25 Tempat Wisata Majalengka, Seru-Seruan Bersama Alam

|

Tempat wisata di Majalengka didominasi oleh wisata alam perbukitan yang indah. Meski tak begitu populer seperti Bandung atau Bogor, tapi keindahan alam yang dimilikinya layak untuk dikunjungi.

Kabupaten Majalengka merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, dengan luas wilayahnya mencapai 1.204,24 km2. Yang terletak di bagian timur dengan memiliki topografi berupa dataran rendah dan perbukitan.

Gunung yang paling terkenal di Majalengka ialah Gunung Ceremai, yang merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Kuningan.

Selain Gunung Ceremai, masih ada lagi tempat wisata alam lainnya yang harus kamu kunjungi. Berikut kami ulas beberapa tempat wisata di Majalengka, sebagai bahan referensi untuk liburan di akhir perkan ini.

25 Tempat Wisata Di Majalengka

1. Pendakian Gunung Ciremai Via Apuy

simak juga: gunung ciremai via apuygunung ceremaigunung ceremai. google maps. sumber: Panca Purwoko

List tempat wisata di Majalengka yang pertama akan kita bahas ialah Gunung Ciremai, merupakan gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat, dan selalu menjadi tujuan para pendaki dengan maksud menaklukan atap Jawa Barat.

Selain via Apuy, pendakian Gunung Ciremai juga dapat dilakukan via Linggarjati, Patulungan dan Linggasana. So, untuk kamu yang hobi hiking cobain deh menaklukan puncak Gunung Ciremai ini.

  • Lokasi: Blok Apuy, Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 50.000,- per orang (sudah termasuk voucher makan)

2. Lembah Panyaweuyan

simak juga: lembah panyaweuyan

lembah panyaweuyan
lembah panyaweuyan. google maps. sumber: Yohanes Himawan

Selanjutnya merupakan tempat wisata yang lagi hits, yakni Lembah Panyaweuyan. Lokasi yang indah ini berada di kaki Gunung Ceremai, dan berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Sehingga udara yang dirasa cukup sejuk.

Meski jalan yang dilalui untuk menuju Lembah Panyaweuyan cukup berliku dengan menyusuri jalan yang lumayan sempit, itu semua tak menghalangi niat para wisatawan loh.

Keindahan alam Lembah Panyaweuyan sempat mengisi postingan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan mendapat jutaan viewers. Panorama yang tersaji yakni terasering yang tertata dengan rapih dan indah.

Banyak wisatawan yang datang untuk menepi dan menikmati keindahan alam Lembah Panyaweuyan. Apalagi ditambah dengan tersedianya beberapa spot foto, udah deh, selanjutnya ya tinggal jepret sana jepret sini deh……

  • Lokasi: Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 15.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

3. Bukit Mercury Sayang Kaak

simak juga: bukit mercury sayang kaak

bukit mercury sayang kaak
bukit mercury sayang kaak. google maps. sumber: Tri Diah Lutfiyani

Bukit Mercury Sayang Kaak berada satu lokasi dengan Lembah Panyaweuyan, yakni sama-sama berada di kaki Gunung Ceremai dengan pemandangan terasering.

Yang membedakan ialah lokasi Bukit Mercury Sayang Kaak ini lebih tinggi, yakni berada di ketinggian sekitar 1.600 mdpl. Otomatis udara yang dirasa akan semakin sejuk, namun menampilkan panorama yang lebih luas lagi.

Saat ini kedua keindahan alam tersebut sedang hits dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun luar daerah Majalengka.

  • Lokasi: Desa Tejamulya, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

4. Jembar Waterpark

simak: jembar waterpark

jembar waterpark
jembar waterpark. google maps. sumber: Khosiah Osi

Nah kalau Jembar Waterpark merupakan surganya anak-anak untuk bermain air, selain memiliki berbagai wahana air yang seru tema yang diusungpun menjadi daya tarik tersendiri. Dan menjadi spot foto yang menarik tentunya.

Selain wahana air, di Jembar Waterpark juga ada permainan seru lainnya seperti:

  • Mini car,
  • Kuda tunggang,
  • Trampolin,
  • Istana balon,
  • Penyewaan ATV, dan
  • Arena permainan anak lainnya.

Yang nggak kalah seru ialah, bermain dan berinteraksi langsung dengan hewan kelinci yang lucu-lucu di hutan kelinci.

  • Lokasi: Desa Ranji Wetan, Kecamatan Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 25.000,- (weekday) dan Rp. 30.000,- (weekand)

5. Wisata Paralayang Majalengka

simak: wisata paralayang majalengka

wisata paralayang majalengka
wisata paralayang majalengka. google maps. sumber: Karisa Heri

Wisata Paralayang Majalengka merupakan tempat wisata yang juga sedang hits saat ini, dimana kamu dapat menguji adrenalin dengan terbang bagaikan burung selama kurang lebih 10 menit.

Lokasi wisata yang satu ini berada di Gunung Panten, yang menawarkan panorama keindahan Majalengka dari ketinggian. Di sekitar Paralayang Majalengka terdapat Paraland yang berisi resort, wisata kuliner, juga tempat rekreasi keluarga.

  • Lokasi: Desa Sidamukti, Kecamatan Munjul, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 21.00
  • Tiket masuk: Rp. 7.000,-
  • Tiket Paralayang: Rp. 350.000,-

6. Cikadongdong River Tubing

simak: cikadongdong river tubing

cikadongdong river tubing
cikadongdong river tubing. google maps. sumber: Cikadongdong River Tubing

Objek wisata Cikadongdong River Tubing pernah masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2019 lalu. So, dapat dipastikan kamu akan menikmati liburan yang menyenangkan dan tak terlupakan.

Cikadongdong River Tubing berada di Sungai Cikadongdong, dimana jernihnya air akan terus mengalir deras meski kemarau melanda. Jadinya, kamu dapat melakukan rivertubing kapan aja deh…

Jarak bermain River Tubing di Sungai Cikadongdong ini cukup jauh yakni kira-kira mencapai 250 meter hingga 1 km dengan jalur yang berliku. Tapi tenang, kamu aman kok. Soalnya, nanti kamu akan diberikan helm, pelindung tangan dan lutut serta jaket pelampung.

  • Lokasi: Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.30 – 16.30, setiap hari Senin dan Jum’at tutup
  • Tiket masuk: Rp. 25.000 (weekdays) dan Rp. 30.000,- (weekend)

7. Situ Cipanten Majalengka

berwisata di situ cipanten
berwisata di situ cipanten. google maps. sumber: Wisata Situ Cipanten

simak: situ cipanten majalengka

Situ Cipanten Majalengka sebuah objek wisata yang menawarkan keindahan situ di Majalengka, lengkap dengan spot kekinian dan juga berbagai macam wahana yang dapat menambah keseruan saat berlibur.

Situ Cipanten Majalengka merupakan danau unik jika mengacu kepada warna airnya. jika musim kemarau tiba, maka warna airnya akan menjadi biru, serta ikan-ikan yang ada di dalam air akan bisa terlihat dengan jelas.

Beda halnya jika musim hujan tiba, dimana warna airnya akan menjadi hijau. Terkadang saat hari mulai menjelang, warna air Situ Cipanten Majalengka bisa dilihat kedua warna tersebut.

  • Lokasi: Desa Gunung Kuning, Kecamatan Sindang, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.15
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

8. Wisata Batu Badak

ayunan terbang
ayunan terbang. google maps. sumber: Wisata Alam Batu Badak

simak: wisata batu badak

Wisata Alam Batu Badak salah satu tempat wisata yang menawarkan keindahan alam Majalengka dengan ciri khas suasana pedesaan yang sangat kental.

Yang dilengkapi dengan beberapa spot foto intagramable serta wahana seru yang bikin jantung dag dig dug. Oh iya, kamu juga dapat bermain air di sungainya yang jernih.

  • Lokasi: Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

9. Curug Tonjong Majalengka

curug tonjong majalengka
curug tonjong majalengka. google maps. sumber: TAG Tehnik

simak: curug tonjong majalengka

Curug Tonjong Majalengka mulai dibuka kembali pada tahun 2015 lalu, setelah sempat ditutup karena lokasinya yang rawan longsor.

Letak Curug Tonjongnya sendiri berada di balik bebatuan yang memanjang, ketinggiannya sekitar 4 meter dengan arus yang cukup deras.

Aliran air yang mengalir berasal dari Sungai Cikadondong yang berada di atasnya. Konsep tempat wisata ini unik, dimana kamu disediakan sebuah jembatan yang terbuat dari kayu untuk dapat menikmati keindahan curug dari atas.

  • Lokasi: kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
  • Alamat: Desa Teja, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

10. Curug Muara Jaya Majalengka

curug muara jaya majalengka
curug muara jaya majalengka. google maps. sumber: asep wijaya

simak: curug muara jaya majalengka

Untuk menikmati keindahan Curug Muara Jaya, kamu harus menuruni anak tangga kurang lebih sebanyak 350 anak tangga.

Curug Muara Jaya berada di kawasan lereng Gunung Ceremai, dan air yang dialirkannya merupakan bagian dari aliran Sungai Muara Jaya. Air yang dialirkannya sangat jernih juga dingin, namun menyegarkan.

Lokasi Curug Muara Jaya berada di lembah sehingga jika kita melihat ke sekeliling banyak pepohonan yang mengitari. Udara sejuk dan suasana yang menenangkan dapat kamu rasakan ketika berada di area Curug Muara Jaya.

  • Lokasi: Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- (anak-anak) dan Rp. 15.000,- (dewasa)

11. Curug Cipeuteuy Majalengka

berwisata di curug cipeuteuy
berwisata di curug cipeuteuy. google maps. sumber: Relawan JARINGAN KARNA SOBAHI

simak: curug cipeuteuy majalengka

Curug Cipeuteuy salah satu air terjun atau curug yang berada di kaki Gunung Ciremai, yang lokasinya hanya sekitar 1 jam jika dari Cirebon.

Saat menyusuri jalur menuju lokasi Curug Cipeutey dari lokasi parkiran, mata pengunjung disuguhkan dengan pesona pohon pinus yang meneduhkan perjalanan di jalur tersebut. Cocok dijadikan tempat wisata keluarga di akhir pekan ini.

  • Lokasi: alan Dukuh Pasir, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,- per orang

12. Gunung Ciwaru

gagahnya gunung ciremai
gagahnya gunung ciremai. google maps. sumber: sandy ramadhan

simak: gunung ciwaru

Gunung Ciwaru sebuah tempat wisata alam yang pernah hits beberapa tahun yang lalu, hal tersebut bukanlah tanpa alasan karena memang sajian alamnya sangat indah dan juga bikin adem.

Trekking Gunung Ciwaru sangatlah mudah, karena sudah tertata dengan rapih jadi kamu hanya tinggal menyusuri tangganya saja.

Sehingga dapat dilalui oleh anak-anak hingga orang tua, sehingga Gunung Ciwaru dapat menjadi tempat wisata keluarga di akhir pekan.

  • Lokasi: Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai
  • Alamat: Desa Payung, Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,- per orang

13. Puncak Sawiyah

pesona alam di puncak sawiyah
pesona alam di puncak sawiyah. google maps. sumber: Andy Rohandy

simak: puncak sawiyah

Menikmati alam dari ketinggian merupakan salah satu tempat wisata yang paling dicari saat ini, karena kita dapat menyaksikan berbagai lukisan alam yang sangat indah.

Puncak Sawiyah menawarkan keindahan alam dari ketinggian sekitar 1.600 mdpl, gagahnya Gunung Papandayan, terasering sawah, hingga Airport International Jawa Barat (BIJB).

  • Lokasi: kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC)
  • Alamat:Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat
  • Jam buka: 06.00 – 20.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

14. Ciboer Pass

panorama yang menakjubkan
panorama yang menakjubkan. google maps. sumber: Dartono Pang

simak: ciboer pass

Ciboer Pass tempat wisata yang hits di Majalengka, dengan menampilkan terasering sawah sebagai daya tarik utamanya. Suasana adem dan sejuk menjadi incaran para kawula muda untuk bersantai, dan ngopi bareng apalagi dilengkapi dengan coffee shop yang instagramable dan kekinian.

