Grand Sayang Kaak Ciamis, Destinasi Instagramable di Sisi Timur Jawa Barat

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat seperti gazebo bisa digunakan untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam.

Grand Sayang Kaak Ciamis cocok bagi pengunjung yang ingin melepas kepenatan dengan rutinitas sehari-hari. Tempatnya yang cukup sejuk dengan beberapa lokasi tempat istirahat seperti gazebo bisa digunakan untuk makan-makan bersama keluarga sambil menikmati panorama alam
Grand Sayang Kaak Ciamis. Image via: Angga Mulia

Selain pemandangan alam yang elok nan sejuk, pengunjung juga dapat mencoba berbagai permainan yang cukup menantang yaitu flying fox serta arung jeram di sungai Citanduy dan sebagainya. Kemudian tersedia pula ATV yang siap membuat pengalaman wisata para pengunjung lebih seru lagi.

Kawasan wisata ini juga semakin lengkap dengan adanya spot-spot yang unik dan keren untuk mengabadikan momen. Pengunjung dapat berfoto ria menggunakan latar yang yang disediakan seperti papan berbentuk hati ataupun mengambil latar sungai Citanduy.

Pengunjung umumnya mengatakan sengaja mengajak anak-anaknya berlibur ke Grand Sayang Kaak. Karena selain lokasinya yang cukup dekat dari pusat perkotaan Ciamis, juga murah-meriah. Ia bisa mengajak anak-anaknya melakukan out bond, untuk menumbuhkan keberanian anak-anaknya.

Spot foto kelas bunga matahari, salah satu yang populer di kalangan pengunjung
Kelas Bunga Matahari. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Ragam Wisata Jawa Barat

Lokasi Grand Sayang Kaak Ciamis

Grand Sayang Kaak Ciamis, ada di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Rute Menuju Grand Sayang Kaak Ciamis

Kini tempat wisata alam ini juga dikenal dengan  nama Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak. Lokasi ini kurang lebih berjarak 15 kilometer dari pusat kota Ciamis. Pengunjung bisa mengarahkan kendaraanya menuju arah Handap Herang lalu lanjutkan ke arah TPA sampah Ciamis. Setelah itu tinggal ikuti petunjuk arah yang tersedia.

Spot foto sarang burung di Grand Sayang Kaak ciamis, merupakans alah satu spot foto yang paling awal hadir di lokasi ini
Siap menetas. Image via: harapanrakyat.com

Jam Buka Grand Sayang Kaak Ciamis

Grand Sayang Kaak Ciamis buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul17.00.

Tiket Grand Sayang Kaak Ciamis

Sebelum tahun 2017, masuknya masih gratis. Namun untuk berfoto di spot Foto yang tersedia di Sayang kaak, saat itu Anda perlu membayar tiket.

Kini untuk masuk ke Wana Wisata ini, Anda cukup membayar Rp. 5.000,- selanjutnya Anda bisa mengeksplorasi wana wisata ini sepuasnya.

Kemudian untuk biaya parkir kendaraan cukup murah sobat. Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Panorama alam Grand sayang kaak ciamis dinikmati daris alah satu menara pandang.
Panorama alam. Image via: erianggorokasih.com

Simak juga: Taman bunga Merangin Garden di Jambi

Fasilitas Grand Sayang Kaak Ciamis

Lokasi wisata ini dikembangkan oleh Badan Usaha Milik Desa atau disebut BUMDes, sehingga penataan maupun fasilitas yang ada ditempat wisata ini terawat dan tertata dengan rapi. Pengunjung dapat dengan mudah menemui fasilitas penunjang yang memadai seperti area parkir yang luas, mushola, kamar mandi, toilet, dan kedai yang menjajakan berbagai kuliner.

Daya Tarik Grand Sayang Kaak Ciamis

  1. Spot Foto

Grand Sayang Kaak Ciamis memiliki sudut-sudut yang bagus untuk dijadikan latar berfoto. Dengan menggunakan angel yang pas, pengunjung tentunya akan mendapatkan hasil jepretan yang sempurna.

pengunjung dapat bereksplorasi dengan bebas mengkombinasikan fasilitas yang unik dan juga latar pemandangan yang indah berupa tebing, pepohonan yang hijau, persawahan serta lairan sungai Citanduy.

rangon atau menara pandangd negan kabel flaying fox yang membentang di atasnya
Rangon. Image via: antarafoto.com

Sejak tahun 2017 tempat wisata ini terus berbenah, hasilnya bisa dilihat saat ini Grand Sayang Kaak Ciamis penuh dengan spot foto yang akan memuaskan para pencinta selfie maupun mereka yang hobi foto-foto.

