Pantai Swarangan, Pantai Sepi Lokasi Ideal Untuk Menyepi

Pantai Swarangan adalah sebuah objek wisata pantai populer di Kalimantan Selatan. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari bermain air di tepian, berenang, hingga hanya sekadar duduk di pinggir pantai dan menikmati keindahan panorama yang ditawarkan.


Pantai Swarangan sebuah objek wisata pantai populer di Kalimantan Selatan. Banyak hal yang bisa dilakukan di sini, mulai dari bermain air di tepian, berenang, hingga hanya sekadar duduk di pantai
Pantai Swarangan. Image via: jalanwisata.id

Lokasi Pantai Swarangan

Pantai Swarangan terletak di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pantai ini berjarak sekitar 117 kilometer dari Kota Banjarmasin atau kurang lebih 52 kilometer dari ibukota kabupaten tanah laut Pelaihari dan bisa ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Rute Menuju Pantai Swarangan

Jalan menuju pantai swarangan sudah bagus. Seluruh jalan sudah dikeraskan dengan aspal. Untuk itu lintasan ini bisa ditempuh dengan menggunakan mobil maupun sepeda motor.

Dari kota banjarmasin, perjalanan bisa dimuai dari Jalan. Kapten Piere Tendean. Belok kanan ke Jl. Aes Nasution. Sekitar 800 meter, Belok kanan ke Jl. Veteran Sungai Bilu. Kemudian belok kiri, kembali masuk ke jalan  Jl. Kapten Piere Tendean.

Sunset Pantai Swarangan. terlihat menawan denagn adanya aksen siluet pohon pinus
Sunset Pantai Swarangan. Image via: @alifzed

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Pada perempatan Jalan ahmad Yani, belok kiri masuk ke jalan Ahmad Yani. Ikuti Jl. Ahmad Yani ke Jalan Tungkaran Naik di Jorong. Sampai di Pertigaan jalan Tungkaran Naik, belok kanan ke Jalan Tungkaran naik. Ikuti terus jalan itu sepanjang 13 km, hingga sampai di Pantai Swarangan.

Jam Buka Pantai Swarangan

Tidak ada ketentuan pasti mengenai jam operasional pantai swarangan. Jadi anggap saja pantai ini buka 24 jam.

Tiket Pantai Swarangan

Untuk menikmati berlibur di pantai indah pantai swarangan, pengunjung tidak dikenakan pungutan biaya masuk. Gratis.

Fasilitas Pantai Swarangan

Fasilitas yang dimiliki oleh Pantai Swarangan tidaklah selengkap dengan pantai-pantai lainnya yang ada di Kalimantan Selatan.

Terdapat juga beberapa tempat peristirahatan berupa gazebo meskipun dengan kondisi yang seadanya. Bahkan fasilitas dasar seperti toilet yang disediakan hanya berupa bilik yang terbuat dari bilah bambu.

Aktivitas Menarik di Pantai Swarangan

  1. Pantai yang Landai

pantai swarangan yang landai memudahkan pengunjung untuk beraktivitas
Pantai yang landai. Image via: jalanwisata.id

Pantai Swarangan memiliki pasir pantai yang berwarna kecoklatan yang landai. Pasir pantai ini cukup bersih yang dihiasi dengan pohon bakau, pohon pinus dan semak-semak yang tumbuh di tepi pantai.

Terdapat juga beberapa tempat peristirahatan berupa gazebo meskipun dengan kondisi yang seadanya. Air laut yang jernih menjadi daya tarik utama pantai ini. Di pantai sepanjang 1 kilometer ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan seperti berenang, berjemur, mencari kerang, dan selancar.

Ombak di pantai ini cukup besar, sehingga banyak pengunjung yang memanfaatkan untuk surfing. Waktu terbaik berkunjung di pantai ini adalah pada pagi hari, karena di pantai ini kita bisa melihat matahari terbit atau sunrise.

  1. Pantai yang Sepi

Pantai Swarangan yang relatif sunyi. cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati pantai dengan tenang
Pantai yang sunyi. Imae via: @luciana.hardi

SImak juga: Pantai Pagatan

Pantai yang sepi bagi sebagian orang justru adalah pantai yang diharapkan. Pada pantai yang sepi pengunjung bisa memperoleh makna kesendirian yangg dengan sebenarnya. Dengan suasana sepi pada kondisi alam yang luas dan memberikan pandangan membentang sampai ke cakrawala, ketenangan hati jauh lebih mudah bisa memenuhi relung jiwa.

Pantai Swarangan bukanlah pantai yang ramai. Tidak terlalu banyak pengunjung yang datang untuk berekreasi ke Pantai ini. Sehingga pada hari normal, pos pembayaran tiket dibiarkan tidak terjaga.

Tidak terlihat juga ada pedagang yang menjajakan makanan dan minuman kecil di Pantai. Jadi sebaiknya anda membawa bekal makanan dan minuman yang cukup kalau ingin berkunjung ke Pantai Swarangan. Karena tidak ada warung yang bisa ditemui di dekat lokasi pantai.

Pedagang yang jumlahnya tidak terlalu banyak baru mulai terlihat di Pantai Swarangan pada hari libur. Begitu juga dengan penjaga yang meminta uang di pos pintu masuk. Pada saaat liburan itu, Pengunjung di Pantai ini akan mengalami sedikit peningkatan.

Karena kondisi yang bisa dibilang sepi ini, maka pantai ini adalah lokasi yang cocok bagi mereka yang ingin melarikan diri dari keramaian kota sambil berekreasi.

  1. Tumbuhan Pantai

Pinus pantai swarangan memebrikan kesejukan dan tempatberteduh bagi pengunjung pantai.
Pinus pantai swarangan. Image via: cocilku

Kawasan Pantai Swarangan ditumbuhi oleh hutan bakau. Tanaman bakau ini bisa tumbuh dengan baik di Pantai ini, karena kondisi permukaan pantai yang landai dan mempunyai jarak yang relatif panjang. Sehingga tanaman bakau terlindungi dengan baik dari gempuran ombak yang dapat merusak pertumbuhan tanaman tersebut.

Selain keberadaan hutan bakau, kawasan Pantai Swarangan juga ditumbuhi oleh jenis tumbuhan yang lain. Seperti pohon pinus yang berbaris tidak jauh dari garis pantai.

Keberadaan berbagai jenis pohon di pantai swarangan memberikan warna tersendiri pada pantai ini. Pantai tidak menjadi monokrom hanya dengan warna pasir pantai saja. Jadi semarak dengan aksen warna hijau segar pada beberapa tempat.

Adanya tumbuhan bukan hanya menyegarkan mata saja, namun juga menyegarkan kondisi cuaca mikro. Pengunjung dapat duduk dengan nyaman menikmati keindahan pantai saat duduk di bawah pohon pinus. Dengan duduk di bawah rindang pohon pinus udara akan terasa sejuk dan nyaman.

  1. Kampung Nelayan

Perkampunagn nelayan pantai swarangan berisikan aktivitas nelayan dalam pengelolaan ikan hasil tangkapan, salah satunya produksi ikan asin
Ikut jemur ikan. Image via: ayageo10

Simak juga: Pantai Sungai Cuka

Sebagian besar penduduk yang tinggal di Desa Swarangan menggantungkan hidupnya dengan mencari ikan di laut. Jika anda datang ke Pantai Swarangan, maka dari kejauhan bisa tercium aroma ikan asin. Aroma tersebut berasal dari perumahan penduduk. Mereka menjemur ikan hasil tangkapan tepat di depan rumah mereka yang masih sangat sederhana.

Bisa dikatakan daerah itu adalah perkampungan nelayan. Seperti umumnya kampung nelayan, selain kegiatan industri rumahan perikanan seperti pembuatan ikan asin, kampung ini juga sibuk dengan kegiatan pernelayanan lain.

Pada masa cuaca cerah pengunjung bisa menyaksikan aktifitas nelayan berangkat berlayar, maupun aktivitas nelayan pulang dari laut. Akan sangat mengasikkan melihat ritual nelayan yang pulang melaut. Ada rombongan anak-anak yang membantu nelayan yang pulang melaut. Mulai dari menarik perahu, hingga membantu  menurunkan ikan.

