Air Terjun Umbul Songo, Wajah Baru Wisata Kopeng Di Taman Nasional Gunung Merbabu

Taman Nasional Gunung Merbabu adalah Taman Nasional yang mecakup keseluruhan kawasan hutan yang berada di Gunung Merbabu Provinsi Jawa Tengah.

Taman Nasional Gunung Merbabu
Taman Nasional Gunung Merbabu. Sumber : tngunungmerbabu.org

Di Taman Nasional Gunung Merbabu, ternyata banyak sekali menyimpan ragam wisata yang mampu mengundang banyak sekali wisatawan untuk datang. Salah – satunya Air Terjun Umbul Songo.

Bagi orang yang dahulu pernah ke Air Terjun Umbul Songo, kemungkinan besar akan menyebut lokasi wisata Air Terjun Umbul Songo tidak menarik.

Lain dulu, lain sekarang. Objek wisata Air Terjun Umbul Songo Kopeng kini sudah mewujud menjadi sebuah objek wisata yang mampu menyajikan keindahan di setiap sudutnya.

Air Terjun Umbul Songo
Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dan inilah informasi terkini tentang Air Terjun Umbul Songo.

Sejarah Penamaan Air Terjun Umbul Songo

Secara bahasa, kata umbul berarti mata air, dan kata songo berarti sembilan. Sejarah penamaan Air Terjun Umbul Songo diambil dari sumber mata air yang mengalir ke air terjun tersebut.

Sejarah Singkat Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Status Air Terjun Umbul Songo sebagai bagian Taman Wisata Alam, atau sebagai objek wisata sudah dari tahun 1980 an. Namun penataan lokasi wisatanya sempat terhenti karena transisi status kawasan menjadi Taman Nasional.

Pada mulanya, status kawasan tersebut wilayah Hutan Lindung yang pengelolaanya di bawah Perum Perhutani, dan Taman Wisata Alam (TWA) Tuk Songo Gunung Merbabu sebagai kawasan konservasi, yang pengelolaanya di bawah BKSDA Provinsi Jawa Tengah.

Nah, bagi orang yang berkunjung di masa transisi ini akan berpendapat bahwa lokasi wisata Air Terjun Umbul Songo pasti tidak terlalu menari. Karena memang penataan lokasi wisatanya terhenti.

Hal yang ke dua diakibatkan oleh aliran air yang menuju Air Terjun Umbul Songo harus melalui pemukiman penduduk terlebih dahulu.

Konsekuensi logisnya adalah, kejernihan air menjadi berkurang, serta banyaknya sampah yang terbawa menuju air terjun karena minimnya kesadaran lingkungan.

Namun, kini hal tersebut hanyalah menjadi memori masa lalu yang akan terlupakan oleh pesona wisata Air Terjun Umbul Songo terkini. Meskipun sampah masih bisa dijumpai di air terjun, namun itu hanya sedikit sekali.

Wajah baru objek wisata Air Terjun Umbul Songo sudah mewujud menjadi lokasi wisata alam yang sangat instagramable, dengan ragam wisata yang cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga.

Trekking Menuju Air Terjun Umbul Songo

Jika sebelumnya untuk sampai ke lokasi utama Air Terjun Umbul Songo harus bersusah payah melalui jalur yang masih berupa lapisan tanah, maka kini trekking menuju Air Terjun Umbul Songo dipenuhi dengan sajian keindahan alam dengan ragam spot kekinian.

Gapura Masuk Air Terjun Umbul Songo
Gapura Masuk Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View pertama yang akan terlihat saat berada di area sebelum Air Terjun Umbul Songo adalah gapura masuk yang sudah ada dari  pertama lokasi wisata Air Terjun Umbul Songo hadir.

Konsep lamanya masih dipertahankan, hal ini bisa terlihat dari atapnya yang masih terbuat dari bahan bambu, dengan arsitektur klasik jaman dulu.

Gapura Jaman Dahulu
Gapura Jaman Dahulu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di sekitar area  tersebut juga banyak quote naratif, serta informasi wisata yang dibutuhkan oleh para pengunjung. Seperti peta kawasan wisata, serta narasi untuk menjaga kelestarian dan kebersihan lingkungan.

View Di Lokasi Pertama
View Di Lokasi Pertama. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Trekking selanjutnya adalah melalui anak tangga, dengan kondisi jalur perjalanan yang sudah tertata baik, diserta pagar pembatas yang sudah terpasang di pinggirannya.

Tidak lama berselang, saat kaki masih menapaki anak tangga, view Air Terjun Umbul Songo sudah dapat terlihat. Dan terdapat sebuah jembatan besi yang berada di depan air terjun tersebut.

