6 Tempat Wisata Majalengka, Seru-Seruan Bersama Alam

Tempat wisata di Majalengka didominasi oleh wisata alam perbukitan yang indah. Meski tak begitu populer seperti Bandung atau Bogor, tapi keindahan alam yang dimilikinya layak untuk dikunjungi.

Majalengka sendiri merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat, yang terletak di bagian timur. Dari segi topografinya, Kabupaten Majalengka terdiri dari wilayah dataran rendah dan juga wilayah perbukitan.

Gunung yang paling terkenal di Majalengka ialah Gunung Ceremai, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan.

Selain Gunung Ceremai, masih ada lagi tempat wisata alam lainnya yang harus kamu kunjungi. Berikut kami ulas beberapa tempat wisata di Majalengka, sebagai bahan referensi untuk liburan di akhir perkan ini.

6 Tempat Wisata Di Majalengka

1. Gunung Ceremai

gunung ceremai
gunung ceremai. google maps. sumber: Panca Purwoko

Simak juga: daftar tempat wisata di Kediri

Untuk tempat wisata pertama mari kita ulas tentang gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat. Yang merupakan gunung berapi aktif, dan terakhir meletus pada tahun 1937 silam. Selain itu Gunung Ceremai memiliki kawah ganda, yakni di bagian barat dan timurnya.

Banyak para pecinta alam yang mencoba menaklukan Gunung Ceremai dengan melakukan pendakian, kemudian mendirikan tenda di tempat yang tersedia.

Jalur pendakian menuju Gunung Ceremai cukup banyak, bisa melalui Kabupaten Kuningan ataupun Kabupaten Majalengka. Jika dari Majalengka dengan melalui jalur Desa Apuy, menampilkan keindahan alam yang luar biasa di setiap jalurnya.

Kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai memiliki beberapa tempat wisata alam yang indah, yang berlokasi di Kuningan maupun di Majalengka. Untuk yang ada di Kabupaten Majalengka sendiri diantaranya:

  • Curug Sawer,
  • Curug Tonjong, dan
  • Panorama Alam Sadarehe.

2. Lembah Panyaweuyan

lembah panyaweuyan
lembah panyaweuyan. google maps. sumber: Yohanes Himawan

Simak juga: info seputar tempat wisata di Magelang

Selanjutnya merupakan tempat wisata yang lagi hits, yakni Lembah Panyaweuyan. Lokasi yang indah ini berada di kaki Gunung Ceremai, dan berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Sehingga udara yang dirasa cukup sejuk.

Meski jalan yang dilalui untuk menuju Lembah Panyaweuyan cukup berliku dengan menyusuri jalan yang lumayan sempit, itu semua tak menghalangi niat para wisatawan loh.

Keindahan alam Lembah Panyaweuyan sempat mengisi postingan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan mendapat jutaan viewers. Panorama yang tersaji yakni terasering yang tertata dengan rapih dan indah.

Banyak wisatawan yang datang untuk menepi dan menikmati keindahan alam Lembah Panyaweuyan. Apalagi ditambah dengan tersedianya beberapa spot foto, udah deh, selanjutnya ya tinggal jepret sana jepret sini deh……

  • Lokasi: Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Bukit Mercury Sayang Kaak

bukit mercury sayang kaak
bukit mercury sayang kaak. google maps. sumber: Tri Diah Lutfiyani

Baca juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer

Bukit Mercury Sayang Kaak berada satu lokasi dengan Lembah Panyaweuyan, yakni sama-sama berada di kaki Gunung Ceremai dengan pemandangan terasering.

Yang membedakan ialah lokasi Bukit Mercury Sayang Kaak ini lebih tinggi, yakni berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Otomatis udara yang dirasa akan semakin sejuk, namun menampilkan panorama yang lebih luas lagi.

Saat ini kedua keindahan alam tersebut sedang hits dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah Majalengka.

  • Lokasi: Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

4. Jembar Waterpark

jembar waterpark
jembar waterpark. google maps. sumber: Khosiah Osi

Simak juga: info seputar tempat wisata di Lombok

Nah kalau Jembar Waterpark merupakan surganya anak-anak untuk bermain air, selain memiliki berbagai wahana air yang seru tema yang diusungpun menjadi daya tarik tersendiri. Dan menjadi spot foto yang menarik tentunya.

Selain wahana air, di Jembar Waterpark juga ada permainan seru lainnya seperti:

  • Mini car,
  • Kuda tunggang,
  • Trampolin,
  • Istana balon,
  • Penyewaan ATV, dan
  • Arena permainan anak lainnya.

Yang nggak kalah seru ialah, bermain dan berinteraksi langsung dengan hewan kelinci yang lucu-lucu di hutan kelinci.

  • Lokasi: Desa Ranji Wetan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,- (weekday) dan Rp. 30.000,- (weekand)

5. Wisata Paralayang Majalengka

wisata paralayang majalengka
wisata paralayang majalengka. google maps. sumber: Karisa Heri

Wisata Paralayang Majalengka merupakan tempat wisata yang juga sedang hits saat ini, dimana kamu dapat menguji adrenalin dengan terbang bagaikan burung selama kurang lebih 10 menit.

Lokasi wisata yang satu ini berada di Gunung Paten, yang menawarkan panorama keindahan Majalengka dari ketinggian. Di sekitar Paralayang Majalengka terdapat Paraland yang berisi resort, wisata kuliner, juga tempat rekreasi keluarga.

  • Lokasi: Desa Sidamukti, Kecamatan Munjul, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 21.00
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-

6. Cikadongdong River Tubing

cikadongdong river tubing
cikadongdong river tubing. google maps. sumber: Cikadongdong River Tubing

Objek wisata Cikadongdong River Tubing pernah masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019 lalu. So, dapat dipastikan kamu akan menikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Cikadongdong River Tubing berada di Sungai Cikadongdong, dimana jernihnya air akan terus mengalir deras meski kemarau melanda. Jadinya, kamu dapat melakukan rivertubing kapan aja deh…

Jarak bermain River Tubing di Sungai Cikadongdong ini cukup jauh yakni kira-kira mencapai 250 meter hingga 1 km dengan jalur yang berliku. Tapi tenang, kamu aman kok. Soalnya, nanti kamu akan diberikan helm, pelindung tangan dan lutut serta jaket pelampung.

  • Lokasi: Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.30 – 16.30, setiap hari Senin dan Jum’at tutup
  • Tiket masuk: Rp. 25.000 (weekdays) dan Rp. 30.000,- (weekend)