Di Grand Sayang Kaak Ciamis, pengunjung bisa menggunakan sejumlah titik spot foto yang tersedia di Sayang Kaak. Mulai dari spot foto payung geulis, hingga sangkar ‘sayang’ burung yang ada di pinggir jurang atau tebing.

  1. Jembatan Kaca

Jembatan Kaca sendiri merupakan pelengkap untuk beberapa spot berfoto di Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis yang sudah ada sebelumnya, seperti 'sarang burung' dari susunan ranting pohon, anjungan berbentuk love dan lain-lainnya
Anjungan Kaca. Image via: @Ciamis.info

Simak juga: Menanti Sunrise di Bukit Sikendil

Jembatan Kaca sendiri merupakan pelengkap untuk beberapa spot berfoto di Wana Wisata Mandiri Sayang Kaak yang sudah ada sebelumnya, seperti ‘sarang burung’ dari susunan ranting pohon, anjungan berbentuk love dan lain-lainnya

Bahan yang digunakan untuk jembatan kaca memang harus memiliki ketahanan lebih terhadap beban dan perubahan cuaca di alam terbuka. Dengan demikian, jembatan ini aman untuk dikunjungi oleh para pemburu selfie maupun pegiat fotografi.

Dengan keunikannya, jembatan ini mampu memberikan efek yang tak biasa pada hasil jepretan yang didapat. Berpaduan antara infrastruktur yang mengagumkan serta pemandangan alam yang eksotis menjadikan spot ini semakin sempurna untuk berfoto.

Untuk dapat berfoto di area yang unik ini, pengunjung diharapkan membuka alas kaki terlebih dahulu. Kemudian Jumlah pengunjung pun dibatasi hanya boleh lima orang saja. Hal ini dilakukan agar terhindar dari beban yang berlebih.

  1. Kegiatan Luar Ruangan

Di Grand Sayang Kaak Ciamis ini juga terdapat beberapa wahana lainnya, khususnya bagi anak-anak. Seperti flying fox anak, arena bermain anak dan outbond anak.
Mendebarkan. Image via: harapanrakyat.com

Siapa sangka jika kawasan wisata yang memiliki spot-spot foto yang keren ini juga memiliki paermainan-permainan yang seru untuk dicoba para pengunjung, khususnya anak-anak. Dengan harga tiket yang terjangkau para orang tua dapat berlibur sekaligus membuat anak-anak merasa gembira.

Wahana-wahana seru yang dapat di jajal antanya adalah flying fox dan juga outbond. Tak hanya itu, tempat ini juga dapat digunakan sebagi pelepas penat dengan cara bersantai sambil menikmati berbagi makanan di gazebo-gazebo yang tersedia.

Tak cukup sampai disitu, pengunjung juuga bisa menikmati keindahan panorama yang disuguhken tempat ini lebih lama lagi dengan cara berkemah  di area camping ground.

Selainberbagai spot foto lain, Grand Sayang Kaak CIamis juga ada spot foto sayap kupu kupu
Spot Kupu-Kupu. Image via: jejakpiknik.com

Simak juga: Berburu Foto instagramable di SIbajag Green Canyon

Kelebihan lainnya dari wana wisata ini, pengunjung bisa ‘botram’, alias makan bersama keluarga atau sahabat dekat. Atau yang lebih umum dikenal dengan nama Piknik. Pengunjung Tak perlu repot membawa bekal dari rumah jika terburu-buru.

Di tempat wisata ini sudah tersedia warung dimana pengunjung bisa memesan nasi liwet lengkap dengan lauk pauknya. Pengunjung bisa memakannya rame-rame di saung atau gazebo yang ada di Wana Wisata ini.

Di bawah payung warna warni Grand Sayang Kaak Ciamis.
Di bawah payung. Image via: topwisata.info

Objek Wisata Dekat Grand Sayang Kaak Ciamis

Ciamis terkenal sebagai daerah dengan banyak lokasi wisata keren. Salah satu yang Populer adalah Situ Lengkong Panjalu. Situ dengan panorama indah ini memiliki pulau kecil di tengahnya yang dinamai Nusa Larang.

Kemudian, ada juga Green Canyon-nya Pangandaran, tempat ini dinamai sama dengan Green Canyon di Amerika karena dianggap sebagai kembarannya.  Para wisatawan dapan menikmati kesegaran air jernih dari sungai yang dhiasi dengan tebing di kiri dan kanannya dengan cara meniki perahu, berenang, ataupu rafting.

Itulah beberapa informasi mengenai Grand Sayang Kaak Ciamis. Semoga dapat bermanfaat bagi anda yang ingin berkunjung kesana.

Baca juga:

Leave a Comment