13 Tempat Wisata Di Ciamis, Terbaru, Dari Panjalu Hingga Rancah

|

Tempat wisata di Ciamis menghadirkan beragam tema wisata, dari mulai wisata sejarah, wisata alam, wisata yang terbaru di tahun 2022, hingga wisata budaya.

Tempat wisata di Ciamis sangat layak untuk dikunjungi, wisata alamnya memiliki panorama alam yang sangat indah, sebagai mahakarya alam di kaki Gunung Sawal Ciamis.

Sentuhan kekinianpun tidak luput dari penataan di setiap objek wisata. Ditambah lagi, dengan lokasi Kabupaten Ciamis yang sangat strategis di antara Banjar, dan Tasik, maka layak untuk dijadikan rencana tujuan wisata anda di akhir pekan.

tempat wisata di ciamis
tempat wisata di ciamis. google maps. sumber: Nani Suryani

Oh iya, selalu update terus level zonasi di masa PPKM setiap tempat wisata yang akan anda kunjungi, kapanpun, dan dimanapun lokasinya.

Karena status level zonasi ternyata sangat cepat berubah. Tentu saja, hal tersebut akan berdampak terhadap tutup, atau bukanya sebuah tempat wisata.

Tempat Wisata Di Ciamis

1. Alun-Alun Ciamis

alun alun ciamis
alun alun ciamis. google maps. sumber: Aldi Jayadi

Review tempat wisata di Ciamis, kita awali dari ikon, landmark Kabupaten Ciamis, yaitu Alun-Alun Ciamis. Lokasinya sangat strategis, berada di jantung kota, serta dekat dengan wisata lainnya. Yaitu:

  • Taman Raflesia,
  • Dan Masjid Agung Ciamis.

Alun-Alun Kabupaten Ciamis sangat populer, karena mampu menjadi destinasi wisata keluarga, terutama di akhir pekan. Apalagi tiket masuknya gratis.

  • Lokasi Alun-Alun Ciamis berada di alamat Jl. Nasional III, dan Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Alun-Alun Ciamis gratis.
  • Alun-Alun Ciamis buka selama 24 jam.

2. Puncak Bangku

puncak bangku ciamis
puncak bangku ciamis. google maps. sumber: Heni Suhermiasih

No hoax, inilah negeri di atas awannya Ciamis, yang bernama Puncak Bangku. Nggak percaya? Datanglah sebelum pukul 08.00 pagi, maka anda akan melihat pesona alam yang sangat indah.

Ketika kabut menutupi pemukiman warga, dan area lainnya yang ada di bawah. Sementara anda berdiri setara dengan lapisan kabut tebal yang menutupinya, serasa di atas awan.

Puncak Bangku Ciamis juga dilengkapi dengan spot selfie yang kekinian. Tentu saja latarnya adalah pesona alam di atas ketinggian.

  • Lokasi Puncak Bangku berada di alamat Desa Situmandala, Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga Tiket Masuk Puncak Bangku gratis.
  • Puncak Bangku buka dari pukul 06.00 – 17.00, dan beroperasional setiap hari.

3. Grand Sayang Kaak

grand sayang kaak
grand sayang kaak. google maps. sumber: angga mulia

Grand Sayang Kaak adalah perwujudan dari sebuah desa wisata yang ada di Ciamis. Daya tariknya terletak pada panorama alam di atas ketinggian.

Selain itu, wahana wisata di Grand Sayang Kaak Ciamis juga menjadi magnet utama untuk mendatangkan para pengunjung. Dari mulai offroad, hingga river tubing.

Tidak lupa juga, Grand Sayang Kaak menyajikan spot selfie yang kekinian, dengan latar alam gunung, area sawah, hingga Sungai Citanduy.

  • Lokasi Grand Sayang Kaak berada di alamat Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Grand Sayang Kaak Rp. 5.000.
  • Grand Sayang Kaak buka dari pukul 08.00 – 17.00, dan beroperasional setiap hari.

4. Darmacaang Hill

darmacaang ciamis
darmacaang ciamis. google maps. sumber: Herdi

Darmacaang Hill adalah satu dari beberapa mahakarya alam di kaki Gunung Sawal, khususnya lokasinya berada di Wisata Alam Batu Cakra Ciamis.

Daya tariknya terletak dari view alam hutan pinus, serta menikmati view Tasikmalaya, dan Ciamis, dari satu tempat yang sama, dan dari ketinggian.

Selain itu, Darmacaang Hill sering dijadikan tempat camping untuk semua usia, alias cocok untuk wisata keluarga. Jangan lupakan juga untuk mengabadikan momen city lightnya ya…

  • Lokasi Darmacaang Hill berada di alamat Dusun Sorok, Desa Darmacaang, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Darmacaang Hill Rp. 5.000 per orang.
  • Darmacaang Hill buka dari pukul 08.00 – 16.30, dan beroperasional setiap hari.

5. Kampung Teratai

kampung teratai cimaragas
kampung teratai cimaragas. google maps. sumber: Tatan Kurniawan

Kampung Teratai Cimaragas adalah tempat wisata yang baru di Ciamis. Konsep utamanya adalah wisata alam, wisata edukatif, yang dipadukan dengan spot instagramable.

Meskipun terbilang baru, ternyata Kampung Teratai sudah mampu menarik animo para pengunjung. Lokasinya sangat strategis, berada di perbatasan antara Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar.

  • Lokasi Kampung Teratai Cimaragas berada di alamat Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Kampung Teratai Rp. 6.000.
  • Kampung Teratai Cimaragas beroperasinal setiap hari.

6. Wisata Alam Ciung Wanara

wisata ciung wanara ciamis
wisata ciung wanara ciamis. google maps. sumber: Duriyat Channel

Jika anda mencari tempat wisata alam, dan wisata sejarah dalam satu kawasan yang sama di Ciamis, maka salah-satu jawabannya adalah Wisata Alam Ciung Wanara.

Sisi sejarahnya berkaitan erat dengan Kerajaan Galuh, dan sosok Ciung Wanara, yang dibuktikan dengan situs-situs bersejarah.  Adapun sisi wisata alamnya terletak pada kawasan hutan konservasi yang sangat luas.

  • Lokasi Wisata Alam Ciung Wanara berada di alamat Cijeungjing, Karangmulyan, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Wisata Alam Ciung Wanara Rp. 3.000.
  • Wisata Ciung Wanara buka dari pukul 07.00 – 20.00, dan beroperasional setiap hari.

7. Sedekan River Tubing

river tubing sedekan ciamis
river tubing sedekan ciamis. google maps. sumber: Omenz gaiis

Tempat wisata di Ciamis juga menghadirkan sensasi uji adrenalin kepada pengunjungnya. Objek wisatanya bernama Sedekan River Tubing.

Trek yang ada di Sedekan River Tubing sejauh 2,5 kilometer, yang terletak di aliran Sungai Cileueur. Selain itu, pengujung bisa memilih paket wisata, lengkap dengan paket kuliner khas Sunda yang mengugah selera.

  • Lokasi Sedekan River Tubing berada di alamat Desa Mekarjadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Sedekan River Tubing Rp. 150.000 / 10 Orang.
  • Sedekan River Tubing buka dari jam 08.00 – 16.00, dan beroperasional setiap hari.

8. Puncak Puspa

puncak puspa
puncak puspa. google maps. sumber: arif rachman

Satu lagi mahakarya alam di kaki Gunung Sawal Ciamis, yaitu Puncak Puspa. Selain menawarkan pesona keindahan alam dari ketinggian, Puncak Puspa juga populer sebagai tempat camping bagi semua usia.

Pengelola wisata juga menyediakan penyewaan tenda, hingga fasilitas toilet, dan mushola di area camping. Selain itu, ada juga spot selfie dengan latar city light yang instagramable.

