Pantai Jodoh, Wilayah Pedestrian yang Dipercantik Menjadi Taman Indah.

Pantai Jodoh ini juga dijadikan tempat hang out bagi para kawula muda Banjarmasin. Lokasi ini sesungguhnya pedestrian di atas pada senderan sungai Martapura. Namun dengan Sentuhan tangan dingin pengelola, senderan sungai malah jadi tampak indah bak taman rekreasi.


Walau namanya pantai Jodoh, tempat ini sama sekali tidak ada hubungan dengan laut. Pantai disini mengacu pada tepian, dan di sini maksudnya adalah tepian air di sungai Martapura
Pantai Jodoh. Image via: pesonawisataindonesia.com

Walau namanya pantai, tempat ini sama sekali tidak ada hubungan dengan laut. Pantai disini mengacu pada tepian, dan di sini maksudnya adalah tepian air di sungai Martapura. Nama resmi lokasi ini adalah Taman Siring Sungai Martapura. Namun mungkin sering dipakai untuk pacaran dan mencari jodoh, jadilah nama pantai jodoh melekat di taman kota ini.

Dengan akses yang mudah dan tanpa biaya masuk, Pantai Jodoh ini layak masuk dalam daftar tempat yang harus dikunjungi ketika di Banjarmasin. Pada Akhir pekan, Pantai Jodoh ini cukup ramai dikunjungi oleh warga Banjarmasin. Baik hanya sekedar untuk bersantai atau hanya sekedar menikmati angin di senja hari.

Selain menikmati indahnya pemandangan dengan hamparan sungai yang bersih serta berfoto foto cantik, pengunjung juga dapat bersantai di tepi pantai. Santai sembari menikmati keajaiban matahari tenggelam saat senja bersama orang-orang terkasih.

Tempat wisata Pantai Jodoh ini sudah dikelola oleh pemerintah setempat dan diklaim sebagai tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

Patung Bekantan raksasa lambang provinsi Klaimantan Selatan di pasang di salah satu sudut pantai jodoh
Icon kota. Image via: ciptakarya.pu.go.id

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Lokasi Pantai Jodoh

Pantai Jodoh banajrmasin ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Siring, Antasan Besar, Banjarmasin, Antasan Besar, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Lokasi ini berada di seberang jalan Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Jadi benar benar di tengah kota.

Rute Menuju Pantai Jodoh

Untuk mencapai lokasi ini dari kota banjar masin dapat dicapai dengan mudah. Karena lokasi ini di tengah kota, maka pengunjung tinggal membuka aplikasi Google map. Aplikasi dapat memberikan arah jalan dan alternatif jalan dengan sangat baik.

Jam Buka Pantai Jodoh

Lokasi taman wisata Pantai Jodoh di tepi sungai martapura ini buka sehari penuh. 24 jam

Tiket Pantai Jodoh

Untu dapat menikmati berekreasi di taman kota yang indah ini, pengunjung tidak dipungut biaya sama sekali. Gratis.

Pengunjung hanya dipungut biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000.

Fasilitas Pantai Jodoh

Fasilitas di taman jodoh ini tersedia mulai dari dari toilet, tempat ibadah, sampai hotspot area gratis.

Ada beberapa perahu yang berada di tepian sungai, perahu ini siap mengantar wisatawan menyusuri sungai martapura.

Daya Tarik Pantai Jodoh

  1. Taman Yang Asri

Pantai jododh berhiaskand negan taan yang diatta apikd negan pepohonan yang rindang
Taman yang asri. Image via: kali-lutvia

Taman Jodoh di tepi sungai martapura ini memiliki keistimewaan dengan memiliki tempat yang nyaman. Nyamn untuk kegiatan bersantai, nongkrong, bermain, menikmati pemandangan serta melakukan kegiatan lainya di sekitar taman. Di taman ini pengunjung juga bisa menikmati kuliner khas Banjar.

Taman Pantai jodoh ini ditumbuhi banyak pohon sehingga suasananya rindang dan sejuk. Pohon-pohon di sini berjenis penopang tanah bantaran sungai. Yakni pohon yang bsia menahan erosi tanah. Pohon tersebut seperti trembesi yang memang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Banjarmasin agar sungainya lestari.

Lantai taman Siring pantai jodoh ini terdiri dari bebatuan bermotif. Ada juga yang timbul, sering dipakai pengunjung untuk refleksi kaki.

  1. Menara pandang

menara pandang Banjarmasin di salah satu sudut did ekat pantai jodoh
Menara pandang. Image via: pesonawisataindonesia.com

Simak juga: Taman Sriwedari.

Salah satu icon paling menonjol di pantai jodoh adalah keberadaan sebuah menara, yang diberi nama Menara Pandang. Menara Pandang Banjarmasin merupakan salah satu tempat wisata Kota Banjarmasin yang berada di kawasan Taman Siring. Di menara ini, pengunjung dapat melihat keindahan Kota Banjarmasin dari ketinggian.

Menara Pandang Banjarmasin saat ini menjadi salah satu tempat wisata favorit masyarakat Banjarmasin. Menara ini menjadi sebuah ikon wisata baru di kota Banjarmasin, selain pasar terapung, Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Masjid Sultan Suriansyah dan Masjid Jami’ Banjarmasin.

Menara Pandang ini buka setiap hari senin sampai jum’at pada pukul 10.00-21.00. Hari Sabtu buka pukul 10.00-22.00. Dan pada hari Minggu buka pukul 08.00-21.00 WITA. Pengunjungnya pun terdiri dari semua kalangan dan usia, dari anak kecil, remaja dan orang tua.

Ikon wisata yang menjadi salah satu Pesona kota Banjarmasin ini sering di penuhi warga setiap harinya, terutama saat sabtu sore dan di hari  Minggu, dari pagi sampai sore bahkan malam.

Pasar apung di Kaki Menara Pandang anjarmasinmemebrikans entuhan kemanusiaan kepada suasana pantai jodoh
Pasar apung di Kaki Menara. Image via: steemit.com

Menara pandang ini berlantai empat, di bagian atas atau lantai tiga menara ini adalah area terbuka. Jadi, para pengunjung bisa naik ke atas dan menikmati pemandangan yang indahnya Kota Banjarmasin dari atas sana, apalagi jika cuaca nya sedang cerah

Di lantai atas menara, pengunjung bisa melihat sekeliling Kota Banjarmasin, melihat hantaran sungai Martapura, kubah Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dan pemandangan sekitarnya yang sangat indah ketika di lihat dari atas Menara Pandang Banjarmasin.

Dengan semilir angin yang menyejukkan, area ini menjadi salah satu area favorit pengunjung. Sebagian dari mereka ada yang hanya sekedar mengobrol, melihat perahu yang lalu lalang di Sungai Martapura, melihat keindahan pemandangan atau berfoto selfie dengan keluarga maupun sahabat.

Meskipun area terbuka, tapi di lantai atas menara ini aman dan nyaman jika ada yang membawa anak kecil, karena di sekelilingnya di batasi dengan pagar yang tinggi. Sehingga pengunjung bisa bebas bersantai memandangi Kota Banjarmasin di ketinggian bersama keluarga ataupun sahabat.

  1. Pasar Terapung

Pasar terapung di dermaga pantai jodoh memebrikans uasana berbeda dan otentik pada suasana taman ini.
Pasar terapung. Image via: banjarmasintourism.com

Simak juga: The He Lu Garden

Di kawasan Pantai Jodoh juga terdapat Pasar Terapung, yang menjual beraneka macam buah-buahan dan sayuran. Pasar Terapung yang berada di kawasan Siring ini hanya buka pada hari sabtu sore dan minggu pagi.

Keunikan proses interaksi dan transaksi di dalamnya, ditambah dengan keramahan masyarakat Banjar memikat hati. Para pedagang yang akan selalu menyapa para pengunjung dengan senyuman hangat dan bersahabat khas masyarakat pedesaan di pedalaman Kalimantan, menjadikan Pasar Terapung selalu ngangenin bagi siapapun yang pernah melihat dan mengunjunginya.

Tidak hanya ibu-ibu atau bapak-bapak yang berkunjung di sini, banyak pemuda-pemudi juga berkunjung disini. Tidak semuanya dari pengunjung membeli dagangan para pedagang pasar terapung. Sering kali pengunjung datang hanya sekedar foto-foto dengan teman-teman dengan back ground para pedagang pasar terapung.

Rata-rata pedagang pasar terapung ini adalah ibu-ibu, dan yang mereka jual pun macam-macam. Di antaranya; Bahan-bahan dapur, buah-buahan, sayur mayur. Juga ada Wadai khas Banjarmasin seperti: putu mayang, buras, lapat, jagung besumap. Mereka menjual makanan khas Banjar, seperti Soto Banjar, ketupat kandangan, dll.

Pasar terapung di dermagas ekitar pantai jododhs elalau ramai pleh penjual dan pembeli
Ramainya Pasar terapung. Image via: hafizanshari205
  1. Susur Sungai

Bagi pengunjung yang ingin menikmati panorama sungai Martapura, dapat berkeliling menggunakan kelotok (perahu mesin) yang telah disediakan oleh Pemerintah Kota. Tarifnya pun cukup murah, hanya dengan Rp 5000,- pengunjung sudah dapat berkeliling sungai menikmati semilir angin di atas kelotok.

  1. Pusat komunitas

Pantai jodoh menjadi tempat berkumpul berbagai kounitas hobi anak muda banjarmasin. di sini mereka mendapat ruang untuk megaktualisasikand iri dengan cara positif menggali potensi diri
Panggung komunitas. Image via: banjarmasintourism.com

Simak juga: Taman Puri Maerokoco

Di akhir pekan juga banyak komunitas berkumpul di area Pantai Jodoh Taman Siring Banjarmasin. Mereka juga ikut meramaikan Taman ini.

Komunitas-komunitas tersebut secara tidak langsung menjadi hiburan bagi masyarakat yang berkunjung. Komunitas itu antara lain komunitas in line skate, skateboard, BMX, sepeda motor, boat modelling, dance, photography, Barisan Pemadam Kebakaran, dan masih banyak lagi.

Di taman juga ada panggung kecil yang kerap digunakan komunitas budaya untuk pentas. Salah satu yang paling rutin adalah komunitas musik tradisional. Bagi pengunjung yang penasaran ingin menikmati musik khas masyarakat Banjar, yaitu musik panting, bisa datang ke sini.

Setiap minggu pagi biasanya akan unjuk kebolehan beberapa grup musik panting yang tampil bergantian tiap minggunya. Di sini pengunjung akan disuguhi berbagai lagu daerah khas Banjar. Tidak hanya itu, pengunjung yang tertarik mencoba bahkan juga bisa ikut menyumbang suara  alias menyanyi dengan diiringi alunan musik panting.

cantiknya maenara pandang banjarmasin menjadi latar fiti dari salahs atu sudut pantai jodoh
Cantiknya Menara Pandang dari kejauhan. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Taman Bale Kambang

Objek Wisata Dekat Pantai Jodoh

Setelah menikmati melihat lihat dan bersantai di taman pantai jodoh, pengunjung mungkin ingin membeli oleh-oleh khas Banjarmasin. Untuk keperluan itu ada Rumah Anno 1925.

Rumah ini masih berdekatan dengan taman, dan bisa dicapai dengan jalan kaki saja.  Di sana, pengunjung bisa suvenir khas Banjarmasin sembari menikmati arsitektur rumah adat Banjar. Bisa banget. Selain aneka suvenir dari UKM setempat, ada juga berbagai spot foto menarik dan kafe di sini.

Bagi yang ingin mengunjungi lokasi bersejarah, dalam kaitan dengan rasa nasionalisme, bisa mencoba berkunjung ke Makam Pangeran antasari. Makam pahlawan nasional ini hanya berjarak 1.5 km dari pantai jodoh. Kopleks makam Pangeran Antasari berupa pendopo yang dipagari. Di satu lokasi itu terdapat juga makam istri Pangeran Antasari, cucu Pangeran Antasari  Ratu Zaleha, Panglima Batur dan pahlawan Ampera, Hasanuddin HM.

Demikian sedikit pemaparan kami mengenai Pantai Jodoh Banjarmasin ini. Semoga bsia jadi tambahan informasi yang berguna untuk perencanaan perjalanan wisata di Kalimantan Selatan. Selamat berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment