6 Tempat Wisata Pekanbaru, Dari Wisata Unik Hingga Wisata Sejarah

|

Tempat wisata Pekanbaru yang sedang hits saat ini cukup banyak dan diminati oleh mereka yang menyukai liburan, apalagi dengan mengajak keluarga tercinta.

Pekanbaru merupakan sebuah kota yang menjadi ibukota dari Provinsi Riau, selain itu Pekanbaru juga menyandang sebagai kota terbesar di Riau.

Hal tersebut memungkinkan Pekanbaru menjadi tujuan para wisatawan untuk berlibur, karena banyak dan beragamnya tempat wisata yang ada.

Pekanbaru saat ini berstatus PPKM level 2, itu artinya beberapa tempat umum dan tempat wisata sudah mulai dibuka kembali. Tentu saja dengan diharuskan mematuhi beberapa protokol covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah.

Beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang sedang hits, dan juga sudah dibuka saat ini. Sebagai referensi awal dalam menentukan tempat wisata di akhir pekan nanti.

1. Masjid Raya An-Nur

masjid raya an nur
masjid raya an nur. google maps. sumber: Muhammad Qadri

Simak juga: daftar tempat wisata di Majalengka

Tempat wisata pertama yang harus dikunjungi ketika berada di Pekanbaru, ialah mengunjungi Masjid Raya An-Nur yang dibangun pada tahun 1963.

Banyak yang bilang Masjid Raya An-Nur ini seperti Taj Mahal yang ada di India. Sang arsitektur memadukan antara kebudayaan Melayu, Arab, Turki, dan juga India.

Masjid Raya An-Nur sangat besar, bahkan daya tampungnya sebanyak 4.500 jemaah. Masjid ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang datang dari dalam maupun luar kota Pekanbaru. Di sekitar masjid terdapat taman yang indah, dimana salah satu tamannya ditanami oleh pohon kurma.

  • Lokasi: Jl. Hangtuah Ujung, Sumahilang, Kecamatan Pekanbaru Kota, Pekanbaru, Riau.

2. Rainbow Hills Rumbai

rainbow hill
rainbow hills. google maps. sumber: Khairul Rizal

Simak: info tempat wisata di Malang

Rainbow Hills merupakan lokasi wisata yang unik dan instagramable banget, yang memiliki sebuah bukit yang memiliki warna-warna yang berbeda layaknya pelangi.

Lokasi Rainbow Hills berada di Danau Kahyangan, bukit yang berwarna warni tersebut eyecatching banget untuk diabadikan dalam sebuah jepretan foto. Banyak pengunjung yang datang langsung mencari spot foto terbaik, untuk kemudian jepret sana jepret sini.

  • Lokasi: Jl. Kemping, Lembah Sari, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

3. Taman Wisata Alam Mayang

taman wisata alam mayang
taman wisata alam mayang. google maps. sumber: Nanda Al

Simak: daftar tempat wisata di Lombok

Selanjutnya tempat wisata yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, yakni Taman Wisata Alam Mayang yang memiliki luas sekitar 24 hektar dengan mengusung konsep ruang terbuka hijau.

Beberapa wahana yang ada di Taman Wisata Alam ini diantaranya:

  • Arena bermain untuk anak,
  • Studio film 3D,
  • Flying fox,
  • Sepeda air,
  • Safary train,
  • Banana boat, dan masih banyak lagi.

Dengan memiliki banyak wahana, Taman Wisata Alam menjadi tempat favorit pilihan keluarga untuk menghabiskan waktu bersama.

  • Lokasi: Jl. Imam Munandar, Tengkerang Timur, Kec. Tenayan Raya, Pekan baru, Riau.
  • Jam buka: 08.00 – 18.00
  • Tiket masuk: dibawah Rp. 20.000,-

4. Rumah Singgah Tuan Kadi

rumah singgah tuan kadi
rumah singgah tuan kadi. google maps. sumber: djarot herdiman

Baca juga: daftar tempat wisata di Bogor

Rumah Singgah Tuan Kadi, merupakan sebuah rumah dengan bergaya melayu tempo dulu yang selalu digunakan sebagai tempat singgah Sultan Siak Sri Indrapura apabila berkunjung ke Senapelan atau Pekanbaru.

Rumah tersebut berdiri di bawah Jembatan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzamsyah, atau sekarang dikenal dengan nama Jembatan Siak III.

  • Lokasi: Jl. Panglima Undan, Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru, Riau.

5. Taman Kota Pekanbaru

taman kota pekanbaru
taman kota pekanbaru. google maps. sumber: NAHL’S

Lihat juga: info destinasi wisata di Bandung

Taman Kota Pekanbaru selalu ramai dikunjungi di sore hari ataupun di akhir pekan. Pengunjung yang datang biasanya mengajak main anak-anak ataupun dijadikan lokasi untuk berolahraga.

Selain itu taman kota ini dilengkapi pula dengan taman yang cantik, banyak pengunjung yang bersantai setelah lelah berolahraga sambil mengambil beberapa foto.

  • Lokasi: Kampung Bandar, Kecamatan Senapelan, Pekanbaru, Riau.

6. Asia Farm Hay Day

asia farm hay day
asia farm hay day. google maps. sumber: Herman Munir

Tempat wisata ini terbilang cukup baru, karena baru diresmikan pada bulan April tahun 2019 lalu. Namanya terinspirasi dari sebuah permainan yang bernama Hay Day.

Asia Farm Hay Day memiliki konsep agrowisata, waterpark dan juga mall, selain itu juga memiliki bangunan dengan gaya Eropa dan Jepang yang berjumlah kira-kira sebanyak 26.  Bangunan-bangunan yang ada bagus banget untuk dijadikan spot berfoto.

Dengan tema utamanya ialah pertanian bergaya Eropa dan Jepang. Tempat wisata edukatif yang satu ini selain memberikan hiburan yang seru, juga akan memberikan edukasi di bidang pertanian, dan juga peternakan.

  • Lokasi: Jalan Badak Ujung, Sail, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau.
  • Jam buka: 08.00 – 21.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,-