10 Tempat Wisata di Majalengka Untuk Liburan Anda

| | ,

Tak kalah dengan kota-kota lain di Tatar Pasundan Jawa Barat seperti Bandung, Bogor, Cirebon dan yang lainnya. Majalengka juga punya destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wilayahnya yang terbagi antara dataran rendah di wilayah utara dan barisan pegunungan di bagian selatan membuat alamnya begitu mempesona.

Selain itu Majalengka juga memiliki daya tarik lainya seperti wisata budaya hingga kuliner yang menawarkan citarasa yang khas. Agar tak makin penasaran, simak ulasan tentang berbagai tempat wisata di Majalengka berikut ini.

1. Curug Leles

curug leles
Curug Leles. Image via: www.instagram.com/larissaicha/

Berada di tengah kawasan bumi perkemahan, Curug Leles menyimpan daya tarik yang sukar diabaikan. Debit airnya terbilang besar dengan ketinggian curug berkisar antara 6 hingga 7 meter, membuat air terjun ini menyajikan pemandangan yang memukau. Di bawah air terjun terdapat kolam sedalam 1 meter, sehingga cukup aman jika Anda ingin berenang dan lebih dekat dengan curug.

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari foto-foto selfie dengan latar alamnya yang memukau, atau outbond seru hingga mencoba camping. Fasilitas yang dimiliki tempat wisata di Majalengka ini terbilang cukup memadai. Mulai dari toilet, mushola hingga kantin tersedia di sini.

Informasi:

  • Nama: Bumi Perkemahan Curug Leles
  • Alamat: Padaherang, Sindangwangi, Majalengka – Jawa Barat
  • Harga tiket: Rp 10.000,-/orang

2. Goa Lalay

Goa Lalay
Goa Lalay. Image via: playworld.id

Selain namanya yang unik, Goa Lalay pun menawarkan pemandangan alam yang tak kalah unik dan mempesona. Nama “Lalay” yang disematkan pada gua ini memiliki makna kelelawar, karena memang dulunya goa ini juga merupakan rumah bagi ribuan hewan malam tersebut. Namun saat ini sudah sangat jauh berkurang.

dago dream park
dago dream park

Memasuki area dalam gua Anda akan disuguhi pemandangan stalagmit dan stalaktit yang begitu mempesona hampir di seluruh area gua yang bagian dasarnya tergenang air setinggi betis. Menjelajahi gua ini Anda akan menemukan air terjun cantik yang disebut Air Terjun Pelangi oleh warga sekitar. Ini karena ketika terkena sinar matahari, air terjun ini akan membiaskan warna pelangi yang sangat cantik.

Informasi:

  • Nama: Goa Lalay
  • Alamat: desa Sukadana, Argapura, Majalengka – Jawa Barat

Simak juga: daftar tempat wisata di Kediri

3. Situ Sangiang

situ sangiang
Situ Sangiang. Image via: www.instagram.com/riniutr_/

Selanjutnya ada Situ Sangiang sebagai salah satu tempat wisata di Majalengka yang memiliki daya tarik wisata alam yang mempesona sekaligus sebagai wisata religi. Sebab di dekat kawasan danau terdapat makam leluhur yang kerap dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Selain panorama alamnya yang mempesona, situ atau danau ini juga menyimpan legenda yang dipercaya oleh masyarakat hingga saat ini sehingga kawasan danau tampak begitu sunyi dan misterius.

Informasi:

  • Nama: Situ Sangiang
  • Alamat: Desa Sangiang, Banjaran, Majalengka – Jawa Barat

. 4. Telaga Nila

telaga nila
Telaga Nila. Image via: www.instagram.com/indonesia_indah_mempesona/

Berada di bawah kaki Gunung Ciremai, Telaga Nila menyuguhkan pesona alam Majalengka yang eksotis dengan airnya yang berwarna biru tosca serta dikelilingi pepohonan tinggi nan rimbun. Meski letaknya tersembunyi di tengah hutan. Namun tempat wisata di Majalengka ini cukup sukses menarik para traveler untuk menjelajahinya lebih dekat. Tak heran jika foto-foto cantiknya kemudian viral di media sosial.

Informasi:

  • Nama: Telaga Nila
  • Alamat: Desa Jerukleueut, Sindangwangi, Majalengka – Jawa Barat

Simak juga: info seputar tempat wisata di Magelang

5. Jembar Waterpark

jember water park
Jembar Waterpark. Image via: waterparkjembar.blogspot.com

Tempat wisata di Majalengka yang satu ini menyuguhkan keseruan bermain di wahana taman air dengan konsep seru bertema taman purbakala. Tak mengherankan jika di setiap sudut Jembar Waterpark banyak ditemukan patung-patung hewan purbakala seperti dinosaurus dan kawan-kawannya yang bisa jadi spot selfie keren.


Di waterpark ini Anda akan dimanjakan dengan beragam wahana permainan air seru yang tak kalah menantang. Mulai dari kolam renang biasa, kolam arus, ember tumpah, water slide hingga keseruan kolam ombak.  Tak ketinggalan juga dilengkapi fasilitas pendukung yang terbilang lengkap.

Informasi:

  • Nama: Jembar Waterpark
  • Alamat: Kanji Wetan, Kasokandel, Majalengka – Jawa Barat
  • Jam buka: 08.00-17.00 WIB
  • Harga tiket: Rp 20.000,- (weekday), Rp 25.000,- (weekend)

6. Curug Muara Jaya

curug muara jaya
Curug Muara Jaya. Image via: www.instagram.com/joe.prianaa/

Wilayahnya yang terbagi antara dataran rendah dan pegunungan, membuat Majalengka dikelilingi banyak destinasi wisata alam yang rupawan. Salah satunya ialah Curug Muara Jaya yang berada persis di lereng Gunung Ciremai. Disekitar curug banyak ditemui pohon pisang amuy yang tumbuh subur, karenanya tempat wisata di Majalengka ini juga kerap disebut dengan Curug Amuy.

Tak hanya menikmati pemandangan alamnya yang menyejukkan tetapi Anda juga bisa berfoto selfie di sini sebab suasananya begitu isntagramable. Untuk menju kawasan air terjun, Anda harus melalui jalanan yang penuh liku, karenanya disarankan untuk selalu waspada dan berhati-hati.

Informasi:

  • Nama: Curug Muara Jaya
  • Alamat: Kp. Amuy, Argamukti, Argapura, Majalengka – Jawa Barat
  • Harga tiket: Rp 6.000,-/orang,
  • Parkir: Rp 2.000,-

Baca juga: daftar tempat wisata di Malang yang populer

7. Wisata Paralayang Gunung Panten

Paralayang Gunung Panten
Wisata Paralayang Gunung Panten. Image via: ksmtour.com

Dengan semakin banyaknya peminat, kini olah raga ekstrem sekaligus menantang ini jadi mudah ditemui. Seperti salah satu tempat wisata di Majalengka ini misalnya yang menawarkan keseruan terbang bebas menikmati indahnya panorama alam persawahan yang terkotak-kotak bak mozaik raksasa yang memukau.

Tak hanya menikmati keseruan olahraga ekstrim saja,sebab tempat wisata di Majalengka ini juga memiliki banyak permainan aktivitas seru lainnya. Seperti Flying Fox, Outbound, Painball, ATV dan masih banyak lagi yang lain. Selesai dengan keseruan olah raga ekstrem, Anda bisa mampir di café atau resto, yang tekah disediakan sambil bersantai menikmati indahnya sunset atau sunrise.

Informasi:

  • Nama: Wisata Paralayang Gunung Panten
  • Alamat: Gunung Panten, Desa Sidamukti, Munjul, Majalengka – Jawa Timur
  • Harga tiket: Rp 7.000,- (pintu masuk pertama), Rp 15.000,- (masuk ke Paraland),

8. Bukit Alam Hejo

Bukit alam hejo
Bukit Alam Hejo. Image via: www.facebook.com/BukitAlamHejo/

Tempat wisata di Majalengka yang selanjutnya ini tak sekedar menyuguhkan pemandangan alam Gunung Ciremai yang mempesona. Tetapi juga memanjakan pengunjung dengan ragam wahananya yang seru sekaligus mengasyikan. Mulai dari kolam renang, jalan-jalan menjelajahi Bukit Alam Hejo sambil menunggang kuda atau naik ATV.

