Bukit Selong, 1 Keindahan Kaki Rinjani di Balik Desa Beleq

Bagi para wisatawan yang mendambakan suasana pemandangan alam pulau Lombok dapat memilih objek wisata Bukit Selong sebagai tujuan wisatanya. Dari area wisata ini, pengunjung dapat menyaksikan panorama alam yang indah dari Gunung Rinjani serta eksotisnya Desa Sembalun.

Bukit Selong merupakan objek wisata berupa perbukitan yang menawarkan keindahan alam Pulau Lombok.
Bukit Selong. Image via: lintasntb.com

Bukit Selong berada di belakang desa Desa Beleq. Desa ini merupakan situs peninggalan sejarah masa lampau yang kini menjadi tempat wisata. Di desa ini, Anda akan melihat tujuh bangunan rumah adat dengan atap bambu dan lantai dari tanah liat bercampur kotoran sapi yang mirip seperti rumah adat Desa Sade.

Untuk mencapai bukit Selong pengunjung tidak perlu bersusah payah melakukan pendakian. Cukup menaiki beberapa anak tangga saja, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan panorama alam yang dihadirkan bukit ini. Hamparan persawahan yang hijau serta deretan perbukitan menjadi suguhan yang dapat dinikmati pengunjung.

Bila datang di pagi hari dan udara cerah tanpa kabut, akan tampak pula Gunung Rinjani di kejauhan. Jika fisik masih kuat, naiklah lagi ke atas untuk mendapatkan pemandangan yang lebih Indah. Namun kita harus berhati-hati, karena untuk naik ke puncak, kita harus menapaki tanah berbatu yang licin.

berada di bukit ini, traveler dapat dimanjakan dengan pemandangan megah Gunung Rinjani dan keindahan Desa Sembalun
kopi selong. Image via: @rendy_rinjani

Simak juga: 12 lokasi wisata populer di Lombok

Lokasi Bukit Selong

Bukit Selong terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bukit nan indah ini berada tepat di belakang Dusun Beleq.

Rute Menuju Bukit Selong

Lokasi Bukit Selong dapat ditempuh dalam waktu 2.5 jam dari Mataram.  Usahakan berangkat pukul 6 pagi dari Mataram, agar pemandangan Rinjani tidak tertutup kabut. Bukit Selong ini berada di area Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Untuk mencapai desa ini, pengunjung bisa mengikuti rute dari kota Mataram -> Pusuk (Monkey’s Forest) -> Pemenang -> Bangsal -> Tanjung -> Gangga -> Kayangan -> Bayan -> Senaru -> Desa Biluk Petung -> Desa Sembalun Lawang.

menara pandang di bukit Selong

Menara Pandang. Image via: journeyera.com

Jam Buka Bukit Selong

Tidak ada ketentuan pasti soal jam buka atau jam operasional bukit Selong ini. Jadi bisa dianggap buka 24 jam sepanjang pekan.

Tiket Bukit Selong

Harga tiket masuk area Bukit Selong sebesar Rp.3,000 bagi wisatwan lokal dan Rp.15,000 untuk wisatawan mancanegara.

Adapun biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Bukit Selong

Area wisata bukit Selong sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Di area ini sudah terdapat toilet, area parkir yang cukup luas, kedai penjual makanan, warung kopi serta area camping. Kemudian di sekitar bukit juga tersedia tempat duduk serta spot-spot instagramable untuk berfoto.

Daya Tarik Bukit Selong

  1. Trekking

Rute trekking menuju puncak bukit Selong.
Rute trekking. Image via: journeyera.com

Simak juga: Puncak Widosari, melihat jogja dari ketinggian 1000 mdpl

Bagi pengunjung yang hendak menikmati keindahan alam yang tersaji di Bukit selong terlebih dulu menysuri jalan setapak. Jalan setapak ini memiliki jalur yang menanjank sehingga membuat pengunjung harus melakukan pendakina. Namun pendakian yang dilakukan meruapakn pendakian kecil dengan beberapa anak tangga yang harus dinaiki.

Selama perjalanan pengunjung akan ditemani oleh rimbunya pepohonan bambu yang hijau dan cukup tinggi. Kemudian, sesampainya di bukit pengunjung bisa langsung memanjakan mata dengan keindahan alam yang tersaji. Potret pemandangan Gunung Rinjani dengan bukit Pergasingan serta perkebunan sebagi penghiasnya tersaji di area bukit ini.

Tak hanya itu, pengunjung juga dapat berswafoto sepuasnya di berbagai sudut bukit ini, salah satu gardu pandang yang menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto.

  1. Panorama yang indah

keindahan alam di lihat dari bukit Selong
Keindahan. Image via: journeyera.com

Pada saat mencapai puncak, pengunjung akan langsung disambut oleh indahnya pemandangan bukit Pergasingan yang hijau. Dari ketinggian ini pula perkebunan yang luas milik warga terlihat secara utuh. Di sisi lain, pemandangan yang hijau ini mampu menjadi penghilang stress serta dapat membuat pikiran kembali segar kembali.

Kemudian dari ketinggian ini juga, keindahan desa Sembalun nampak begitu jelas. Untuk dapat menikmati pemandangan ini lebih pusa lagi, pengunjung dapat menuju tempat yang lebih tinggi yaitu bukit yang berada di belakan bukit Selong.

Pengunjung juga dapat mengabadikan momen tak terlupakan pada saat berada di bukit ini dengan berfoto ria. Salah satuu spot foto yang menjadi incaran banyak pengunjung adalah spot foto berbentuk bintang. Bahkan saking populernya sopt ini, banyak pengunjung yang rela mengantri untuk berfoto di sini.

Bukit berada di belakang desa Desa Beleq. Desa ini merupakan situs peninggalan sejarah masa lampau yang kini menjadi tempat wisata.
Rumah Adat Desa Baleq. Image via: lahanduta

Simak juga: Curug Ciastana dengan Kolam 2 tingkat-nya

  1. Sunset

Waktu sore bisa dikastakan sebagi waktu yang pas untuk berkunjung ke lokasi Bukit Selong. Hal ini dikarenakan pada saat sore menjelang malam pengunjung bisa mnyaksikan fenomena tenggelamnya matahari di area ini. Terlebih udara yang sejuk ala pegunungan akan membuat suasana semakin nyaman.

Pengunjung seolah dihipnotis oleh keindahan yang tersaji sehingga kaki pun terasa berat untuk melangkah pulang. Di sisi lain, meskipun pengunjung datang pada saat pagi, area bukit Selong tetap akan memberikan pengalaman berwisata yang tak terlupakan. Pengunjung dapat menyaksikan panorama sunrise yang tak kalah indahnya.

Menjelang malam, Bukit Selong juga menjadi tempat terbaik untuk menikmati sunset di Desa Sembalun
Sunset bukit Selong. Image via: alamy.com

Tips Mengunjungi Bukit Selong

  • Cek cuaca

Sebelum mengunjungi kawasan wisata ini, pengunjung harus pastikan kondisi cuaca sedang cerah. Hal ini dilakukan agar dapat menikmati pemandangan yang tersaji tak terhalang oleh awan gelap. Kemudian jalur yang dilalui pun akan lebih licin pada saat musim hujan.

Suasananya bagus banget. Bikin betah. Karena di kota tidak akan ketemu suasana yang sepertiini. Hawanya sejuk jadi seperti kebahagiaan tersendiri.
Kau dan Aku. Image via: kumparan.com

Simak juga: Candi JIwa, Candi tertua di Nusantara

  • Perhatikan alas kaki

Sebelum mencapai area bukit Selong pengunjung akan melakukan pendakian kecil. Namun meskipun jalur tidak terlalu curam alangkah baiknya tetap menggunakan alas kaki anti slip agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Di samping itu di beberapa area yang tidak terdapat tangga.

Di balik kabut
Di balik kabut. Image via: qupas.id

Simak juga: Curug Gomblang setinggi 50 meter

Objek Wisata Dekat Bukit Selong

Pengunjung yang terlanjur ketagihan pada wisata dataran tinggi, dapat mencoba objek lain di dekat Bukit Selong. Dalam jarak 9 km terdapat Taman Wisata Pusuk Sembalun. Kawasan taman wisata ini merupakan gerbang pertama menuju kawasan wisata Gunung Rinjani. Selain itu area ini juga memiliki panorama alam yang indah.

Kemudian pengunjung juga dapat merasakan kesegaran air yang bersih dan jernih di kawasan air terjun Mangku Sakti. Air terjun yang tidak terlalu tinggi ini kerap dijadikan sebagai area untuk pre wedding karena pemandangannya yang indah.

Demikian ulasan nativeindonesia.com mengenai panorama keindahan alam Bukit Selong Pulau Lombok, NTB. Semoga tulisan dari kami yang tidak seberapa ini bermanfaat untuk Anda.

Baca juga:

Leave a Comment