Curug Muara Jaya Majalengka, Lokasi Keindahan Alam Di Lembah Gunung Ceremai

Kali ini saya akan membahas tentang salah satu objek wisata yang berada di Kabupaten Majalengka. Kabupaten Majalengka merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, dengan luas wilayahnya mencapai 1.204,24 km2.

Tempat wisata air yang akan dibahas kali ini bernama Curug Muara Jaya, yang berada di Desa Argamukti. Lokasinya berada di lereng Gunung Ceremai, namun jalurnya cocok juga untuk anak-anak.

Berikut ulasan lengkap mengenai Curug Muara Jaya, check this out!

Trekking  Menuju Curug Muara Jaya

Perjalanan kamu akan sangat menyenangkan ketika hendak menuju Curug Muara jaya, karena pemandangan disepanjang perjalanan yang kamu lalui dipenuhi dengan hamparan keindahan alam yang masih sangat alami.

Jalur menuju Curug Muara Jaya jalannya tidak terlalu lebar, selain itu banyak belokan yang cukup tajam dengan keadaan jalan yang kadang berupa turunan tajam.

Jalannya masih bisa dilalui mobil, namun jika berpapasan dengan mobil lain dari arah yang berlawanan salah satunya harus memberi ruang supaya bisa tetap melaju.

Udara dingin akan mulai kamu rasakan jika kamu menggunakan kendaraan motor, maka dari itu gunakanlah jaket yang tebal.

Kemudian kamu akan menemukan gapura Curug Muara Jaya yang akan membawamu langsung menuju tempat parkir.

Setelah memakirkan kendaraan yang kamu bawa, kamu harus melakukan trekking dengan berjalan kaki untuk menuju Curug Muara Jaya.

Satu Dari Banyaknya Lahan Perkebunan
Satu Dari Banyaknya Lahan Perkebunan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Dengan menapaki jalan yang sudah di paving, dikiri dan kanan kamu dipenuhi dengan perkebunan yang ditanami dengan berbagai macam sayuran.

Sebelum menuruni tangga kamu akan menemukan spot foto menarik yang berbentuk love yang terbuat dari botol bekas.

Setelah puas berfoto kamu harus melanjutkan perjalanan dengan menuruni anak tangga, tangganya sudah tertata dengan baik dan terdapat pegangan di sebelah kanan jalan.

Tangga Yang Harus Kamu Lalui
Tangga Yang Harus Kamu Lalui. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selama menuruni tangga kamu sudah dapat melihat Curug Muara Jaya, kamu akan menemukan lagi spot foto yang berlatarkan langsung keindahan curugnya.

Setelah menuruni kurang lebih 350 anak tangga akhirnya kamu tiba di Curug Muara Jaya di tingkat paling bawah, untuk mendekati curugnya kamu harus melewati jembatan yang dihiasi botol bekas yang disusun sedemikian rupa.

Jembatan Menuju Curug Muara
Jembatan Menuju Curug Muara. GoogleMaps. Sumber: //lh5.googleusercontent.com

Curug Muara Jaya terdiri dari dua tingkatan, untuk menuju tingkatan yang paling atas kamu harus menaiki anak tangga yang terletak di sebelah kiri. Anak tangganya cukup curam, jadi kamu harus berhati-hati.

Pesona Keindahan Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya berada di kawasan lereng Gunung Ceremai, dan air yang dialirkannya merupakan bagian dari aliran Sungai Muara Jaya. Air yang dialirkannya sangat jernih juga dingin, namun menyegarkan.

Curug Muara Jaya
Curug Muara Jaya. Sumber: https://travelspromo.com

Lokasi Curug Muara Jaya berada di lembah sehingga jika kita melihat ke sekililing banyak pepohonan yang mengitari. Udara sejuk dan suasana yang menenangkan dapat kamu rasakan ketika berada di area Curug Muara Jaya.

Curug Muara Jaya memiliki dua tingkatan, tingkatan paling bawah memiliki tinggi sekitar 15 meter, dengan kolam alami yang cukup lebar. Aliran airnya tak terlalu besar.

Sedangkan tingkatan paling atas memiliki tinggi sekitar 60 meter, dengan kolam penampungan airnya yang tidak cukup besar. Inilah yang sudah kamu lihat waktu menuruni tangga tadi.

Curug Muara Jaya Tingkat Atas
Curug Muara Jaya Tingkat Atas. Sumber: ngabolangngabolang.blogspot.com

Aliran air di tingkatan paling atas ini cukup deras hingga kamu akan merasakan cipratannya ketika berjalan menuju area curug. Untuk menikmati Curug Muara Jaya bagian atas kamu harus membayar lagi tiket masuk.

Ragam Wisata Di Muara Jaya

Selain menikmati keindahan alam Curug Muara Jaya, kamu juga dapat melakukan berbagai ragam wisata seperti berikut:

1. Bermain segarnya air

Kamu bisa menikmati kesegaran air Curug Muara Jaya dengan bermain air di kolam yang berada di bawah maupun kolam yang berada di atas.

Segarnya Air Curug Muara Jaya
Segarnya Air Curug Muara Jaya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Keduanya memiliki keistimewaan tersendiri, para pengunjung biasanya bermain air di kolam penampungan Curug Muara Jaya yang berada di atas. Mungkin karena lokasinya lebih tersembunyi, serta kamu dapat merasakan sensasi dipijit oleh aliran airnya.

2. Arena bermain anak

Jika kamu membawa serta anak-anak mengunjungi Curug Muara Jaya, terdapat area bermain anak di tengah perjalanan menuju curugnya.

3. Hunting spot foto

Sepanjang perjalanan menuju Curug Muara Jaya kamu sudah banyak menemukan spot foto yang menarik dan harus kamu coba satu per satu. Namun satu hal yang jangan sampai terlewatkan yakni mengabadikan keindahan alam dan Curug Muara Jaya itu sendiri.

Berfoto Bersama Curug Muara Jaya Tingkat Bawah
Berfoto Bersama Curug Muara Jaya Tingkat Bawah. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Camping

Curug Muara Jaya menyediakan tempat untuk kamu para pecinta alam melakukan kegiatan camping. Jaraknya tak terlalu jauh dari area curug, pada saat kamu menuruni tangga akan ada petunjuk jalan menuju lokasi camping.

Bermalam dengan hamparan alam yang masih sangat alami, diiringi dengan suara deburan air Curug Muara Jaya berserta suara alam lainnya. Sungguh merupakan cara menikmati hidup yang sebenarnya.

Lokasi Dan Alamat Curug Muara Jaya

Lokasi Curug Muara Jaya berada di lereng Gunung Ceremai.

Alamat lengkapnya terletak di Kampung Apuy, Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Muara Jaya

Rute menuju Curug Muara Jaya jika kamu bergerak dari pusat Kota Majalengka arahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Maja kemudian menuju Argalingga dan terakhir tibalah kamu di Desa Argamukti. Kamu tinggal mencari gerbang menuju lokasi Curug Muara Jaya.

Tiket Masuk Curug Muara Jaya

Pengelola Curug Muara Jaya menetapkan tarif sebagai berikut:

  • Tiket masuk dewasa                : Rp. 15.000,- per orang
  • Tiket masuk curug di atas       : Rp. 2.000,- per orang
  • Tiket masuk anak-anak           : Rp. 5.000,- per anak
  • Camping                                  : Rp. 20.000,- per orang
  • Parkir motor                            : Rp. 3.000,- per unit
  • Parkir mobil                             : Rp, 5.000,- per unit

Jam Operasional Curug Muara Jaya

Jam operasional Curug Muara Jaya dibuka setiap hari dan selama 24 jam non stop. Namun jika kamu tidak berniat untuk camping, pada pukul 17.30 sore kamu diharuskan kembali ke atas.

Fasilitas Curug Muara Jaya

Fasilitas Curug Muara Jaya sudah tersedia:

  • Panggung hiburan
  • Balai pertemuan
  • Arena bermain anak
  • Mushola
  • Kamar mandi umum
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area parkir yang luas dan lapang
  • Camping ground

Budaya / Kesenian Khas Daerah Majalengka

Di sekitar Curug Muara Jaya sering diadakan upacara adat yang bernama pareresan, yang dilakukan ketika musim panen tiba. Upacara ini disebut juga Ngalaksa, dilakukan setiap 2 tahun sekali, sebagai rasa syukur kepada Tuhan atas anugrah panen yang berlimpah.

Tips Wisata

Tips wisata berikut saya bagikan untuk kamu yang hendak mengunjungi Curug Muara Jaya, yakni:

  • Karena kamu akan berkunjung ke tempat terbuka, sebaiknya perhatikan kondisi cuaca ketika hendak berangkat.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Berhati-hatilah ketika menapaki anak tangga.
  • Gunakan alas kaki yang tidak licin.
  • Bawalah baju hangat atau obat-obatan yang biasa dipakai jika hendak camping.
  • Selalu jaga kebersihan dan keasrian area Curug Muara Jaya.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk menangkap momen indah ketika berada di Curug Muara Jaya.

Penutup

Keindahan alam yang masih sangat alami selalu mempunyai daya tarik tersendiri, apalagi jika disatukan dengan kreatifitas tangan manusia. Pasti akan menarik para pengunjung untuk terus berdatangan.

Itulah yang diberikan Curug Muara Jaya pada kamu, nikmati dan rasakanlah sendiri. Jangan lupa siapkan foto terbaikmu ketika berada di Curug Muara Jaya, ya!


Leave a Comment