Kemudian rombongan anak-anak ini diberi upah berupa ikan masing-masing 1 ekor. Sebuah pemandangan yang sangat seru. Selain seru dari segi aktifitas mereka itu, juga seru dari kegembiraan yang terpancar pada wajah anak-anak itu.

Sebaliknya pada musim angin besar, saat nelayan tidak bisa pergi melaut, aktivitas berpindah ke daratan. Pengunjung bisa melihat aktifitas nelayan merawat peralatannya. Mulai dari memperbaiki jala sampai mengecat perahu.

  1. Surfing

Pantai swarangan cocok sebagai lokasi surfing bagi Surfer Pemula.
Pantai Surfer Pemula. Image via: travel.tempo.co

Surfing adalah olahraga yang dimainkan di atas ombak yang tinggi dan sebagai olahraga yang tergolong ekstrem, bermain surfing mampu meningkatkan adrenalin. Olahraga surfing ini dilakukan dengan menggunakan sebilah papan sebagai alat untuk bermanuver di atas ombak. Papan tersebut akan bergerak dengan menggunakan tenaga arus ombak di bawahnya dan arahnya dikemudikan seorang peselancar.

Pantai swarangan memiliki karakter gelombang ombak yang besar dengan air yang jernih. Selai itu, pantai ini bebas dari batuan karang di tepian pantai. Ini semua memenuhi kondisi ideal untuk digunakan sebagai lokasi olah rag surfing atau selancar.

Karena pantai Swarangan memiliki garis pantai yang datar, tipe ombak di pantai ini adalah tipe Rolling. Seperti diketahui Ombak tipe rolling adalah Jenis ombak yang paling aman untuk kegiatan surfing. Karena paling aman inilah para peselancar pemula bisa menikmati serunya surfing dengan risiko yang kecil.

Gaszebo pantai swarangan walau pada beberapa lokasi tampak kurang terawar, namun paling tidak cukup untuk tempat berteduh
Gaszebo pantai. Image via: cocilku

Simak Juga: Pantai Rindu Alam

Tips Mengunjungi Pantai Swarangan

Saat merencanakan kunjungan ke pantai swarangan, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk menjamin kenyamanan selama kunjungan itu.

  • Bawa bekal makanan. Pantai swarangan agak sulit menemukan penjual makanan dan minuman, jadi sebaiknya bekal dipersiapkan dari rumah.
  • Bawa sunblock. Walau di pantai swarangan pengunjung bisa menikmati pantai dengan berteduh di bawah pohon pinus, namun langkah antisipasi menggunakan sunblock tetap diperlukan.
  • Jangan sampai lewat malam. Semi alasan keamanan, tidak ada salahnya bersikap waspada dengan tidak berada di pantai yang sunyi di malam hari.
  • Jangan datang seorang diri. Saat mendatangi lokasi wisata yang sunyi, lebih bijaksana jika datang berdua atau bertiga, atau lebih. Untuk mempermudah antisipasi terhadap hal yang tidak diinginkan.
Keseunyian di pantai Swarangan mendatangkan kedamaian ke dalam hati pengunjungnya
Damai. Image via: pantainesia.com

Objek Wisata Dekat Pantai Swarangan

Selain pantai swarangan, pengunjung bisa menemukan pantai-pantai lain dalam area yang berdekatan. 15 km ke arah timur ada pantai populer, pantai turki. Pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik. Setidaknya ada 8 buah gazebo yang bisa digunakan oleh pengunjung untuk beristirahat. Ada juga 9 buah kursi payung untuk bersantai. Selain itu, ada juga rumah pohon yang tentu saja menarik perhatian pengunjung.

Jika bersedia sedikit lebih jauh ke timur, pada jarak 30 km, terdapat pantai Asmara. Selain menikmati keindahan pantai, aktivitas lainnya yang bisa dilakukan wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Asmara adalah bermain air dan berenang. Pasalnya, ombak di pantai ini terbilang cukup tenang sehingga cukup aman untuk digunakan sebagai spot olahraga air. Di samping itu, bibir pantai ini juga tidak ada karang yang ditemukan yang bisa menyebabkan kaki cedera.

Demikian sekilas cerita kam mengenai pantai Swarangan Kalimantan Selatan. Semoga bisa dijadikan referensi ketika menyusun rencana perjalanan wisata di provinsi seribu sungai ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment