Air Terjun Benang Stokel, Review Lengkap Harga Tiket, Rute, Mitos, Dan Sejarah Penamaan

Provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan salah-satu tujuan wisata bagi wisatawan lokal maupun, turis mancanegara. tentu saja karena pesona alam yang dimiliknya.

Bahkan beberapa lokasi sudah diakui dunia. Misalnya Rinjani – Lombok UNESCO Global Geopark adalah kawasan yang diakui oleh UNESCO sebagai Taman Bumi Dunia.

Dan tahukah anda bahwa di area Geopark Rinjani, terdapat 2 buah keindahan alam yang berbentuk air terjun? Namanya Air Terjun Benang Stokel, dan Air Terjun Benang Kelambu.

Air Terjun Benang Stokel
Air Terjun Benang Stokel. Sumber : www.tempatwisata.pro

Dan edisi kali ini kita akan membahas tentang Air Terjun Benang Stokel secara lengkap. Bagi anda yang belum tahu tentang Air Terjun Benang Kelambu, maka bisa klik link nya di sini nativeindonesia.com karena sudah pernah dibahas di edisi sebelumnya.

Langsung saja kita simak deskripsi lengkap tentang Air Terjun Benang Stokel!

Trekking Atau Jalan Ke Air Terjun Benang Stokel

Lokasi wisata Air Terjun Benang Stokel merupakan lokasi wisata yang cocok bagi keluarga, karena selain jalurnya yang aman, area wisata Air Terjun Benang Stokel mampu menjadi destinasi wisata edukasi.

Wajar saja jika banyak turis asing yang datang ke lokasi Air Terjun Benang Stokel, karena dari gapura utama Rinjani Geopark sudah disuguhkan dengan view alam yang beitu indah.

Geopark Rinjani
Geopark Rinjani. Sumber : baiqtania.blogspot.com

Selain itu, penataan fasilitasnya juga sudah cukup lengkap. Area parkirannya cukup luas, serta banyak juga warung yang menjajakan makanan dan minuman.

Trekking menuju lokasi utama Air Terjun Benang Stokel diawali dengan memasuki sebuah gapura Wisata Alam Air Terjun Benang Stokel Dan Benang Kelambu.

Jalur trekkingnya lebar, sehingga para pengunjung dapat leluasa berjalan. Tidak terlalu menanjak ataupun tidak curam. Dan jalurnya sudah berlapiskan plesteran tembok.

Trekking Menuju Air Terjun Benang Stokel
Trekking Menuju Air Terjun Benang Stokel. Sumber : www.youtube.com

Selanjutnya, perjalanan traveler akan dipenuhi view pohon-pohon yang menambah keteduhan perjalanan. Jalur trekking juga cocok sebagai spot selfie yang instagramable.

Yang luar biasa, ketika di perjalanan para pengunjung akan bertemu dengan hewan penghuni kawasan tersebut, yaitu monyet.

Sebagai sebuah catatan, monyet tersebut memang nampak lucu. Namun jika anda mengganggunya, maka monyet tersebut bisa menyerang anda. Amankan juga barang-barang anda, terkadang monyet tersebut bertingkah jahil.

Tanda lokasi utama Air Terjun Benang Stokel sudah dekat ketika perjalanan anda mulai menuruni anak tangga. Dari lokasi tersebut sebetulny Air Terjun Benang Stokel sudh bisa terlihat, namun viewnya belum utuh.

Setelah turunan, kemudian melewati sebuah jembatan. Trekking terakhir adalah melalui hamparan rerumputan serta gazebo yang menarik.

Spot Trekking Terakhir
Spot Trekking Terakhir. Sumber : www.lomboksociety.web.id

Dan akhirnya anda akan sampai di tujuan utama yaitu Air Terjun Benang Stokel. Terdapat 2 air terjun yang berdampingan, itulah ciri Air Terjun Benang Stokel.

Lokasi Utama Air Terjun Benang Stokel
Lokasi Utama Air Terjun Benang Stokel. Sumber : mobillombok.com

Jika suhu badan anda masih berkeringat, baiknya istirahat dulu di gazebo terdekat.

Sejarah Penamaan Atau Asal-Usul Penamaan Air Terjun Benang Stokel

Sejarah penamaan Air Terjun Benang Stokel dikarenakan air terjun tersebut mirip dengan gulungan benang. Stokel yang berarti gulungan, Benang Stokel berarti gulungan Benang.

Legenda Di Air Terjun Benang Stokel

Legenda yang berkembang di Air Terjun Benang Stokel terkait tentang legenda Dewi Anjani. Sosok yang berparas cantik, dan tinggal di Gunung Rinjani.

Di waktu-waktu tertentu, Dewi Anjani turun ke lokasi Air Terjun Benang Stokel untuk mandi. Sehingga lokasi Air Terjun Benang Stokel dikenal sebagai lokasi pemandian Dewi Anjani.

Mitos Air Terjun Benang Stokel

Di balik keindahan Air Terjun Benang Stokel tersimpan mitos yang berkembang dari mulut ke mulut dan dipercaya oleh masyarakat sekitar.

Mitos yang pertama adalah terkait khasiat Air Terjun Benang Stokel. Bagi orang yang mandi di lokasi utama Air Terjun Benang Stokel akan terlihat satu tahun lebih muda.

Mitos yang ke dua adalah jalur Rinjani – Air Terjun Benang Stokel sering dijadikan tempat untuk mencari berkah dan keselamatan oleh orang-orang sakti.

Pesona Keindahan Dan Ragam Aktivitas Wisata Di Air Terjun Benang Stokel

Daya tarik dari Air Terjun Benang Stokel adalah sebagai berikut :

1. Pesona Air Terjun

Air Terjun Benang Stokel memiliki 2 air terjun yang saling berdampingan. Adapun ketinggian Air Terjun Benang Stokel sekitar 30 meter.

Kolamnya cukup luas, serta tidak terlalu dalam. Arus air di kolam tersebut tidak deras, dan kolamnya landai langsung menghubukan ke tanah yang sejajar dengan pijakan kaki.

Pesona Dan Ragam Aktivitas Wisata di Air Terjun Benang Stokel
Pesona Dan Ragam Aktivitas Wisata di Air Terjun Benang Stokel. Sumber : wisataairterjundiindonesia.wordpress.com

Air Terjun Benang Stokel bersumber dari mata air langsung yang ada di atasnya, serta airnya cukup jernih, dengan arus air yang turun tidak terlalu deras.

Kondisi air dan kolam menjadikan lokasi Air Terjun Benang Stokel cukup aman untuk melakukan aktivitas bermain air ataupun mandi. Namun harus tetap hati-hati ya…

Mandi Di Air Terjun Benang Stokel
Mandi Di Air Terjun Benang Stokel. Sumber : www.befreetour.com

2. Pesona Keindahan Alam Sekitar

Banyaknya turis asing datang ke lokasi wisata Air Terjun Benang Stokel menjadi bukti bahwa pesona keindahan alam di sekitar air terjun begitu cantik.

Pesona Alam Sekitar Air Terjun Benang Stokel
Pesona Alam Sekitar Air Terjun Benang Stokel. Sumber : paketwisatalombok.id

View saat trekking, view di sekitar air terjun, semuanya adalah keindahan. Di sekitar air terjun terdapat bebatuan besar, hamparan rumput, serta gazebo.

Terdapat jembatan di dekat air terjun, yang sering dijadikan spot selfie favorit pengunjung. Setelah lelah mandi, berenang, atau hunting foto, maka traveler bisa istirahat di gazebo sambil menikmati kesejukan udara sekitar.

Kawasan wisata Air Terjun Benang Stokel mampu menjadi destinasi wisata keluarga dan edukasi. Oleh karena itu abadikan momen kebahagiaan anda bersama keluarga saaat berada di sana.

Lokasi Dan Alamat Air Terjun Benang Stokel

Lokasi Air Terjun Benang Stokel terletak di kawasan Rinjani Geopark Alamat Air Terjun Benang Stokel berada di Dusun Pemotoh, Desa Aiq Beriq, Kecamatan Batu Keliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Rute Atau Akse Jalan Menuju Air Terjun Benang Stokel

Rute atau akses jalan menuju lokasi wisata Air Terjun Benang Stokel dari Mataram hanya membutuhkan waaktu sekitar 50 menit, karena jaraknya hanya 30 kilometer.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Benang Stokel

Harga tiket masuk Air Terjun Benang Stokel adalah :

  • Rp. 3.000 per orang untuk wisatawan lokal
  • Rp. 10.000 untuk wisatawan asing
  • Rp. 5.000 parkir motor
  • Rp. 10.000 parkir mobil

Jam Operasional Air Terjun Benang Stokel

Jam operasional Air Terjun Benang Stokel buka dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.30, dari hari Senin sampai dengan hari Minggu.

Penginapan Di Air Terjun Benang Stokel

Sekitar 5 kilometer dari lokasi Air Terjun Benang Stokel, para pengunjung sudah bisa mendapatkan penginapan dengan harga yang sangat terjangkau sekali.

Viewnya cukup bagus. adapun fasilitas ditentukan oleh jenis penginapan serta harga yang ditawarkan.

Penutup

Itulah info lengkap tentang Air Terjun Benang Stokel. Semoga pesona keindahanya mampu tetap terjaga secara baik.

Karena tantangan terbesar adalah sampah dan terganggunya ekosistem yang ada di kawasan tersebut. oleh karena itu diperlukan juga kedewasaan dari para pengunjung.

Tetap aman, dan patuhi protokol kesehatan ya… selamat berlibur !

Baca juga:

Leave a Comment