Curug Cilutung, Air Terjun Alami, Mudah, Dan Indah di Majalengka

|

Curug Cilutung sebuah tempat wisata alam di Majalengka yang memberikan pesona air terjun dengan hiasan batuan cadas yang eksotik.

Untuk kamu yang menyukai air terjun, harus banget datang dan menikmati keindahan serta deburan air yang turun secara alami.

Sayang sekali Curug Cilutung Majalengka ini belum dikelola secara resmi, sehingga tampak kurang terawat. Padahal pesona keindahan alamnya layak untuk mendapat perhatian lebih.

curug cilutung
curug cilutung. google maps. sumber: Dede Sunarya

simak juga: cikadongdong river tubing

Berikut deskripsi tentang Curug Cilutung sebagai bahan referensi wisata air terjun ketika berada di Majalengka, Jawa Barat.

Lokasi dan Alamat Curug Cilutung Majalengka

Lokasi Curug Cilutung berada di perbatasan antara Desa Talaga Kulon dengan Desa Campaga, Kecamatan Talaga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Rute Menuju Curug Cilutung Majalengka

Akses menuju Curug Cilutung dapat dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, dengan kondisi jalan yang cukup bagus.

Jika kamu berangkat dari arah kota Majalengka, yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Bantaraujeg. Dimana ketika berada di Perempatan Alun-Alun Kota Talaga belok ke sebelah kanan.

Kemudian belok ke arah kiri dan kamupun akan memasuki area padat penduduk, kamu dapat bertanya pada penduduk sekitar jika bingung menentukan arah menuju Curug.

kondisi sebelum terbengkalai
kondisi sebelum terbengkalai. google maps. sumber: Dede Sunarya

simak juga: bukit sanghyang dora

Jam Buka Curug Cilutung Majalengka

  • Karena belum dikelola secara resmi, Curug Cilutung terbuka selama 24 jam sehari 7 hari seminggu.
  • Waktu terbaik mengunjungi Curug Cilutung ialah di pagi hari.

Harga Tiket Masuk Curug Cilutung Majalengka

Tiket masuk Curug Cilutung Majalengka ini masih gratis.

Fasilitas Curug Cilutung Majalengka

Fasilitas yang ada pun masih sangat terbatas, hanya ada sebuah gazebo atau saung yang lokasinya berada di bagian atas.

berwisata di alam terbuka
berwisata di alam terbuka. google maps. sumber: Rahman

simak juga: gunung ciremai via apuy

Daya Tarik Curug Cilutung Majalengka

Curug Cilutung dapat menjadi pilihan kamu dalam berwisata air terjun di Majalengka, berikut beberapa daya tarik yang dimiliki air terjun alami tersebut:

1. Trekking Yang Mudah

Setelah memakirkan kendaraan, kamu diharuskan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Trek awal berupa tangga warna warni yang pendek lalu belok ke arah kanan.

trekking yang mudah
trekking yang mudah. google maps. sumber: br14n 1m4g3s

simak juga: taman dinosaurus majalengka

Keadaan Curug Cilutung Majalengka tak seperti dulu lagi, keadaannya saat ini sedikit terbengkalai dan kurang terjaga. Jalur trekkingnya banyak yang tertutupi rimbunnya dedaunan.

Maka berhati-hatilah melangkah, apalagi ketika sedang menuruni anak tangga. Karena tergolong trekking yang mudah, maka wisata Curug Cilutung ini dapat dikunjungi oleh seluruh anggota keluarga.

2. Curug Cilutung

Curug Cilutung merupakan sebuah air terjun yang kondisi airnya tergantung pada musim, sehingga keadaan akan sangat berbeda antara musim kemarau dengan musim hujan.

Meski tak begitu tinggi, namun dominasi batuan cadas menjadi pemandangan yang sangat eksotik. Betapa tidak batuannya berbentuk seperti balok, yang seakan-akan muncul dari dalam tanah.

eksotik banget
eksotik banget. google maps. sumber: Nina Nazhwa Adila

simak juga: curug ibun pelangi

Suara aliran air terjun yang menenangkan merupakan daya tarik yang paling dinanti oleh para pecinta air terjun. Apalagi jika ditambah dengan bermain airnya yang menyegarkan.

3. Alam Yang Sejuk

Pemandangan di sekitar Curug Cilutung masih sangat alami, hamparan sawah masih terbentang luas dan menghadirkan pemandangan serta view yang bikin adem.

Apalagi jika kamu berdiri di atas aliran air terjunnya, alam di sekitar curug dapat terlihat dengan jelas dan dapat menjadi latar untuk berfoto.

alam yang sejuk
alam yang sejuk. google maps. sumber: milana O_O

simak juga: lembah panyaweuyan

Penutup

Curug atau air terjun selalu menjadi tempat wisata alam favorit bagi mereka yang ingin bermain air di alam, terkadang tak perduli trekking yang susah dan juga melelahkan.

Curug Cilutung trekkingnya sangat mudah, air terjunnya juga bagus sayang banget untuk dilewatkan. So, weekend ini bermain ke Curug Cilutung Majalengka, yuk!