Air Terjun Jeruk Manis, Wisata Alam Jerman Di Lereng Gunung Rinjani

Sebuah pegunungan yang beriklim tropis, serta memiliki sumber mata air sendiri, merupakan kemungkinan terbesar bahwa di gunung tersebut terdapat sebuah air terjun.

Iklim yang tropis di sebuah pegunungan sangat identik dengan lebatnya hutan yang tumbuh mengelilinginya. Maka tidak mengeherankan, jika air terjun sering dibahasakan sebagai harta karun yang tersembunyi.

Begitupun dengan Air Terjun Jeruk Manis yang ada di Nusa Tenggara Barat. Lokasi Air Terjun Jeruk Manis terletak di lereng Gunung Rinjani. Sebuah gunung legendaris di kalangan pecinta alam.

Air Terjun Jeruk Manis
Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Jeruk Manis menjadi bagian harta karun yang mulai terkuak yang ada di Rinjani. Harta karun tersebut akhirnya bisa dinikmati oleh orang banyak.

Sejarah Air Terjun Jeruk Manis Nusa Tenggara Barat

Air Terjun Jeruk Manis pertama kali ditemukan pada tahun 1983 oleh salah – seorang masyarakat sekitar yang bernama Bapak Muis.

Setelah itu, mulailah setahap demi setahap Air Terjun Jeruk Manis ditata untuk dijadikan sebagai objek wisata alam lereng Gunung Rinjani.

Penataannya memang masih belum optimal, seperti jalur trekkingnya, serta ragam fasilitas serta wahana yang disajikan. Meskipun demikian, nilai alami Air Terjun Jeruk Manis mampu memikat mata wisatawan untuk datang ke lokasi tersebut.

Gempa Di Air Terjun Jeruk Manis
Gempa Di Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Namun sayangnya, bagi orang yang pernah berkunjung ke objek wisata Air Terjun Jeruk Manis sebelum gempa Lombok terjadi, maka di jalur trekking akan terdapat banyak sekali monyet.

Selain itu, di kolam utamanya, para pengunjung bisa melakukan aktivitas mandi dan berenang. Namun kini pasca gempa, populasi monyet menjadi berkurang.

Air Terjun Jeruk Manis Pasca Gempa
Air Terjun Jeruk Manis Pasca Gempa. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Serta aktivitas wisata berenang menjadi tidak ada, karena kolam utamanya sudah tidak ada, hancur oleh longsoran tebing yang ada di atas Air Terjun Jeruk Manis.

Sisanya, masih tetap sama. Tidak jauh berbeda situasinya dengan sebelum gemmpa Lombok terjadi.

Trekking Menuju Air Terjun Jeruk Manis

Pengunjung yang ingin datang ke lokasi wisata Air Terjun Jeruk Manis bisa menggunakan mobil maupun motor. Kondisi jalannya juga suda cukup baik.

Kendaraan hanya bisa sampai di lokasi parkiran saja. Karena untuk sampai di lokasi utama Air Terjun Jeruk Manis, para pengunjung harus melakukan trekking.

Di gapura utama objek wisata Air Terjun Jeruk Manis tertulis Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena status kawasan tersebut sebagai bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Gerbang Utama Air Terjun Jeruk Manis
Gerbang Utama Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jika status sebuah lokasi sebagai Taman Nasional, maka sangat jelas bahwa ekosistem yang ada di kawasan tersebut sangat dilindungi. Tidak mengherankan jika sebelum gempa terjadi, banyak sekali monyet yang “menyapa” para pengunjung.

Trekking dari area parkir menuju Air Terjun Jeruk Manis cukup jauh. Jaraknya sekitar 1,5 kilometer. Jalurnya memang sudah terbentuk, hanya saja masih terbuat dari batu muka yang pasangi kansteen di pinggirannya.

Trekking Menuju Air Terjun Jeruk Manis
Trekking Menuju Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Jalurnya cukup lebar, serta di sepanjang perjalanan dipenuhi oleh daun – daun yang berjatuhan dari pohon yang ada di sekitarnya.

Trekking menuju Air Terjun Jeruk Manis tidaklah terlalu ekstrim. Dan yang jika beruntung, anda akan bertemu dengan sekawanan monyet yang bergelantungan di atas pohon, atau berada di jalur trekking.

Trekking terakhir adalah menapaki turunan, dan di titik tersebut, para pengunjung harus berhati – hati karena sedikt licin. Di titik itu juga, view Air Terjun Jeruk Manis sudah bisa terlihat.

