Pantai Pagatan, Pesta Lautnya Berbalut Nilai Budaya, Dan Sejarah

Pantai Pagatan adalah pantai yang terletak di Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, yang sangat terkenal karena tradisi pesta laut, atau festival lautnya, yang dilaksanakan sejak jaman dulu.

Kunjungan wisata ke Pantai Pagatan Tanah Bumbu bukan hanya sekedar tentang pesona keindahan alam saja, namun mampu memberikan nilai edukatif bagi para pengunjung yang datang, terutama nilai sejarah, dan budaya.

Namun saat situasi pandemi, beberapa festival memang ditunda pelaksanaannya, demi mengindari kerumunan, dan penularan virus Covid-19.

pantai pagatan
pantai pagatan. google maps. sumber: Jelita azka madina

Simak Juga: Wisata Banjarmasin

Animo masyarakat untuk datang ke Pantai Pagatan memang begitu besar. Hal tersebut tercermin saat hari minggu tiba, kawasan Pantai Pagatan selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Memang Pantai Pagatan sangat cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan, atau saat liburan tiba. Penasaran apa saja daya tarik Pantai Pagatan? Yuk kita simak deskripsi Pantai Pagatan yang sudah kami siapkan untuk anda.

Sejarah Pantai Pagatan

mengabadikan pantai pagatan
mengabadikan pantai pagatan. google maps. sumber: didi mus

Sejarah Pantai Pagatan terkait erat dengan pemukiman nelayan yang ada saat ini di kawasan tersebut. Para pengunjung tentu akan sedikit heran, kenapa perkampungan tersebut didominasi oleh masyarakat Suku Bugis.

Sejarah berawal ketika 8 orang bangsawan asal Sulawesi Selatan pergi merantau, hingga akirnya menemukan tempat yang pas untuk dijadikan kawasan pemukiman.

Kawasan yang dimaksud adalah daerah sekitar Tanah Bumbu, yang masuk sebagai bagian dari Kesultanan Banjar. Tokoh bangsawan Suku Bugis yang terkenal membangun pemukiman di Pagatan bernama Puanna Dekke’, atau disebut juga La Dekke’.

Kampung Bugis Pagatan dibangun pertama kali pada tahun 1750.  Dan pada akirnya Pagatan sendiri menjadi sebuah kerajaan otonom yang berdiri sejak tahun 1775 – 1908.

Daya Tarik Pantai Pagatan Tanah Bumbu

1. Panorama Alam Yang Cantik

memiliki pasir yang landai
memiliki pasir yang landai. google maps. sumber: Vitria Arum

Simak juga: Pantai Asmara

Daya tarik yang pertama dari Pantai Pagatan tentu saja panorama alam tersaji di kawasan tersebut sangat memanjakan mata para pengunjung.

Ombaknya tidaklah besar, berpadu dengan birunya langit, dan putihnya awan, sehingga menjadi sebuah kolaborasi pemandangan yang tak jenuh untuk dinikmati.

Pasir pantainya tergolong sabagai pasir putih, serta memiliki garis pantai sejauh 200 meter. Selain itu, area pasir putihnya memanjang sejauh 1,5 kilometer.

Tentu saja hal tersebut menjadikan spot terbaik untuk membangun keceriaan bersama keluarga anda. Jangan lupa untuk mengabadikan momen kebersamaan yang indah tersebut ya…

Oh iya, di Pantai Pagatan juga terdapat spot selfie yang menjadi ciri khas Pantai Pagatan. Yaitu sebuah jalur trekking yang menuju ke arah laut, berwarna – warni, bentuknya seperti bangunan pemecah ombak.

Area setelah pasir pantai ditumbuhi oleh pepohonan yang memberikan susana teduh. Dan terdapat area dekat pintu masuk utama yang sering dijadikan lokasi untuk berolahraga oleh para pengunjung di akhir pekan.

kondisi pantai yang tenang
kondisi pantai yang tenang. google maps. sumber: yuniar 2110

Simak juga: Pantai Angsana

2. Pesta Laut

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Pagatan adalah tradisi tahunan pesta laut Pagatan. Biasanya pesata laut tersebut dilaksanakan pada bulan April.

Nama lain dari pesta laut Pagatan adalah Mappanretasi. Sebetulnya tradisi itu berasal dari tradisi masyarakat Suku Bugis. Dan anda tidak perlu heran, karena di awal sudah dibahas tentang sejarah Pantai Pagatan.

Pesta laut menjadi sebuah simbol rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan, yang tersaji dalam balutan nilai budaya, serta nilai sejarah yang patut untuk dilestarikan.

alam di pantai pagatan
alam di pantai pagatan. google maps. sumber: Fransiska Puspitasari

3. Wisata Kuliner

Simak juga: Hotel sekitar Batulicin

Kunjungan wisata ke Pantai Pagatan tidak lengkap rasanya jika tidak membeli, dan mencicipi kuliner khas laut Pagatan.  Sajian kuliner bisa anda dapatkan di sekitar Pantai Pagatan, tepatnya di perkampungan nelayan masyarakat Suku Bugis.

Lokasi Pantai Pagatan

Alamat lengkap Pantai Pagatan berada di Desa Pagatan, Kecamatan Kusam Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Pantai ini berjarak 19 km dari kota kabupaten tanah bumbu. Atau jika dari kota provinsi, Banjarmasin, pantai ini berjarak 241 km.

Rute Menuju Pantai Pagatan

deburan ombaknya yang tenang
deburan ombaknya yang tenang. google maps. sumber: Muhammad Abdus Syukur

Simak juga: Pantai Derawan.

Rute menuju Pantai Pagatan jika berangkat daro Tanah Bumbu akan menempuh jarak sekitar 19 km, lokasinya berada tak jauh dari poros jalan Trans-Kalimantan.

Dengan rute menuju Banjarbaru, kemudian ke Plaihari hingga tiba di Desa Pagatan. Kemudian kamu akan menemukan pertigaan jalan, beloklah ke arah kanan.

Selanjutnya tinggal menemukan petunjuk atau pintu masuk menuju Pantai Pagatan. Jalurnya dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun.

Jam Buka Pantai Pagatan

Jam operasional Pantai Pagatan belum ditentukan secara resmi, untuk saat ini kamu dapat mengunjunginya kapan saja selama 24 jam nonstop.

alam yang cantik ketika pergantian hari
alam yang cantik ketika pergantian hari. google maps. sumber: AnQoRa Channel

Tiket Pantai Pagatan

  • Tiket masuk Pantai Pagatan belum ditetapkan secara resmi alias masih gratis.
  • Kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Pantai Pagatan

Fasilitas umum Pantai Pagatan terdiri dari:

  • Tempat menyimpan kendaraan
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area camping
  • Gazebo atau saung sederhana

Tinggalkan komentar