Air Terjun Benang Kelambu, Kucuran Puluhan Mata Air

Air Terjun Benang Kelambu memperoleh namanya dari penampakan air terjun yang terlihat seperti untaian benang Kelambu. Suara air terjun ini halus, tidak bergemuruh seperti layaknya air terjun kebanyakan.


Air Terjun Benang Kelambu, air terjun bersuara lembut di kaki rinjani
Air Terjun Benang Kelambu. Image via: paketliburanlombok.com

Air terjun benang kelambu berbentuk melebar menyerupai sebuah tirai. Ini membuat bentuk kelambu semakin nyata terwujud. Terlihat sangat indah dan menarik.

Air terjun ini sebenarnya cukup tinggi. Namun karena terbagi menjadi beberapa tingkat, membuat terlihat lebih pendek daripada yang sebenarnya.

Di tingkat pertama, air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 m. Ini adalah Air yang langsung jatuh dari mata air. Sedangkan tingkat kedua yang berada di bagian lebih bawah memiliki ketinggian sekitar 10 m. Yang ketiga tingginya hanya 5 meter saja.

Air terjun tampak semakin cantik dengan tetumbuhan hijau yang ada di dinding tebing air terjun. Menyeruak di antara derasnya air terjun.

Pengalaman akan keindahan semakin sempurna ketika pengunjung menyempatkan diri untuk mandi dan berbasah-basah di bawah air terjun terakhir. Rasa capek yang tadinya menggelayut akan sirna setelah air yang cukup dingin mengguyur sekujur tubuh.

berpose Dibalik tirai air, di air terjun benang kelambu
Di balik Kelambu. Image via: @dennydipayana

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu

Air Terjun Benang Kelambu ini berlokasi di daerah Kabupaten Lombok Tengah bagian utara atau tepatnya di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara.

Air Terjun Benang Kelambu terletak sekitar 32 Kilometer dari Kota Mataram, atau sekitar 1 jam perjalanan

Rute Menuju Air Terjun Benang Kelambu

Pengunjung bisa menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak-Desa Aik Berik. Jika jalan dengan kendaraan pribadi, disarankan bertanya pada penduduk setempat mengenai lokasi air terjun ini. Karena hanya ada satu tanda jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu. Atau juga bisa menanyakan pada petugas hotel.

Jangan lupa untuk membawa minuman, karena mesti berjalan sejauh 1.5 km untuk mencapai lokasi air terjun. Di tengah perjalanan, pengunjung akan mendengar suara gemuruh air terjun. Namun jangan salah, itu adalah suara gemuruh dari Air Terjun Benang Setokel. Di lokasi ini terdapat dua air terjun. Anda bisa mampir sejenak di Air Terjun Setokel ini.

Tangga menuju air terjun benang kelambu.
Tangga menuju air terjun. Image via: tripadvisor.co.za

Dari Air Terjun Benang Setokel, pengunjung bisa melanjutkan perjalanan ke Air Terjun Benang Kelambu dengan berjalan kaki sejauh 1 Km. Namun jangan khawatir, pengunjung akan berjalan di bawah rimbun hutan. Di bagian sisi lain jalan, pengunjung akan menemui area perladangan masyarakat setempat yang ditanami dengan berbagai tanaman. Seperti Nangka, Pisang, Kopi, dan lain sebagainya.

Jika pengunjung tidak membawa makanan, pengunjung bisa membeli di warung-warung di dekat gerbang masuk Air Terjun Benang Kelambu. Sekitar 100 Meter sebelum lokasi air terjun, jalanan mulai menanjak, menaiki anak tangga. Di sisi anak tangga terlihat parit dengan air yang jernih.

Jam Buka Air Terjun Benang Kelambu

Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun benang kelambu mulai dari jam 07.00 sampai jam 17.30 sore. Lebih sore dari itu air terjun secara resmi ditutup dari kunjungan. Pertimbangan keamanan salah satu alasan jam operasional ini. Karena belum adanya penerangan mencukupi di area ini.

Berburu spot foto di air terjun benang kelambu
Berebut spot foto. Image via: Safril Ahmad

Simak juga: air terjun Takapala.

Tiket Air Terjun Benang Kelambu

Di pintu masuk air terjun benang kelambu, Pengunjung perlu membayar Rp. 5.000  untuk bisa masuk ke lokasi air terjun.

Fasilitas Air Terjun Benang Kelambu

Satu-satunya fasilitas yang disediakan di objek wisata adalah toilet sekaligus merangkap sebagai kamar ganti. Fasilitas ini untuk tempat mengganti pakaian setelah mandi dan berendam di kolam air terjun. Walau demikian, masih bisa dijumpai penjaja asongan makanan dan minuman ringan di dekat pintu masuk Air Terjun Benang Kelambu.

Jika tidak ingin jalan kaki dari area parkir menuju ke air terjun, ada jasa ojek yang ditawarkan oleh masyarakat setempat. Ojek akan mengantarkan kita hingga ke pintu masuk air terjun dengan biaya kurang lebih Rp20.000 sekali Jalan.

seger di bawah air terjun benang kelambu
Seger. Image via: tripadvisor.co.za

Bagi yang ingin cepat sampai atau tidak ingin terlalu capek di jalan, jasa ojek ini bisa jadi alternatif. Walau demikian, jalan kaki sebenarnya sangat menyenangkan mengingat, selain sehat pemandangan alam yang ada di tempat ini juga sangat mengagumkan dan mampu menyejukkan jiwa siapapun yang memandang.

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

  1. Air terjun Tanpa sungai

Yang membuat air terjun ini tampak unik atau berbeda dibandingkan dengan air terjun pada umumnya adalah, airnya yang memang berasal dari mata air, bukan dari sungai. Umumnya air terjun adalah badan sungai yang terpotong oleh jurang. Sehingga membentuk air terjun ke dasar jurang.

Pada air terjun benang tirai, air berasal dari sejumlah mata air yang ada di dinding tebing.  Jumlah mata airnya yang sangat banyak, membuat air terjun tampak seperti keluar dari celah-celah tebing diantara rimbun semak dan tumbuhan yang tumbuh subur.

Tirai Air terjun benang kelambu
Tirai Air. Image via: Nely Ristianingsih

Simak juga: Air Terjun Sipiso-Piso.

Di bagian bawah, terdapat kolam yang memang sengaja dibuat untuk menampung air. Kolam ini bisa dimanfaatkan sebagai tempat mandi atau berendam oleh wisatawan yang berkunjung. Selain mandi dan bahasa-basahan di kolam buatan tersebut.

Pengunjung juga bisa memilih lokasi yang lebih tinggi dengan menaiki bebatuan yang ada di sekitar air terjun tersebut untuk menyaksikan pemandangan yang lebih spektakuler dan indah. Namun dengan syarat, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset.

  1. Air yang Berkhasiat

Masyarakat setempat meyakini bahwa air terjun ini bisa memberikan tuah tertentu kepada siapa pun yang mau mandi atau berendam di sana. Mereka percaya bahwa siapapun yang mandi di tempat ini akan mendapatkan kesembuhan dari berbagai macam penyakit dan awet muda.

Melompat kekesegaran air terjun benang kelambu
Ayo lompat!. Image via: @oddy_septiadi

Kepercayaan tersebut tidak lepas dari keyakinan masyarakat setempat mengenai sumber aiar air terjun ini. Mereka percaya jika sumber air yang ada di tempat ini sebenarnya berasal dari danau Segara Anak yang ada di Gunung Rinjani.

  1. Berdekatan dengan Air Terjun Benang Stokel.

Air terjun yang ditemui lebih dahulu dalam jalan kaki menuju benang kelambu ini, sama-sama menyandang nama yang berkaitan dengan benang. Penduduk setempat mengartikan nama Benang Stokel dalam bahasa sasak berarti segumpal benang.

Nama ini juga diberikan karena bentuk air terjun ini menyerupai benang yang diikat secara menyatu. Air Terjun Benang Stokel ini memiliki 2 buah air terjun yang kira-kira berketinggian kurang lebih sekitar 30 meteran.  Air terjun sebelah kanan memiliki debit air yang lebih kecil dibandingkan dengan sebelah kiri.

Sementara itu di bawah air terjun tersebut terdapat kolam kecil yang dijadikan sebagai tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas.  Kolam ini dapat digunakan oleh para pengunjung dan warga setempat sebagai tempat berenang dan mandi.

pose cantik di air terjun benang kelambu
Merasa cantik. Image via: @viani.okta2

Simak juga: air terjun Sri Gethuk.

Objek Wisata Dekat Air Terjun Benang Kelambu

Setelah menikmati keindahan dan kesegaran berendam dia kolam air terjun benang kelambu, pengunjung yang masih penasaran dengan air terjun, bisa mencoba lokasi lain. Di dekat situ dalam jarak hanya 10 km terdapat air terjun tetebatu.

Walau kurang populer, pesona air terjun ini tidak kalah dengan air terjun yang populer. Seperti Tiu Teja, Mangku Sakti, dan lain sebagainya. Air yang mengalir dari air terjun ini konon adalah berasal dari gunung rinjani. Adapun karakteristik air di Tetebatu yaitu dingin, jernih, dan segar.

Wisata yang menarik lainnya adalah hutan kera atau dikenal dengan Monkey Forest. Kawasan ini berjarak 22 km dari air terjun benang kelambu. Spesies hewan yang berada disana seperti kera, burung dan lainnya. Ketika kamu memasuki hutan ini, pengunjung disambut ratusan suara burung penghuni hutan. Nilai rasanya tentu berbeda dengan suara burung dari dalam Sangkar.

Inilah pembahasan mengenai lokasi wisata air terjun Benang Kelambu yang berada di wilayah Lombok Tengah. Anda harus mengunjungi objek ini jika berlibur ke Lombok. Semoga artikel ini dapat membantu calon pengunjung yang akan berkunjung ke sana.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment