Puncak Jamiaki, Salah-Satu Spot City Light Terbaik Di Ciamis

|

Puncak Jamiaki disebut juga dengan nama Camp Puncak Jamiaki, atau Bumi Perkemahan Puncak Jamiaki Ciamis. Salah-satu lokasi terbaik untuk menikmati keindahan Kabupaten Ciamis, dan Kota Tasikmalaya di ketinggian 1020 mdpl.

Lokasi Puncak Jamiaki terletak di kaki Gunung yang sangat legendaris di Ciamis, yaitu Gunung Sawal. Dan masih satu kawasan dengan bumi perkemahan Puncak Puspa.

puncak jamiaki ciamis
puncak jamiaki ciamis. google maps. sumber: Yosschikall_26

Kunjungan wisata ke Puncak Jamiaki Ciamis memang didominasi oleh kaula muda yang ingin melakukan aktivitas camping. Tetapi, bukan berarti kawasan tersebut cocok untuk orang dewasa saja.

Wisata Puncak Jamiaki cocok juga sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan, apalagi saat libur nasional tiba. Treknya tidak terjal, bahkan para pengunjung juga bisa PP di hari yang sama, tanpa melakukan aktivitas camping.

Penasaran dengan pesona keindahannya? Inilah reviewnya!

Simak juga: Puncak Puspa Ciamis

Lokasi Dan Alamat Puncak Jamiaki

  • Lokasi Puncak Jamiaki terletak di kaki Gunung Sawal Ciamis.
  • Alamat Puncak Jamiaki berada di Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Jamiaki

wisata keluarga di puncak jamiaki
wisata keluarga di puncak jamiaki. google maps. sumber: Ratna Arumnasari

Pada dasarnya, jalan menuju Puncak Jamiaki Ciamis bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat. Hanya saja, supaya lebih leluasa di jalan, lebih baik menggunakan kendaraan roda dua saja.

Jarak dari pusat Kabupaten Ciamis ke tempat registrasi Puncak Jamiaki sekitar 32 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Simak juga: Kampung Adat Kuta

Trekking Menuju Puncak Jamiaki

trekking menuju puncak jamiaki
trekking menuju puncak jamiaki. google maps. sumber: Kholil

Setelah anda registrasi, dan membayar tiket masuk. Maka lanjutkan perjalanan anda dengan cara berjalan kaki. Jarak dari lokasi reistrasi ke bumi perkemahan Puncak Jamiaki sekitar 600 meter.

Hanya saja, jalurnya akan terus menanjak. Jadi, kalo dengan kondisi jalan kaki yang lambat. Akan memakan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Kalau cepat, sekitar sekitar 30 menitan.

Jalur pendakiannya juga tidak terjal. Kondisi jalurnya lebar, serta terhampar pemandangan yang indah, dan udara yang menyejukan. Jika anda membawa anak anda, tetap selalu perhatikan faktor keselamatan ya…

Jalurnya juga sudah tertata, jadi tidak didominasi oleh lapisan tanah. Di beberapa bagian berlapiskan bebatuan yang tertata, ada juga anak tangga.

Di beberapa artikel sebelumnya, penulis sudah menyampaikan bahwa faktor cuaca sangat menentukan sekali terhadap kepuasan wisata alam.

Simak juga: Wisata Alam Ciung Wanara

Harga Tiket Masuk Puncak Jamiaki

  • Tiket masuk Puncak Jamiaki Rp. 5.000 per orang (tanpa camping),
  • Tiket masuk Puncak Jamiaki Rp 20.000 untuk aktivitas camping.

Jam Buka Puncak Jamiaki

  • Puncak Jamiaki buka selama 24 jam.
  • Puncak Jamiaki beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Puncak Jamiaki

Fasilitas wisata yang primer di Puncak Jamiaki sudah tersedia dengan baik. Bahkan di lokasi campnya sudah ada fasilitas warung yang buka selama 24 jam, serta toilet, dan mushola.

Simak juga: Darmacaang Hill

Sejarah Puncak Jamiaki

camp puncak jamiaki
camp puncak jamiaki. google maps. sumber: Andie Ipoey

Sejarah Puncak Jamiaki memang tidak luput dari peran positif media sosial. Pada mulanya, Puncak Jamiaki adalah lahan yang menjadi tempat transit hasil tani warga setempat.

Ditambah lagi, banyak masyarakat setempat yag memposting keindahan saat di Puncak Jamiaki. Pada akhirnya, lokasi tersebut ditata menjadi sebuah tempat wisata yang nyaman.

Smak juga: Kampung Teratai, Wisata Ciamis Yang Baru Dan Instagramable

Daya Tarik Puncak Jamiaki

1. Spot City Light, Dan Camping

city light puncak jamiaki
city light puncak jamiaki. google maps. sumber: Muhammad Syihabudin

Puncak Jamiaki menawarkan lokasi yang cocok untuk pendaki pemula, bahkan anak-anak. Dan yang paling terkenal di Puncak Jamiaki adalah spot City Lightnya.

Menikmati keindahan lampu-lampu kota dari ketinggian, tentu saja hanya bisa dilakukan saat anda camping di Puncak Jamiaki. Saat cuaca mendukung, City Light bisa tampak jauh lebih indah.

View yang disajikan adalah City Light di Ciamis, dan Kota Tasikmalaya. Puncak kenikmatan adalah saat secangkir kopi panas, berpadu dengan api unggun, City light, dan petikan suara gitar.

2. Spot Selfie

spot selfie puncak jamiaki
spot selfie puncak jamiaki. google maps. sumber: Jane ABC FAMILY KITCHEN

Meskipun tidak banyak, Puncak Jamiaki menyajikan beberapa spot selfie yang instagramable. Yang paling ikonik adalah terowongan bambu saat mau masuk ke area camp.