Tak hanya sampai di situ, Anda juga bisa menjajal wahana flying fox-nya atau menikmati wisata kuliner khas kota Majalengka. Bahkan tempat ini juga kerap digunakan sebagai bumi perkemahan karena tempatnya yang cukup luas. Semuanya bisa Anda lakukan dalam satu kawasan saja, menarik bukan?

Informasi:

  • Nama: Bukit Alam Hejo
  • Alamat: Pasirayu, Sindang, Majalengka – Jawa Barat
  • Buka: Setiap hari
  • Harga tiket: Rp 5.000,- (weekday), Rp 10.000,- (weekend)

Simak juga: info seputar tempat wisata di Lombok

9. Batu Luhur

Batu luhur
Batu Luhur. Image via: cireboncinnamon.com

Masih berada di kawasan kaki Gunung Ciremai, tempat wisata di Majalengka ini menyuguhkan destinasi agro wisata seru sekaligus edukatif. Berlokasi di desa Jerukleueut Sindangwangi, Batu Luhur Agro memiliki keunikan tersendiri karena terdapat batu alam yang tinggi menjulang.

Selain menikmati sejuknya suasana kaki Gunung Ciremai, ada banyak aktivitas seru yang bisa Anda coba. Mulai dari belajar bercocok tanam, merawat domba, berburu, mandi di kolam renang, ourbond seru hingga menginap di alam terbuka atau berkemah. Seru bukan? Di tempat ini juga terdapat pesantren, jadi Anda juga bisa sekaligus berwisata rekigi di tempat ini.

Informasi:

  • Nama: Batu Luhur Agro
  • Alamat: Desa Jerukleueut, Sindangwangi, Majalengka –Jawa Barat

10. Bukit Panyaweuyan

bukit panyaweuyan
Bukit Panyaweuyan. Image via: cariinfoyuk.com

Jika di Bandung ada Bukit Bintang, maka di Majalengkan juga ada tempat yang tak kalah mempesona yaitu Bukit Panyaweuyan. Perbukitan dengan teraseringnya menyuguhkan panorama alam yang begitu cantik menawan, tak heran jika banyak pecinta fotografi tergila-gila dengan tempat wisata di Majalengka yang satu ini.

Terlebih letaknya yang berada di ketinggian antara 800 hingga 1.000 mdpl membuat suhu udaranya terasa begitu sejuk sekaligus membuat tubuh dan pikiran jadi lebih fresh. Dan tak hanya panorama perbukitan Panyaweuyan saja yang bisa Anda nikmati, sebab banyak hal menarik lain yang ada di sekitarnya yang juga bisa diabadikan fotonya seperti bukit Cibuluh yang letaknya sedikit lebih tinggi.

Informasi:

  • Nama: Bukit Panyaweuyan
  • Alamat: Tejamulya, Argapura, Majalengka – Jawa Barat
  • Jam buka: 24 jam
  • Harga tiket: Rp 5.000,-, Rp 2.000,- (parkir)

Sungguh menarik bukan menjelajahi tempat-tempat wisata di Majalengka? Rasanya waktu satu hari saja tak akan cukup untuk bisa menjelajahi keindahan panorama yang dimiliki Majalengka.Ada baiknya jangan pergi sendirian saat ke Majalengka untuk traveling, karena keindahannya sangat sayangh kalau hanya dinikmati seorang diri.

Yuk kemasi koper dan bersiap menjelajah Majalengka!

10 Tempat Wisata di Majalengka Untuk Liburan Anda
4.7 (93.33%) 3 vote[s]

Spread the love
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Previous

Memacu Adrenalin di Pantai Timang, Keren Banget!

Eksotisme Pantai Kukup, Obyek Wisata Andalan Gunung Kidul

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment