Alun-Alun Ciamis, Wisata Gratis Di Jantung Kota

|

Alun-Alun Ciamis adalah salah-satu tempat wisata yang sangat populer di Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Salah-satu alasannya karena lokasinya yang strategis, terletak di jantung kota.

Alun-Alun Ciamis sekaligus menjadi ikon bagi kabupaten yang menyandang julukan sebagai Kota Tertib Lalu Lintas tersebut. Luas, nyaman, gratis, kekinian, serta dekat dengan objek wisata lainnya, adalah daya tarik dari tempat tersebut.

alun alun ciamis
alun alun ciamis. google maps. sumber: Aldi Jayadi

Dimanapun lokasinya, sebuah alun-alun selalu dianggap sebagai wajah utama, citra diri, serta penggambaran terhadap tempat tersebut.

Oleh karena itu jangan heran jika penataan kawasan alun-alun selalu dioptimalkan. Begitupun dengan Alun-Alun Ciamis, kondisi saat ini akan terus direvitalisasi, dipercantik, sehingga mampu menjadi sebuah kebanggaan bagi masyarakat Ciamis.

Simak juga: Curug Tujuh Panjalu

Lokasi Dan ALamat Alun-Alun Ciamis

  • Lokasi Alun-Alun Ciamis terletak di pusat, atau jantung kota Kabupaten Ciamis.
  • Alamat Alun-Alun Ciamis berada di Jl. Nasional III, dan Jl. Jend. Sudirman, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Alun-Alun Ciamis

view lokasi alun alun ciamis
view lokasi alun alun ciamis. google maps. sumber: Masjid Alikhlas GENQI Generasi Qurani

Lokasi Alun-Alun Ciamis sangatlah strategis, terletak di Jl. Nasional III sebagai akses utama menuju Kota Banjar, ataupun akses menuju Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Jadi, nanti kendaraan anda akan melewati Alun-Alun Ciamis, karena letak Kabupaten Ciamis berada di antara Kota Banjar, dan Kota Tasikmalaya.

Adapun jarak dari Alun-Alun Kota Banjar ke Alun-Alun Kabupaten Ciamis, berjarak sekitar 25 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Adapun jarak dari Alun-Alun Kota Tasikmalaya ke Alun-Alun Ciamis, berjarak sekitar 17 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit perjalanan, saat kondisi jalanan lancar.

Simak juga: Situ Lengkong Panjalu

Harga Tiket Masuk Alun-Alun Ciamis

  • Tiket masuk Alun-Alun Ciamis gratis.

Jam Buka Alun-Alun Ciamis

  • Alun-Alun Ciamis buka selama 24 jam.
  • Alun-Alun Ciamis beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Alun-Alun Ciamis

wahana anak di alun alun ciamis
wahana anak di alun alun ciamis. google maps. sumber: Tatan Kurniawan

Fasilitas wisata di Alun-Alun Kabupaten Ciamis adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Tempat duduk,
  • Taman,
  • Landmark,
  • Penjual kuliner,
  • Penyewaan permainan anak.

Daya Tarik Alun-Alun Ciamis

1. Wisata Untuk Semua Usia, Semua Kalangan

daya tarik alun alun ciamis
daya tarik alun alun ciamis. google maps. sumber: YAYAN MULYANA

Alun-Alun Ciamis menjadi tempat yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat, apalagi saat ada festival tertentu, serta saat bulan Romadhon.

Hal tersebut dikarenakan Alun-Alun Ciamis menjadi tempat wisata yang cocok untuk semua usia, semua kalangan, dan gratis biaya masuknya.

Di area tersebut, berderet wahana permainan yang bisa disewa oleh anak-anak. Wahana permainannya pun sangat beragam, dan tentu saja akan membuat ceria anak anda.

Pada hari minggu, kawasan Alun-Alun Ciamis juga sering dijadikan tempat untuk berolahraga, terutama jogging. Alun-Alun Ciamis sangat luas, dan cukup menguras keringat bagi mereka yang gemar berolahraga.

Simak juga: Puncak Jamiaki

2. Alun-Alun Ciamis Saat Malam

wisata malam di ciamis
wisata malam di ciamis. google maps. sumber: Resti Octarina R

Saat sore hingga malam, suasana di Alun-Alun Ciamis lebih didominasi oleh kaula muda. Karena tempat tersebut menyajikan latar yang instagramable, terutama landmark, dan lampu-lampu yang berwarna-warni.

Terdapat tempat duduk dekat area taman, tempat tersebut menjadi lokasi yang nyaman untuk sekedar nongkrong, hunting foto, maupun menikmati pemandangan alam sekitar.

Nah, saat malam tiba, Alun-Alun Ciamis masih tetap cocok sebagai tempat wisata keluarga. Karena di kawasan tersebut terdapat sebuah mobil-mobilan yang bisa disewa oleh anak-anak, dengan dihiasi lampu, sehingga tampil lebih menarik.

Simak juga: Kampung Adat Kuta

3. Dekat Dengan Tempat Wisata Lainnya

masjid agung ciamis
masjid agung ciamis. google maps. sumber: Yogie Aryanto

Daya tarik selanjutnya dari Alun-Alun Ciamis adalah dekat dengan Masjid Agung Ciamis, dan Taman Raflesia. 2 lokasi tersebut bisa diakses hanya dengan menyebrang jalan saja. (Pembahasan ke dua tempat tersebut, akan kami sajikan dalam artikel yang terpisah).

Oh iya, pada saat malam pergantian tahun, alias beberapa hari yang lalu. Alun-Alun Ciamis sempat ditutup sementara untuk menghindari kerumunan.

Tetapi, saat ini Alun-Alun Ciamis sudah buka kembali. Dengan catatan, para pengunjung harus selalu memperhatikan, dan menerapkan protokol kesehatan ya….