Puncak Puspa, Tiket Ekonomis, Sensasi Fantastis Di Ciamis

|

Puncak Puspa disebut juga dengan nama Puncak Puspa Gunung Sawal, atau Puncak Puspa 1004 Mdpl, adalah mahakarya alam di kaki Gunung Sawal Kabupaten Ciamis.

Puncak Puspa adalah salah-satu tempat terbaik untuk melakukan aktivitas camping di Ciamis. Bahkan sangat cocok bagi pendaki pemula dari usia anak-anak.

puncak puspa ciamis
puncak puspa ciamis. google maps. sumber: Andie Ipoey

Terutama bagi anda yang terbiasa hidup di kota besar, dan mempunyai anak yang rentan kecanduan akan gadget. Maka wisata alam bisa menjadi salah-satu solusinya.

Cobalah mengenalkan keluarga kita terhadap mahakarya alam. Dan wisata Puncak Puspa Ciamis bisa menjadi salah-satu pilihannya.

Bagi anda yang malas, atau nggak mau ribet. Maka di objek wisata Puncak Puspa 1004 Mdpl Ciamis sudah disiapkan semua peralatan yang diperlukan. Bahkan tersedia warung, dan toilet di puncak tempat campnya.

Simak juga: Darmacaang Hill

Lokasi Dan Alamat Puncak Puspa

  • Lokasi Puncak Puspa terletak di kaki Gunung Sawal Ciamis.
  • Alamat Puncak Puspa berada di Dusun Pasireurih, Desa Medanglayang, Kecamatan Panumbangan, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Puncak Puspa

pos pertama puncak puspa
pos pertama puncak puspa. google maps. sumber: Oop Abdulrofiq

Jalan menuju Puncak Puspa bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat hingga lokasi parkiran. Tetapi ada baiknya menggunakan kendaraan roda dua, supaya lebih leluasa.

Adapun jarak tempuh dari Alun-Alun Kabupaten Ciamis ke wisata Puncak Puspa sekitar 32 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Simak juga: Kampung Teratai, Tempat Wisata Ciamis Yang Baru, Dan Instagramable

Trekking Menuju Puncak Puspa

trekking menuju puncak puspa
trekking menuju puncak puspa. google maps. sumber: Ilham Rohman Ramadhan

Setelah anda sampai di lokasi registrasi, atau pos utama. Maka lanjutkan perjalanan anda dengan cara berjalan kaki di alam terbuka, atau disebut juga dengan trekking.

Pendakian menuju Puncak Puspa tidaklah sulit, jalurnya juga tidak terjal. Bahkan cocok juga sebagai tujuan wisata keluarga di Ciamis, baik di akhir pekan, maupun saat liburan tiba.

Jarak tempuh menuju Puncak Puspa sekitar 45 menit – 1 jam perjanan, tergantung langkah kaki anda, dan seberapa sering anda beristirahat.

Perlu diketahui juga, nanti terdapat papan penunjuk arah yang memberikan 2 alternatif jalur. Ada jalur via Pinus Datar, dan jalur utama yang sedang ditapaki.

Bagi pendaki pemula, lebih baik teruskan saja melalui jalur yang sedang ditapaki. Karena jalur via Pinus Datar lebih kecil, dan licin.

Jika ingin kunjungan wisata anda diwarnai dengan keseruan. Maka selalu pertimbangkan faktor cuaca saat berwisata alam. Dan selalu utamakan faktor keselamatan ya…

lokasi utama puncak puspa
lokasi utama puncak puspa. google maps. sumber: Andie Ipoey

Simak juga: Wisata Alam Ciung Wanara

Harga Tiket Masuk Puncak Puspa

  • Tiket masuk Puncak Puspa Rp. 7.000 per orang.
  • Harga sewa tenda di Puncak Puspa Rp. 20.000 per malam.

Jam Buka Puncak Puspa

  • Puncak Puspa 1004 Mdpl buka selama 24 jam.
  • Wisata Puncak Puspa Ciamis beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Puncak Puspa

Fasilitas wisata di Puncak Puspa adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet di area camp,
  • Mushola di area camp,
  • Warung di area camp.

Sejarah Puncak Puspa

Sejarah Puncak Puspa berawal dari keinginan membuat akses jalan yang mudah dilalui oleh masyarakat sekitar saat akan melakukan aktivitas bertani, atau berkebun.

Adapun sejrah penamaan Puncak Puspa merujuk kepada sebuah tanaman Puspa yang banyak tumbuh di kawasan tersebut. Tetapi perlu diketahui bahwa tanaman tersebut bisa menyebabkan gatal-gatal.

Simak juga: Sedekan River Tubing

Daya Tarik Puncak Puspa

1. Wisata Alam Edukatif

pesona puncak puspa ciamis
pesona puncak puspa ciamis. google maps. sumber: Cucu Suyaman

Puncak Puspa bukan hanya sekedar tentang sebuah keseruan camping saja. di sisi lain mampu menyajikan wisata alam yang edukatif bagi keluarga anda.

Nilai edukasi sudah terhampar sejak pendakian dari pos pertama, hingga area camp. Edukasi tentang menjaga kelestarian alam, dan tentang kondisi air yang masih terjaga baik kejernihannya. Tentu saja dikomparasikan dengan kehidupan di kota besar.

2. Camping Tanpa Ribet

view alam puncak puspa
view alam puncak puspa. google maps. sumber: Andie Ipoey

Bagi anda yang nggak mau ribet, maka Puncak Puspa adalah pilihannya. Anda tinggal membawa uang yang cukup, dan peralatan lain yang bersifat pribadi saja, seperti baju, dan jaket.

Pihak pengelola sudah menyiapkan penyewaan fasilitas lainnya, termasuk penyewaan tenda. Dan saat di area camp, terdapat toliet yang dilengkapi dengan tempat buang air besar.

Selain itu, ada juga warung yang berjualan makanan, dan minuman. Tetapi untuk jaga-jaga, ada baiknya anda membawa cadangan perbekalan juga dari rumah.

3. View Alam

city light puncak puspa
city light puncak puspa. google maps. sumber: Ryanto Arrohman

Puncak Puspa berada di ketinggian 1004 Mdpl. Dengan kondisi tersebut bak begeri di atas awannya Ciamis, sekaligus menjadi spot terbaik menikmati view Kabupaten Ciamis, dan Tasik dari ketinggian.

Saat malam tiba, terutama saat cuaca cerah. Maka view lampu – lampu menjadi sebuah pemandangan yang memanjakan mata. Secara otomatis, suasana romantispun muncul, berpadu dengan hangatnya api unggun.

Puncak Puspa Ciamis juga menyajikan latar alam yang kece banget, alias instagramable. Cocok banget untuk diposting di media sosial anda.

Jangan lupa untuk selalu menjaga keselamatan, kelestarian lingkungan, dan jangan membuang sampah sembarangan ya….