Pantai Tebing, Bukti Dahsyatnya Letusan Gunung Rinjani Tua Di Lombok Utara

Pantai Tebing merupakan pantai bersejarah yang ada di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Selain bersejarah pantai ini terbilang unik, akan hadirnya sebuah tebing yang cukup tinggi.

Tebing tersebut memiliki tinggi sekiar 20 hingga 25 meter, mungkin oleh karena itulah pantai cantik yang satu ini diberi nama Pantai Tebing.

Pantai dengan nama Pantai Tebing di Indonesia bukan hanya di Lombok Utara saja, meskipun memiliki nama yang hampir sama namun keindahan yang disajikan pastilah sangat berbeda.

pantai tebing lombok utara
pantai tebing lombok utara. google maps. sumber: Deb King

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Pantai Tebing Lombok ini tak terlalu ramai layaknya pantai lain yang ada di Lombok, yang membuatnya banyak dimanfaatkan oleh wisatawan yang benar-benar ingin menikmati alam.

Kejadian gempa bumi yang melanda Lombok pada tahun 2018 lalu membuat tebing yang ada di Pantai Tebing mengalami longsor, sehingga rupanya sudah tak seperti dulu lagi.

Berikut ini deskripsi mengenai Pantai Tebing Lombok Utara:

Sejarah Pantai Tebing

Pantai Tebing ini bisa dibilang merupakan hasil sejarah atas kejadian yang terjadi beberapa waktu yang lampau. Kejadian tersebut ialah meletusnya Gunung Rinjani Tua atau Samalas sekitar tahun 1257.

Dan berdasarkan catatan sejarah, kejadian meletusnya Gunung Rinjani Tua tersebut merupakan letusan gunung terbesar periode 7.000 tahun terakhir.

Sehingga muntahan material gunungnya mencapai lebih dari 40 kilometer kubik, melebihi luapan Krakatau pada tahun 1883 yang hanya sekitar 12,3 kilometer kubik.

Menurut pengamat gunung api dari Museum Geologi Bandung mengatakan, bahwa tebing pasir yang ada di pantai ini merupakan singkapan endapan piroklastik dari letusan Gunung Samalas.

Singkapan tersebut terbentuk dari endapan awan panas, aliran piroklastik yang masuk ke laut. Awan panas yang bertemu dinginnya air lalu menyebabkan letusan sekunder.

Letusannya terlontar ke daratan dan endapan materialnya membentuk bukit batu yang memiliki ketebalan sekitar 50 meter yang berdiri tegak di pesisir pantai.

Lokasi Pantai Tebing

Lokasi dan alamat Pantai Tebing Lombok ini berada di Dusun Luk, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat.

Rute Menuju Pantai Tebing

Rute menuju Pantai Tebing dapat dilalui kendaraan mobil maupun motor, namun alangkah baiknya jika menggunakan motor supaya bisa memakirkan kendaraan lebih dekat dengan area pantai.

Jarak yang akan kamu tempuh jika bergerak dari Mataram sekitar 46 km, dengan estimasi waktu sekitar 1 jam 20 menit tergantung pada kecepatan kamu berkendara.

Dari jalan utama ke pantai jaraknya sekitar 400 meter, dengan jalur yang masih berupa tanah.

Simak juga: Pantai Sambolo.

Jam Buka Pantai Tebing

Belum ada keterangan resmi mengenai jam operasional dari Pantai Tebing, hal tersebut dapat kita artikan bahwa pantai ini terbuka selama 24 jam sehari, dan 7 hari seminggu.

Tiket Pantai Tebing

Setali tiga uang dengan jam buka, tiket masuk menuju Pantai Tebing Lombok Utara ini pun belum ditetapkan secara resmi alias gratis.

Kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk membayar biaya parkir kendaraan yang kamu bawa saja.

Fasilitas Pantai Tebing

Pantai Tebing Lombok, belum dikelola secara maksimal oleh Pemerintah satempat maupun Pemerintah pusat. Hal tersebut mengakibatkan fasilitas yang ada di sekitar Pantai Tebing pun belum memadai.

Sehingga jika kamu hendak mengunjungi Pantai Tebing sebaiknya membawa persediaan makanan atau minuman yang cukup.

Daya Tarik Pantai Tebing

Untuk menuju Pantai Tebing Lombok Utara ini, kamu harus menuruni jalan setapak. Meskipun begitu setiap pengunjung yang datang akan menikmati setiap momen yang tercipta di pantai ini.

Karena Pantai Tebing memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Pantainya yang tenang

pantai tebing yang cantik
pantai tebing yang cantik. google maps. sumber: Deb King

Simak Juga: Pesona Tebing Koja.

Pantai Tebing memiliki panorama alam yang masih sangat alami, deburan ombak yang silih berkejaran dipadukan dengan birunya air laut.

Kehadiran hamparan pasirnya yang berwarna hitam menambah keeksotisan dari Pantai Tebing Lombok. Suasana pantai yang tak terlalu ramai, dapat kamu gunakan untuk menenangkan diri.

Duduk-duduk di atas hamparan pasirnya yang lembut sambil memandangi birunya laut, merupakan cara terbaik untuk menyerap energi positif yang diberikan alam.

2. Tebing yang menawan

tebing yang gagah
tebing yang gagah. google maps. sumber: Deb King

Simak Juga: Pantai 2 tebing Wohkudu.

Daya tarik selanjutnya tentu saja kehadiran tebing tinggi yang berada di pinggir pantainya, tebing tersebut merupakan saksi sejarah akan dahsyatnya letusan Gunung Rinjani Tua atau Samalas.

Namun sungguh sangat disayangkan, tebing yang gagah tersebut harus berubah karena mengalami longsor akibat genpa yang melanda Lombok beberapa tahun silam.

Gempa tersebut terjadi sekitar bulan Juli tahun 2018, dengan kekuatan gempa sebesar 6,4 Mw. Akibatnya banyak rumah-rumah warga dan fasilitas lainnya yang ambruk.

Hal tersebut rupanya tak menyulutkan wisatawan untuk terus berdatangan, dan menikmati keindahan dari Tebing batu Lombok.

3. Melakukan kegiatan seru

hamparan pasir hitam yang lembut
hamparan pasir hitam yang lembut. google maps. sumber: Deb King

Ketika berada di Pantai Tebing, ada beberapa kegiatan seru yang dapat kamu lakukan bersama keluarga ataupun kawan komunitas. Yakni:

  • Menjelajahi pantai bersama
  • Bermain air ataupun berenang
  • Berjemur di atas pasir
  • Memancing
  • Hunting foto-foto kece

Pantai Tebing dapat dikategorikan tempat wisata yang ramah untuk semua jenis usia, sehingga kamu dapat membawa serta keluarga tercinta untuk berlibur weekend ini.


Tinggalkan komentar