  • Lokasi Puncak Puspa berada di alamat Dusun Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Puncak Puspa Rp. 7.000 per orang.
  • Puncak Puspa buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

9. Kampung Adat Kuta

kampung adat kuta
kampung adat kuta. google maps. sumber: Tommy Destryanto

Tempat wisata di Ciamis yang menyajikan nilai sejarah, dan budaya, bernama Kampung Adat Kuta. Masyarakat adat di kampung tersebut masih melestarikan tradisi para leluhur, dari masa ke masa, alias lintas generasi.

Yang paling mencolok dari arsitektur rumahnya yang khas, menggunakan bahan dari alam, dan tidak permanen. Selain itu, terdapat lokasi hutan larangan, yang bisa dimasuki di waktu-waktu tertentu saja.

  • Lokasi Kampung Adat Kuta berada di alamat Desa Karangpaninggal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Kampung Adat Kuta gratis.

10. Puncak Jamiaki

puncak jamiaki
puncak jamiaki. google maps. sumber: Jane ABC FAMILY  KITCHEN

Masih tentang pesona keindahan di kaki Gunung Sawal Ciamis. Yang satu ini terkenal dengan spot city light yang instragamable. Nama objek wisatanya adalah Puncak Jamiaki.

Puncak Jamiaki sangat populer sebagai tujuan bagi meraka yang suka sekali dengan aktivitas camping. View alam sekitarnya juga sangat indah, berpadu dengan kesejukan udara pegunungan yang khas.

  • Lokasi Puncak Jamiaki berada di alamat Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Puncak Jamiaki Rp. 20.000 (Paket Camping).
  • Puncak Jamiaki buka selama 24 jam, dan beroperasioal setiap hari.

11. Situ Lengkong Panjalu

situ lengkong panjalu
situ lengkong panjalu. google maps. sumber: Restiawati Niskala

Tempat wisata alam yang bersejarah, sekaligus populer dengan wisata religi di Ciamis bernama Situ Lengkong Panjalu. Sebuah danau cantik, beserta pulau kecil di tengahnya.

Di Situ Lengkong Panjalu terdapat makam yang dikeramatkan, dan museum. Selain itu, ada juga perahu yang bisa mengantar para pengunjung untuk berkeliling di area danau cantik tersebut.

  • Lokasi Situ Lengkong Panjalu berada di alamat Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Situ Lengkong Panjalu Rp. 10.000.
  • Situ Lengkong Panjalu buka selama 24 jam, dan beroperasional setiap hari.

12. Curug Tujuh Panjalu

curug tujuh panjalu
curug tujuh panjalu. google maps. sumber: Siti Mriam

Sa;ah-satu wisata air terjun di Ciamis yang paling terkenl adalah Curug Tujuh Panjalu. Di kawasan tersebut tersaji 7 buah air terjun dengan karakteristik yang berbeda-beda.

Trekking menuju Curug Tujuh Panjalu tingkat pertama bisa dijadikan sebagai destinasi wisata keluarga. Tetapi untuk curug selanjutnya cocok bagi muda-mudi.

Meskipun begitu, curug yang pertama menyandang predikat sebagai curug yang paling tinggi, dan yang paling besar di antara 6 curug lainnya.

  • Lokasi Curuh Tujuh Panjalu berada di alamat Kampung Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Curug Tujuh Panjalu Rp. 8.000
  • Curug Tujuh Panjalu, atau Curug Tujuh Cibolang buka dari 08.00 – 16.00, dan beroperasional setiap hari.

13. Sukahaji Waterboom

sukahaji waterboom
sukahaji waterboom. google maps. sumber: Wahana Edukasi Sukahaji Waterboom

Wisata keluarga yang edukatif di Ciamis, salah-satunya tersaji di Sukahaji Waterboom. Bukan hanya sekedar tentang kolam renang saja, tetapi Sukahaji Waterboom menyajikan spot outbound.

  • Lokasi Sukahaji Waterboom berada di alamat Jl. Raya Cihaurbeuti, Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.
  • Harga tiket masuk Sukahaji Waterboom Rp. 22.000.
  • Sukahaji Waterboom buka dari jam 08.00 – 16.00, dan beroperasional setiap hari.