Selain itu untuk kamu yang menyukai camping, Ciboer Pass memiliki camping ground yang lokasinya berada dekat dengan aliran sungai.

  • Lokasi: Jl. Ciboer, Desa Bantaragung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 20.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,-

15. Kebun Teh Cipasung

kebun teh cipasung
kebun teh cipasung. google maps. sumber: Mochammad Kurniawan

simak: kebun teh cipasung

Kebun Teh Cipasung dapat menjadi rujukan tempat wisata dalam menikmati keindahan kebun teh di Majalengka, lokasinya berada di Lemahsugih yang memiliki kondisi alam yang masih alami.

Dengan memiliki luas sekitar 59 hektar, sejauh mata memandang yang tampak hanyalah hijaunya area perkebunan bak permadani hijau dengan ditemaninudara yang sangat sejuk.

Pas banget sebagai tempat ngadem, ataupun sekedar bersantai bersama kawan, keluarga, atau orang terkasih dan menghabiskan waktu bersama.

  • Lokasi: Desa Cipasung, Kecamatan Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

16. Curug Ibun Pelangi

air terjun terbaik di majalengka
air terjun terbaik di majalengka. google maps. sumber: Ricky Ilyas

simak: curug ibun pelangi

Air Terjun atau Curug Ibun Pelangi sebuah wisata alam di Majalengka yang satu ini merupakan tempat wisata yang hits dan tidak pernah sepi pengunjung.

Keindahan Curug Ibun Pelangi sudah banyak memikat setiap para pengunjung yang datang, dimana lokasi curugnya berada di dalam sebuah goa. Jika beruntung kamu dapat menyaksikan keindahan pelangi dekat Air Terjun Ibun Pelangi.

  • Lokasi: Desa Sukasari Kaler, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 15.000,-

17. Curug Cilutung

santuy di curug cilutung
santuy di curug cilutung. google maps. sumber: Nina Nazhwa Adila

simak: curug cilutung

Curug Cilutung sebuah tempat wisata alam di Majalengka yang memberikan pesona air terjun dengan hiasan batuan cadas yang eksotik.

Sayang sekali Curug Cilutung Majalengka ini belum dikelola secara resmi, sehingga tampak kurang terawat. Padahal pesona keindahan alamnya layak untuk mendapat perhatian lebih.

  • Lokasi: Desa Talaga Kulon dengan Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

18. Bukit Sanghyang Dora

tempat camping paling asyik
tempat camping paling asyik. google maps. sumber: Tani Buah

simak: bukit sanghyang dora

Bukit Sanghyang Dora salah satu tempat nge-camp yang ada di Majalengka, Jawa Barat. Yang menawarkan pemandangan indah dari ketinggian.

Bukit Sanghyang Dora berada di ketinggian sekitar 385 mdpl, dengan menyajikan pemandangan alam berupa jajaran bukit-bukit, pemukiman warga sekitar, serta Gunung Ciremai.

Meski harus melakukan trekking yang lumayan melelahkan, hal tersebut akan dibayar secara kontan oleh nyanyian alam yang sangat indah.

  • Lokasi: Desa Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

19. Curug Sempong

air terjun tersembunyi
air terjun tersembunyi. google maps. sumber: Jejak Wisata

simak: curug sempong

Curug Sempong salah satu curug atau air terjun cantik yang dimiliki Majalengka, lokasinya yang tersembunyi membuat curug ini tampak sangat eksotis.

Airnya mengalir dari ketinggian sekitar 10 meter, dengan kolam alami yang memanjang dimana kedalamannya mencapai 6 meter. Tempatnya masih sangat alami, pas banget untuk kamu yang menginginkan tempat wisata alam yang masih asri.

  • Lokasi: Dusun Cisempong, Desa Sidamukti, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

20. Curug Kapak Kuda

berfoto bersama curug kapak kuda
berfoto bersama curug kapak kuda. google maps. sumber: M Ramadoni

simak: curug kapak kuda

Curug Kapak Kuda merupakan salah satu curug atau air terjun yang ada di Kabupaten Majalengka. Yang memiliki tipe air terjun berundak. Dengan memiliki dua tingkatan dan tinggi kira-kira sekitar 20 meter.

Untuk kamu yang ingin mengunjungi Curug Kapak Kuda hindari datang di musim kemarau panjang ya, karena aliran Curug Kapak Kuda tergantung musim.

  • Lokasi: Desa Sadawangi, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: gratis

21. Talaga Herang

talaga herang
talaga herang. google maps. sumber: Abdul Soleh

simak: talaga herang

Talaga Herang tempat wisata di Majalengka yang menjadi favorit keluarga apalagi ketika akhir pekan maupun hari libur lainnya. Dan saat ini menjadi tempat wisata di Majalengka yang sedang hits.

Daya tarik utamanya ialah berupa sebuah danau atau telaga yang sangat jernih dan bersih. Saking jernihnya air, kamu dapat melihat ke dasar kolam dengan mudahnya. Apalagi terdapat berbagai wahana permainan seru yang dapat kita coba.

  • Lokasi: Kecamatan Sindangwangi, Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 06.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang

22. Telaga Biru Nila

bersantai menikmati danau biru
bersantai menikmati danau biru. google maps. sumber: Dede Destriyani

simak: telaga biru nila

Jika Talaga Herang daya tarik utamanya berupa airnya yang jernih, Telaga Biru Nila merupakan sebuah danau yang airnya berwarna biru. Sangat cantik apabila terkena sinar matahari.

Berenang di danaunya yang biru akan membuat pengalaman liburan yang tak terlupakan, apalagi air danaunya jernih banget.

  • Lokasi: Desa Jerukleueut, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 08.00 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- per orang

23. Situ Janawi

dikelilingi alam yangmasih asri
dikelilingi alam yangmasih asri. google maps. sumber: Jejak Wisata

simak: situ janawi

Situ Janawi satu dari sekian situ atau danau yang dimiliki Majalengka, lokasinya berada di Kecamatan Rajagaluh, yang memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang selalu ramai dikunjungi.

Selain pemandangan Situ atau danau, Situ Janawi memiliki fasilitas kolam renang alami yang sudah dilengkapi dengan se,uncuran air. Rasakan serunya berenang di kolam alami, yang memiliki pemandangan indah.

Selain itu terdapat beberapa wahana permainan lain sebagai pelengkap kunjunganmu ke Situ Janawi Payung, Majalengka.

  • Lokasi: Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 07 – 17.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

24. Taman Dinosaurus Majalengka

taman dinosaurus majalengka
taman dinosaurus majalengka. google maps. sumber: Prima Aris Pradana

simak: taman dinosaurus majalengka

Taman Dinosaurus Majalengka hadir menjadi tempat wisata kekinian yang bertemakan dinosaurus, hewan purba yang sudah musnah dan konon katanya hadir di bumi sebelum manusia.

Taman Dinosaurus Majalengka berada di lahan sekitar 4 hektar, dengan masih banyaknya pepohonan yang ada di sekitar taman. Serta memiliki wahana permaina anak yang cukup banyak, sehingga anak-anak dapat leluasa bermain.

  • Lokasi: Desa Lemahputih, Kecamatan Lemahsugih, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.
  • Jam buka: 09.00 – 18.00
  • Tiket masuk: Rp. 10.000,- per orang

25. Aryakibansland

kolam renang samping sungai
kolam renang samping sungai. google maps. sumber: BANG GIAN

simak: aryakibansland

Aryakibansland merupakan tempat wisata yang sedang viral saat ini, bagaimana tidak setiap harinya selalu saja dipenuhi oleh pengunjung yang membawa serta keluarga tercinta.

Banyak banget hal seru yang dapat kamu lakukan ketika berkunjung ke Aryakibansland Rajagaluh, Majalengka. Dijamin seru dan menyenangkan, apalagi harganya sangat sangat terjangkau.

  • Lokasi: Desa Rajagaluh Kidul, Majalengka, Jawa Bar
  • Jam buka: 08.00 – 16.00
  • Tiket masuk: Rp. 5.000,- (anak-anak) dan Rp. 7.000,-  (dewasa)