Bukit Selong, Wisata Alam Sembalun Yang Berbalut Sejarah

Bukit Selong, adalah wisata Sembalun yang sangat populer di Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat.Bukan hanya menawarkan tentang keindahan alam terbuka saja, namun sajian sejarah dan budaya, adalah bonus wisata saat berada di Bukit Selong.

Bukit Selong Sembalun Ntb
Bukit Selong Sembalun Ntb. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bukit Selong memiliki ketinggian 1800 mdpl. Meskipun begitu, jalan ke Bukit Selong Sembalun dapat ditempuh dengan mudah, karena sudah terdapat anak tangga yang dapat meringankan trekking para pengunjung.

Bukit Selong terkenal sebagai wisata Sembalun yang menawarkan keindahan Gunung Rinjani dari sudut yang lain. Kemegahan Gunung Rinjani akan terlihat jelas saat berada di Bukit Selong.

Pesona Rinjani Di Bukit Selong
Pesona Rinjani Di Bukit Selong. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lalu apa saja sebetulnya daya tarik dari Bukit Selong Sembalun? Maka inilah jawabannya!

Simak juga: 12 lokasi wisata populer di Lombok

Daya Tarik Bukit Selong Sembalun

Dua daya tarik utama dari Bukit Selong Sembalun selalu menjadi daya pikat untuk menghadirkan para pengunjung ke lokasi tersebut. Yaitu :

1. View Alam Yang Masih Natural

Pesona keindahan yang pertama dari objek wisata Bukit Selong adalah view alam sekitarnya yang sangat eksotis, sangat cocok sebagai latar untuk melakukan selfie.

Jalan ke Bukit Selong Sembalun  didominasi oleh suasana alam yang masih asri. Setelah melalui beberapa anak tangga, pengunjung akan sampai di spot terindah Bukit Selong.

Trekking Menuju Bukit Selong
Trekking Menuju Bukit Selong. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Para pengunjung akan disuguhkan view area sawah yang terhampar luas, dengan latar kemegahan Gunung Rinjani yang legendaris.

Lokasi Bukit Selong Sembalun berada di Kawasan Taman Wisata Pusuk Sembalun. Status taman wisata menjadi sebuah isyarat tentang keindahan alam sekitar, menjadi konten utama untuk para pengunjung.

View Area Sawah Di Bukit Selong
View Area Sawah Di Bukit Selong. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tidak mau ketinggalan dengan perkembangan jaman. Ternyata di puncak Bukit Selong terdapat gardu pandang, sebagai spot kekinian, dan mengabadikan momen keindahan di lokasi tersebut.

Dan jangan lupakan juga untuk menikmati keindahan sunset di Bukit Selong ini. Tentu saja sunset di bukit akan berbeda sensasinya, dengan sunset di pantai.

2. Desa Bersejarah, Desa Beleq

Kehadiran Desa Beleq di dekat Bukit Selong menjadikan kunjungan wisata bukan hanya sekedar tentang keindahan alam saja.

Desa Beleq merupakan sajian wisata budaya dan sejarah. Desa Beleq merupakan cikal bakal dari masyarakat Sembalun, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Rumah Bersejarah Di Desa Beleq
Rumah Bersejarah Di Desa Beleq. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Lokasi Desa Belek berada di jalur trekking menuju puncak Bukit Selong Sembalun. Jadi, satu kali mendayung, dua pulau terlewati.

Di Desa Beleq, terdapat 7 bangunan yang memiliki bentuk khas, sekaligus menjadi saksi sejarah terbentuknya masyarakat Sembalun.

Bentuk rumah Desa Belek, atapnya terbuat dari bambu, dan alasnya berupa tanah liat yang bercampur dengan kotoran sapi.

Sejarah Desa Beleq

Kehidupan di Desa Beleq, atau sebagai cikal bakal masyarakat Sembalun, dimulai tahun 1257 sebagai titik awal kehidupan masyarakat periode ke II.

Letusan Gunung Samalas pada tahun 1257 mengakibatkan banyak sekali masyarakat yang meninggalkan kawasan tersebut.

Sejarah Desa Beleq
Sejarah Desa Beleq. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Hanya beberapa keluarga saja yang mau kembali setelah letusan itu reda. Dan di tempat yang baru, yang bernama Desa Beleq sekarang, menjadi titik awal kehidupan masyarak periode ke II.

Rumah adat Desa Beleq menjadi situs sejarah yang tetap bertahan sampai sekarang. Jadi, kunjungan wisata ke Bukit Selong, adalah tentang destinasi kemegahan Rinjani, dan Situs Sejarah Desa Beleq.

Lokasi Bukit Selong

Bukit Selong terletak di Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bukit Selong berada tepat di belakang Dusun Beleq, atau Desa Beleq sebagai sebuah kawasan yang bersejarah.

Rute Menuju Bukit Selong

Lokasi Bukit Selong dapat ditempuh dalam waktu 2.5 jam dari Mataram.  Usahakan berangkat pukul 6 pagi dari Mataram, agar pemandangan Rinjani tidak tertutup kabut. Bukit Selong ini berada di area Taman Wisata Pusuk Sembalun.

Untuk mencapai desa ini, pengunjung bisa mengikuti rute dari kota Mataram -> Pusuk (Monkey’s Forest) -> Pemenang -> Bangsal -> Tanjung -> Gangga -> Kayangan -> Bayan -> Senaru -> Desa Biluk Petung -> Desa Sembalun Lawang.

Spot Selfie Di Bukit Selong
Spot Selfie Di Bukit Selong. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jam Buka Bukit Selong

Tidak ada ketentuan pasti soal jam buka atau jam operasional bukit Selong ini. Jadi bisa dianggap buka 24 jam sepanjang pekan.

Tiket Bukit Selong

Harga tiket masuk area Bukit Selong sebesar Rp.3,000 bagi wisatawan lokal dan Rp.15,000 untuk wisatawan mancanegara.

Adapun biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Fasilitas Bukit Selong

Area wisata bukit Selong sudah memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Di area ini sudah terdapat toilet, area parkir yang cukup luas, kedai penjual makanan, warung kopi serta area camping. Kemudian di sekitar bukit juga tersedia tempat duduk serta spot-spot instagramable untuk berfoto.

Leave a Comment