View Lokasi Utama Air Terjun Umbul Songo
View Lokasi Utama Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Itulah lokasi utama Air Terjun Umbul Songo. Sebuah air terjun yang berada di Taman Nasional Gunung Merbabu Provinsi Jawa Tengah.

Pesona Keindahan Dan Ragam Wisata Di Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Wajah baru objek wisata Air Terjun Umbul Songo terkini adalah sajian ragam wisata yang tidak hanya terpaku kepada air terjun saja, namun kini terdapat spot dan ragam wisata lainnya yang sangat instagramable.

Dan inilah beberapa daya tarik objek wisata Air Terjun Umbul Songo terkini :

1. Air Terjun Umbul Songo

Air Terjun Umbul Songo memiliki ketinggian sekitar 15 meter. arus air yang turun tidak terlalu deras, sehingga kolamnya menjadi tidak dalam.

Pesona Keindahan Air Terjun Umbul Songo
Pesona Keindahan Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hanya saja kondisi airnya tidak terlalu jernih, karena aliran air sebelum sampai ke air terjun harus melewati terlebih dahulu pemukiman penduduk.

jika dahulu banyak sampah yang ikut ke Air Terjun Umbul Songo, kini panorama sampah hampir sudah tidak ada. Meskipun demikian, Air Terjun Umbul Songo tetap menjadi pesona utama dari objek wisata ini.

Jembatan Besi Di Depan Air Terjun Umbul Songo
Jembatan Besi Di Depan Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

2. Kolam Renang

Dahulu memang ada juga kolam renang yang lokasinya dekat dengan Air Terjun Umbul Songo. Namun sekarang lokasinya berpindah, tetapi tidak terlalu jauh.

Lokasi kolam renang tersebut berada setelah lokasi Air Terjun Umbul Songo. Kolam renangnya sangat bagus, bahkan wahananya juga sangat cocok untuk anak-anak.

Kolam Renang Dekat Air Terjun Umbul Songo
Kolam Renang Dekat Air Terjun Umbul Songo. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Di lokasi kolam renang tersebut terdapat gazebo, prosotan, wahana seluncur anak, serta kamar bilas, dan kamar ganti. Jika anda naik ke atas menara tempat seluncuran, anda akan melihat pesona keindahan alam sekitar yang begitu indah.

Air kolam renang tersebut sangat dingin, meskipun saat di siang hari. Kolam renang di tengah hutan menyajikan sensasi saat berenang yang jarang sekali didapatkan.

3. Jembatan Kayu

Lokasinya setelah kolam renang. Sebuah jembatan kayu yang terhubung dari satu pohon menuju pohon yang ada di seberangnya. Spot ini menjadi spot favorit pengujung untuk melakukan selfie, vlog, maupun konten lainnya untuk kebutuhan media sosial.

Spot Jembatan Kayu
Spot Jembatan Kayu. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Dua pohon dengan masing – masing tedapat rumah pohon yang dihubungkan oleh jembatan gantung yang terbuat dari kayu. Maksimal orang yang berada di jembatan hanya 5 orang saja.

Jembatan Kayu Di Atas Pohon
Jembatan Kayu Di Atas Pohon. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View saat di atas adalah pemandangan kawasan hutan yang asri, serta sebuah taman hutan yang sudah tertata secara baik, dan sangat cocok untuk hunting foto.

Pesona Alam Sekitar
Pesona Alam Sekitar. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Umbul Songo

Lokasi Air Terjun Umbul Songo terletak di lereng Gunung Merbabu. Alamat Air Terjun Umbul Songo berada di Desa Kopeng, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.

Rute Menuju Air Terjun Umbul Songo

Rute menuju lokasi wisata Air Terjun Umbul Songo bisa melalui Salatiga. Jarak dari Salatiga hanya 15 kilometer saja.

Tiket Masuk Air Terjun Umbul Songo

Harga tiket masuk Air Terjun Umbul Songo Rp. 10.000 per orang. Dan ada biaya tambahan jika pengunjung menikmati spot lainya, seperti kolam renang.

Jam Operasional Air Terjun Umbul Songo

Jam operasional Air Terjun Umbul Songo buka dari pukul 05.00 – 19.00, dari hari Senin – Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Umbul Songo

Penginapan di sekitar lokasi wisata Air Terjun Umbul Songo bisa di rumah – rumah penduduk terdekat. Hal ini sudah biasa dilakukan, dan penduduknya juga sangat ramah. Selain itu, harganya tidak menguras isi dompet.

Penutup

Itulah wajah baru Air Terjun Umbul Songo. Semoga kesadaran lingkungan bisa menjadi trend kekinian juga. Selamat berlibur, dan selalu patuhi protokol keamanan, dan kesehatan ya…

Baca juga:

Leave a Comment