Puncak Sawiyah, Pesona Keindahan Alam Majalengka

Puncak Sawiyah tempat wisata alam di Majalengka yang menawarkan keindahan alam dari ketinggian, seperti area pesawahan, pegunungan serta udara yang sejuk.

Suasana yang sejuk dan adem seperti ini sangat dicari oleh mereka yang selalu disibukkan oleh kegiatan sehari-hari. Yang dipercaya dapat membuat mood kita balik lagi, dan kembali semangat dalam bekerja.

pesona alam di puncak sawiyah
pesona alam di puncak sawiyah. google maps. sumber: Andy Rohandy

simak juga: tempat wisata di majalengka

Wisata di Majalengka yang satu ini sangat hits dan cukup diminati oleh siapa saja, terutama bagi mereka yang menyukai keindahan.

Berikut deskripsi tentang Puncak Sawiyah sebagai bahan referensi wisata di Majalengka, untuk menikmati keindahan alam di akhir pekan ini bersama orang tersayang.

Lokasi dan Alamat Puncak Sawiyah

Lokasi Puncak Sawiyah berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ceremai (TNGC), tepatnya berada di Desa Sangiang, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Sawiyah

Akses menuju Puncak Sawiyah hanya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua saja, dimana kamu akan menyusuri jalan kecil dan menanjak dengan kondisi yang tidak terlalu bagus.

Sehingga pastikan kondisi kendaraanmu dalam keadaan baik-baik saja, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nanti.

rute menuju puncak sawiyah
rute menuju puncak sawiyah. googla maps. sumber: Dana Prasaja

simak juga: situ cipanten

Rute yang harus kamu tempuh jika berangkat dari pusat kota Majalengka yakni dengan menuju Jl. Maja-Talaga kemudian belok kiri setelah SPBU Tegalsari.

Kemudian terus arahkan kendaraan hingga tiba di Desa Tejanulya, di pertigaan menuju Sangiang belok kanan dan belok kiri lagi ketika berada di pertigaan jalan.

Setelah bertemu sebuah plang atau papan petunjuk, beloklah ke kiri untuk menuju Puncak Sawiyah. Dimana kondisi jalan selanjutnya tidak begitu bagus dan didominasi dengan tanjakan.

Jam Buka Puncak Sawiyah

  • Jam operasional Puncak Sawiyah setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai buka pada pukul 06.00 hingga 20.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Puncak Sawiyah

Harga tiket masuk Puncak Sawiyah cukup membayar Rp. 10.000,- per orang

gowes ke puncak sawiyah
gowes ke puncak sawiyah. google maps. sumber: Dadih Heryana

simak juga: taman gunung batu karang

Fasilitas Puncak Sawiyah

Fasilitas yang ada di sekitar Puncak Sawiyah diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Kamar mandi,

Daya Tarik Puncak Sawiyah

1. Puncak Sawiyah

indahnya senja di puncak sawiyah
indahnya senja di puncak sawiyah. google maps. sumber: Zho Kardjo

simak juga: curug tonjong majalengka

Yang menjadi daya tarik utama dari Puncak Sawiyah ialah kawasan puncaknya, dimana kamu dapat menyaksikan hamparan keindahan alam yang indah juga cantik.

Ketinggian Puncak Sawiyah sekitar 1.600 mdpl, dari ketinggian tersebut kita dapat menyaksikan gagahnya Gunung Papandayan, area sawah yang mirip di Panyaweuyan, hingga Airport International Jawa Barat (BIJB).

Suasana yang menenangkan tersebut sangat diburu oleh mereka yang haus akan ketenangan, tidak ada yang namanya suara klakson ataupun polusi udara yang menyesakkan. Angin di Puncak Sawiyah cukup kencang, so pastikan kamu menggunakan pakaian hangat ya….

2. Spot Instagramable

Tempat wisata Puncak Sawiyah juga dilengkapi dengan beberapa spot foto Instagramable, yang akan menambah keseruan wisatamu di sini. Beberapa spot foto tersebut diantaranya:

  • Rumah balon,
  • Jembatan cinta,
  • Elang raksasa,
  • Gardu pandang,
berfoto di rumah balon
berfoto di rumah balon. google maps. sumber:Karjo Josel

simak juga: curug muara jaya majalengka

Di spot-spot tersebut kamu dapat berfoto sepuasnya dengan latar pemandangan alam yang indah juga menyejukkan.

3. Camping Ground

Area camping pun turut hadir di Puncak Sawiyah, dimana kamu dapat menggelar tenda di tempat tersebut dan menikmati panorama yang indah di pagi dan juga malam harinya.

Sekali lagi, udara di malam hari akan sangat terasa dingin. Pastikan kamu menyiapkan segala perlengkapan sebaik mungkin, jangan sampai ada yang terlewatkan.

4. Curug Remis

Curug Remis atau Curug Sawiyah merupakan destinasi selanjutnya yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Puncak Sawiyah. Dimana kamu dapat bermain sejuknya air di kawasan curug tersebut.

Untuk menuju Curug Remis, kamu harus berjalan kira-kira sejauh 1 km dari loket masuk Puncak Sawiyah. Udah ada petunjuknya kok, kamu tinggal mengikuti saja.

curug remis
curug remis. google maps. sumber: Abu Ghassani

simak juga: curug cipeuteuy majalengka

Penutup

Puncak Sawiyah merupakan tempat wisata di Majalengka yang memberi kita energi positif, agar kita dapat menjadi lebih bersemangat ketika harus memulai pekerjaan kembali.

Dan keindahan alam yang dimilikinya menjadi buruan para Instaholic yang haus akan spot-spot kece untuk diposting di media sosial miliknya.


shopee