Pulau Rupat, Pulau Elok Di Perbatasan Selat Malaka

Pulau Rupat adalah tempat wisata Bengkalis yang sangat terkenal sebagai pulau yang memiliki pesona alam yang sangat memanjakan mata perngunjung.

Bukan hanya itu saja, ternyata Pulau Rupat merupakan pulau yang berstatus sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau yang disingkat KSPN, yang telah ditetapkan sejak tahun 2011.

tempat menghabiskan waktu bersama keluarga
tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. google maps. sumber: Hadi Nurmanto Nurmanto

Penetapan tersebut tentu saja dilihat dari beberapa aspek, salah-satunya adalah pesona keindahan, serta potensi wisata yang dimiliki oleh Pulau Rupat, Bengkalis, Riau.

Apalagi jika proyek pembangunan jembatan atau jalan Dumai – Rupat telah selesai, maka jalan ke Pulau Rupat akan memakan waktu yang singkat, melewati beberapa pulau kecil, serta jarak Dumai menuju Pulau Rupat menjadi tidak terasa jauh.

Penasaran dengan daya tarik Pulau Rupat, Kepulauan Bengkalis, Riau? Yuk kita simak ulasan lengkapnya yang sudah kami himpun dari berbagai sumber, sebagai bahan referensi awal bagi anda untuk menentukan tempat wisata saat liburan tiba.

pulau rupat
pulau rupat. google maps. sumber: bang amid

Simak juga: wisata di Pekanbaru

Lokasi Dan Alamat Pulau Rupat

Bagi anda yang tidak tahu Pulau Rupat dimana, lokasi dan alamat Pulau Rupat terletak di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Dan di Pulau tersebut, terdapat 2 kecamatan.

Rute Menuju Pulau Rupat

Akses jalan menuju Pulau Rupat hanya bisa dilalui oleh boat kecil. Jarak dari Dumai ke Pulau Rupat hanya memerlukan waktu sekitar 15 menit perjalanan saja.

Kunjungan ke Pulau Rupat diupayakan untuk mempertimbangkan faktor cuaca, supaya liburan anda menjadi leluasa, dan menyenangkan.

Begitupun perjalanan menuju Pulau Rupat sangat indah saat cuaca cerah. Karena akan melewati beberapa pulau kecil yang menawan.

menikmati pantai di pulau rupat
menikmati pantai di pulau rupat. google maps. sumber: Ayu Alvi Gushartama

Harga Tiket Masuk Pulau Rupat

Tiket masuk Pulau Rupat gratis. Hanya saja pengunjung mesti mengeluarkan biaya jasa transportasi perahu, atau boat.

Jam Buka Pulau Rupat

Pulau Rupat buka setiap hari, dan Pulau Rupat buka selama 24 jam. Karena pulau tersebut merupakan pulau berpenghuni. Terdapat 2 kecamatan, dan 15 Desa / Kelurahan.

Fasilitas Di Pulau Rupat

Karena Pulau Rupat merupakan pulau berpenghuni, serta sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, maka fasilitas pokok penunjang kenyamanan wisata para pengunjung sudah memadai.

Termasuk fasilitas penginapan, meskipun hotel atau penginapannya bukan sebagai hotel berbintang. Sangat recommended untuk mengambil paket wisata, jika ingin berkunjung ke Pulau Rupat.

lokasi bersantai dan berkumpul bersama
lokasi bersantai dan berkumpul bersama. google maps. sumber: Khalfian Rhapsody

Simak juga: Pesona Air Terjun Girimanik

Sejarah Pulau Rupat

Sejarah Pulau Rupat terkait dengan proses alam, dimana menyatunya, atau bertemu kembali daratan dari pulau-pulau kecil, yang membentuk pulau besar.

Di pulau-pulau tersebut, tumbuh pohon perepat yang menjadi cikal bakal sejarah penamaan Pulau Rupat. Karena nama lain Pulau Rupat adalau Pulau Perepat.

Daya Tarik Pulau Rupat

Pulau Rupat merupakan pulau dengan luas sekitar 1.500 kilometer persegi, serta di sebelah utaranya berbatasan langsung dengan Selat Malaka. Dan Inilah pesona keindahan Pulau Rupat tersebut:

1. Pulau Elok Di Perbatasan Selat Malaka

pesona pulau rupat
pesona pulau rupat. google maps. sumber: wisata pulau Rupat

Simak juga: Cantiknya Menara Siger

Secara keseluruhan, Pulau Rupat memiliki panorama alam yang sangat indah. Dominasi view laut menjadi sebuah keniscayaan, karena berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Saat cuaca cerah, kunjungan wisata ke Pulau Rupat merupakan kunjungan wisata yang sangat menyenangkan. Karena bukan hanya sebatas tentang panorama alam saja, namun di sisi lain terdapat nilai edukatif tentang kehidupan para nelayan.

Tidak berhenti sampai di situ, di Pulau Rupat sering juga dilaksanakan festival Rupat yang memiliki nilai budaya yang edukatif, selain dari keseuan wisata.

Oleh karena itu, tak cukup sehari, dan tak akan cukup sehari kunjungan ke Pulau Rupat. Pilihan menginap di  sana adalah momen indah yang sulit untuk dilupakan.

2. Pulau Dengan Beberapa Pantai Indah

cantiknya pantai lapin
cantiknya pantai lapin. google maps. sumber: Fathan Kurniawan Atthariq

Simak juga: Keseruan wahana Ocaria Batam

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Rupat adalah pulau yang dianugerahi dengan pantai-pantai yang indah. Lebih dari satu pantai, serta pada faktanya masih banyak pantai yang belum terpublikasi, padahal menyimpan pesona yang menawan.

Beda lokasi, dan beda nama pantai, tentu saja beda juga sisi keindahan yang ditawarkan. Termasuk dengan fasilitas penunjang yang ada di pantai Pulau Rupat. Dan inilah beberapa pantai indah di Pulau Rupat :

  • Pantai Teluk Rhu
  • Pulau Beting Aceh
  • Pantai Lapin

Setiap lokasi pantai memiliki jam kunjungan terbaik. Jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen keindahan di Pulau Rupat dengan jepretan kamera anda ya….

senja di pulau rupat
senja di pulau rupat. google maps. sumber: wahyu hidayatulloh

Penutup

Itulah informasi tentang Pulau Rupat, semoga menjadi tambahan khazanah wawasan serta kebanggaan akan tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia.

Selalu patuhi protokol kesehatan, dan selalu utamakan keselamatan dalam berwisata.


Tinggalkan komentar