Grand Sayang Kaak Ciamis, Wisata Keluarga Dekat Sungai Citanduy

Sejak diluncurkannya Undang-Undang tentang Desa, dimana desa bisa menyelenggarakan kegiatannya sendiri, ditunjang dengan anggaran juga, maka banyak desa yang muncul ke publik dengan potensi lokalnya.Pengelolaan potensi lokal, baik kuliner, budaya, maupun wisata, menjadi di bawah Badan Usaha Milik Desa, atau yang disingkat dengan nama BUMDES.

Grand Sayang Kaak Ciamis
Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Seperti halnya objek wisata yang bernama Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis. Sebuah objek wisata, yang pengelolaannya berada di bawah BUMDES Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Potensi lokal yang dimilikinya berupa pesona alam sekitar yang eye catching. Aliran sungai Citanduy, panorama alam pegunungan, serta udara yang sejuk, adalah kenikmatan wisata di Grand Sayang Kaak Ciamis.

Pesona Indah Di Grand Sayang Kaak Ciamis
Pesona Indah Di Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tentu saja kehadiran Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis berdampak positif, khususnya di bidang ekonomi bagi masyarakat sekitar.

Dan bagi masyarakat Ciamis, tentu saja menjadi sebuah kebanggan dengan hadirnya wisata Ciamis yang recommended sebagai destinasi wisata keluarga di akhir pekan.

Daya Tarik Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis

Setidaknya terdapat 3 daya tarik utama dari Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis, yang bisa dinikmati oleh parang pengunjung. Yaitu:

1. Pemandangan Alam

Desa Handapherang merupakan lokasi yang masih didominasi oleh suasana alam yang masih asri. Pemandangan alam berupa gunung-gunung, serta aliran Sungai Citanduy merupakan salah-satu bagian dari daya tarik Grand Sayang Kaak Ciamis.

Pemandangan Alam Di Grand Sayang Kaak Ciamis
Pemandangan Alam Di Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Terdapat beberapa tempat yang nyaman untuk emnikmati alam sekitar, seperti di gazebo, atau di rumah makan yang menghadap ke arah pegunungan, dan sungai Citanduy.

2. Ragam Wahana

Terdapat 3 ragam wahana yang menjadi favorit pengunjung. Diantaranya menjajal kawasan Grand Sayang Kaak Ciamis dalam sensasi offroad.

Offroad Di Grand Sayang Kaak Ciamis
Offroad Di Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Wahana yang ke dua adalah flying fox. Wahana tersebut sangat digemari oleh anak-anak yang datang ke Grand Sayang Kaak Ciamis.

Start dimulai menaiki terlebih dahulu sebuah rumah pohon yang cukup tinggi. Kemudian petugas memakaikan perlengkapan kemanan, dan selanjutnya meluncur di atas ketinggian.

Wahana yang ke tiga adalah menjajal aliran sungai Citanduy dengan kegiatan arung jeram.  Nah, untuk kegiatan yang satu ini harus ekstra hati-hati ya.

3. Spot Instagramable

Trend hari ini, sebuah objek wisat akan stabil dukunjungi oleh para pengunjung jika mampu menghadirkan beragam spot yang instagramable.

Hal tersebut sudah di buktikan di objek wisata Jawa Timur, objek wisata Jawa Tengah, maupun beragam objek wisata yang ada di Jawa Barat, serta di provinsi lainnya.

Termasuk Grand Sayang Kaak Ciamis tidak mau ketinggalan dengan trend tersebut. Apalagi Wana Wisata Grand Sayang Kaak Ciamis mulai beroperasi dari tahun 2017.

Sudah pasti terlahir dalam sebuah tuntutan untuk menyajikan ragam spot selfie dengan latar yang indah kepada setiap pengunjungnya.

Spot Selfie Di Grand Sayang Kaak Ciamis
Spot Selfie Di Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Adapun spot selfie atau spot instagrammable yang ada di Grand Sayang Kaak Ciamis adalah sebagai berikut:

  • Lantai kaca di atas ketinggian
  • Sayap kupu-kupu
  • Meja santai di atas ketinggian

Serta spot lainnya yang memiliki keindahan alam sekitar yang masih asri. Bagi yang hendak berlibur ke Grand Sayang Kaak Ciamis, maka selalu patuhi protokol kesehatan, serta selalu utamakan keselamatan.

Simak juga: Ragam Wisata Jawa Barat

Lokasi Grand Sayang Kaak Ciamis

Lokasi Grand Sayang Kaak Ciamis, berada di Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Grand Sayang Kaak Ciamis

Rute menuju Grand Sayang Kaak dari Kota Ciamis berjarak sekitar 15 km, jalan yang dilalui sudah beraspal serta dapat dilalui oleh kendaraan motor maupun mobil.

Selanjutnya menuju ke arah TPA (Tempat Pembuangan Akhir) Ciamis, sudah banyak petunjuk jalan yang akan mengarahkanmu menuju lokasi.

Jam Buka Grand Sayang Kaak Ciamis

Jam operasional Grand Sayang Kaak Ciamis terdiri dari:

  • Senin sampai dengan Jumat dibuka mulai pukul 09.00 sampai dengan pukul 17.00
  • Untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka lebih awal yakni pukul 08.00 sampai dengan pukul 17.00

Tiket Grand Sayang Kaak Ciamis

Tiket masuk dan parkir memasuki Grand Sayang Kaak Ciamis yakni:

  • Tiket masuk sebesar Rp. 5.000 per orang
  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 2.000 per unit
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000 per unit

Simak juga: Taman bunga Merangin Garden di Jambi

Fasilitas Grand Sayang Kaak Ciamis

Fasilitas Di Grand Sayang Kaak Ciamis
Fasilitas Di Grand Sayang Kaak Ciamis. Google Maps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Fasilitas yang ada di area Grand Sayang Kaak Ciamis terdiri dari:

  • Lokasi parkir yang dapat menampung mobil dan motor
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung-saung sederhana
  • Area Spot Foto
  • Area Flying Fox
  • Area Offroad

Penutup

Itulah info lengkap tentang Grand Sayang Kaak Ciamis. Selalu patuhi protokol kesehatan, dan protokol kemanan yang sudah ditetapkan.

Selamat berlibur, dan jangan membuang sampah sembarangan. Karena “Sampahmu, adalah Dosamu”.


Tinggalkan komentar