Air Terjun Benang Kelambu, Pendamping Setia Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Kelambu layaknya dua sisi mata uang yang tidak bisa dipisahkan keberadaannya dengan Air Terjun Benang Stokel.

Hal tersebut dikarenakan lokasinya masih dalam satu kawasan yang sama. Hampir semua pengunjung yang datang sudah dipastikan mengunjungi ke dua air terjun tersebut.

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu, dan Air Terjun Benang Stokel terletak di kawasan Geopark Rinjani, atau Rinjani-Lombok UNESCO Global Geopark, sekaligus sebagai Taman Bumi Dunia yang diakui oleh UNESCO.

air terjun benang kelambu
air terjun benang kelambu. google maps. sumber: Loetfi Ono

Simak Juga: Air Terjun Benang Stokel

Air Terjun Benang Kelambu merupakan air terjun yang sudah terkenal hingga ke mancanegara, begitupun dengan pendamping setianya Air Terjun Benang Stokel.

Jika situasi tidak pandemi seperti saat ini, sudah dipastikan anda akan bertemu dengan turis asing yang sedang berwisata di kawasan tersebut.

Hal itu menasbihkan bahwa Air Terjun Benang Kelambu adalah wisata Lombok yang recommended untuk dikunjungi di akhir pekan, maupun saat libur nasional.

Perbedaan Air Terjun Benang Kelambu, Dengan Air Terjun Benang Stokel

air terjun skotel
air terjun skotel. google maps. sumber: AMRULLOH-

Simak juga: 12 objek indah di lombok.

Perbedaan Air Terjun Benang Kelambu dengan Air Terjun Benang Stokel terlihat jelas pada jumlah, serta ketinggian air terjunnya. Air Terjun Benang Stokel memiliki tinggi sekitar 30 meter, dan Air Terjun Benang Kelambu lebih pendek.

Jumlah Air Terjun Benang Kelambu lebih banyak, dibandingkan dengan jumlah Air Terjun Benang Stokel. Air Terjun Benang Stokel hanya memiliki 2 air terjun saja dalam satu lokasi.

Trekking Menuju Air Terjun Benang Kelambu

Trekking menuju lokasi utama Air Terjun Benang Kelambu sama dengan trekking menuju Air Terjun Benang Stokel. Perjalannya sangat menyenangkan, bahkan recommended sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif.

Trekking dimulai dengan melewati sebuah gapura yang bertuliskan Welcome To Geopark Rinjani. Selanjutnya, para pengunjung akan berjalan di jalur trekking yang sudah tertata dengan baik,

Jalurnya terbuat dari lapisan tembok, dan susunan bebatuan, serta dipenuhi dengan panorama alam yang masih terjaga kelestariannya.

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: jasminto el

Simak juga: air terjun Sri Gethuk.

Situasi alam yang masih terjaga dipertegas dengan keberadaan monyet-monyet yang bisa ditemui di sepanjang jalur tersebut.

Para pengunjung disarankan untuk tidak mengganggu, serta mengamankan barang-barang bawaan. Karena dikhawatirkan monyet-monyet tersebut membawa lari barang bawaan anda.

Mitos Di Air Terjun Benang Kelambu

Karena lokasinya masih satu kawasan dengan Air Terjun Benang Stokel, maka mitos di Air Terjun Benang Kelambu pun sama ceritanya.

Mitos di Air Terjun Benang Kelambu terkait dengan cerita khasiat air yang mampu membuat awet muda, serta mencari berkah, dan keselamatan. Karena kawasan tersebut pernah dijadikan tempatnya orang-orang sakti.

Begitupun dengan legenda yang berkembang di Air Terjun Benang Kelambu masih terkait erat sebagai legenda tempat mandinya Dewi Anjani.

Daya Tarik Air Terjun Benang Kelambu

1. Lebih Dari 1 Air Terjun

memiliki aliran air yang jernih
memiliki aliran air yang jernih. google maps. sumber: Loetfi Ono

Simak juga: Air Terjun Sipiso-Piso.

Daya tarik yang pertama dari Air Terjun Benang Kelambu adalah keberadaan air terjunnya yang lebih dari satu, serta berada dalam satu lokasi utama yang sama.

Arus air yang turun tidaklah deras, bahkan cenderung mengalir di tebing batu sehingga membuat mata yang memandang seakan melihat tirai yang terjulur ke bawah.

Itulah kenapa disebut dengan Air Terjun Benang Kelambu, layaknya benang kelambu dari air yang turun ke bawah melalui dinding batu terebut.

2. Taman Indah Di Area Geopark

dikelilingi alam yang indah
dikelilingi alam yang indah. google maps. sumber: jasminto el

Daya tarik selanjutnya adalah panorama alam sekitar Air Terjun Benang Kelambu yang membuat nyaman kunjungan wisata anda.

Karena area tersebut adalah taman yang tertata indah, yang dikelilingi oleh panorama alam Geopark Rinjani. Tangga-tangga, rumput yang hijau, serta beberapa spot selfie menghiasi kawasan tersebut.

Selain itu terdapat juga kolam yang airnya bersumber dari Air Terjun Benang Kelambu. Kolam tersebut bisa dijadikan spot untuk berenang, mandi, atau aktivitas wisata bermain air lainnya.

Lokasi & Alamat Air Terjun Benang Kelambu

Lokasi Air Terjun Benang Kelambu berada di Kabupaten Lombok Tengah bagian utara, alamat lengkapnya ialah di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara.

Rute Menuju Air Terjun Benang Kelambu

Rute menuju Air Terjun Benang Kelambu dari Mataram dengan menempuh jalur Mataram-Narmada-Sedau-Pancor Dau-Teratak dan kemudian tibalah kamu di Desa Aik Berik.

Jarak yang kamu tempuh sekitar 30 km dengan estimasi waktu selama 1 jam perjalanan. Setelah tiba di kawasan Rinjani Geopark, harus melanjutkannya dengan berjalan kaki.

pintu masuk air terjun benang kelambu
pintu masuk air terjun benang kelambu. google maps. sumber: Desta Kamandaka

Simak juga: air terjun Takapala.

Jam Buka Air Terjun Benang Kelambu

Jam operasional Air Terjun Benang Kelambu dibuka setiap hari, mulai pukul 07.00 hingga pukul 17.30 waktu setempat.

Tiket Air Terjun Benang Kelambu

Tiket masuk dan parkir Air Terjun Benang Kelambu sangat murah, yakni:

  • Wisatawan lokal membayar Rp. 3.000,-
  • Wisatawan mancanegara membayar Rp. 10.000,-
  • Rp. 5.000,- biaya parkir motor
  • Rp. 10.000,- biaya parkir mobil
indah banget
indah banget. google maps. sumber: Bakhtiar Dg. Lusa

Fasilitas Air Terjun Benang Kelambu

Fasilitas yang ada di sekitar Air Terjun Benang Kelambu diantaranya:

  • Area parkir
  • Toilet
  • Warung makanan dan minuman
  • Gazebo
  • Spot Foto

Tinggalkan komentar