Pantai Swarangan, Menanti Status Tempat Wisata Untuk Umum

Pantai Swarangan merupakan pantai elok yang terletak di Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Namun para pengunjung harus tetap bersabar dulu, karena Pantai Swarangan belum dibuka untuk umum.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya kita mengenal terlebih dahulu pesona keindahan yang dimiliki oleh Pantai Swarangan, sebagai bahan refensi untuk menentukan tempat liburan, terutama saat Pantai Swarangan dibuka untuk umum.

pantai swarangan
pantai swarangan. google maps. sumber: Indra Ramadhani

Kehadiran Pantai Swarangan nantinya akan menambah khazanah keindahan alam yang ada di Borneo, setelah sebelumnya membahas mengenai keindahan Taman Hutan Rakyat Sultan Ahmad.

Berikut ulasan lengkap mengenai Pantai Swarangan:

Lokasi dan Alamat Pantai Swarangan

Lokasi dan alamat Pantai Swarangan berada di Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Rute Menuju Pantai Swarangan

Rute menuju Pantai Swarangan berjarak sekitar 52 km dari arah Ibukota Tanah Laut, dengan waktu tempuh sekitar 3 hingga 4 jam.

Sedangkan dari arah Banjarmasin akan menempuh jarak sekitar 117 km, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Jl. Kapten Piere Tendean, kemudian belok ke kanan.

Setelah tiba di perempatan Jl. Ahmad Yani terus melaju hingga tiba di Jl. Tungkaran Naik, kemudian lanjutkan perjalanan hingga tiba di Pantai Swarangan.

berada di desa swarangan
berada di desa swarangan. google maps. sumber: ANAZ CopyCorner

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Jam Buka Pantai Swarangan

Jam operasional Pantai Swarangan dibuka setiap hari selama 24 jam penuh

Tiket Pantai Swarangan

Tiket masuk Pantai Swarangan gratis, kamu ngga perlu mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk.

Fasilitas Pantai Swarangan

Fasilitas yang ada di Pantai Swarangan belum terlalu banyak, yang ada diantaranya:

  • Kamar mandi
  • Gazebo atau saung sederhana

Daya Tarik di Pantai Swarangan

1. Pantai yang Landai

berpiknik bersama keluarga
berpiknik bersama keluarga. google maps. sumber: Ahmad Tarantang

Simak juga: Pantai Pagatan

Daya tarik dari Pantai Swarangan yang pertama ialah kondisi pantainya yang landai, dimana kamu dapat dengan tenang dan nyaman bermain pasir ataupun sekedar duduk-duduk di atasnya.

Banyak dari pengunjung yang bermain pasirnya yang lembut serta berwarna cokelat, dan membiarkan anak-anak mengembangkan imajinasi mereka.

Di sekitar pantai terdapat pohon bakau, pohon pinus dan semak-semak yang ikut menyemarakkan keindahan pantai. Area dekat pepohonan tersebut banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berpiknik.

Dengan menggelar tikar kemudian mencicipi makanan dan minuman yang dibawa dari rumah, kemudian bercanda bersama anggota keluarga lainnya merupakan momen yang sangat berharga.

Selain itu kondisi pantai yang tidak terlalu ramai membuat pengunjung merasa lebih nyaman, dan dapat dengan tenang menikmati keindahan Pantai Swarangan.

2. Ombak Untuk Bermain Surfing

laut memang selalu menenangkan
laut memang selalu menenangkan. google maps. sumber: Risya Safitri

Surfing merupakan olahraga air yang sangat mengandalkan ombak di lautan, kegiatan surfing akan lebih menyenangkan jika menghadapi ombak yang cukup besar.

Ombak di Pantai Swarangan dapat digunakan untuk bermain surfing, karena memiliki karakter gelombang besar yang cukup untuk menggerakkan papan seluncur di atas air.

Serta di Pantai Swarangan tidak ada batuan karang di tepian pantainya sehingga pas banget untuk melakukan surfing atau selancar air.

Tipe ombak di Pantai Swarangan ialah Tipe Rolling, merupakan jenis ombak yang paling aman untuk kegiatan surfing. Sehingga para pemula dapat melakukan kegiatan surfing disini.

Simak Juga: Pantai Rindu Alam

3. Keseruan Menunggu Datangnya Ombak

bermain ombak pantai swarangan
bermain ombak pantai swarangan. google maps. sumber: Oppo A3s

Jika kamu enggan atau belum berani untuk bermain surfing, kamu dapat bermain air laut di pinggiran pantainya. Menunggu kedatangan ombak kemudian berlari menjauhinya.

Atau membiarkan air lautnya menyentuh kaki bahkan tubuhmu, keseruan yang tak terkira ketika mengunjungi sebuah pantai.

Kemudian kegiatan kamu di Pantai Swarangan alangkah baiknya jika diawali dengan menyaksikan sunrise atau matahari terbit yang sangat indah dan lembut.

Tips Mengunjungi Pantai Swarangan

Ketika kamu berencana untuk mengunjungi Pantai Swarangan sebaiknya simak beberapa tips wisata berikut:

  • Bawalah bekal makanan atau minuman yang cukup, karena di sekitar Pantai Swarangan masih minim warung.
  • Gunakan sunblock, kacamata hitam, ataupun topi untuk menghindari paparan sinar matahari.
  • Lebih seru jika mengajak serta keluarga ataupun kawan komunitas ketika mengunjungi Pantai Swarangan.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian Pantai Swarangan.
  • Selalu awasi anak-anak ketika bermain air.
tempat yang nyaman untuk menenangkan diri
tempat yang nyaman untuk menenangkan diri. google maps. sumber: Andhika PJ

Penginapan

Di sekitar Pantai Swarangan belum tersedia penginapan ataupun homestay untuk kamu sewa, kamu dapat menemukan penginapan lebih dari 20 km dari Pantai Swarangan.

Penutup

Sekian ulasan mengenai Pantai Swarangan yang ada di Kalimantan Selatan, pantai sepi namun indah yang dapat kamu kunjungi bersama keluarga atau komunitas yang kamu miliki.


Tinggalkan komentar