Puri Maerokoco, Taman Mininya Jawa Tengah

0

Siapa yang tidak mengenal Taman Mini. Kawasan yang bisa dibilang sebagai tempat mengenal Indonesia ini memamg menarik untuk dikunjungi. Tidak hanya untuk belajar mengenal keberagaman di Indonesia saja. Melainkan, untuk menikmati beberapa wahana yang ada di kawasan ini pun juga menarik.

Nah, kali ini bukan Taman Mini Indonesia Indah yang akan kita jelajahi. Melainkan, Taman Mininya Jawa Tengah. Adakah yang tahu dimana letaknya taman mininya jawa tengah? Bagi warga semarang pasti sudah tahu. Letaknya berada di Puri Maerokoco. Disinilah keberagaman Jawa Tengah bisa disaksikan dan dinikmati secara mendalam.

dago dream park

dago dream park info

Maerokoco Overview 1
Image via: www.instagram.com/vegaviditama

Profil Puri Maerokoco

Puri Maerokoco adalah taman yang berada di kawasan pusat rekreasi dan promosi pembangunan. Disini, sobat native akan dihibur dengan banyaknya rumah adat yang dikenal dengan nama anjungan. Terdiri dari 35 kabupaten atau kota. Selain berbetuk sebuah rumah, di dalamnya juga terdapat berbagai macam hasil industri khas masing-masing daerah.

Sejarah mencatat kawasan dengan luas 23,84 ha ini dibangun pada tahun 1980an oleh Gubernur Ismail. Nama Maerokoco sendiri diambil dari bagian apos Mahabharata yang menceritakan tentang salah seorang dewi yang ingin memeiliki seribu bangunan dalam satu malam.

Hutan Mangrove

Demi memenuhi kebutuhan wisatawan puri maerokoco pun dibangun kembali. Dengan mempertahankan anjungan sebagai salah satu daya tarik. Namanya pun berubah menjadi grand maerokoco, dengan pemandangan hutan mangrove yang elegan, esoktis, membuat kebanyakan wisatawan akan terhipnotis dengan pemandangan ini.

Hutan ini didirikan di atas perairan di pinggir pantai Kota Semarang. Salah satu yang menarik dan tidak boleh terlewatkan adalah menyusuri setiap jengkal hutan mangrove. Berjalan perlahan sembari menikmati suasana dan udara yang sangat segar. Selain itu, nuansanya pun tenang, reduh serta damai.

Baca Juga :  Review Tempat Wisata Di Ciwidey Terbaik Untuk Anda!

Sangat cocok bagi sobat native yang membutuhkan tempat untuk menenangkan diri. Menghilangkan penat disini adalah sebuah kewajiban. Karena, akan banyak inspirasi bermunculan bersama dengan ekosistem burung yang bisa dilihat disini.

Maerokoco Sun
Image via: www.instagram.com/tj.argio

Selain berjalan melintasi jalan setapak. Sobat native juga bisa menyewa beberapa sampan atau perahu mesin. Kedua fasilitas ini disediakan bagi sobat native yang ingin merasakan hembusan semilir angin atau ingin menjelajahi kawasan hutan mangrove yang dikenal memiliki daya pikat yang luar biasa.

Dengan menggunakan perahu ini sobat native akan diajak menyusuri sebuah telaga di hutan mangrove. Selain itu, sobat native juga akan dihibur dengan beberapa aksi memukau dari ikan-ikan bandeng yang bermunculan dengan cara melompat-lompat. Karena aksi mereka inilah, ikan bandeng ini disebut dengan ikan bandeng terbang.

Nah, setelah puas menyusuri telaga. Sobat native juga bisa diantar di sebauh café yang mengambang di telaga. Café ini biasa disebut dengan nama angkringan ngambang. Disini, sobat native akan disambut dengan berbagai macam menu makanan yang super nikmat. Selain itu, berbagai macam minuman yang menyegarkan pun siap disuguhkan.

Maerokoco Cafe
Image via: www.instagram.com/_anisacr

Menariknya lagi, pada saat malam hari. Café ini akan berubah wajah dengan hadirnya berbagai macam lampion-lampion. Serta ada juga lampu teplok yang menjadi daya pikat yang berbeda dari yang lain. Nuansa romantis akan sangat terasa bila, sobat native mau mencoba menikmati kawasan ini saat malam hari.

Rekreasi

Selain hutan mangrove, sobat native juga akan dihibur dengan beberapa sarana prasana yang bisa dimanfaatkan seperti desa wisata, becak air, istana anak-anak Indonesia. Arena playground serta wahana waterboom yang sangat menyenangkan. Disarankan untuk datang lebih pagi ke kawasan ini.

Pada saat datang musim liburan, sarana rekreasi ini akan dipenuhi oleh banyak wisatawan. Untuk memacu adrenalin, kawasan ini juga menyediakan arena flying fox. Serta paintball yang sangat menyenangkan. Bagaimana, sudah punya bayangan mengenai kawasan ini?

Baca Juga :  5 Lokasi Wisata Kebun Teh yang patut anda kunjungi

Satu lagi yang tidak boleh dilewatkan adalah hadirnya museum iptek dan kereta gantung serta gedung opera. Ketiga tempat ini mencerminkan bahwa, Puri Maerokoco bukan hanya sebagai tempat wisata tetapi, juga bisa digunakan sebagai sarana edukasi dan juga rekreasi wajib bagi sobat native yang mungkin bingung mau kemana weekend kali ini.

Maerokoco Rowing
Image via: www.instagram.com/wonderfulsoloraya

Tempat Yang Instagramable

Datang kesini jangan lupa untuk membawa senjata wajib berupa kamera. Entah kamera profesional atau kamera handphone. Karena, kawasan ini sangat instagramble. Dimulai dari kawasan hutan mangrove yang esoktik ditambah lagi hadirnya miniature canda di masjid agung yang terlihat sangat kokoh dan mempesona.

Saking instagramablenya kawasan ini pun sering digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding. Terlebih lagi dengan kehadiran beberapa taman-taman seperti taman bunga warna-warni, taman apotek hidup, taman burung yang menambah keindahan kawasan ini.

Maerokoco Temple
Image via: www.instagram.com/lusiwahyudiani

Event dan Festival

Berbicara jam buka ini sangat menarik karena kawasan ini akan buka pada pukul 8 pagi sampai pukul 5 sore. Tetapi, pada saat week end kawasan ini akan tutup sampai malam. Nah, pada saat week end ini pula sobat native akan dihibur dengan berbagai macam event menarik.

Event kerajinan tangan, pakaian tradisional akan hadir disini. selain itu tersiar kabar pada bulan November akan ada festival puri maerokoco. Dimana sobat native akan disuguhkan dengan berbagai macam menu kuliner yang lezat dan berbagai macam pertunjukkan tradisional.

Baca Juga :  Goa Pindul, Petualangan Cave Tubing Yang Asyik Banget

Dan kabarnya selama festival ini akan buka sampai malam selama satu bulan. Bagaimana menarik bukan? Jangan sampai terlewatkan event ini ya sobat native.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat Puri Maerokoco berada di Jl Yos Sudarso, Tawangsari, Semarang Barat, Kota Semarang, Jawa tengah, 50144. Menuju ke tempat ini sebenarnya sangat mudah karena letaknya yang berada di tengah kota. Dari simpang lima arahkan kendaraan menuju ke tugu muda. Kemudian, lurus hingga sampai di lampu merah.

Setelah sampai di lampu merah di kanan jalan akan ada papan petunjuk yang bertulisakan prpp. Nah, sobat native bisa belok ke kanan dan ikuti papan petunjuk yang sudah banyak tersedia di kawasan ini. sobat native juga bisa menggunakan transportasi umum dengan menggunakan bus yang akan mengantar wisatawan menuju ke prpp. Atau bisa juga dengan naik ojek online.

Maerokoco Dock
Image via: www.instagram.com/prime.pective

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya pun cukup murah hanya dengan membayar 10 ribu rupiah saja, sobat native bisa menikmati keindahan kawasan ini. selain itu, sobat native akan ditarik traif untuk parkir sebesar 5 ribu rupiah untuk mobil dan juga 3 ribu rupiah untuk motor.

Bagi sobat native yang ingin menikmati berbagai macam wahana, bisa membayarnya dengan harga mulai dari 5 ribu rupiah saja. Bagaimana harga yang cukup murah bukan? Untuk berbagai macam fasilitas yang diberikan oleh taman ini.

Puri maerokoco adalah sebuah kawasan yang lengkap dan penuh dengan sarana edukasi. Tidak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan bagaimana keindahan kawasan ini. sobat native harus datang sendiri dan buktikan sendiri. Jadi, kapan mau berkunjung ke kawasan ini? Puri Maerokoco sudah mengunggumu.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.