10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Hits Saat Ini

Ada yang kurang rasanya jika ke Pekanbaru tak mampir dulu ke tempat-tempat seru di ibukota provinsi Jambi ini. Sebab ada begitu banyak destinasi menarik yang bisa Anda nikmati, mulai dari wisata alam, wisata edukatif hingga wahana permainan seru yang akam membuat hari jadi lebih menyenangkan.


Kira-kira dimana ya tempat wisata di Pekanbaru tersebut? Agar tak makin penasaran, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Taman Bunga Impian Okura

Taman bunga
Taman Bunga Impian Okura. Image via: www.instagram.com/tamanwisataokura/

Berlokasi di Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir tempat wisata di Pekanbaru ini akan membuat Anda terpukau dengan banyaknya bunga yang tumbuh cantik dan berwarna-warni. Dibangun atas swadaya masyarakat, Taman Bunga Impian Okura kini menjadi salah satu destinasi hits di kota Pekanbaru.

Tak hanya untuk menikmati indahnya bunga yang sedang mekar tetapi juga berburu spot foto selfi yang instagramable. Tak jarang bbanyak juga pengunjung yang memanfaatkan tempat ini untuk melakukan pemotretan foto prewedding.

Informasi:

  • Nama: Taman Bunga Impian Okura
  • Alamat: Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir, Pekanbaru – Riau
  • Parkir: Rp 2.000,- (motor), Rp 5.000,- (mobil)

Simak juga: daftar tempat wisata di Majalengka

2. Rainbow Hills

rainbow-hilss
Rainbow Hills. Image via: riaupos.co

Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini memiliki lembah yang berwarna-warni persis seperti pelangi yang cantik. Sepintas Rainbow Hills memang biasa saja seperti bukit kebanyakan, hanya yang membedakan ialah warna tanahnya yang unik dan tak biasa membuat tempat ini jadi spot foto unik nan instagramable yang jadi buruan para pecinta foto selfie.

Informasi:

  • Nama: Rainbow Hills atau Bukit Pelangi
  • Alamat: Danau Kahyangan, Rumbai, Pekanbaru – Riau
  • Harga tiket: –

3. Taman Wisata Alam Mayang

taman mayang
Taman Wisata Alam Mayang. Image via: www.tripadvisor.com

Kota Pekanbaru memang identik dengan lahan gambut dan kawasan industrinya yang padat, meskipun begitu kota ini pun juga menyuguhkan banyak tempat wisata menarik juga, lho. Seperti Taman Wisata Alam Mayang ini misalnya yang mengusung konsep taman terbuka hijau yang dilengkapi dengan erbagai macam wahana permainan seru. Mulai dari danau dengan perahu dan sepeda ainya, flying fox, bombom car, terk sepeda, safarai train, kolam pemancingan dan masih banyak wahana seru yang lain.

Selain wahana permainannya yang beragam, di taman wisata ini juga banyak spot foto instagramable. Diantaranya empat patung raksasa yang berjejer didekat gerbang, miniature candi, perahu khas Riau serta enam buah replika patung pulau paskah yang ada di tepi danau. Tempat wisata di Pekanaru ini juga memiliki fasilitas yang terbilang lengkap, sehingga akan semakin memuat pengunjung puas bermain.

Informasi:

  • Nama: taman Wisata Alam Mayang
  • Alamat: Jl. Imam Munandar Km.8 Tangkerang Timur, Bukit Raya, Pekanbaru – Riau
  • Jam buka: 08.00 – 17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 20.000,- (Dewasa), Rp 15.000,- (anak-anak)
  • Parkir: Rp 4.000,- (roda dua), Rp 6.000,- (roda empat)

Simak: info tempat wisata di Malang

4. Taman Budaya

taman-budaya-riau
Taman Budaya. Image via: swiss-belhotel.com

Ingin mengenal adat dan budaya dari tanah Riau? Maka Anda bisa mengintipnya sedikit di Taman Budaya Riau yang berada di Jl. Jend. Sudirman Tengkerang Tengah, Mapoyan damai Kota Pekanbaru. Tak hanya menyuguhkan banyak hal seru dan menarik tentang budaya Melayu Riau, di tempat ini Anda juga akan diajak belajar melestarikan budaya bangsa.

