Pantai Jodoh, Taman Siring Banjarmasin Di Tepian Sungai Martapura

Pantai Jodoh, begitulah orang kebanyakan menyebutnya. Dan biasanya menandakan bahwa artikel yang sedang dibaca ini akan mengulas seputar keindahan pantai di Banjarmasin.

Namun ternyata itu salah. Namanya memang Pantai Jodoh, tetapi itu hanyalah sebuah diksi atau istilah lain bagi sebuah taman indah yang berada di tepian Sungai Martapura.

Namanya Taman Siring, atau disebut Juga Taman Siring 0 Kilometer Banjarmasin. Dan lebih populer disebut dengan istilah Pantai Jodoh.

spot foto favorit taman siring
spot foto favorit taman siring. google maps. sumber: Tengku Imam Kobul

Nama Pantai Jodoh sendiri bukan hanya ada di Banjarmasin saja, ada juga Pantai Jodoh yang terletak di Batang Jawa Tengah, Pantai Jodoh Palembang, dan Pantai Jodoh yang terletak di Sampang.

Dan artikel yang sedang anda baca saat ini adalah Pantai Jodoh Banjarmasin,  Sekali lagi, hal tersebut merujuk kepada sebuah lokasi taman keren yang terletak di samping Sungai Martapura.

Penasaran kenapa disebut dengan Pantai Jodoh, dan apa saja pesona keindahannya? Yuk kita simak ulasan lengkapnya yang sudah kami siapkan untuk anda.

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Daya Tarik Pantai Jodoh

1. Wisata Keluarga Yang Nyaman

lokasi favorit keluarga
lokasi favorit keluarga. google maps. sumber: ivan shah

Simak juga: Taman Sriwedari.

Daya tarik yang pertama dari Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin adalah sebuah tempat wisata Banjarmasin yang sangat nyaman untuk liburan keluarga.

Para pengunjung tidak perlu khawatir takut terpeleset ke aliran Sungai Martapura, karena di tepian sungai tersebut sudah dibangun pagar yang membentang sepanjang tepian sungai.

Selain itu, di lokasi Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin juga terdapat jalur trekking yang sudah tertata baik, sehingga memberikan kenyamanan bagi para pengunjung untuk berjalan-jalan.

Akses jalan menuju Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin juga sangat mudah, serta bisa dilalui oleh setiap jenis kendaraan. Karena lokasinya berada di samping jalan utama.

2. Spot Instagramable

spot lainnya
spot lainnya. google maps. sumber: Sofia RACHMAN

Simak juga: The He Lu Garden

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin adalah banyaknya spot selfie dengan latar alam yang indah. Sehingga mampu menghasilkan foto yang instagramable.

Hal tersebut tentunya menjadi magnet utama untuk dikunjungi oleh para wisatawan, terutama muda-mudi yang sedang dilanda asmara, maupun yang sedang mencari jodoh.

Mungkin saja, karena banyaknya muda – mudi yang menjadikan Taman Siring menjadi tempat untuk mencari jodoh, menjadi asal-usul penamaan kawasan tersebut menjadi Pantai Jodoh.

Pantai Jodoh buka selama 24 jam, sensasi yang ditawarkanpun berbeda dari sisi waktu. Suasana malam terkadang disebut lebih nyaman, karena suasana menjadi kian romantis, bertabur view lampu-lampu kota, dan sekitar taman.

berfoto bersama bekantan raksasa
berfoto bersama bekantan raksasa. google maps. sumber: Nor Halisa

Ada juga yang menyebut suasana di Pantai Jodoh lebih nyaman saat sore hari. Karena bisa melihat panorama alam sekitar dengan jelas.

Apalagi di seberang Taman Siring terdapat sebuah menara pandang yang sangat megah, sebagai sebuah bangunan kebanggan masyarakat Banjarmasin.

Dari menara pandang tersebut bukan hanya tersaji pemandangan sekitar Pantai Jodoh saja. Namun di sisi kiri dan kanan menara pandang tersaji pemandangan perkotaan.

Tidak lupa juga di lokasi Pantai Jodoh terdapat patung Bekantan raksasa, sekaligus sebagai ikon Banjarmasin. Dan di lokasi tersebut menjadi salah-satu spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie.

3. Susur Sungai Martapura

menyusuri sungai martapura
menyusuri sungai martapura. google maps. sumber: Azis Grafis

Simak juga: Taman Puri Maerokoco

Daya tarik Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin tidak berhenti sampai di situ saja. Terdapat perahu-perahu yang berjajar di tepian, yang siap mengantarkan para pengunjung untuk melakukan aktivitas susur Sungai Martapura.

Meskipun tiket masuk Pantai Jodoh, atau Taman Siring Banjarmasin gratis, namun untk menaiki perahu tersebut , para pengunjung akan dikenakan biaya transportasi.

Lokasi & Alamat Pantai Jodoh

Alamat Pantai Jodoh atau Taman Siring Banjarmasin terletak di Jl. Jenderal Sudirman, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Lokasinya berada di seberang jalan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin.

Rute Menuju Pantai Jodoh

Rute menuju Pantai Jodoh atau Taman Siring sangat mudah dilalui, karena lokasinya berada di tengah-tengah kota. Serta dapat dilalui kendaraan apapun.

taman siring
taman siring. google maps. sumber: Kartika Eka H

Simak juga: Taman Bale Kambang

Jam Buka Pantai Jodoh

Jam operasional dari Taman Siring ini dibuka selama 24 jam nonstop setiap hari Senin sampai Minggu.

Tiket Pantai Jodoh

  • Tiket masuk Pantai Jodoh atau Taman Siring tidak dikenai biaya alias gratis.
  • Kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk biaya parkir atau sewa perahu saja.

Fasilitas Pantai Jodoh

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Jodoh atau Taman Siring 0 KM Banjarmasin ini diantaranya:

  • Area parkir kendaraan
  • Penyewaan perahu
  • Kamar mandi
  • Tempat ibadah
  • Wifi gratis
  • Pasar Terapung
pasar terapung sungai martapura
pasar terapung sungai martapura. google maps. sumber: Kartika Eka H

Tinggalkan komentar