yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Sungai Cuka, yakni mendirikan tenda di hamparan pasirnya.

Karena memiliki hamparan pasir yang landai, membuatnya dapat digunakan untuk melakukan beberapa kegiatan salah satunya ialah camping.

Menyaksikan kecantikan sunset dengan diiringi deburan ombak yang menenangkan. Apalagi ditambah dengan kegiatan bakar-bakar ikan, wah pasti seru banget.

spot foto lainnya
spot foto lainnya. google maps. sumber: Kris triyono

Simak juga: Pantai Tanjung Lesung.

Lokasi & Alamat Pantai Sungai Cuka

Alamat Pantai Sungai Cuka berada di Desa Sungai Cuka, Kec. Satui, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Pantai Sungai Cuka

Rute menuju Pantai Sungai Cuka jika bergerak dari Kabupaten Tanah Bumbu menempuh jarak sekitar 103 km, dengan melajukan kendaraan menuju Jl. Dharma Praja.

Kemudian belok ke kanan menuju Jl. Ahmad Yani atau lebih dikenal dengan nama Jl. Batulicin-Pelaihari. Ketika berada di pertigaan Jl. Mangkubumi belok ke kiri kemudian ke kanan menuju Jl. Ahmad Yani Pagatan.

Sesampainya di depan Kantor Desa Sungai Cuka, belok ke arah kiri, lokasi Pantai Sungai Cuka sekitar 7 km lagi. Jalurnya sudah beraspal sehingga mudah untuk dilalui kendaraan motor maupun mobil.

patung batu buaya
patung batu buaya. google maps. sumber: riri suharti

Jam Buka Pantai Sungai Cuka

Jam operasional Pantai Sungai Cuka dibuka setiap hari selama 24 jam nonstop.

Tiket Pantai Sungai Cuka

Tiket masuk Pantai Sungai Cuka gratis, kamu ngga perlu membayar tiket untuk menikmati keindahan pantainya. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Pantai Sungai Cuka

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Sungai Cuka diantaranya:

  • Kamar mandi
  • Gazebo
  • Area parkir kendaraan
  • Café
  • Spot Foto
  • Warung-warung makanan yang menyajikan makanan khas
bersantai di hammock
bersantai di hammock. google maps. sumber: Edonk Mulyana

Penutup

Pantai Sungai Cuka merupakan lokasi wisata pantai yang dapat menjadi pilihan destinasi liburan ketika berada di Kalimantan Selatan, khususnya di Tanah Bumbu.

Ciptakan keseruan bersama anggota keluarga ketika berada di Pantai Sungai Cuka!


Leave a Comment