Tempat wisata di Pekanbaru ini pun dilengkapi banyak fasilitas menarik, seperti Gedung Olah Seni yang dipergunakan untuk mempertunjukan karya seni, seperti musik, teater, tari hingga seni rupa. Ada juga Rumah Tari Umar Ummayah, Rumah Rupa, Rumah Teater, Teater Terbuka Bustamam Halimi hingga Teater Terbuka Sulaiman Syafi’i. Di kawasan ini juga terdapat replika Kapal Lancang Kuning yang jadi simbol kebanggaan warga Melayu Riau.

Informasi:

  • Nama: Taman Budaya
  • Alamat: Jl. Jend. Sudirman Tengkerang Tengah, Mapoyan damai, Kota Pekanbaru – Riau
  • Jam buka: 10.00 – 01.00 WIB (minggu tutup)
  • Harga tiket: Gratis

5. Bukit Kapur

bukit kapur
Bukit Kapur. Image via: instagram.com/explorepekanbaru

Bukit bebatuan kapur sepertinya selalu memiliki daya tarik tersendiri yang membuat siapapun ingin menjelajahinya lebih dekat. Seperti yang ada di kawasan Air Hitam, Pekanbaru ini misalnya.

Tempat wisata di Pekanaru ini memiliki pesona alam yang terlihat begitu megah dengan warnanya yang putih bersih. Karenanya tak mengherankan jika banyak orang yang suka sekali berburu foto instagramable di sini.

Informasi:

  • Namaq: Bukit Kapur
  • Alamat: Air Hitam, Pekanbaru – Riau

Simak: daftar tempat wisata di Lombok

6. Masjid Agung An-Nur

Masjid An-Nur
Masjid Agung An-Nur. Image via: wisatasumatera.com

Selanjutnya, tempat wisata di Pekanbaru ini tak hanya menyuguhkan pemandangan megah nan memukau bak Taj Mahal di India tetapi juga sebagai destinasi wisata religi. Berlokasi di Jl. Hangtuah, Sumahilang kota Pekanbaru, tempat tersebut bernama Masjid Agung An-Nur yang dibangun dengan arsitektur perpadua antara budaya Arab, Melayu, Turki dan India.

Masjid ini sendiri dibangun di atas tanah tak kurang dari 12 hektar persegi, bayangkan betapa megah dan luas arenya.

Di area depan masjid pun juga terdapat kolam cantik yang membuatnya kerap disebut Taj Mahal-nya kota Pekanbaru. Memiliki dua lantai, bangunan masjid ini bahkan sanggup menampung tak kurang dari 4.500 jamaah dalam satu waktu.

Informasi:

  • Nama: Masjid Agung An-Nur
  • Alamat: Jl. Hangtuah Sumahilang, Pekanbaru – Riau

7. Anjungan Seni Idrus Tintin

anjungan seni idrus tintin
Anjungan Seni Idrus Tintin. Image via: al1ekswisata.blogspot.com

Di Pekanbaru ada sebuah gedung pertunjukan seni dan yang memiliki arsitektur unik khas Melayu Riau yang bisa jadi destinasi seru di Pekanbaru. Namanya Anjungan Seni Idrus Tintin yang letaknya berada di Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji atau Bandar Serai, Kota Pekanaru. Di dalam gedung pun anyak ruangan yang kerap digunakan untuk pertunjukkan seni, mulai dari seni tari, seni musik hingga pameran.

Arsitektur bangunannya yang didominasi warna kuning dengan corak khas Melayu membuatnya begitu artistik. Tak heran jika banyak yang menjadikannya spot foto selfie. Tak hanya itu area gedung pun memiliki taman yang hijau dengan bunga dan tanaman hias yang cantik, cocok untuk bersantai di waktu sore sambil menunggu matahari tenggelam.

Informasi:

  • Nama: Anjungan Seni Idrus Tintin
  • Alamat: Kompleks Bandar Seni Raja Ali Haji (Bandar Serai), Kota PekanBaru – Riau

Baca juga: daftar tempat wisata di Bogor

8. Rumah Tenun Kampung andar

rumah tenun
Rumah Tenun Kampung andar. Image via: bertuahpos.com

Di daerah Kampung Bandar, ada seuah rumah yang memiliki nilai sejarah yang luar biasa namanya Rumah Tenun. Berada tak jauh dari pelabuhan bongkar muat, tempat wisata di Pekanbaru ini sudah berdiri sejak 1887 yang lalu. Diketahui rumah tersebut merupakan milik seorang tauke getah ternama, bernama Haji Yahya yang dulunya juga sempat menjadi saksi bisu perjuangan melawan penjajah.

Sebagaimana namanya, Rumah Tenun ini masih tetap memproduksi kain tenun khas Riau hingga sekarang. Anda pun juga bisa belajar menenun di tempat ini dengan para pengrajinnya secara langsung atau bisa juga membeli kain tenunnya yang berkualitas sebagai buah tangan.

Informasi:

  • Nama: Rumah Tenun
  • Alamat: Kampung Bandar, Senapelan, Pekanbaru – Riau

9. Pustaka Soeman HS

perpustakaan
Pustaka Soeman HS. Image via: riauberbagi.blogspot.com

Memiliki desain bangunan yang unik sekaligus artistic, gedung Pustaka Soeman HS ini kerap kali mencuri perhatian. Karenanya tak heran jika gedung pustaka ini mendapat apresiasi sebagai gedung pustaka terbaik tingkat ASEAN. Gedung pustaka ini terbagi dalam 3 bagian, yakni untuk gedung staf, gedung pertemuan dan gedung pustaka.

Tempat wisata di Pekanaru ini tak hanya sekedar gedung pustaka biasa. Di sini Anda akan semakin senang dan suka membaca karena suasananya sangat nyaman dengan fasilitas yang menarik serta koleksi hingga lebih dari 400.000 buku. Fasilitas yang dimiliki gedung pustaka meliputi Children Library, PADI atau Pustaka Digital, Bilik Tenas Effendy, Ruang Komputer juga Ruang serial serta fasilitas menarik lainnya.

Informasi:

  • Nama: Pustaka Soeman HS
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman No.462, Jadirejo, Sukajadi, Kota Pekanbaru – Riau
  • Jam buka: 08.00-16.00 WIB (Senin-Rabu), 08.00-16.30 WIB (Kamis-Jum’at), 08.00-15.00 WIB (Sabtu-Minggu)

Lihat juga: info destinasi wisata di Bandung

10. Citraland Waterpark

water park
Citraland Waterpark. Image via: instagram.com/citralandwaterparkpku

Mengusung tagline “ Everithing is Fun”, tempat wisata di Pekanbaru yang satu ini menyuguhkan hiburan keluarga yang seru dan mengasyikan. Dibangun di atas tanah seluas tak kurang dari 1 hektar, Citraland Waterpark ini dilengkapi  banyak fasilitas yang menyuguhkan pengalaman menarikyang tak terlupakan. Mulai dari kolam renang, family club, hingga sport hall akan membuat waktu Anda berlibur semakin mengasyikan.

Informasi:

  • Nama: Citraland Waterpark
  • Alamat: Jl. Soekarno-Hatta Tengkerang Baru, Marpoyan damai, Pekanbaru – Riau
  • Jam buka: 10.00-17.30 WIB
  • Harga tiket: Rp 30.000,- (weekday), Rp40.000,- (weekend)

Seru bukan menjelajahi kota Pekanbaru? Banyak destinasi luar biasa yang akan menyambut Anda di sini, tak hanya wisata alam dan wisata edukatif, tetapi juga wisata religi yang menyejukan rohani. Tertarik mengunjungi tempat wisata di Pekanbaru?

Tunggu apa lagi, berkemas segera dan nikmati pengalaman seru menjelajah Bumi Lancang Kuning.

10 Tempat Wisata di Pekanbaru yang Hits Saat Ini
4.3 (86.67%) 3 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment