Taman Gunung Batu Karang, Perpaduan Bebatuan Dan Pohon Pinus Yang Menyejukkan

Majalengka merupakan sebuah Kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat. Majalengka memiliki banyak tempat wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi.

Salah satu tempat wisata yang dapat kamu kunjungi ketika berada di Majalengka ialah Taman Gunung Batu Karang, yang terletak di Babakan Jawa, Majalengka.

Taman Gunung Batu Karang merupakan sebuah tempat wisata yang menghadirkan hamparan bebatuan dengan berbagai ukuran, yang dihiasi panorama alam yang sangat indah.

Selain itu, kamu juga akan mengulas sejarah di masa lampau dengan mengekplor goa yang ada di sekitar area Taman Gunung Batu Karang ini. Konon katanya goa tersebut merupakan tempat persembunyian para pejuang Indonesia, sekaligus sebagai tempat untuk mengatur strategi melawan penjajah.

Lokasi wisata Taman Gunung Batu Karang baru dibuka sekitar bulan Januari tahun 2017 lalu, dan sampai saat ini masih banyak dikunjungi oleh wisatawan yang datang dari berbagai daerah.

Hamparan Bebatuan Yang Dibalut Keindahan Alam
Hamparan Bebatuan Yang Dibalut Keindahan Alam. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 10 Lokasi wisata Populer di Majalengka

Lokasi Taman Gunung Batu Karang

Lokasi Taman Gunung Batu Karang berada di kawasan Perum Perhutani, sehingga saat ini dikelola oleh Perhutani Majalengka bekerjasama dengan masyarakat sekitar.

Lokasinya tepat berada di Blok Pancurendang Landeuh, Kelurahan Babakanjawa, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Gunung Batu Karang

Rute menuju Taman Gunung Batu Karang dari pusat kota Majalengka dengan melajukan kendaraan menuju Pancuranrendang Landeuh. Jalan yang dilalui cukup mudah karena sudah beraspal dan mulus.

Kamu nanti akan melewati jalanan pemukiman warga sebelum akhirnya menuju jalan yang sepi dan tak berpenghuni. Yang ada hanyalah jajaran pepohonan yang berwarna hijau.

Sudah ada petunjuk jalan menuju lokasi Taman Gunung Batu Karang, jadi kamu ngga usah khawatir kesasar. Setelah kamu menemukan gapura yang bertuliskan Gunung Karang, kondisi jalan menanjak dengan keadaan banyak lubang dan tidak rata.

Selain itu jalurnya pun sempit, yang hanya cukup untuk dilewati satu mobil saja. Jadi akan lebih menyenangkan jika kamu menggunakan sepeda motor.

Jam Buka Taman Gunung Batu Karang

Jam operasional Taman Gunung Batu Karang dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Sebaiknya hindari datang terlalu sore, karena kondisi jalan yang belum ada lampu penerangan.

Tiket Taman Gunung Batu Karang

Tiket masuk dan parkir Taman Gunung Batu Karang yakni:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000 per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per unit

Fasilitas Taman Gunung Batu Karang

Fasilitas yang ada di Taman Gunung Batu Karang Majalengka ini terdiri dari:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Mushola
  • Warung makanan dan minuman
  • Toilet
  • Spot foto

Daya Tarik Taman Gunung Batu Karang

Meskipun hanya berupa hamparan bebatuan, Taman Gunung Batu Karang mempunyai daya tarik tersendiri, yakni:

1. Hamparan Bebatuan

Hamparan Bebatuan
Hamparan Bebatuan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Grand Sayang Kaak Ciamis

Namanya saja sudah Taman Gunung Batu Karang, otomatis yang menjadi primadona dari kawasan wisata alam yang satu ini ialah hamparan bebatuan yang dapat kamu jumpai disekitar lokasi.

Batu-batu yang ada terdiri dari berbagai macam ukuran, ada yang kecil, sedang, bahkan ada pula yang sangat besar. Bebatuan tersebut berserakan dimana-dimana, sampai-sampai tempat kamu berpijak pun berupa batuan yang kecil.

Sehingga untuk mengeksplor lokasi Taman Gunung Batu Karang, kamu harus mempunyai fisik yang kuat. Bebatuan yang ada sebagian bertumpuk dan berongga sehingga menciptakan gua-gua.

Maka lokasi Gunung Karang sering disebut sebagai seribu gua, karena saking banyaknya gua yang tercipta. Dimana gua-gua yang ada tercipta secara alami, tanpa adanya campur tangan manusia.

2. Pemandangan Yang Sangat Indah

Puncak Bukit Gunung Batu Karang
Puncak Bukit Gunung Batu Karang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Selain menjumpai bebatuan yang berserakan, kamu juga dapat menikmati keindahan alam lainnya yang coba disajikan Taman Gunung Batu Karang.

Hmaparan pohon pinus serta pepohonan lainnya ikut menciptakan suasana alam yang asri, hembusan angin yang menyentuh ragamu membuat tempat ini cocok untuk menenangkan diri.

Jika langkahmu sampai di ketinggian, kamu akan melihat hamparan keindahan alam Kadipaten dan Jatiwangi. Tampak jelas pemukiman warga yang dibalut dengan berdirinya gunung serta perbukitan.

Aliran sungai pun akan nampak terlihat dari ketinggian tersebut. Untuk mencapainya kamu harus berhati-hati, dan pastikan tidak salah berpijak. Karena kamu akan menapaki bebatuan putih yang besar-besar.

3. Legenda Sangkuriang

Keberadaan Gunung Karang sering dikaitkan dengan legenda Sangkuriang, konon katanya bebatuan yang ada merupakan hasil kumpulan Sangkuriang bersama dengan tentara gaibnya.

Mereka mengumpulkan bebatuan tersebut dengan maksud untuk membendung sungai, sebagai syarat yang diberikan oleh Dayang Sumbi kepada Sangkuriang.

Namun, karena usaha Sangkuriang untuk membuatkan perahu dalam satu malam gagal akhirnya bebatuan yang sudah terkumpul tersebut tidak terpakai dan dibiarkan begitu saja.

Menikmati Keindahan Alam Yang Tersaji
Menikmati Keindahan Alam Yang Tersaji. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

4. Gua Batu Yang Terbentuk Secara Alami

Mengeksplor Salah Satu Gua Yang Ada
Mengeksplor Salah Satu Gua Yang Ada. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Taman indah di Jambi, Merangin Garden

Kawasan Taman Batu Gunung Karang memiliki jargon seribu gua, yang sayang untuk kamu lewatkan ketika kamu berkunjung kesini.

Untuk menjelajahi gua, kamu harus membayar tiket khusus sebesar Rp. 5.000 per orang dan akan ditemani oleh seorang pemandu yang akan membimbing kamu memasuki gua.

Terdapat sebuah gua yang bernama Gua Palawangan, lokasinya berada di bawah bebatuan yang sangat besar. Yang dipercaya sebagai tempat para pejuang kemerdekaan mengatur strategi perang melawan penjajah.

Keadaan didalam gua cukup gelap, jadi kamu harus menyiapkan senter sebagai alat penerangan. Setelah jauh melangkah, kamu akan menemukan sebuah batu yang memiliki bunyi seperti kentungan jika dipukul. Menurut pemandu suara pentungan batu tersebut akan terdengar hingga ke area parkir.

Mengeksplor gua yang ada di Taman Gunung Batu Karang ini memang tidak mudah, kamu harus memasuki pintu masuk gua yang sempit bahkan dengan cara merangkak. Namun pengalaman yang kamu dapatkan sungguh luar biasa dan tak dapat dilupakan begitu saja.

5. Spot Selfie

Berfoto Di Ujung Kapal
Berfoto Di Ujung Kapal. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan alam Taman Gunung Batu Karang, kamu dapat berfoto ketika sedang berda di puncak dengan hamparan alam yang menakjubkan.

Jangan lewatkan untuk berfoto di sebuah jembatan kayu yang berbentuk seperti ujung kapal, serta jajaran pohon pinus yang indah tak boleh kamu sia-siakan.

Indahnya alam selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk dunia fotografi, alamnya yang asri nampak sangat mengagumkan dalam sebuah gambar.

Salah Satu Spot Foto
Salah Satu Spot Foto. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

Berikut saya bagikan beberapa tips wisata untuk kamu yang berkeinginan mengunjungi Taman Gunung Batu Karang di weekend ini, yakni diantaranya:

  • Kondisi cuaca yang cerah merupakan saat terbaik mengunjungi Taman Gunung Batu Karang
  • Jika menggunakan mobil harus waspada dan hati-hati, karena jalannya yang sempit.
  • Akan lebih mengasyikkan jika kamu menggunakan motor.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin, karena kamu akan banyak berjalan di bebatuan.
  • Bawalah persediaan makanan atau minuman, karena didalam lokasi Taman Gunung Batu Karang tidak ada warung. Warung makanan dan minuman hanya ada di dekat area parkir saja.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Taman Gunung Batu Karang.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapakan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Taman Gunung Batu Karang.

Penutup

Terlepas dari legenda yang berkembang, keberadaan Taman Gunung Batu Karang merupakan sebuah bukti akan kuasa Tuhan. Dia dapat membuat segala sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Keindahan alam Taman Gunung Batu Karang mampu menghipnotis siapa saja yang mengunjunginya. Lihat dan rasakanlah sendiri!


Leave a Comment