Kampung Teratai, Wisata Ciamis Yang Baru Dan Instagramable

|

Kampung Teratai memiliki nama lengkap Kampung Teratai Cimaragas, adalah tempat wisata di Ciamis yang terbilang masih baru. Karena baru dibuka pada awal bulab September 2020.

Kampung Teratai lokasinya terletak di perbatasan antara Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar. Adapun konsep utamanya adalah wisata alam, yang dipadukan dengan beragam spot instagramable.

kampung teratai cimaragas
kampung teratai cimaragas. google maps. sumber: M Fajar Sidik

Di beberapa artikel sebelumnya, penulis sudah sering membahas tentang kemunculan desa wisata, atau kampung wisata akhir-akhir ini. Salah-satu faktornya adalah peran positif dari media sosial.

Begitupun dengan Kampung Teratai Cimaragas Ciamis. Meskipun sebuah kampung, tetapi view alam, arsitektur, serta ornamen-ornamennya mampu menyajikan kebutuhan wisata yang kekinian.

Wisata Kampung Teratai Cimaragas juga sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan, maupun saat liburan tiba, ataupun sekedar nongkrong sambil hunting foto kece.

Simak juga: Darmacaang Hill, Spot Camping Nyaman Di Ciamis

Lokasi Dan Alamat Kampung Teratai

  • Lokasi Kampung Teratai terletak di perbatasan antara Kabupaten Ciamis, dengan Kota Banjar.
  • Adapun alamat Kampung Teratai berada di Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Kampung Teratai

wisata kampung teratai ciamis
wisata kampung teratai ciamis. google maps. sumber: Tatan Kurniawan

Jalan menuju Kampung Teratai Cimaragas Ciamis bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga area parkiran. Setelah itu, para pengunjung cukup berjalan kaki menuju loket masuk, yang jaraknya tidak terlalu jauh dari area parkiran.

Adapun jarak tempuh Kampung Teratai dari Alun-Alun Kabupaten Ciamis sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menitan.

Simak juga: 8 Tempat Wisata Di Cimahi

Harga Tiket Masuk Kampung Teratai

  • Tiket masuk Kampung Teratai Cimaragas terbaru Rp. 6.000 per orang.
  • Parkir motor Kampung Teratai Rp. 2.000.
  • Parkir mobil Kampung Teratai Ciamis Rp. 5.000.

Jam Buka Kampung Teratai

  • Sampai saat ini, belum ada keputusan resmi jam operasional wisata Kampung Teratai Cimaragas Ciamis.
  • Tetapi, bagi anda yang ingin melihat fenomena bunga teratai yang mekar, maka disarankan datang saat pagi-pagi sekitar jam 9, atau saat malam hari.

Fasilitas Di Kampung Teratai

fasilitas kampung teratai cimaragas
fasilitas kampung teratai cimaragas. google maps. sumber: Ang Jallu

Fasilitas wisata di Kampung Teratai Cimaragas adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Cafe,
  • Wahana permainan,
  • Spot selfie instagramable,
  • Kolam terapi.

Simak juga: `19 Tempat Wisata Baru Di Pangandaran

Daya Tarik Kampung Teratai

1. Kampung Wisata Yang Asri

kampung yang asri
kampung yang asri. google maps. sumber: Vani Ruhiat

Kampung Teratai menyajikan panorama alam perkampungan yang sangat asri, indah, bersih, dan nyaman. Adapun sejarah penamaan Kampung Teratai mengacu kepada bunga teratai yang tumbuh di area kolam yang ada di kawasan tersebut.

Penduduk sekitar sangat ramah, dan mejaga sopan santun kepada setiap pengunjung yang datang. Dan view di objek wisata Kampung Teratai didominasi oleh area kolam, bukit, dan sawah, dan ladang.

2. Spot Instagramable

rumah hobbit kampung teratai
rumah hobbit kampung teratai. google maps. sumber: Yosef Hendiana

Daya tarik selanjutnya dari Kampung Teratai Cimaragas adalah sajian spot sefie yang istagramable, atau kekinian. Bahkan, ada juga spot yang sangat khas dengan kampung korea.

Selain itu, ada juga terowongan yang sering juga dijadikan spot selfie. Dan perlu anda ketahui bahwa bahan dasar pembuatan spot selfie tersebut dari bahan bambu, dan kayu.

Nah, selain itu ada juga cafe yang sangat nyaman untuk sekedar nongkrong bersama teman, ataupun keluarga. Arsitektur cafenya juga oke banget.

3. Wahana Permainan

kolam terapi kampung teratai
kolam terapi kampung teratai. google maps. sumber: M Fajar Sidik

Tidak berhenti sampai di situ saja, Kampung Teratai juga menyajikan ragam wahana wisata, yang cocok sebagai wisata keluarga. Wahana favorit pengunjung adalah sepeda air.

Wahana tersebut menjadi sebuah alat untuk menjelajah area kolam, sambil menikmati view alam yang asri, dan tentu saja sambil hunting foto.

Kampung Teratai Cimaragas, juga menyajikan spot rumah hobbit, dan kolam terapi ikan. Jangan lupa juga untuk menikmati sajian kuliner di objek wisata tersebut ya….