View Di Trekking Terakhir
View Di Trekking Terakhir. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Hanya tinggal beberapa saat lagi anda akan sampai di lokasi utama Air Terjun Jeruk Manis. Dan anda akan melihat air terjun yang cukup tinggi, dengan view alam yang sangat manis.

Pesona Keindahan Air Terjun Jeruk Manis

Jika anda datang ke Lombok Timur, kemudian ada masyarakat setempat yang mengajak jalan – jalan ke Jerman, maka anda tidak usah panik harus menyiapkan persyaratan administratif ke luar negeri.

Karena istilah Jerman bagi masyaarakat Lombok Timur adalah kependekan kata dari Air Terjun Jeruk Manis. Keren dan unik kan?

Jadi istilah Jerman bukanlah sebuah negara yang ada di Eropa, namun sebuah air terjun elok yang berlokasi di lereng Gunung Rinjani, yaitu Air Terjun Jeruk Manis.

Air Terjun Jeruk Manis Alias Jerman
Air Terjun Jeruk Manis Alias Jerman. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Air Terjun Jeruk Manis memiliki ketinggian 30 meter. Arus air yang turun tidak terlalu deras, namun airnya sangat jernih dan dingin.

Pasca gempa, kolamnya kini sudah tidak ada. Jadi para pengunjung hanya bisa melakukan aktivitas wisata bermain air, atau mandi di bawah guyuran air terjun, dan hunting foto.

Pesona alam sekitar sangat indah, dari mulai tebing batu yang kokoh, serta hijaunya lumut dan tumbuhan di sekitar tebing, semakin menambah suasana asri.

View Alam Sekitar Air Terjun Jeruk Manis
View Alam Sekitar Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

View di depan air terjun adalah sungai yang didominasi oleh bebatuan besar. Kunjungan terbaik ke objek wisata Air Terjun Jeruk Manis salakan tidak di puncak musim hujan.

Nikmati sensasi wisata alam Jerman di lereng Gunung Rinjani dengan secangkir kopi hangat. Tapi pengunjung harus membawa bekal sendiri ya… Karena di lokasi utama, dan di sepanjang jalur tidak ada warung yang berjualan.

Pesona Keindahan Air Terjun Jeruk Manis
Pesona Keindahan Air Terjun Jeruk Manis. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Jeruk Manis

Lokasi Air Terjun Jeruk Manis berada di lereng Gunung Rinjani. Alamat Air Terjun Jeruk Manis berada di Desa Kembang Kuning, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa tenggara Barat.

Rute Menuju Air Terjun Jeruk Manis

Rute untuk sampai di objek wisata Air Terjun Jeruk Manis harus menggunakan kendaraan pribadi, atau rental. Karena di sana belum tersedia angkutan umum.

Jika perjalanan anda dimulai dari Mataram, maka jarak tempuhnya sekitar 50 kilometer. Dan waktu tempuhnya bisa sampai 2 jam perjalanan.

Arah pertama dari Mataram menuju daerah Cakranegara. Kemudian lanjutkan ke daerah Narmada, dan Sedau. Setelah itu, lanjutkan ke Mantang, Kopang, dan Sikur.

Setelah masuk daerah Masbagik, maka tidak lama lagi anda akan masuk ke Desa Kembang Kuning tempat Air Terjun Jeruk Manis berada.

Dari lokasi parkiran, lanjutkan dengan cara trekking sejauh 1,5 kilometer.

View Alam Saat Trekking
View Alam Saat Trekking. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Harga Tiket Masuk Air Terjun Jeruk Manis

Harga tiket masuk Air Terjun Jeruk Manis adalah :

  • Rp. 5.000 Weekday
  • Rp. 7.500 Weekend
  • Rp. 1.000 Asuransi

Jam Operasional Air Terjun Jeruk Manis

  • Jam operasional Air Terjun Jeruk Manis buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00.
  • Air Terjun Jeruk Manis buka dari Hari Senin Sampai dengan hari Minggu.

Penginapan

Tidak ada penginapan di objek wisata Air Terjun Jeruk Manis. Karena lokasinya berstatus Taman Nasional.

Penutup

Itulah info lengkap tentang Air Terjun Jeruk Manis alias Jerman di lereng Gunung Rinjani. Bagi pengunjung yang datang, selalu patuhi protokol kesehatan, serta protokol kemanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah dan pihak pengelola.

Larangan Di Taman Nasional
Larangan Di Taman Nasional. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Karena statusnya sebagai Taman Nasional, maka pengunjung dilarang keras merusak ekosistem yang ada di sana. Dan jangan membuang sampah sembarangan, karena “Sampahmu,Adalah Dosamu”.

Baca juga:

Leave a Comment